Ada Pedagang Asongan, Daftar Para Penantang Petahana DPR Dapil Jabar IV Sukabumi

Kamis 16 November 2023, 17:07 WIB
Fitri Hayati Fahmi (PKS), Fikri Abdul Ajiz (NasDem), Dede Haryadi (Perindo), Miftahul Jannah (PKB), Satrio Dimas Adityo (Gerindra), Hery Ssarmanto (PPP) (Sumber: SU/Fit)

Fitri Hayati Fahmi (PKS), Fikri Abdul Ajiz (NasDem), Dede Haryadi (Perindo), Miftahul Jannah (PKB), Satrio Dimas Adityo (Gerindra), Hery Ssarmanto (PPP) (Sumber: SU/Fit)

SUKABUMIUPDATE.com - KPU menetapkan 103 nama dalam DCT atau Daftar Calon Tetap Anggota DPR RI, untuk daerah pemilih Jawa Barat IV, untuk Pemilu 2024. Mereka akan bersaing untuk 6 kursi wakil rakyat dari Kota dan Kabupaten Sukabumi di senayan.

Jumat, 3 November 2023 lalu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi mengumumkan Daftar Calon Tetap (DCT) Pemilu 2024, untuk DPR RI sebanyak 9.917. Perjalanan daftar calon hingga menjadi DCT, dimulai dari pengajuan dan pendaftaran oleh partai politik 1-14 Mei 2023. Untuk DPR bakal calon yang diajukan oleh 18 partai politik sebanyak 10.323 calon, kemudian pada waktu diumumkan dan ditetapkan menjadi DCS jumlahnya berkurang menjadi 10.185 calon.

Usai dilakukan pencermatan, yang dinyatakan memenuhi syarat, DCS jumlahnya menjadi 9.919 calon. Dan menjadi 9.918 calon setelah melalui tahap masukan dan tanggapan masyarakat. Kemudian dari 9.918 setelah diverifikasi dan masuk DCT menjadi 9.917 calon, dari 18 parpol tersebar di 84 dapil.

Dari 84 Dapil se Indonesia, sejumlah nama besar menghiasi Daftar Calon Tetap (DCT) 18 Parpol untuk Daerah Pemilihan Jabar IV yang meliputi Kota dan Kabupaten Sukabumi.

Mereka terdiri dari 6 orang petahana yang kembali maju untuk Pemilu 2024, masih dengan partai sebelumnya. Ada Heri Gunawan (Partai Gerindra), Dewi Asmara (Partai Golkar), Desy Ratnasari (PAN), Ribka Tjiptaning (PDIP), Slamet (PKS), dan Muhammad Muraz (Partai Demokrat).

Di luar enam partai enam partai tersebut adalah parpol yang tengah berjuang keras untuk mendapatkan kursi pada pemilu 2024. Seperti PKB menerjunkan 6 kader terbaik, yaitu Zainul Munasichin, Miftahul Jannah, Anwar Sadad, Sabrina Ristiawan, Muhammad Rodli Kaelani, dan Heri Purnama Tanjung.

Partai Nasional Demokrat (NasDem) juga menyiapkan 6 kader pilihan untuk merebut kursi di senayan pada pemilu 2024. Satu diantaranya adalah Fikri Abdul Ajiz (nomor urut 3), pengacara dan pengusaha muda kelahiran Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi.

Fikri yang juga menjadi pengurus di jajaran DPP KNPI pusat ini adalah figur muda yang cukup menginspirasi karena kisah hidupnya yang penuh perjuangan mulai dari menjadi pedagang asongan di sekitar terminal Palabuhanratu, berjuang untuk sekolah hingga menjadi lulusan sarjana hukum di Universitas Diponogoro.

Selain Fikri, Partai Nasdem, juga menyiapkan sejumlah nama lain dalam daftar caleg DPR RI dari Sukabumi, yaitu Ayep Zaki, Tetty Sufianty Zaffar, Abin Rifa Adani, Habib Mustofa dan Etii Supartini.

