5 Tumbuhan Liar yang Memiliki Manfaat Bagi Kesehatan, Apa Saja?

Rabu 02 Februari 2022, 10:30 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Memelihara kesehatan umumnya hanya dilakukan dengan meminum vitamin dan berolahraga, padahal tidak hanya itu yang bisa dilakukan.

Banyak tumbuhan liar yang tumbuh di Indonesia yang memiliki manfaat untuk kesehatan.

Tumbuhan liar biasanya hanya dianggap sebagai tumbuhan biasa, tak banyak orang tahu bahwa ada beberapa tumbuhan liar yang justru memiliki banyak manfaat untuk kesehatan khususnya organ daunnya.

Selain baik untuk memelihara kesehatan atau mencegah penyakit, beberapa daun dari tumbuhan liar ini juga bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Berikut beberapa tumbuhan liar yang memiliki manfaat untuk kesehatan yang mungkin belum kamu ketahui.

Baca Juga :

1. Daun Kelor

photoIlustrasi Daun Kelor - (Freepik)</span

Daun kelor sudah lama dikenal sebagai salah satu obat herbal yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, daun kelor memiliki daun yang berukuran kecil. Pohon kelor juga bisa tumbuh dimana saja dengan mudah.

Dilansir dari alodokter.com, di dalam sekitar 2 gram daun kelor, terkandung 14 kalori dan beragam nutrisi.

Berikut ini kandungan daun kelor:

  • 2 gram protein
  • 1,8–2 gram karbohidrat
  • 0,8 miligram zat besi
  • 8,8 miligram magnesium
  • 70 miligram kalium
  • 38–40 miligram kalsium
  • 11 miligram vitamin C
  • 600 IU vitamin A
  • 8,5 mikrogram folat

Selain beragam nutrisi di atas, daun kelor juga mengandung vitamin B, serat, fosfor, selenium, zinc, dan tembaga. Daun kelor juga mengandung banyak antioksidan, seperti polifenol.

Dengan demikian tumbuhan liar ini memiliki manfaat untuk menurunkan kadar gula darah (diabet), mengatasi peradangan, mengontrol tekanan darah, memelihara kesehatan tubuh dan fungsi otak, menghambat pertumbuhan sel kanker serta memelihara daya tahan tubuh.

Walaupun demikian, mengkonsumsi daun kelor secara sembarangan dapat menimbulkan masalah kesehatan.

Seperti melasir dari situs Inside Morning, daun kelor mengandung alkaloid yang bermanfaat menurunkan tekanan darah, namun jika dikonsumsi secara tidak tepat, efek samping dari senyawa tersebut bisa memperlambat denyut jantung sehingga dapat menyebabkan melemahnya daya tahan tubuh dan aliran darah.

Selain itu para penderita diabet yang mengkonsumsi obat-obatan kimia secara rutin tidak disarankan mengkonsumsi daun kelor, karena jika dikonsumsi secara bersamaan dapat menyebabkan penurunan gula darah secara signifikan hingga di bawah batas normal.

Jadi konsumsilah daun kelor dengan tepat, baik dan aman sesuai dengan dosis dan ketentuan yang benar.

2. Daun Kumis Kucing

photoIlustrasi Kumis Kucing - (Freepik)</span

Tumbuhan kumis kucing sering kali tumbuh liar dan mudah ditemukan dimana saja, tak banyak orang tahu justru tumbuhan kumis kucing memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tak kalah dengan daun kelor.

Karena bentuknya yang mirip helai kumis kucing, tumbuhan liar ini juga dikenal sebagai cat whiskers atau java plant.

Selain bisa dijadikan tanaman hias, tumbuhan kumis kucing juga biasa dijadikan obat herbal untuk banyak kondisi kesehatan tertentu.

Salah satu manfaat kumis kucing yang paling tersohor adalah mengobati infeksi saluran kencing dan penyakit ginjal.

Dikutip dari Scientific Repository IPB, tumbuhan kumis kucing ternyata mengandung senyawa kelompok fenolik dan flavonoid.

Dari hasil uji korelasi aktif laboratorium IPB menyatakan tanaman liar bernama latin Orthosiphon aristatus itu mengandung senyawa fenolik dengan antioksidan lebih kuat.

