Mengenal SiMaya, Solusi Pengganti Kertas Surat Menyurat Pemkab Sukabumi

Senin 27 Maret 2017, 18:43 WIB

SUKABUMIUPDATE.com – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), melalui Direktorat e-Government mengembangkan Aplikasi Perkantoran Maya (SiMAYA) yang dapat dimanfaatkan oleh seluruh kementerian, lembaga dan pemerintah daerah.

Dilansir dari situs www.kominfo.go.id, aplikasi ini dikembangkan berdasarkan Tata Naskah Dinas Elekronik yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Kemen-PAN) No. 6 Tahun 2011 mengenai Tata Naskah Dinas Elektronis di Lingkungan Instansi Pemerintah.

Implementasi SiMAYA sendiri dapat dilakukan melalui dua metode, yaitu metode cloud computing dan metode non cloud computing. Metode cloud computing dapat dimanfaatkan oleh Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah yang tidak mempunyai sumber daya manusia (SDM) yang berkompeten untuk merawat infrastruktur dan tidak mempunyai anggaran yang cukup untuk pengadaan infrastruktur tempat siMAYA akan di-install.

Metode non cloud computing dapat dipilih oleh Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah yang infrastrukturnya sudah stabil dan mempunyai SDM yang kompeten untuk melakukan pemeliharaan infrastruktur dan aplikasi.

“Nantinya semua proses surat menyurat pemerintah dari mulai pusat hingga di daerah, menggunakan sistem e-Government serba elektronik. Hanya saja untuk penerapannya, masih menunggu aplikasi SiMAYA yang diharapkan di tahun 2018 seluruh perangkat daerah sudah bisa menerapkannya,” ujar Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Sukabumi, Yudi Panca Yoga, kepada sukabumiupdate.com, Senin (27/3).

Nantinya, sambung Yudi, proses surat menyurat perkantoran tidak lagi menggunakan kertas karena semuanya akan memakai komputer, termasuk akan ada aplikasi SiMAYA versi Android.

BACA JUGA:

Pemkab Sukabumi Lirik Peluang Emas Kembangkan Usaha Budidaya Belut

Dewan dan Pemkab Sukabumi Sepakat Tambah Kuota Minimarket

Wabup Sukabumi Imbau Wajib Pajak Isi SPT Tahunan via e-Filing

“Saat seorang kepala daerah atau dinas sedang di lapangan, membuat surat terhambat dan telat. Dengan adanya SiMAYA, kepala bisa langsung disposisi ke sekretaris yang diteruskan ke tingkat bawah,” katanya.

Tidak hanya itu, seorang pimpinan juga bisa memantau sejauhmana surat tersebut diproses hingga nantinya ditandatangani secara digital.”Saat ini tanda tangan digital belum, namun pelan-pelan akan diterapkan semtuanya di 2018,” tutur Yudi.

Menurutnya, semua perangkat pemerintahan di daerah dari mulai bupati, wakil bupati, sekretaris daerah, kepala dinas, hingga kecamatan menggunakan aplikasi itu. Karena tidak jarang, surat menyurat sampai ke kepala dinas butuh waktu lama karena berbagai kesibukan.

“Nantinya dengan aplikasi SiMAYA, surat itu bisa diterima dalam waktu hitungan detik saja yang diteruskan ke bawah, tinggal bagaimana merespon dan menjawab surat tadi,” katanya.

Sekarang sambung Yudi, bagaimana caranya seluruh perangkat daerah bisa menggunakan aplikasi tersebut dan tinggal nantinya mempersiapkan perangkatnya saja.

“Aplikasi SiMAYA masih dalam penyempurnaan. Satu bulan diuji coba di Dinas Kominfo, proses surat dari bawah ke atas masih lambat, karena begitu dibuat, harusnya langsung muncul, tetapi kenyataannya lama,” pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sehat17 Mei 2024, 11:30 WIB

6 Golongan Obat-obatan untuk Meredakan Nyeri Asam Urat dan Efek Sampingnya

Meredakan nyeri akibat asam urat (gout) sering memerlukan kombinasi obat-obatan untuk mengurangi peradangan, nyeri, dan kadar asam urat dalam tubuh.
Ilustrasi. Meredakan nyeri akibat asam urat (gout) sering memerlukan kombinasi obat-obatan untuk mengurangi peradangan, nyeri, dan kadar asam urat dalam tubuh. (Sumber : Freepik/fabrikasimf)
Jawa Barat17 Mei 2024, 11:21 WIB

