6 Gunung Api Bawah Laut yang Ada di Perairan Indonesia, Cek Lokasinya

Selasa 06 Desember 2022, 16:30 WIB
(Ilustrasi) Gunung api bawah laut | Foto: Unplash

(Ilustrasi) Gunung api bawah laut | Foto: Unplash

SUKABUMIUPDATE.com - Indonesia dikenal memiliki banyak sekali gunung api aktif terutama di Pulau Jawa, sebut saja Gunung Semeru, Gunung Merapi, Gunung Gede Pangrango dan masih banyak lagi.

Namun, ternyata selain yang berada di daratan, Indonesia juga memiliki gunung api yang berada di dalam laut yang sering disebut gunung api bawah laut.

Gunung api itu tersembunyi dan tersebar di tengah luasnya perairan Indonesia. Meski berada di bawah permukaan laut, gunung api ini tetap menyimpan potensi bahaya bahkan tak jarang bisa menimbulkan gelombang tsunami.

Baca Juga: Semeru Erupsi! Mengenal Level Aktivitas Gunung Api: Awas hingga Normal

Contohnya seperti yang terjadi pada gunung api Tonga yang berada di Samudera Pasifik sempat meletus pada Januari 2022 lalu hingga menimbulkan gelombang Tsunami.

Berikut enam gunung api bawah laut yang ada di Indonesia yang harus diwaspadai menurut Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).

1. Gunung Hobal (Flores, NTT)

Yang pertama ada Gunung Hobal yang berada di Kecamatan Atedai, Kabupaten Flores bagian timur, Nusa Tenggara Timur, Pulau Lembata.

Baca Juga: Mengenal Gunung Semeru, Salah Satu Gunung Tertinggi di Indonesia

Aktivitas terakhir gunung ini tercatat pada tahun 1999 ditandai dengan hembusan asap putih keluar dari permukaan laut setinggi kurang lebih 100 meter.

Hingga saat ini ketinggian dari gunung api dari dasar laut Hobal belum diketahui.

2. Gunung Banua Wuhu

Terletak di Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara. Ketinggian gunung ini dari dasar laut mencapai 400 meter.

Beberapa aktivitas terakhir dari Banua Wuhu yang tercatat terjadi pada 2 Februari 1919. Saat itu Banua Wuhu sempat mengeluarkan lava.

Baca Juga: 6 Fakta Menarik Gunung Salak, Salah Satu Gunung Api Aktif di Jawa Barat

Kemudian pada 2 April 1919, gunungapi ini kembali mengeluarkan lava dan erupsi eksplosif yang mengakibatkan air laut pasang dan terjadi ledakan-ledakan hebat hingga merusak pohon kelapa dan membakar sebanyak 25 rumah penduduk.

Lalu sehari setelahnya yakni pada 3 April 1919, pukul 10.30 waktu setempat kembali terjadi erupsi.

3. Gunung Submarine Volcano 1922


Terletak di Kepulauan Sangir Talaud, Sulawesi Tengah. Sampai saat ini tidak diketahui berapa ketinggiannya, namun ada yang menyebutkan bahwa gunung api ini berada pada kedalaman 5.000 meter di bawah air laut.

Gunung Submarine Volcano 1922 tercatat mengalami erupsi pada tahun 1922, setelah terjadi rentetan gempa bumi sejak tahun 1912.

Baca Juga: Daftar Gunung Api Aktif di Pulau Jawa Selain Semeru, Ada Gunung Gede dan Salak!

Tercatat tidak kurang dari tiga kali gempa bumi submarine dengan episentrum yang terdapat di antara Mindanau dan Kepulauan Sangir Talaud.

Sebaran gunung api bawah laut di IndonesiaSebaran gunung api bawah laut di Indonesia

4. Gunung Nieuwerkerk

Gunungapi Nieuwerkerk, terletak di Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku dan merupakan gunung api kembar.

Ketinggian Gunung Api Nieuwerkerk yang satu memiliki tinggi lebih dari 1.900 meter dari dasar laut, pada kedalaman 2.285 meter dari permukaan air laut.

Lalu, Gunungapi Nieuwerkerk yang kedua, memiliki tinggi lebih dari 1.800 meter dari dasar laut pada kedalaman 2.325 meter dari permukaan air laut. Jarak puncak keduanya sekitar 7 km.

Baca Juga: Gempa M6.2 di Perairan Selatan Jatim, Kedalaman 10 Kilometer

Aktivitas terakhir dari gunungapi ini tercatat pada tahun 1927. Puncak I dan II dipisahkan oleh sebuah sadel dengan kedalaman 600 meter dari Puncak II.

5. Gunung Yersey

Gunung Yersey terletak di Laut Banda Selatan. Soal ketinggian, diperkirakan terdapat seperti pegunungan yang menjulang sekitar 600 meter dari laut datar yang diidentifikasi sebagai Gunung Yersey.

Aktivitas Gunung Yersey yang terakhir tidak diketahui, tetapi pada catatan peta laut kuno, di lokasi ini terdapat deretan seperti terumbu karang yang disebut Yersey. Selama ekspedisi Snellius tahun 1929, terdapat pada kedalaman lebih dari 3.800 meter.

Cekungan Banda, dengan kedalaman lebih dari 4.200 meter terdapat punggungan bawah laut yang membawa dua gunung berapi aktif, yaitu Gunung Api Wetar dan Gunung Api Batutara. Konsep keberadaan karang disebabkan oleh letusan bawah laut.

Baca Juga: Hati-hati Warga Sukabumi! Viral di Twitter Modus Penipuan Berkedok Kurir Paket

6. Gunung Emperor of China

Meski namanya terdiri dari kata "China", tetapi rupanya gunungapi yang satu ini bukan berada di negeri China lho. Gunung ini rupanya berada di bagian Barat Laut Banda.

Ketinggian gunung ini dari dasar laut adalah 1.500 meter pada kedalaman 2.850 meter. Aktivitas terakhirnya diketahui pada tahun 1927 dan bentuknya disebut seperti shield volcano.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Gadget26 April 2024, 19:30 WIB

3 Cara Mengetahui Password Wifi yang Lupa Melalui HP, Mudah dan Cepat!

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui password wifi yang lupa.
Ilustrasi. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui password wifi yang lupa. (Sumber foto : Pexels/PhotoMIX Company)
Life26 April 2024, 19:27 WIB

6 Kebiasaan Penting yang Membuat Anda Lebih Bijak Menghadapi Masalah Hidup

Menghadapi masalah dengan bijak tentu harus dibiasakan. Untuk itu, perlu melakukan kebiasaan yang membuat lebih bijak.
Kebiasaan yang bikin bijak hadapi masalah. | Sumber Foto : Pexels/Sanket Mishra
Internasional26 April 2024, 19:26 WIB

140 Negara Secara Resmi Mengakui Palestina sebagai Negara, Terbaru Jamaika

Jamaika secara resmi mengumumkan pengakuan Palestina sebagai sebuah negara. Keputusan ini diambil lewat musyawarah kabinet pada Senin, 22 April 2024.
Jamaika resmi mengakui Palestina sebagai negara | Foto : Ist
Life26 April 2024, 19:11 WIB

Tarik Perhatian Mereka, Terapkan 8 Tips Berikut Untuk Mengajak Anak Bekerja Sama

Setiap orang tua pasti menginginkan anak yang baik, patuh dan mudah di ajak kerja sama. Untuk menerapkannya coba terapkan beberapa tips berikut.
Ilustrasi tips mengajak anak bekerja sama / Sumber Foto : Freepik/@freepik
Life26 April 2024, 19:00 WIB

5 Kebiasaan Malas Orang Miskin yang Membuatnya Sulit Kaya

Masalah Finansial, Awas Jangan Lakukan Kebiasaan Malas Orang Miskin yang Membuat Hidup Sulit Kaya Ini!
Ilustrasi - Masalah keuangan. Kebiasaan Malas Orang Miskin yang Membuatnya Sulit Kaya (Sumber : Pixabay.com/@30726203)
Sukabumi26 April 2024, 18:55 WIB

3 Kendaraan Terlibat Tabrakan Beruntun di Sukaraja Sukabumi, 5 Orang Luka-luka

Berikut kronologi tabrakan beruntun yang melibatkan minibus Daihatsu Sigra dan dua angkot di Sukaraja Sukabumi.
Tabrakan beruntun di Sukaraja Sukabumi ini melibatkan dua angkot dan satu minibus. (Sumber : Istimewa)
Bola26 April 2024, 18:31 WIB

Analisis Reaksi Pasca Indonesia Tekuk Korsel; Netizen Antusias dengan Capaian Timnas U-23

Tim Nasional Indonesia U-23 berhasil melaju ke babak semifinal Piala Asia U-23 setelah membekuk Korea Selatan (Korsel) melalui drama adu penalti dengan skor 10-11 di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, Qatar, Jumat (26/4)
Timnas Indonesia U-23 berhasil melaju ke babak semifinal Piala Asia U-23 setelah membekuk Korea Selatan (Korsel) | Foro : Ist
Bola26 April 2024, 18:30 WIB

Link Live Streaming RANS Nusantara vs Persija Jakarta di Liga 1 Pekan ke-33

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara RANS Nusantara vs Persija Jakarta berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara RANS Nusantara vs Persija Jakarta berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Istimewa).
Musik26 April 2024, 18:02 WIB

Selain IU, Inilah Daftar Idol K-Pop yang Akan Menggelar Konser di Indonesia

Selain IU, ada beberapa idol K-pop yang akan menggelar konser di Indonesia pada tahun 2024. Tentu saja mereka akan memberikan penampilan terbaik untuk penggemarnya.
NCT Dream, aespa, TREASURE, Babymonster, adalah idol K-pop yang akan menggelar konser di Indonesia pada tahun 2024. ( Sumber Foto: instagram @/aespa_official, @/nct_dream, @/yg_treasure_official,/ @/babymonster_ygofficial )
Life26 April 2024, 18:00 WIB

Amalkan Setiap Hari Usai Sholat, 5 Doa Mohon Diberikan Keselamatan

Ketika berdoa untuk keselamatan, Anda menyerahkan segala urusan kepada Allah SWT, dan menerima apapun takdir yang diberikan.
Ilustrasi - Ketika berdoa untuk keselamatan, Anda menyerahkan segala urusan kepada Allah SWT, dan menerima apapun takdir yang diberikan. (Sumber : unplash/@Masjid MABA)