Secara kualitatif tumbuhan ini mengandung ekstrak etanol dan ekstrak air serta mengandung senyawa sinensetin alami sehingga dapat dipastikan tumbuhan kumis kucing adalah obat alami untuk melawan infeksi bakteri, seperti pada luka di kulit atau gusi yang bengkak.

Dan berkat sifat antijamur serta anti radangnya, daun kumis kucing juga bisa mengobati rematik, asam urat, batu ginjal, sebagai obat alergi, kencing manis hingga menghentikan kejang.

Dengan banyaknya manfaat dari tumbuhan kumis kucing ini, ada baiknya untuk kamu yang ingin mencoba mengkonsumsinya cari tahu terlebih dahulu cara pengolahan dengan resep yang tepat, sehingga kamu dapat merasakan manfaatnya terhadap tubuh.

3. Daun Salam

photoIlustrasi Daun Salam - (Freepik)</span

Selain digunakan untuk membuat wangi pada masakan, daun salam juga menjadi salah satu tumbuhan yang memiliki manfaat untuk kesehatan seperti mencegah penyakit atau menyembuhkan penyakit.

Dilansir dari alodokter.com, belum banyak kajian mengenai bagaimana suplemen herbal ini bekerja. Namun, beberapa penelitian membuktikan bahwa kandungan daun salam bisa berguna untuk meredakan maag, mengurangi kadar gula, melawan bakteri dan jamur.

Kamu bisa mengkonsumsi daun salam dengan mudah dengan cara merebus daun salam hingga warna air rebusan menjadi coklat lalu meminumnya dengan kadar yang sedikit, namun tidak dianjurkan mengkonsumsi secara rutin karena dapat menyebabkan efek samping berlebih seperti diare hebat.

4. Daun Sirih

photoIlustrasi Daun Sirih - (Freepik)</span

Daun sirih sejak zaman leluhur digunakan sebagai tanaman obat untuk mengobati berbagai masalah kesehatan, nenek moyang kita sejak dulu terbiasa mengunyah sirih untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut mereka.

Nyatanya, tradisi menyirih ini memang terbukti bermanfaat oleh sejumlah penelitian medis modern, mengunyah sirih telah terbukti menghambat pertumbuhan bakteri dalam mulut, sehingga bermanfaat untuk mencegah gigi berlubang dan penyakit gusi.

Selain itu, antioksidan tanin dalam sirih mempercepat respon tubuh untuk membekukan darah dan menyembuhkan luka. Itulah kenapa sirih sering digunakan untuk menghentikan mimisan dan mengobati luka bakar.

5. Daun Pegagan

photoIlustrasi Daun Pegagang - (Pixabay.com)</span

Daun yang satu ini kini banyak digunakan untuk produk kecantikan karena manfaat yang bagus untuk kulit, akan tetapi selain untuk kecantikan daun pegagan juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. daun pegagan mengandung beragam nutrisi yang baik untuk tubuh, seperti vitamin B, vitamin C, protein dan mineral.

Selain itu, daun pegagan juga mengandung beberapa jenis antioksidan, seperti flavonoid, tanin, dan polifenol.

Manfaat daun pegagan untuk kesehatan diantaranya, melancarkan peredaran darah, menjaga fungsi otak, meredakan nyeri sendi dan mengatasi sulit tidur.

Itulah beberapa tumbuhan liar yang memiliki manfaat bagi kesehatan, akan tetapi alangkah baiknya konsultasikan dulu ke dokter jika ingin menjadikan tumbuh-tumbuhan tersebut untuk obat alternatif penyakit yang anda derita.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Tags :
Berita Terkini
Sehat12 Mei 2024, 08:00 WIB

Bebas Diabetes dengan 11 Karbohidrat Sehat: Makan Enak, Gula Darah Stabil

Tidak semua karbohidrat buruk bagi penderita diabetes. Ada beberapa pilihan karbohidrat terbaik yang direkomendasikan oleh ahli diet.
Ilustrasi - Tidak semua karbohidrat buruk bagi penderita diabetes. Ada beberapa pilihan karbohidrat terbaik yang direkomendasikan oleh ahli diet. (Sumber : Freepik/@topntp26)
Life12 Mei 2024, 07:00 WIB

