Pemdes Nanggerang Sukabumi Kecewa, BPN Tak Beri Keputusan soal Ruislag TKD Tol Bocimi

Rabu 05 Desember 2018, 09:06 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah Desa (pemdes) Nanggerang, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi menunggu kepastian dari Badan Pertanahan Nasional (BPN) selaku Tim Panitia Pembebasan Tol (P2T) soal ruislag atau tukar guling tanah kas desa (TKD) yang terdampak tol Bocimi Seksi II Cigombong-Cibadak.

Di TKD Desa Nanggerang itu berdiri SDN Kebonkawung, kantor balai Desa Nanggerang, PAUD sekaligus Posyandu Kurnia, kantor ZIS, klinik ZIS, gudang jagung, masjid Al-Ikhlas, Madrasah Diniyah Sabilul Fatah termasuk lapangan sepak bola.

Seluruh bangunan yang berdiri di TKD itu merupakan fasilitas umum, sarana pendidikan, sarana pertanian dan sarana ibadah. Dampak akibat tidak adanya kejelasan ini, fasilitas dan sarana tersebut terbengkalai. Terutama kantor desa, klinik ZIS dan sekolah, dengan tidak adanya keputusan dari BPN ini, pelayanan tak efektif juga menganggu proses belajar mengajar.

BACA JUGA: Keluar dari Tol Bocimi, Pengendara Banyak yang Bingung Cari Arah Sukabumi

Pemdes, pengurus ZIS, pihak Dinas Pendidikan dan masyarakat kecewa karena hal ini, sebab seluruh berkas dan dokumen yang diminta sudah dilengkapi.

"Pemerintah Desa sangat kecewa terhadap BPN sebagai P2T ini. Akhirnya kantor desa terbengkalai seperti SDN Kebonkawung dan klinik ZIS," ujar Sekdes Nanggerang Unang Suwandi.

Unang mengungkapkan, BPN belum lama ini telah bertemu dengan pengurus ZIS, ketua Gapoktan, perwakilan Dinas Pertanian, pengurus PAUD, Dinas Pendidikan dan pihak Pemdes.

"Dalam pertemuan di BPN kemarin itu, dari dinasnya juga ada, gapoktan juga hadir, PLT kepala sekolah SDN Kebonkwaung juga hadir, pengurus ZIS, pengelola madrasah, pengelola PAUD. (Semua yang hadir) dipanggil, ditanya satu-satu. Semua memberikan masukan dan segala macamnya dan ada tanda tangan daftar hadir kemudian ada surat dari desa kemudian dilengkapi bisa acara," ujar Unang.

Dikira dari pertemuan itu ada hasil. Namun yang terjadi, dua hari setelah pertemuan, BPN mengirim surat ke Dinas Pertanian dan Dinas Pendidikan, tembusan kepada Kepala Desa Nanggerang. Dalam surat tersebut BPN minta data pembangunan serta sumber anggaran gudang jagung dan SDN Kebonkawung. Padahal hal itu sudah dilengkapi.

"Surat dari Dinas Pendidikan sudah ada, dari Dinas Pertanian sudah ada. Suratnya ditandatangani sama dinas juga bahwa bangunan tersebut merupakan aset milik Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi yang berdiri diatas TKD. Kemudian dari Dinas Pendidikan juga bahwa SDN Kebonkawung aset Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi yang berdiri diatas TKD sudah ada suratnya," ujar Unang.

BACA JUGA: Dampingi Jokowi Resmikan Tol Bocimi Seksi I, Dewi Asmara Berharap Tarifnya Tidak Mahal

Proses tersebut, kata Unang, sudah berjalan hampir setahun tapi masih saja BPN meminta data dan dokumen. Menurut dia kalau tidak ada keputusan warga akan memperbaiki sarana yang terbengkalai tersebut.

"Kalau memang tidak ada kepastian, warga akan memperbaiki lagi sarana klinik ZIS, kantor ZIS dan masjid tersebut," jelasnya.

Ketua Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) kementerian Pekerjaan Unum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Bambang Suharto mengatakan, menyerahkan hal itu kepada kepala desa, BPN dan P2T.

