Saleh Hidayat: Pemilu 2024 Momentum Membangun Demokrasi Bersih dan Negara Modern

Sabtu 29 April 2023, 02:33 WIB
Saleh Hidayat, SH, Bacaleg DPR RI dari Partai Bulan Bintang | Foto : Ist

Saleh Hidayat, SH, Bacaleg DPR RI dari Partai Bulan Bintang | Foto : Ist

SUKABUMIUPDATE.com - Bacaleg DPR RI dari Partai Bulan Bintang (PBB), Saleh Hidayat, SH menyampaikan pandangannya tentang bagaimana sikap dan tindakan dalam menghadapi Pemilu 2024.

"Rakyat sebagai bagian penting dari Pemilu 2024 harus diedukasi tentang demokrasi yang bersih sebagai pondasi kuat untuk membangun bangsa yang maju dan modern kedepan," ucap Saleh dalam keterangan tertulisnya kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (29/04/2023).

Ada beberapa hal yang menjadi catatan, kata Saleh yang juga mantan Pengurus Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Islam (PP GPI) itu. Menurutnya, saat ini kita berada di abad milenial dan era digitalisasi, kita perlu mewaspadai adanya indikasi beberapa kelompok aktor politik (elit politik) yang tampak seperti mempertahankan tampilan demokratis. Padahal, disisi lain mereka berupaya menghilangkan substansi demokrasi.

Hal tersebut, jelas Saleh terlihat dengan indikasi munculnya polarisasi dan friksi politik, dengan menggunakan sentimen politik identitas yang bermuatan Suku, Ras dan Agama (SARA). yang pada gilirannya dapat membunuh demokrasi itu sendiri.

Baca Juga: Maju DPR RI, Saleh Hidayat Bicara Regulasi Pro Rakyat hingga Pileg Sistem Tertutup

"Tujuannya demi kepentingan melanggengkan oligarki kekuasaan yang telah dipegang dan dikendalikan oleh kelompok elit politik tertentu," ungkapnya. 

Oleh karena itu, menurut mantan aktivis HMI cabang Solo tersebut rakyat harus diedukasi agar melek politik. Sehingga memiliki pengetahuan dan kemampuan untuk dapat mencermati fenomena peristiwa politik dan perilaku elit politik sambil mewaspadai hal-hal dan faktor-faktor yang berpotensi membunuh secara perlahan demokrasi di negeri ini.

"Rakyat harus mampu melihat dan memilih para pelaku politik (caleg) yang memiliki komitmen untuk mewujudkan kehidupan berbangsa dan bernegara yang demokratis, berperadaban maju dan modern atau Clearing Democratic & Modern State, salah memilih caleg justru pada akhirnya dapat meruntuhkan negara itu sendiri " jelasnya. 

Selanjutnya, kata ketua LBH PBB Sukabumi itu kita harus belajar pada negara-negara yang mengalami kehancuran dan krisis politik yang berkepanjangan seperti Irak, Suriah, Venezuela dan Kongo.

"Jangan sampai NKRI seperti itu," tandasnya. 

Baca Juga: KPU Buka Pendaftaran Caleg DPRD Kabupaten Sukabumi Mulai 1 Mei 2023

Sebagai informasi, tahapan Pemilu 2024 sudah mulai berlangsung, setidaknya per tanggal 1 Mei 2023 proses pendaftaran Bakal Calon anggota Legislatif di semua tingkatan, harus sudah mulai didaftarkan ke Komisi Pemilihan Umum.

Maka, kata Kang Soleh sapaan akrabnya, apa yang menjadi bagian penting dalam demokrasi yakni memberikan edukasi kepada masyarakat agar mampu memilah dan memilih partai yang benar-benar teruji secara ideologis memperjuangkan kedaulatan NKRI ini.

"PBB sebagai pewaris perjuangan Masyumi sudah membuktikan komitmennya tentang keindonesiaan," pungkasnya.   

