TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

UPTD PU Tindaklanjuti Harapan Warga, Jalan Desa di Sukabumi ini Diusulkan Diaspal

UPTD PU Sagaranten menindaklanjuti harapan warga soal jalan yang masih beralaskan tanah di Desa Hegarmulya Kecamatan Cidadap Kabupaten Sukabumi untuk diaspal.

Penulis
Sabtu 7 Jan 2023, 10:05 WIB

Kondisi jalan Desa Hegarmulya yang menghubungkan Desa Mekartani dan Desa Tenjolaut, Kecamatan Cidadap, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Ragil

SUKABUMIUPDATE.com- Akses jalan memang menjadi isu hangat di wilayah Kabupaten Sukabumi, persoalan tersebut tidak ada hentinya, termasuk jalan desa. Salah satunya di Desa Hegarmulya, Kecamatan Cidadap, menjadi sorotan warga karena jalannya tak pernah tersentuh aspal. Selain akses ke tempat wisata Curug Cijengkol, jalan yang masih beralaskan tanah itu juga merupakan akses vital bagi perekonomian warga.

"Hegarmulya, memiliki jalan desa sepanjang 27 kilometer, dan tidak ada jalan kabupaten di wilayah ini,” kata Kepala Desa Hegarmulya, Rosidin kepada sukabumiupdate.com, Jumat 6 Januari 2023.

Rosidin menegaskan perbaikan jalan atau pengaspalan sulit direalisasikan menggunakan Dana Desa (DD), lantaran 3 tahun terakhir anggarannya terkuras untuk bansos Covid 19. Ia hanya bisa berharap tiga ruas jalan yang saat ini statusnya jalan desa, bisa diambil alih kewenangannya oleh kabupaten.

“Untuk pemerataan pembangunan, terutama infrastuktur, kami sudah mengusulkan sebanyak tiga ruas jalan, agar bisa ditingkatkan statusnya menjadi jalan kabupaten," jelasnya.

Baca Juga: Sukses Bangun Ekonomi dan Pertanian, FKDB Diterima Mendag Zulhas di Rumah Dinas

"Usulan pada bulan Oktober 2022, jalan perbatasan Desa Mekartani - perbatasan Desa Tenjolaut 11 kilometer, perbatasan Desa Cikarang - Desa Hegarmulya 6 kilometer, serta Cikarang- Ciaul 6 kilometer. Harapannya salah satu ruas bisa diakomodir, peningkatan status," sambungnya.

Saat dikonfirmasi, Kepala UPTD PU Wilayah Sagaranten, Dedi Junaedi membenarkan di wilayah Desa Hegarmulya, Kecamatan Cidadap, tidak ada jalan kabupaten. Pihaknya pun mengakui sudah menerima usulan peningkatan status jalan desa, menjadi jalan kabupaten. "Ya, mudah mudahan bisa diakomodir, dan sudah diusulkan ke dinas. Kita berdoa saja," ujarnya singkat.


Editor
Halaman :
Berita Terkait
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini
x