"Nanti saya konfirmasi dulu," singkatnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi09 Mei 2024, 15:02 WIB

Diduga Korsleting, Kronologi Mobil Colt Hangus Kebakaran di Parungkuda Sukabumi

Sebelum terbakar, mesin mobil jurusan Parungkuda-Kabandungan ini mati mendadak.
Mobil colt yang kebakaran di Jalan Siliwangi, Desa Kompa, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Kamis (9/5/2024). | Foto: SU/Ibnu Sanubari
Sukabumi09 Mei 2024, 15:00 WIB

Marak Kasus Kekerasan Seksual di Sukabumi, LENSA Dorong Aparat Gunakan UU TPKS

Maraknya kasus kekerasan seksual dan terus berulang di wilayah Kabupaten Sukabumi mendapat perhatian serius dari Lembaga Peneliltian Sosial Agama (LENSA) Sukabumi.
Lembaga Peneliltian Sosial Agama (LENSA) Sukabumi mendorong aparat terapkan UU TPKS dalam penanganan kasus kekerasan seksual | Foto : Ilustrasi
Inspirasi09 Mei 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Sebagai Kasir di Minimarket Sukabumi, Cek Kualifikasinya Disini!

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Lowongan Kerja Sebagai Kasir di Minimarket Sukabumi, Cek Kualifikasinya Disini! (Sumber : Freepik/pressfoto)
Life09 Mei 2024, 14:45 WIB

Mengenal dan Memahami Arti Dari Kekerasan Virtual Di Dunia Anak-Anak

kekerasan virtual merupakan sebuah agresi yang dilakukan anak melalui TV, video game, hingga media sosial. Hal ini perlu menjadi kekhawatiran orang tua agar bisa mengawasi anak dengan baik
Ilustrasi mengenal kekerasan virtual pada dunia anak (Sumber : pexels.com/@TimaMiroshnichenko)
Sehat09 Mei 2024, 14:30 WIB

Selalu Dianggap Sepele! Padahal 5 Makanan Ini Kaya Purin dan Penyebab Asam Urat

Pelajari makanan apa yang harus dihindari dan apa yang harus dimakan untuk mencegah kambuhnya penyakit asam urat.
Pelajari makanan apa yang harus dihindari dan apa yang harus dimakan untuk mencegah kambuhnya penyakit asam urat. (Sumber : Instagram/@jeroan.jagoan)
Life09 Mei 2024, 14:15 WIB

9 Cara Menghadapi Anak yang Keras Kepala, Salah Satunya Jangan Pernah Berdebat

Anak yang keras kepala kemungkinan merupakan kepribadian bawaan. Namun jangan khawatir ada beberapa cara yang bisa dilakukan orang tua untuk menghadapi anak yang kerasa kepala
Ilustrasi menghadapi anak keras kepala (Sumber : pexels.com/@KetutSubiyanto)
Sukabumi09 Mei 2024, 14:07 WIB

Mesin Mati, Mobil Colt Keluarkan Asap dan Kebakaran di Parungkuda Sukabumi

Api dapat dipadamkan dengan bantuan satu unit mobil pemadam kebakaran.
Mobil colt yang kebakaran di Jalan Raya Siliwangi, Desa Kompa, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Kamis (9/5/2024). | Foto: SU/Ibnu Sanubari
Keuangan09 Mei 2024, 14:00 WIB

10 Tips Mengelola Keuangan Agar Tidak Berhutang Pinjaman Online

Semakin tahu tentang cara mengelola uang dengan baik, semakin baik Anda dapat menghindari jebakan pinjaman online.
Ilustrasi. Menabung | Tips Mengelola Keuangan Agar Tidak Berhutang Pinjaman Online. Foto : Pixabay.com
Life09 Mei 2024, 13:45 WIB

10 Tips untuk Orang Tua Mengembangkan Kebiasaan Anak di Era Digital

Sebagian orang tua merasa kecanggihan teknologi bisa membawa pengaruh buruk pada anak. Padahal, kecanggihan teknologi tidak bisa dihindari bahkan gadget bisa bermanfaat untuk anak
Ilustrasi mengembangkan kebiasaan anak di era digital (Sumber : pexels.com/@AndreaPiacquadio)
Sukabumi09 Mei 2024, 13:42 WIB

Mak Enih Mengungsi, Rumahnya di Jampangkulon Sukabumi Ambruk Akibat Lapuk

Dading menjelaskan saat rumahnya ambruk Mak Enih sedang beres-beres.
Mak Enih (65 tahun) dan kondisi rumahnya yang ambruk di Kampung Cibiting Nguluwung RT 16/05 Desa Karanganyar, Kecamatan Jampangkulon, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa