Bersama Kodim 0607, BPBD Kota Sukabumi Gelar Simulasi Tanggap Bencana

Sabtu 18 September 2021, 09:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Di tengah ancaman berbagai potensi kebencanaan, TNI dan BPBD kota Sukabumi melakukan simulasi tanggap bencana. Langkah antisipatif dan edukasi ini bencana berlangsung  di aula dan lapangan  Markas Kodim 0607 Sukabumi, Jumat (17/9/21).

Simulasi ini juga dihadiri oleh Kepala Staf Kodim  0607 Kota Sukabumi, Suntoro dan Perwira Seksi Teritorial Ahmad Samas. Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Sukabumi, Zulkarnain Barhami mengatakan, simulasi ini merupakan Program Pembinaan Masyarakat Tanggap Bencana Kodim 0607 bersama BPBD Kota Sukabumi

Baca Juga :

Tiga Rumah Terendam, BPBD Kota Sukabumi Tangani Banjir di Cibeureum

"Tujuannya agar kapasitas dan pemahaman masyarakat khususnya Sukabumi Raya meningkat dalam antisipasi terhadap kejadian yang trennya terus naik. Sehingga saat bencana datang warga sudah tahu apa yang harus diperbuat  terutama memanfaatkan golden time untuk selamat dari malapetaka," ujarnya. 

Lanjut kata Zulkarnain, masyarakat diharapkan mampu  memahami  peringatan dini yang harus terbangun. Dimulai dengan pengenalan risiko bencana seperti mengenal bahaya-bahaya yang sering mengancam di sekitar lingkungan.

photoTNI dan BPBD kota Sukabumi melakukan simulasi tanggap bencana. Langkah antisipatif dan edukasi ini bencana berlangsung di aula dan lapangan Markas Kodim 0607 Sukabumi, Jumat (17/9/21). - (dok. BPBD Kota Sukabumi)</span

"Memanfaatkan layanan peringatan dini yang dirilis pemerintah sebagai upaya teknis menghindari bencana, Diseminasi dan Komunikasi dengan berbagai media dan aplikasi yang tersedia seperti InaRisk serta  bagaimana membangun Respon Cepat masyarakat terbangun  dengan berbagai upaya latihan gladian drill  dalam menghadapi bencana secara rutin," tuturnya. 

Simulasi ini diikuti 40 peserta, yang berlatih praktik sederhana tanggap bencana di lapangan makodim. Simulasi menyelamatkan diri dan penanganan di lapangan akibat gempa yang disusul kejadian longsor, termasuk evakuasi korban. 

Wali Kota Sukabumi dalam mendorong kesiapsiagaan segenap lapisan telah mengeluarkan himbauan  melalui suratnya bernomor 363/989/BPBD/20211 bertanggal 17 September 2021. Mendorong peningkatan kapasitas kesiapsiagaan aparatur pemerintah daerah, lembaga non pemerintah dan masyarakat dalam menghadapi frekuensi kejadian bencana yang akan terus meningkat," jelasnya. 

Peningkatan dan penguatan kapasitas kesiapsiagaan bencana dilaksanakan melalui sosialisasi, edukasi, melakukan uji sirine, latihan penanggulangan kedaruratan bencana, pembuatan peta jalur evakuasi secara partisipatif, mitigasi berbasis ekosistem, dan gerakan aksi bersih lingkungan serta menghimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem pada periode ke depan. 

"Hujan secara sporadis, lebat, dan durasi singkat, disertai petir dan angin kencang, bahkan hujan es yang berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, dan puting beliung. Untuk masyarakat yang berada dan tinggal di wilayah rawan bencana hidrometeorologi dan terakhir kami meminta agar melakukan koordinasi pencegahan dan penanggulangan bencana ke BPBD Kota Sukabumi," pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Film29 April 2024, 16:30 WIB

Drama Korea Queen of Tears Akhirnya Tamat, Cetak Rating Tertinggi di tvN

Drama Korea "Queen of Tears" yang dibintangi oleh Kim Soo Hyun dan Kim Ji Won akhirnya menayangkan episode terakhirnya pada tanggal 28 April 2024.
Drama Korea "Queen of Tears" yang dibintangi oleh Kim Soo Hyun dan Kim Ji Won akhirnya menayangkan episode terakhirnya pada tanggal 28 April 2024. (Sumber : soompi.com)
Sehat29 April 2024, 16:00 WIB