Audiensi LW Doa Bangsa-BJB Syariah, Kolaborasi Majukan Perwakafan di Daerah

Lembaga Wakaf (LW) Doa Bangsa melakukan audiensi di kantor BJB Syariah Pusat, di Bandung, Kamis, (16/5/2024).
Audiensi Lembaga Wakaf Doa Bangsa dan BJB Syariah di Bandung | Foto : Dok. LW Doa Bangsa
Life17 Mei 2024, 11:15 WIB

6 Kebiasaan Buruk yang Dapat Menghancurkan Kreatifitas Hidup, Hindari Yuk!

kebiasaan buruk yang sering dilakukan akan membunuh kreatifitas hidup. Setiap orang harus menghindarinya agar tidak merusak masa depan dan kehidupannya
Beberapa kebiasaan buruk yang membuat kreatifitas menghilang (Sumber : Pexels.com/@Andreapiacquadio)
Sehat17 Mei 2024, 11:00 WIB

8 Minuman Sehat untuk Meredakan Nyeri Asam Urat, Enak dan Segar!

Inilah Sederet Minuman Sehat untuk Meredakan Nyeri Asam Urat, Enak dan Segar!
Ilustrasi. Minuman Segar dan Sehat untuk Meredakan Nyeri Asam Urat (Sumber : Pexels/EnginAkyurt)
Sukabumi17 Mei 2024, 10:51 WIB

Sudah Dihapus, Ini Postingan Soal Studi Tour yang Bikin PGRI Sukabumi Lapor polisi

Seluruh postingan akun facebook Atep Romli sudah menghilang sebelum pelaporan PGRI Kabupaten Sukabumi ke pihak kepolisian.
Ilustrasi dihapus. (Sumber: freepik)
Life17 Mei 2024, 10:30 WIB

6 Adab Kesopanan yang Wajib Diajarkan Orang Tua Kepada Anak Sejak Kecil

Adab kesopanan juga harus diajarkan kepada anak sejak kecil oleh orang tua. Ini sangat penting mengingat semuanya bergantung didikan dari masa mereka kanak-kanak dan menjadi pribadi baik saat dewasa.
Ilustrasi ketika orang mengajarkan adab kesopanan kepada anak (Sumber : Pexels.com/@Kampusproduction)
Life17 Mei 2024, 10:15 WIB

6 Kesalahan Orang Tua yang Jadi Penyebab Anak Kecanduan Main HP Sejak Kecil

Penyebab anak kecanduan main HP sejak kecil pada umumnya dipengaruhi oleh pola asuh orang tua sendiri di rumah. Maka dari itu, ini kesalahan orang tua saat masa mendidiknya yang harus segera diperbaiki
Ilustrasi kesalahan orang tua yang menjadi penyebab anak kecanduan main HP (Sumber : Pexels.com/@YanKrukau)
Life17 Mei 2024, 10:00 WIB

15 Karakter Dasar yang Harus Dimiliki Seorang Anak, Bunda Yuk Ajarkan

Ciri-ciri karakter akan membantu anak menjadi sukses dalam setiap aspek kehidupannya.
Ilustrasi Ciri-ciri karakter akan membantu anak menjadi sukses dalam setiap aspek kehidupannya. | Foto: Pexels.com/@Romina Ordenez
Sukabumi17 Mei 2024, 09:57 WIB

Nyaris Sambar Bocah, Aksi Berani Pelajar Sukabumi Ringkus Ular Piton di Jalanan

Dengan sigap, Galang Ramadani, pelajar SMK mengejar ular dengan panjang kurang lebih 3 meter tersebut.
Aksi berani pelajar SMK di Sukabumi, Galang Ramadani meringkus ular piton di jalan karamat Kota Sukabumi (Sumber: akun youtube SUTV Sukabumi)
Sehat17 Mei 2024, 09:32 WIB

Diet Asam Urat, Pilihan Makanan dan Apa Saja yang Harus Dihindari

Dengan mengikuti panduan untuk Diet Asam Urat ini, penderita asam urat dapat mengelola kondisinya dengan lebih baik dan mengurangi risiko serangan gout.
Diet Asam Urat, Pilihan Makanan dan Apa Saja yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat. Foto: Istimewa