Rapat Paripurna, Bupati Sukabumi Sampaikan Nota Pengantar Raperda

Senin 29 Oktober 2018, 08:22 WIB

SUKABUMI8UPDATE.com - Bupati Sukabumi Marwan Hamami menghadiri sidang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Sukabumi dalam Rangka Penyampaian nota pengantar Bupati mengenai Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2019 dan pengambilan keputusan terhadap Raperda perubahan atas Peraturan Daerah nomor 4 tahun 2016 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Daerah Kabupaten Sukabumi tahun 2016-2021 di Ruang Sidang Utama Gedung DPRD Kabupaten Sukabumi, Senin (29/10/2018).

Dirinya mengatakan bahwa pendapatan daerah merupakan perkiraan yang terukur secara rasional dan memiliki kepastian serta dasar hukum penerimaanya.

"Pajak dan retribusi daerah mempedomani undang-undang nomor 28 tahun 2009 tentang pajak daerah dan retribusi daerah melalui penyempurnaan sistem pemungutan pajak dan retribusi daerah," bebernya.

Selanjutnya, Marwan menerangkan bahwa belanja langsung dianggarkan terkait dengan pelaksanaan program dan kegiatan untuk mewujudkan visi dan misi daerah yang dijabarkan dalam tujuan dan sasaran daerah. Hal ini tertuang dalam RPJMD Kabupaten Sukabumi tahun 2016-2021.

"Belanja langsung juga dianggarkan untuk memdanai kebutuhan operasional kantor yang harus ada di setiap perangkat daerah, dan menigkatkan alokasi belanja modal yang mendorong aktifitas ekonomi dan peningkatan pelayanan publik dan daya saing daerah bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat," terangnya.

BACA JUGA: Hadiri Rapat Paripurna, Bupati Sukabumi Sampaikan Tiga Jawaban Raperda

Terkait dengan pengambilan keputusan atas Raperda  tentang perubahan atas peraturan Daerah nomor 4 tahun 2016 tentang RPJM Daerah Kabupaten Sukabumi Tahun 2016-2021, ia menyampaikam bahwa perubahan RPJMD ini merupakan hasil review RPJMD yang dilakukan oleh BAPPEDA dan dibantu oleh tenaga ahli dari International Thingking Training and Comsultancy (ITTC).

"Diperlukan refocusing terhadap tujuan, sasaran strategis serta indikator kinerja utama dalam RPJMD agar dapat lebih fokus terhadap tujuan pembangunan daerah," pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life22 Mei 2024, 11:30 WIB

5 Tips Membantu Remaja Membangun Citra Tubuh yang Sehat dan Positif

Seorang anak yang beranjak dewasa akan selalu mengamati tubuhnya sendiri. Tapi orang tua dapat membantu dengan membangun citra tubuh yang sehat
IIlustrasi membantu remaja membangun citra tubuh yang sehat dan positif (Sumber : Pexels.com/@Karolinagrabowska)
Sukabumi22 Mei 2024, 11:25 WIB

Huntap Penyintas Nyalindung Terkendala Lahan, SPI Sukabumi Sebut PTPN Goalpara Egois

Pembangunan Huntap yang berlokasi di lahan milik PTPN VIII Goalpara, di Kampung Baru Cibuluh, Desa Cijangkar, terpaksa harus dihentikan, konon karena tidak mendapatkan izin.
Rozak Daud, Ketua Serikat Petani (SPI) Sukabumi / Aktivis Refroma Agraria Foto : Sukabumi Update
Science22 Mei 2024, 11:15 WIB

BMKG: Waspada Gelombang Tinggi 2,5 - 4 Meter di Perairan Selatan Sukabumi

isiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran seperti perahu nelayan (kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 m)
Ilustrasi gelombang tinggi seret perahu nelayan di Pesisir Sukabumi (Sumber: Ragil Gilang)
Sehat22 Mei 2024, 11:15 WIB

Hindari Pemicunya, Berikut 5 Tips Ampuh Mencegah Sakit Kepala Pada Anak

Sakit kepala yang menyerang anak-anak bisa dicegah dengan cara menghindari pemicu atau penyebab dari sakit kepala tersebut. Sebaiknya orang tua juga mulai waspada ketika anak merasakan sesuatu aneh di kepalanya
Ilustrasi mempraktekkan gaya hidup sehat merupakan salah satu pencegahan sakit kepala pada anak (Sumber : Pexels.com/@Ketutsubiyanto)
Gadget22 Mei 2024, 11:00 WIB

8 Cara Mengatasi HP yang Boros Baterai Tanpa Perlu ke Service Centre

Ada beberapa langkah yang bisa Anda ambil untuk mengatasi masalah Baterai HP Boros, baik dengan pengaturan perangkat lunak maupun perawatan perangkat keras. Mudah, Tanpa Perlu ke Service Centre!
Ilustrasi. Cara Mengatasi HP yang Boros Baterai Tanpa Perlu ke Service Centre. (Sumber : Pexels/TylerLastovich)
Sehat22 Mei 2024, 10:45 WIB

Kenali 4 Jenis Serta Gejala Sakit Kepala Yang Bisa Menyerang Anak-anak

Sakit kepala tidak hanya menyerang orang dewasa, namun anak-anak pun bisa mengalaminya dengan berbagai gejala yang mereka rasakan dan harus segera diwaspadai ketika mereka mengalaminya
Ilustrasi ketika anak mengalami salah satu dari empat jenis gejala sakit kepala (Sumber : Pexels.com/@MARTPRODUCTION)
Life22 Mei 2024, 10:30 WIB

12 Kebiasaan yang Bisa Menjerumuskan Diri ke Hal Tidak Baik dan Tips Menghindarinya

Dengan mengenali dan menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk, siapapun dapat meningkatkan kualitas hidup, kesehatan, dan kesejahteraan secara keseluruhan dan terhindar dari hidup tidak bahagia.
Tipe orang overthingking | Foto : Pexels/Andrea Piacquadio
Nasional22 Mei 2024, 10:20 WIB

21-22 Mei 5 Tahun Lalu, Protes Hasil Pemilu 2019 Picu Kerusuhan di Jakarta

Peristiwa besar terjadi di Jakarta pada 21-22 Mei 2019, aksi protes hasil Pemilu 2019 memicu kerusuhan terjadi di sekitar kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat dan di Jakarta Barat.
Aksi damai menolak hasil Pemilu 2019 berakhir ricuh di Jakarta | Foto : kompas.com
Sehat22 Mei 2024, 10:15 WIB

6 Faktor Penyebab Sakit Kepala Pada Anak Yang Jarang Diketahui Orang Tua

sakit kepala pada anak seringkali tidak disadari orang tua. Namun ada beberapa faktor yang menjadi penyebab mengapa ini bisa menyerang si kecil dan harus diketahui agar segera mendapatkan pengobatan
Ilustrasi seorang anak yang mengalami sakit kepala (Sumber : Pexels.com/@cottonbrostudio)
Life22 Mei 2024, 10:00 WIB

10 Strategi Disiplin Positif untuk Anak yang Wajib Diketahui Orang Tua

Teknik disiplin positif sangat membantu untuk mendidik anak-anak.
Ilustrasi - Teknik disiplin positif sangat membantu untuk mendidik anak-anak. (Sumber : Freepik.com/@peoplecreations)