Bupati Sukabumi: Harganas Momentum Evaluasi Tingkatkan Kualitas Keluarga

Kamis 13 September 2018, 13:54 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXV yang mengambil tema “Hari Keluarga Hari Kita semua” dengan tagline “Cinta Keluarga Cinta Terencana” ini merupakan momentum bagi Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Sukabumi untuk melakukan evaluasi atas upaya meningkatkan kualitas keluarga.

Kata Bupati Sukabumi Marwan Hamami pada acara Peringatan Hari Keluarga Nasional XXV Tingkat Kabupaten Sukabumi Tahun 2018 di Lapang Cijagung Kecamatan Kadudampit, Kamis (13/9/2018).

Pada acara tersebut Bupati Sukabumi menyerahkan penghargaan dan bantuan sembako kepada Tim Penggerak Desa, Tenaga Penyuluh Penggerak Desa dan Masyarakat yang berprestasi di bidang Keluarga Berencana.

Marwan mengatakan, Harganas ini merupakan hari khusus yang dimaksudkan untuk mengingatkan pada seluruh masyarakat akan pentingnya keluarga sebagai sumber kekuatan untuk membangun bangsa dan negara. Keluarga akan selalu menghidupkan, memelihara dan memantapkan serta mengerahkan kekuatan tersebut sebagai perisai dalam menghadapi persoalan yang terjadi. Karena keluarga sebagai wadah utama dan pertama dalam membina anak-anak.

“Oleh Karena itu, dengan tema Harganas dapat menjadi pemicu bagi keluarga untuk terus memperkokoh ketahanan keluarganya dan mampu melahirkan generasi emas bagi penerus bangsa yang berkarakter,” harapnya.

Dikatakannya, peringatan Harganas hendaknya tidak menjadi acara seremonial saja, tetapi  harus menjadi momentum yang betul - betul dipahami nilai strategisnya, karena keluarga sesungguhnya merupakan “Center of development”. Keluarga adalah unit terkecil dalam masyarakat yang terdiri dari suami istri atau suami, istri dan anaknya yang merupakan lingkungan pertama dan utama dalam pembinaan tumbuh kembang, memanamkan nilai nilai moral serta pembentukan kepribadian.

BACA JUGA: Resmikan Pasar Tradisional dan Pustu, Bupati Sukabumi: Blak-blakan Soal Pembangunan

“Hari ini kita melaksanakan peringatan Harganas ke 25 Tingkat Kabupaten Sukabumi, dimana kegiatan ini untuk memberikan motivasi dorongan dan semangat bagi Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, dimana tujuannya adalah bagaimana peran dari keluarga dapat di kuatkan sebagai pemicu pertumbuhan bagi aklselerasi pembangunan Sukabumi yang lebih baik,“ terangnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Aisah menyampaikan, keluarga  sebagai unit masyarakat terkecil  berperan sebagai  sumber kekuatan untuk membangun bangsa. Oleh karena itu, untuk mengingatkan hal tersebut   maka pada tanggal 29 Juni ditetapkan sebagai Harganas.

Adapun  tujuannya adalah untuk mengintensifkan konsolidasi internal seluruh pengelola program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga serta untuk mensosialisasikan seluruh program - programnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Nasional03 Mei 2024, 01:02 WIB

Jokowi Teken UU Desa Baru, Kades Dapat Uang Pensiun dan Bisa Menjabat Hingga 16 Tahun

Presiden Jokowi menandatangani pengesahan UU Desa baru, Kades dapat uang pensiun hingga jabat 2 periode.
Ilustrasi Kepala Desa atau Kades. | Foto : Sukabumi Update
Jawa Barat03 Mei 2024, 00:01 WIB

Bahas UHC, Sekda Kabupaten Sukabumi Hadiri Monev Implementasi JKN

Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman hadiri acara monev Implementasi Inpres Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program JKN di Bandung.
Sekda Kabupaten Sukabumi didampingi perangkat daerah hadiri acara monev implementasi inpres terkait JKN di Bandung. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Sukabumi02 Mei 2024, 22:39 WIB

Longsor di Parungkuda Sukabumi, Akses Jalan Desa Langensari Tertutup Dapuran Bambu

Akses jalan Desa Langensari Parungkuda Sukabumi tertutup longsor dapuran bambu.
P2BK bersama sejumlah relawan tengah melakukan penanganan longsor dapuran bambu yang menutup badan jalan di Kampung Sindangsari RT 1/2, Desa Langensari, Parungkuda Sukabumi, Kamis (2/5/2024). (Sumber : Istimewa)
Opini02 Mei 2024, 22:12 WIB

Mengarahkan Kompas Pendidikan: Sebuah Renungan di Hari Pendidikan Nasional

Sistem pendidikan harus menyediakan ruang yang cukup untuk pembelajaran empati, kejujuran, dan keberanian moral.
Ilustrasi. Seputar Hardiknas 2024 | Foto: Pixabay/sasint
Keuangan02 Mei 2024, 21:56 WIB

Masih Dibuka, Pendaftar Tahara di BPR Cicurug Sukabumi Diprediksi Terus Meningkat

Pendaftaran calon nasabah Tabungan Hari Raya (Tahara) Perumda BPR Sukabumi cabang Cicurug masih dibuka hingga 8 Mei 2024.
Kepala Pemasaran BPR Sukabumi Cabang Cicurug, Jujun Junaedi. (Sumber : SU/Ibnu)
Opini02 Mei 2024, 21:33 WIB

Menjadi Pembaca Kritis: Memilah Informasi di Era Media Baru

Pembaca kritis tidak hanya menerima informasi mentah-mentah, tertapi mampu memahami konteks informasi, menganalisis isi dan sumbernya, serta mengevaluasi kebenarannya.
Ilustrasi memilah informasi di zaman hadirnya media baru. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi02 Mei 2024, 21:17 WIB

Pengantar ke Neraka! Bank Emok-Rentenir Dilarang Keras Masuk Kutamara Sukabumi

Spanduk tolak rentenir dan bank emok terbentang di Kampung Kutamara Surade Sukabumi. Praktik riba disebut sudah rusak rumah tangga dan pengantar ke neraka.
Spanduk penolakan hadirnya praktik riba akibat rentenir hingga bank emok yang dipasang ormas Gempa di Kampung Kutamara Surade Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Bola02 Mei 2024, 21:00 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia vs Irak di Perebutan Tempat ke-3 Piala Asia U-23 2024

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Irak U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Irak U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).
Sehat02 Mei 2024, 20:30 WIB

Sulit Tidur dan Sangat Mengganggu! 4 Cara Mengobati Sakit Asam Urat di Malam Hari

Ada beberapa cara mengobati sakit asam urat di malam hari.
Ilustrasi - Ada beberapa cara mengobati sakit asam urat di malam hari. (Sumber : Freepik.com/DC Studio).
Life02 Mei 2024, 20:15 WIB

6 Minuman yang Bisa Menenangkan Pikiran saat Stres, Cemas dan Galau, Yuk Dicoba!

Sejumlah minuman bermanfaat untuk membantu menenangkan pikiran di saat sedang mengalami stres, cemas dan galau. Patut menjadi rekomendasi sebagai menu harian.
Ilustrasi minuman yang menenangkan pikiran. | Sumber foto : Pexels/Anna Tarazevich