Bantu Kontrol Darah, 9 Manfaat Makan Beras Merah untuk Kesehatan

Serat yang tinggi dalam beras merah membantu mengatur penyerapan glukosa dalam darah, sehingga dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Hal ini bermanfaat bagi penderita diabetes atau individu yang ingin mencegah diabetes tipe 2.
Ilustrasi - Nasi merah. Bantu Kontrol Darah, Manfaat Makan Beras Merah untuk Kesehatan. (Sumber : Freepik.com/@topntp26)
DPRD Kab. Sukabumi29 April 2024, 15:35 WIB

Komisi II DPRD Sukabumi Susun Raperda Penyelenggaran Perhubungan

Komisi II DPRD Kabupaten Sukabumi kini tengah fokus menyusun Rapncangan Peraturan Daerah Tentang Penyelenggaraan Perhubungan (Raperda RPP).
Komisi II DPRD Kabupaten Sukabumi menggelar FGD dengan Organda dan Komunitas Angkot untuk bahan penyusunan Raperda Penyelenggaran Perhubungan | Foto : Ist
Life29 April 2024, 15:30 WIB

6 Tips Mengobati Rasa Sakit Hati Akibat Dikecewakan Pasangan, Yuk Dicoba!

Guna menyembuhkan sakit hati dikecewakan pasangan, maka penting kiranya agar setiap diri memiliki keinginan untuk move on yang tinggi.
Ilustrasi. Cara menyembuhkan sakit hati dikecewakan pasangan. Sumber foto : Pexels/ SHVETS production
Inspirasi29 April 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Sebagai Kasir di Minimarket Sukabumi, Minimal SLTA/SMU/SMA

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Lowongan Kerja Sebagai Kasir di Minimarket Sukabumi, Minimal SLTA/SMU/SMA. (Sumber : Freepik/pressfoto)
Sukabumi29 April 2024, 14:43 WIB

Dinas PU Perbaiki Kerusakan Jalan Kompa-Cipanggulaan di Parungkuda Sukabumi

Perbaikan jalan sepanjang 200 meter ini untuk meningkatkan kualitas dan keamanan.
Proses perbaikan kerusakan Jalan Kompa-Cipanggulaan, tepatnya di Desa Kompa, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Minggu, 28 April 2024. | Foto: Istimewa
DPRD Kab. Sukabumi29 April 2024, 14:26 WIB

Semifinal Piala Asia U-23 Indonesia vs Uzbekistan, Budi Azhar Prediksi Timnas Menang 2-1

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Budi Azhar Mutawali optimis Timnas Indonesia U-23 bisa menang atas Uzbekistan.
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Budi Azhar Mutawali. (Sumber : Dok.SU)
Sukabumi29 April 2024, 14:14 WIB

Dua Remaja Citamiang Sukabumi Ditangkap, Bergilir Cabuli Anak di Bawah Umur

Kedua pelaku ditangkap setelah polisi menerima laporan soal dugaan pencabulan ini.
Lokasi dugaan pencabulan yang dilakukan RJ dan RE di rumah RE di Jalan Pemuda Kampung Baru, Kelurahan/Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi. | Foto: Polres Sukabumi Kota
Bola29 April 2024, 14:00 WIB

Optimis! Shin Tae-yong Ingin Bawa Timnas Indonesia ke Olimpiade Paris 2024

Shin Tae-yong berambisi bawa Timnas Indonesia terbang ke Olimpiade Paris 2024.
Shin Tae-yong berambisi bawa Timnas Indonesia terbang ke Olimpiade Paris 2024. (Sumber : pssi.org).
Life29 April 2024, 13:41 WIB

Jangan Diabaikan! Ketahui 7 Penyebab Balita Sering Memukul

Apakah balita Anda memukul anak lain saat pertama kali merasa frustasi? Jika ya, berikut cara menangani perilaku ini.
Ilustrasi balita memukul. | Foto: Freepik/@freepik