Tidur Siang dan 10 Aktivitas yang Bisa Perbaiki Suasana Hati Gundah

Selasa 14 Januari 2020, 19:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Ada kalanya Anda merasa suntuk, sedih, kalut, atau marah. Wajar bagi manusia untuk merasakan berbagi emosi negatif yang dapat merusak suasana hati atau mood. Namun, Anda tidak boleh terus terjebak di dalam mood yang demikian.

Lantas apa yang bisa dilakukan untuk memperbaiki suasana hati yang sedang gundah? Anda dapat meningkatkan suasana hati dengan mencoba berbagai mood booster seperti berolahraga, mengucapkan hal baik kepada orang lain, dan sebagainya. Cobalah beberapa tips mood booster di bawah ini, untuk mencerahkan kembali hari-hari Anda.

1. Jangan membuat keputusan saat sedang stres

Saat sedang diliputi emosi negatif, seperti sedang sedih atau marah, Anda akan menjadi rentan untuk memberikan keputusan yang tidak tepat dan akan disesali nantinya. Keputusan-keputusan tersebut bukannya menjadi mood booster malah menjadi “bencana” baru untuk Anda. Oleh sebab itu, tenangkan diri dan jernihkan pikiran sebelum memberikan keputusan yang tidak bisa diubah kembali.

2. Tidur

Tidur merupakan salah satu cara untuk mengistirahatkan tubuh. Uniknya, tidur juga berguna menjadi mood booster untuk memperbaiki suasana hati Anda. Tidur yang cukup atau tidur siang yang singkat dapat membantu meningkatkan mood Anda.

3. Mengucapkan hal baik untuk orang lain

Siapa sangka, mengucapkan hal-hal baik langsung maupun di dalam hati mengenai seseorang dapat menjadi mood booster Anda! Bila sedang gundah lihatlah orang yang ada di sekitar dan katakan kepadanya atau di dalam hati betapa Anda berharap dia memiliki hari yang menyenangkan.

4. Meluangkan waktu dengan orang terdekat

Bertemu dengan sahabat ataupun keluarga dapat menjadi salah satu mood booster di saat sedang sedih. Anda bisa mendapatkan dukungan, saran, maupun perspektif baru hanya dengan berbicara dengan mereka. Mereka juga bisa menjadi tempat Anda menceritakan keluh kesah yang sedang dialami. Anda tidak perlu malu, sungkan, atau merasa bersalah untuk meminta waktu dan bantuan mereka saat sedang kesusahan.

5. Pergi ke luar rumah

Teman dan keluarga sedang sibuk? Jangan cepat-cepat sedih dulu, Anda bisa mencoba untuk pergi ke luar dan merasakan atmosfer menyenangkan yang ada di sekitar Anda. Rasakanlah udara segar, keberadaan manusia, dan hangatnya sinar mentari yang menerpa wajah. Cobalah untuk berjalan-jalan di luar rumah setidaknya selama 20 menit sambil menikmati suara, aroma, dan pemandangan di sekitar Anda.

6. Olahraga

Olahraga adalah salah satu mood booster yang berfungsi untuk meningkatkan hormon dalam tubuh yang dapat memberikan dampak positif terhadap suasana hati. Anda akan merasa lebih baik dan rileks setelah berolahraga. Beberapa olahraga yang bisa dicoba adalah yoga, taichi, dan aerobik. 

7. Lakukan hobi atau hal-hal yang disukai

Setiap orang memiliki hobi atau kegiatan yang membuatnya lebih rileks dan senang. Meskipun Anda merasa malas melakukannya, tetapi sebenarnya kegiatan-kegiatan tersebut dapat menjadi mood booster Anda. Anda bisa mencoba membaca buku, berjalan-jalan di taman, menyesap susu cokelat hangat sambil mendengarkan musik yang santai, dan sebagainya.

8. Bekerja secara perlahan dan realistis

Meskipun mood sedang tidak baik, terkadang pekerjaan tetap perlu diselesaikan. Jangan menambah stres dengan langsung mengerjakan semuanya sekaligus. Pecahkan pekerjaan menjadi tugas-tugas yang lebih kecil dengan deadline yang realistis.

Misalnya, Anda bisa membersihkan rumah secara perlahan dengan memecah-mecahnya menjadi beberapa tugas kecil, seperti mencuci piring di jam satu, menyapu lantai saat sore hari, dan sebagainya. Jangan memaksa diri jika Anda belum mampu mengerjakan semuanya. Anda perlu memberikan waktu kepada diri untuk memperbaiki suasana hati yang sedang turun.

