BRIN Ungkap Komet Langka Akan Lintasi Langit Indonesia Besok, Muncul 50.000 Tahun Sekali!

Selasa 31 Januari 2023, 19:00 WIB
Ilustrasi Komet Langka C/2022 E3 (ZTF), Bisa Dilihat dari Langit Indonesia 1 February 2023 (Sumber : Space)

SUKABUMIUPDATE.com - Sebuah komet langka yang diberi nama C/2022 E3 (ZTF) akan melintasi langit Indonesia besok, 1 Februari 2023.

Hal itu diungkapkan oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Menariknya lagi, komet langka ini hanya bisa dinikmati setiap 50.000 tahun sekali.

Artinya komet C/2022 E3 (ZTF) terakhir kali melintas dekat Bumi saat nenek moyang kita masih menggunakan perkakas dari batu.

Baca Juga: Minta Dua Kali, Pembunuh Wanita di Sungai Cipelang Sukabumi Ditangkap di Sasagaran

"Komet ini menyelesaikan orbitnya pada Matahari setiap 50.000 tahun sekali. Untuk itu, manusia bisa melihatnya melintas terdekat dari Bumi hanya sekali seumur hidup saja," beber BRIN di Twitter seperti yang disaksikan Selasa (31/1/2023) seperti mengutip dari HiTekno.

BRIN memperkirakan komet C/2022 E3 (ZTF) akan bisa dilihat di Indonesia besok mulai pukul 18.30 WIB hingga 2 Februari pukul 02.30 WIB dini hari.

Meski demikian sejumlah astronom mengatakan komet super langka ini akan juga bisa dinikmati di Indonesia hingga 4 Februari mendatang.

Baca Juga: Pengamen Berstatus Duda, Profil Pembunuh Wanita di Sungai Cipelang Sukabumi

Komet C/2022 E3 (ZTF) bisa diamati dari tempat yang bebas dari polusi cahaya, dengan arah pandangan bebas dari penghalang, dan kondisi cuaca setempat yang cukup cerah.

Namun bagi masyarakat yang tinggal pada daerah dengan tingkat polusi cahaya sedang hingga tinggi atau kawasan kota, akan sulit mengamati komet ini dengan dengan mata langsung, tanpa bantuan teleskop atau teropong.

Masyarakat dapat mengabadikan komet dengan ekor pendek hijau dan ekor panjang putih ini menggunakan kamera DSLR, kamera CCD yang terpasang dengan teleskop dan terhubung dengan laptop.

Komet C/2022 E3 (ZTF) pertama kali ditemukan pada 2 Maret 2022 lalu oleh dua astronom bernama Bryce Bolin dan Frank Masci. Mereka menemukan komet ini menggunakan teleskop di Zwicky Transient Facility (ZFT).

Itulah laporan terkini dari BRIN yang menyebutkan kalau komet langka akan melintasi langit Indonesia besok 1 Februari 2023.

Sumber: HiTekno.com (Portal Suara.com)

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.