Menantang petahana, Partai Buruh menyiapkan 6 nama dalam DCT DPR RI dari Sukabumi, yaitu Hasian Hamonangan Manik, Fajar Angga Kusumah, Septina Rahmi, Ricad Destian, Eko Priyono dan Suci Wulandari.

Ada 4 nama dari Partai Gelora Gelombang Rakyat Indonesia yang akan bertarung ke DPR RI dari dapil Jabar IV, yaitu Sarah Handayani, Ade Wahyudin, Syaepah Sumarna dan Tika Haryani.

Sementara Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) menyiapkan 6 kader terbaik untuk dapil Kota dan Kabupaten Sukabumi yaitu Ruli Agustian Arief, Ade Hertinah, Gilang Bintang Anugrah, Abdul Hapid, Fitra Ali Akbar dan Ertha Lusi Mbau.

Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) menyiapkan 3 nama yaitu Hengki Irawan, Resna Oktaviana dan Adiosen P Purba. Sedangkan Partai Garda Republik Indonesia (Garuda) ada 6 nama dalam DCTnya yaitu Wisnu Prayogo, Daffa Khadafi, Firli Endli, M. Surya Nawa Pulungan, Lina Darlina dan Obang

Partai Bulan Bintang (PBB) juga siap merebut kursi DPR RI dari tangan petahan dengan 6 kader terbaik mereka, yaitu Saleh Hidayat, Iis Rosmeria, R.D. Alam Mangku Wibawa, Asep Saepul, Wiwi Dewi Maria dan Utja Winata.

6 kader terbaik Partai Solidaritas Indonesia (PSI) juga siap bertempur menuju senayan dari daerah pemilih Sukabumi, yaitu Jhoni Indra Kartika, Rahmawati, Sohiran, ST Rezki Wahyuni, Rohan dan Yustinus Hura.

Partai besutan Hari Tanoesoedibjo, Perindo juga tak main-main dalam pemilu 2024 kali ini. Menyiapkan Rita Irawati Priatna, Dede Haryadi, Indra Utama, Suherman, Rita Lousiana Anthony dan Mahjudin untuk DPR RI.

Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang sempat kehilangan kursi DPR RI pada 2019 silam, pada pemilu 2024 bertekad mengembalikan kejayaan dengan nama-nama beken, yaitu Budi Irawan, Yusuf Puadz, Yani Handayani, Hery Ssarmanto, SH, Ikbal Asimudin Abdul Fatah dan Rani Anggraeni.

Baca Juga: Inilah 103 Daftar Nama Calon Aggota DPR RI Dapil Sukabumi di Pemilu 2024

Walaupun muncul sebagai partai paling bontot yang ditetapkan sebagai peserta pemilu 2024 oleh KPU, Partai Ummat sudah menyiapkan 6 kader unggulan untuk DPR RI, yaitu Taufan Budi Setyolaksono, Sulasmini Wati, Edward Helmie, Indra Budi Setya Bhakti, Tuti Supriati dan Dadan Suwardhana.

Untuk informasi lebih banyak tentang DCT, informasi resmi KPU dapat diakses melalui website KPU yaitu melalui link infopemilu.kpu.go.id.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life05 Mei 2024, 13:30 WIB

Kenali Dampak Buruknya! 6 Bahaya Perselingkuhan Orang Tua kepada Anak

Perselingkuhan orang tua tentu akan berdampak buruk terhadap anak. Hal ini yang seharusnya dihindari oleh orang tua demi keutuhan keluarga
Ilustrasi - Perselingkuhan orang tua tentu akan berdampak buruk terhadap anak. Hal ini yang seharusnya dihindari oleh orang tua demi keutuhan keluarga. (Sumber : Pexels/Junery Docto).
Sukabumi05 Mei 2024, 13:19 WIB

Pelaku Duel Maut Pelajar SMP di Cikembar Sukabumi Ditangkap, Polisi Sebut Ada Peran Alumni

Tangkap pelaku duel maut yang tewaskan pelajar SMP di Cikembar Sukabumi, polisi sebut ada peran alumni dalam kejadian ini.
Ilustrasi borgol. Polisi tangkap pelaku duel maut yang tewaskan pelajar SMP di Cikembar Sukabumi. |Foto: Pixabay/jhusemannde.
Sehat05 Mei 2024, 13:00 WIB

Diet Kolesterol: 10 Makanan Dianjurkan Dikonsumsi dan Mana yang Harus Dihindari!