9. Patahkan pemikiran negatif

Jangan biarkan emosi negatif mengalahkan Anda! Patahkan pemikiran negatif dengan menuliskan hal-hal positif mengenai diri dan situasi Anda sebagai mood booster, kemudian bacalah daftar tersebut berulang-ulang. Anda harus menyadari bahwa tidak selamanya emosi negatif akan muncul secara terus-menerus dan biasanya Anda tidak memiliki suasana hati yang demikian.

10. Menyadari bahwa keadaan tidak seburuk itu

Mood booster lainnya adalah dengan melihat keadaan orang lain yang mungkin jauh lebih tidak beruntung dari Anda. Bukannya mencela, tetapi Anda perlu menyadari bahwa sebenarnya keadaan yang sedang Anda alami mungkin tidak seburuk orang lain.

11. Pemikiran ‘semuanya terkoneksi’

Mood booster unik yang bisa dicoba adalah melihat ke kerumunan orang dan memikirkan bagaimana satu orang bisa berhubungan dengan orang lain dan Anda. Memikirkan hal tersebut menimbulkan kebersamaan yang terkadang dapat memicu harapan.

 

Sumber : tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Nasional28 April 2024, 01:43 WIB

Gempa Laut Garut Merusak, Sejumlah Rumah di Sukabumi Dilaporkan Ambruk

Sejumlah bangunan dilaporkan rusak, termasuk di Sukabumi.
Rumah rusak dampak gempa laut garut di Kampung Cigaru Rt 014 / 002 Desa Cidahu Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi (Sumber : Koramil surade)
Nasional28 April 2024, 01:13 WIB

Intra Slab Earthquake, Simak Rekomendasi BMKG pasca Gempa Kuat di Laut Garut

Gempa dipicu oleh aktivitas deformasi batuan dalam lempeng Indo-Australia yang tersubduksi di bawah lempeng Eurasia di selatan Jawa barat.
Parameter gempa di laut garut (Sumber: Bmkg)
Sukabumi27 April 2024, 21:59 WIB

Janda Asal Kompa, Identitas Mayat Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi

Menurut Yulianti, korban mengalami keterbelakangan mental.
Mayat EKS (25 tahun) di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa
Science27 April 2024, 21:20 WIB

Warga Sukabumi Ngerasa? BMKG Catat Gempa Darat M3.1 Akibat Sesar Cugenang

Gempa yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cugenang.
Peta gempa bumi berkekuatan 3.1 magnitudo pada Sabtu (27/4/2024) pukul 20.22.59 WIB di wilayah Sukabumi dan Cianjur. | Foto: BMKG
Life27 April 2024, 21:00 WIB

Mau Tahu Rahasianya? 6 Langkah Menjadi Orang yang Berkelas dan Elegan

Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri.
Ilustrasi - Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri. (Sumber : Pexels/ Andrea Piacquadio).
Life27 April 2024, 20:42 WIB

Tanggapi dengan Serius, 7 Cara Ini Bisa Dilakukan saat Anak Tidak Mau Pergi Sekolah

Apakah anak prasekolah Anda kesulitan meninggalkan Anda? Bagaimana dengan anak Anda yang berusia 5 tahun? Apakah mereka tidak mau sekolah? Inilah yang harus dilakukan.
Ilustrasi anak ke sekolah. | Foto: Pexels.com/@RDNEStockproject
Life27 April 2024, 20:33 WIB

Dapat Memupuk Keterampilan Kognitif, Ini 6 Aktivitas yang Sangat Baik untuk Anak

Membesarkan anak yang baik hati, bersemangat, dan mandiri mungkin lebih mudah dari yang Anda kira. Berikut beberapa aktivitas yang sering diabaikan yang memupuk keterampilan kognitif, sosial, dan emosional.
Ilustrasi aktivitas anak. | Foto: Freepik/jcomp
Life27 April 2024, 20:00 WIB

7 Penyakit Hati yang Haram Dipelihara agar Selamat Dunia Akhirat, Apa Kamu Memilikinya?

Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata.
Ilustrasi. Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata. (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi27 April 2024, 19:52 WIB

Polres Sukabumi Kota Gelar Nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan.
Ilustrasi - Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan. (Sumber : X/@@kabarmojokerto_).
Sukabumi27 April 2024, 19:36 WIB

Mayat Wanita Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi, Rambutnya Pendek

Jenazah berusia remaja ini ditemukan dalam kondisi tersangkut pada tumpukan kayu.
Mayat wanita setengah telanjang yang ditemukan di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Warganet Instagram