10 Kebiasaan yang Membuat Anak Tumbuh Tinggi, Orang Tua Harus Tahu Nih!

Mempraktikkan kebiasaan-kebiasaan ini secara konsisten dapat membantu anak tumbuh menjadi lebih tinggi dan sehat secara keseluruhan.
Ilustrasi - Mempraktikkan kebiasaan-kebiasaan ini secara konsisten dapat membantu anak tumbuh menjadi lebih tinggi dan sehat secara keseluruhan. (Sumber : pexels.com/@Kampus Production)
Science12 Mei 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 12 Mei 2024, Waspada Hujan di Siang Hari

Cuaca Jawa Barat pada Minggu 12 Mei 2024 untuk Sukabumi dan sekitarnya.
Cuaca Jawa Barat pada Minggu 12 Mei 2024 untuk Sukabumi dan sekitarnya. | Foto: Freepik
Sukabumi11 Mei 2024, 22:20 WIB

Kontennya Viral! Cerita Cecep dari Kota Sukabumi Rutin Bersihkan Masjid Sejak 2012

Iltap mengungkapkan suaminya juga selalu mengerjakan pekerjaan rumah.
Cecep saat membersihkan toilet masjid. Cecep adalah warga Jalan Tipar RT 05/06 Kelurahan Tipar, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi. | Foto: Istimewa
Entertainment11 Mei 2024, 22:00 WIB

Profil dan Daftar Drama Korea Kim Hye Yoon, Pemeran Im Sol di Lovely Runner

Kim Hye Yoon yang berperan sebagai Im Sol di drama korea Lovely Runner sedang naik daun dan sedang dibicarakan oleh pecinta drakor. Biar lebih dekat dengannya cari tahu lewat profil dan daftar drama yang pernah diperankan
Profil dan daftar drama korea Kim Hye Yoon yang berperan sebagai Im Sol di Lovely Runner (Sumber : Instagram @/hye_yoon1110)
Jawa Barat11 Mei 2024, 21:46 WIB

Bus Rombongan SMK Depok Kecelakaan di Subang, Beberapa Orang Dilaporkan Tewas

Dalam kecelakaan bus ini dikabarkan lima penumpang meninggal dunia.
Kondisi bus rombongan siswa SMK Lingga Kencana yang rusak akibat kecelakaan di wilayah Subang, Sabtu (11/5/2024). | Foto: Istimewa
Sehat11 Mei 2024, 21:00 WIB

Kolesterol Tinggi Ada Solusinya: Tips Menurunkannya Secara Alami dengan Gaya Hidup Sehat

Dengan mengikuti tips-tips ini, Anda dapat menurunkan kolesterol tinggi secara alami dan meningkatkan kesehatan jantung Anda.
Ilustrasi - Dengan mengikuti tips-tips ini, Anda dapat menurunkan kolesterol tinggi secara alami dan meningkatkan kesehatan jantung Anda. (Sumber : Freepik.com).
Nasional11 Mei 2024, 20:12 WIB

Polri Bakal Berlakukan Pemberitahuan Tilang Lewat WhatsApp

Kompolnas mengapresiasi berbagai inovasi baru yang dibuat Polri untuk pelayanan kepada masyarakat.
(Foto Ilustrasi) Kompolnas akan melakukan supervisi terhadap sejumlah kebijakan Korlantas Polri seperti notifikasi tilang lewat WhatsApp. | Foto: Pixabay.com/@HeikoAL
Sehat11 Mei 2024, 20:00 WIB

Rebusan Daun Salam: Senjata Alami Untuk Menurunkan Gula Darah dan Kolesterol Tinggi

Rebusan daun salam dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan kolesterol dalam tubuh.
Ilustrasi - Rebusan daun salam dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan kolesterol dalam tubuh. (Sumber : Instagram/@ina_sugiarti/@ikasartikafrozen).
Film11 Mei 2024, 19:00 WIB

Sinopsis Film Vina: Sebelum 7 Hari yang Diangkat Dari Kisah Nyata

Film Vina: Sebelum 7 Hari yang tayang pada 8 mei 2024 merupakan kisah nyata yang pernah terjadi beberapa tahun lalu di Cirebon. Kisah seorang gadis yang ditemukan meninggal setelah diserang dan digauli oleh geng motor
Sinopsis dan Daftar Pemain Film Vina: Sebelum 7 Hari yang Diangkat Dari Kisah Nyata (Sumber : Instagram @/vinasebelum7hari.movie)