Beberapa makanan ini dianjurkan dimakan dan diantaranya harus dihindari bagi penderita kolesterol.
Ilustrasi gorengan - Beberapa makanan ini dianjurkan dimakan dan diantaranya harus dihindari bagi penderita kolesterol. | (Sumber : instagram/@inspirasianeka_gorengan)
Sukabumi05 Mei 2024, 12:39 WIB

Puluhan Tahun Rusak, Jembatan Gantung Cibodas di Cidadap Sukabumi Bikin Waswas Warga

Belum tersentuh pemerintah, Jembatan gantung Cibodas yang puluhan tahun menjadi akses penghubung dua kecamatan di Cidadap Sukabumi ini bikin waswas warga.
Kondisi jembatan gantung Cibodas penghubung dua kecamatan di Kabupaten Sukabumi yang rusak, Sabtu (4/5/2024). (Sumber : Istimewa/Bayong Hasan)
Sukabumi Memilih05 Mei 2024, 12:30 WIB

Ayep Zaki Gelar Aksi Sosial Bagi-Bagi Tempe dan Jalan Santai Bersama Warga Sukabumi

Kegiatan bagi-bagi tempe ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Bacalon Wali Kota Sukabumi Ayep Zaki terhadap ekonomi masyarakat lokal.
Bacalon Wali Kota Sukabumi Ayep Zaki menyapa langsung masyarakat dengan kegiatan bagi-bagi tempe dan jalan santai di Lapangan Merdeka Kota Sukabumi, Minggu (5/5/2024). (Sumber : Istimewa)
Bola05 Mei 2024, 12:00 WIB

Jadwal Lengkap Championship Series Liga 1 2023/2024, Persib Lawan Bali United!

Jadwal Championship Series telah dirilis dan Persib siap menghadapi Bali United.
Jadwal Championship Series telah dirilis dan Persib siap menghadapi Bali United. (Sumber : Freepik.com/@fwstudio/Ist).
Life05 Mei 2024, 11:45 WIB

6 Dampak Buruk Sering Bertengkar di Depan Anak, Orang Tua Wajib Tahu!

Sering bertengkar di depan anak rupanya tidak baik. Oleh sebabnya, setiap orang tua harus lebih hati-hati jika sedang berselisih, jangan ditampakkan di hadapan anak.
Ilustrasi. Bertengkar di depan anak. | Sumber foto : Pexels/Monstera Production
Sukabumi05 Mei 2024, 11:09 WIB

Duel Maut Satu Lawan Satu, Pelajar SMP di Cikembar Sukabumi Tewas Dibacok Celurit

Berikut kronologi kejadian duel maut satu lawan satu ala gladiator pelajar SMP di Cikembar Sukabumi. Satu orang tewas dibacok celurit.
Ilustrasi duel satu lawan satu. Pelajar SMP di Cikembar Sukabumi tewas dibacok celurit. (Sumber : Free)
Sehat05 Mei 2024, 11:00 WIB

8 Manfaat Cengkeh Bagi Kesehatan, Rempah Untuk Menurunkan Asam Urat

Yuk Ketahui Sederet Manfaat Cengkeh Bagi Kesehatan, Salah Satu Rempah Untuk Menurunkan Asam Urat hingga Mengatasi Nyeri Gigi.
Ilustrasi. Cengkeh mengandung sejumlah antioksidan yang dapat membantu melawan kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas dalam tubuh. Foto: Instagram/@spinus.official
Life05 Mei 2024, 10:00 WIB

Gangguan Tidur! 10 Ciri Orang Stres Karena Batinnya Terganggu, Apa Kamu Salah Satunya?

Batin terganggu adalah kondisi mental yang tidak stabil dan tidak tenang.
Ilustrasi - Batin terganggu adalah kondisi mental yang tidak stabil dan tidak tenang. (Sumber : pexels.com/@Pixabay)