Mitigasi Tsunami, Pemkab Sukabumi Bakal Tertibkan Bangunan Pinggir Pantai Palabuhanratu

Selasa 25 Desember 2018, 01:14 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah Kabupaten Sukabumi bakal melakukan penertiban bangunan yang berada di lahan pinggir pantai sebagian wilayah Palabuhanratu. Penertiban tersebut adalah salah satu langkah mengurangi risiko bencana (mitigasi,red) tsunami.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, usai konferensi pers di Pendopo Kabupaten Sukabumi, Senin (24/12/2018). Marwan menjelaskan, bangunan yang akan ditertibkan berada antara penginapan Pondok Dewata dan Pom Bensin dekat Pasar Palabuhanratu.

"Rencananya 2019. Itu kan galangan, itu tanah pemprov. Dulu waktu saya jadi Wabup masih terbuka, tapi sekarang jadi banyak warung-warung kecil," kata Marwan kepada sukabumiupdate.com.

Ia menekankan, pembebasan dilakukan bukan karena Pemkab Sukabumi kebanyakan duit. Namun sebagai langkah mitigasi bencana tsunami, serta kebutuhan pariwisata.

Belajar dari Tsunami Selat Sunda yang menerjang wilayah Banten serta Lampung, kata Marwan, keberadaan ruang terbuka di sekitar pantai sangat penting sebagai langkah mitigasi bencana. Setidaknya jika ada potensi tsunami, masyarakat bisa melihat langsung gejala alamnya. Peluang mengurangi jumlah korban pun lebih terbuka.

"Kendala yang terjadi di Anyer itu, orang tidak bisa melihat laut. Atuh ges katutup semua lautna, itu lah yang juga jadi persoalan di Kabupaten Sukabumi hari ini. Mohon dibantu oleh media, untuk diajak masyarakat, supaya laut itu jangan ditutup," kata Marwan.

"Lihat saja videonya, kan. Aya nu keur ngagembreng musik, ujug-ujug cai ti tukang teu kanyahoan kan," imbuh Marwan.

BACA JUGA: Alat Peringatan Tsunami Tak Berfungsi, DPRD Dorong Pemkab Sukabumi Bertindak

Nantinya lahan milik Pemprov Jabar yang terletak antara penginapan Pondok Dewata dan Pom Bensi dekat SPBU, akan dibuat terbuka. Masyarakat bisa melihat laut lepas dari kejauhan tanpa terhalang bangunan.

"Nanti masyarakat los melihat. Melihat pantai langsung, katingali langsung. Langsung tengah laut ke pasar. Mau ngomong apa pun kalau kita tidak punya ruang terbuka, bisa terjadi seperti kemarin (banyak korban Tsunami Selat Sunda,red)," imbuh Marwan.

Marwan menjelaskan, penertiban bangunan pinggir pantai ini bukan kali pertama dilakukan. Sebelumnya, hal serupa juga dilakukan di Pantai Citepus, Palabuhanratu.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkini
Food & Travel21 Juli 2024, 07:00 WIB

Resep Gula Jawa: Cara Membuat, Manfaat & Perbedaannya dengan Gula Aren

Gula jawa juga memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dibandingkan dengan gula putih biasa, sehingga bisa menjadi pilihan yang lebih baik untuk mengelola kadar gula darah.
Ilustrasi. Resep Gula Jawa: Cara Membuat, Manfaat dan Perbedaan dengan Gula Aren (Sumber : Freepik/@freepik)
Science21 Juli 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 21 Juli 2024, Minggu Pagi Potensi Cerah Berawan untuk Wilayah Sukabumi

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan dan berawan pada Minggu Juli 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan dan berawan pada Minggu Juli 2024.(Sumber : Freepik.com/@fanjianhua)
Sukabumi20 Juli 2024, 22:33 WIB

Sempat Terserempet Motor, Surtini Korban Tewas Tabrak Lari Mobil di Sukabumi

Euis membiarkan Surtini karena belum mengetahui kondisi kepribadiannya.
Euis Julaeha (54 tahun), ketua RT tempat Surtini (62 tahun) menjadi korban tabrak lari mobil di Kampung Ciutara RT 16/07 Desa Pondokkaso Landeuh, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Ibnu Sanubari
Arena20 Juli 2024, 21:07 WIB

Pertama di Asia, Atlet Asal Sukabumi Berhasil Lakukan 10 Kali Juggling Bola di Udara

Fikri terbang dengan ketinggian 1.300 mdpl didampingi pilot paralayang profesional, Derry Farhan Mutaqin.
Muhammad Fikri Sirath saat melakukan juggling bola di udara. | Foto: Muhammad Fikri Sirath
Life20 Juli 2024, 21:00 WIB

10 Cara Mengetahui Karakter Seseorang, Perhatikan Bagaimana Dia Mengelola Uang

Mengetahui karakter seseorang memerlukan observasi mendalam dan interaksi yang konsisten.
Ilustrasi. Mengetahui karakter seseorang memerlukan observasi mendalam dan interaksi yang konsisten. (Sumber : pixabay.com/@SzilárdSzabó)
Sukabumi20 Juli 2024, 20:20 WIB

Polisi Selidiki Temuan Limbah Sampel Darah di Jalanan Parungkuda Sukabumi

Polisi akan terus melakukan penyelidikan untuk mengetahui asal sampel darah.
Polisi di lokasi penemuan limbah tabung sampel darah di Jalan Kompa-Cipanggulaan, Desa Kompa, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Film20 Juli 2024, 20:00 WIB

5 Rekomendasi Anime Isekai Terbaik yang Wajib Kamu Tonton

Anime isekai telah menjadi subgenre yang populer karena ceritanya yang beragam, karakter yang menarik, dan tema yang membebaskan
Reincarnated as a Sword - Anime isekai telah menjadi subgenre yang populer karena ceritanya yang beragam, karakter yang menarik, dan tema yang membebaskan (Sumber : imdb.com).
Life20 Juli 2024, 19:00 WIB

Kamu Merasa Sulit Sukses? Kenali 5 Kebiasaan Buruk yang Menjadi Penghambatnya

Jika kamu ingin mencapai kesuksesan, penting untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk ini dan mengembangkan kebiasaan-kebiasaan yang positif.
Ilustrasi - Jika kamu ingin mencapai kesuksesan, penting untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk ini dan mengembangkan kebiasaan-kebiasaan yang positif. (Sumber : unsplash.com/@Joshua Rawson-Harris)
Life20 Juli 2024, 18:00 WIB

Doa Sebelum Memulai Aktivitas Bekerja, Yuk Amalkan Agar Rezeki Lancar Juga Berkah

Membaca doa sebelum bekerja dapat membantu meningkatkan semangat dan motivasi.
Ilustrasi berdoa. Membaca doa sebelum bekerja dapat membantu meningkatkan semangat dan motivasi. | (Sumber : Freepik.com)
DPRD Kab. Sukabumi20 Juli 2024, 17:12 WIB

DPRD Terima Studi Banding Mahasiswa UMMI, Bahas Kelembagaan dan Dinamika Politik

Badri berharap dengan studi banding ini mahasiswa bisa berperan aktif dalam politik.
DPRD Kabupaten Sukabumi menerima kunjungan studi banding mahasiswa UMMI di Ruang Bamus DPRD, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Jumat (19/7/2024). | Foto: Istimewa