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat29 Maret 2024, 06:00 WIB

6 Buah-buahan yang Sebaiknya Dihindari Penderita Asam Lambung, Yuk Simak Apa Saja!

Berikut ini buah-buahan yang sebaiknya dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan
Ilustrasi - 6 Buah-buahan yang Sebaiknya Dihindari Penderita Asam Lambung, Yuk Simak Apa Saja! (Sumber : pexels.com/Melike A.)
Science29 Maret 2024, 05:30 WIB

Sedia Payung! Prakiraan Cuaca Jabar 29 Maret 2024 Didominasi Hujan Saat Siang

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 29 Maret 2024
Ilustrasi. Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 29 Maret 2024 (Sumber : Unplash/Gabriel Garcia Marengo)
Sukabumi29 Maret 2024, 04:06 WIB

Buka Jalur Darurat di Dekat Jalan Amblas, Warga Simpenan Sukabumi Patungan Sewa Lahan

Warga Desa Mekarasih Simpenan Sukabumi patungan menyewa lahan agar bisa memakai dan membuka jalan darurat di dekat jalan yang amblas.
Jalan alternatif penghubung Kecamatan Warungkiara dan Kecamatan Simpenan Kabupaten Sukabumi amblas pada Jumat (15/3/2024) (Sumber : SU/Ilyas)
Life29 Maret 2024, 04:00 WIB

9 Manfaat Rutin Bangun Pagi untuk Kesehatan, Bantu Jaga Kondisi Mental

Meskipun tidak semua orang harus bangun pagi untuk merasakan manfaat kesehatan ini. Akan tetapi, bagi banyak orang, bangun pagi secara konsisten dapat menjadi langkah penting dalam menjaga kesehatan dan kesejahteraan mereka secara keseluruhan.
Ilustrasi. Bangun Tidur. Manfaat Rutin Bangun Pagi untuk Kesehatan, Bantu Jaga Kondisi Mental. Sumber: Freepik/freepik
Sukabumi29 Maret 2024, 03:21 WIB

Terekam CCTV, Dua Pria Beraksi Pecah Kaca Mobil Lalu Gondol Tas Sekolah di Brawijaya Sukabumi

Waspada, korban pecah kaca mobil yang terekam CCTV ini mengaku sudah kedua kalinya mengalami kejadian serupa di Brawijaya Sukabumi.
Tangkapan layar video CCTV dua pria beraksi pecah kaca mobil di Jalan Brawijaya Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Food & Travel29 Maret 2024, 03:00 WIB

Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri

Yuk Recook Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri!
Ilustrasi. Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri. Sumber Foto : Instagram/@sukabikinkue
Life29 Maret 2024, 00:57 WIB

Jangan Salah Kaprah, Ini 6 Etika Makan di Depan Calon Mertua Agar Tidak Canggung

Saat makan dengan calon mertua, etika makan yang benar sangat penting untuk diperhatikan dan dapat memengaruhi kesan pertama yang Anda buat pada mereka.
Ilustrasi makan makan bersama calon mertua. (Sumber : Pixabay)
Life29 Maret 2024, 00:51 WIB

6 Cara Ampuh Hilangkan Kecoak di Rumah Dalam Sekejap

Pengendalian kecoak di dalam rumah merupakan salah satu langkah penting dalam menjaga kebersihan dan kesehatan rumah tangga.
Ilustrasi kecoak. (Sumber : Pixabay)
Life28 Maret 2024, 23:54 WIB

7 Skill yang Wajib Dimiliki oleh Mahasiswa, Harus Bisa Beradaptasi

Sebagai seorang mahasiswa, terdapat banyak tuntutan dan tantangan dalam menghadapi dunia akademik dan persiapan untuk karir masa depan.
Ilustrasi mahasiswa. (Sumber : Pixabay)
Produk28 Maret 2024, 23:16 WIB

Pekan Ketiga Ramadan, Beras dan Cabai-cabaian Turun Harga di Pasar Parungkuda Sukabumi

Harga komoditas pangan di Pasar Parungkuda Sukabumi seperti beras dan cabai-cabaian kompak alami penurunan di pekan ketiga ramadan.
Ilustrasi Cabai. (Sumber : SU/Ibnu)