Relasi Seni, Budaya, dan Ekonomi Kreatif: Seminar Membangun Kota Berperadaban

Jumat 05 Oktober 2018, 12:20 WIB

Oleh: Kang Warsa

Seminaryang diselenggarakan oleh Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata KotaSukabumi dengan judul besar: Relasi Seni, Budaya, dan Ekonomi Kreatif di Sukabumi merupakan gagasan cerdas untuk mensinergikan tiga elemen penting dalam kehidupan di wilayah urban, seni, budaya, dan ekonomi. Sebagai kota pelayanan jasa terpadu di bidang jasa, pendidikan, dan kesehatan tentu saja Kota Sukabumi sangat memerlukan sinergitas setiap unsur penunjang eksistensi kota dalam skalaurban. Bagi kota-kota yang telah dapat dikategorikan sebagai wilayah urban, kosa kata lama seperti seni dan budaya telah mengalami pergeseran secara evolutif dan merambah dan diarahkan ke ranah ekonomi kreatif.

Sebenarnya, jika kita merujuk kepada teori sosial, kesenian sendiri merupakan bagian dari tujuh unsur kebudayaan. Artinya, seni dan hasil kreasi manusia darinya merupakan bagian dari kebudayaan yang pada akhirnya akan membentuk sebuah peradaban. H. Achmad Fahmi selaku Wali Kota Sukabumi memaparkan dalam seminar tersebut Kota Sukabumi harus dibawa ke arah kota yang berperadaban, sebuah kota yang di dalamnya melahirkan peradaban (keadaban: lawan kata darikebiadaban) dan etika.

Gelombang peradaban manusia, melalui pendekatan sejarah kehidupan manusia telah melampuai tiga gelombang besar seperti ungkapan Toffler: Peradaban pertama lahir dari sikap manusia terhadap untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dari sistem food gathering ke peradaban bercocok tanam. Diikuti oleh gelombang kedua saat revolusi industri mulai menggeliat di Inggris, gelombang ketiga merupakan era dimana kita hidup adalah merupakan akumulasi dari setiap gelombang. Lahirnya peradaban dan akibat-akibat yang menyertainya merupakan upaya manusia agar tetap survivedi dalam kehidupan ini.

Ekonomi kreatif telah menjadi idiom primadona sejak gelombang teknologi dan informasi telah melarutkan bahkan menghanyutkan manusia yang hidup di milieu paska perang dingin. Lahirnya idiom ini merupakan salah satu jawaban alternatif manusia untuk menyelesaikan beberapa permasalahan sebagai dampai kurang baik dari meluapnya besar gelombang ketiga. Di era gelombang ketiga ini, air yang meluap tidak lagi disebabkan oleh melelehnya lapisan esakibat pemanasan global, kenyataan alam ini telah merambah pada sifat dasar manusia dan kehidupannya. Banjir informasi, banjir kata-kata, hingga banjir ungkapan yang pada akhirnya dapat membawa musibah sosial bagi manusia.

Kang Egon, saya dan teman-teman memanggilnya demikian, sebagai seorang arsitek yang konsern meneliti arsitektur dan heritages yang ada di Kota Sukabumi memaparkan peradaban manusia dilahirkan oleh keinginan dasar manusia. Dorongan rasa berkesenian menjadi pemantik lahirnya peradaban-peradaban manusia. Dari awalkehidupannya, kesenian lahir dari sifat dasar manusia agar keberadaannya dapatdiakui oleh generasi-generasi seterusnya. Yang pada akhirnya, antara seni dan kebudayaan tersebut dilahirkan juga dari evolusi keyakinan manusia. Tidak akanlahir sebuah menhir, tugu, piramida, rumah-rumah ibadah jika keyakinan tidak menjadi pendorong lahirnya bangunan-bangunan tersebut.

Obrolan saya, meskipun hanya beberapa menit dengan Kang Egon menghasilkan satukonklusi: seni dan budaya di Kota Sukabumi memang harus terus digali hingga dapat tersusun sebuah bentuk azali, sebuah struktur yang murni memiliki cirikhas. Dan harus diakui, hingga sekarang, kita sebagai orang Sukabumi pun masih sering bertanya-tanya sebenarnya kesenian hingga simbol yang benar-benar dapat mewakili Sukabumi ini apa? Terhadap pertanyaan ini, sangat patut disyukuri, komunitas-komunitas dan pegiat-pegiatan yang menggandrungi bidang kesenian dan kebudayaan tidak pernah kehilangan semangat untuk terus menggali simbol utama Sukabumi. Lembaga-lembaga pelestari budaya hingga artefak-artefak Ka-Sukabumian lebih luas lagi Kasundaan terus bermunculan.

Untuk menghubungkan atau merelasikan antara seni, budaya hingga terbentuk sebuah kota yang berperadaban memang harus dilakukan dengan cara menggali seluruh unsur kebudayaan yang telah lama mengendap sampai harus bermunculan kembali kepermukaan kehidupan masyarakat Sukabumi. Analogi sederhana terhadap masalah sesuatu yang telah hilang seperti seorang yang sedang memejamkan mata-nyakemudian bertanya: apa yang disebut dengan cahaya? Sudah tentu jawaban terhadapsoal sederhana ini tidak harus dijawab dengan teori-teori fisika dan rumus tentang cahaya, cukup membisikkan: buka saja mata, kamu akan mengetahui apa itu cahaya.

Tetapi untuk persoalan apa itu simbol, kesenian, dan kebudayaan khas Sukabumi memang sangat tidak sesederhana seseorang yang sedang memejamkan mata kemudian menanyakan cahaya. Bagi kita, generasi-generasi milenial, untuk menggali simbol, seni, dan budaya khas Sukabumi dapat dikatakan sebagai seororang yang hanya berpengetahuan tentang cahaya tetapi sama sekali tidak mengetahui apa itu cahaya.

Mengembalikan indentitas kesenian dan kebudayaan yang menyukabumi tentu akan berdampak padanilai tambah secara finansial dan social kultural bagi Sukabumi. Sebagai salah satu contoh; kita mungkin akan mengernyitkan kening; kenapa orang-orang sangat kerasan menikmati lingkungan Provinsi Bali? Bukankah sumber daya alam terutama pemandangan di Sukabumi pun tidak kalah menarik dengan lingkungan di Bali? Hasil analisa dan kajian penulis, ada satu hal, terutama bersifatsupra-rasional, kebiasaan atau tetekon yang tetap dipertahankan oleh masyarakatBali, menjaga warisan leluhur, hubungan mereka dengan alam dapat menyajikan tarian kosmik yang memengaruhi lingkungan dan alam sekitar menjadi salah satualasan Bali tetap menarik siapapun untuk dikunjungi. Kita bisa jadi telah merasakan kehilangan dengan apa saja yang telah diwariskan oleh leluhur kita.[]

|[email protected]|Kang Warsa

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Tags :
Berita Terkini
Life28 April 2024, 23:24 WIB

7 Trik Jitu Move On dari Mantan Pacar, Ini yang Bisa Kamu Lakukan!

Putus cinta adalah salah satu momen paling sulit dalam kehidupan, terutama ketika harus melepaskan mantan pacar yang pernah kita cintai dengan sepenuh hati.
Ilustrasi putus cinta. | Sumber Foto: pixabay/oppy77
Life28 April 2024, 23:17 WIB

6 Cara Memiliki Mental Kuat agar Tahan Banting dan Tidak Direndahkan Orang Lain

Memiliki mental kuat sangat dibutuhkan dalam hidup supaya tahan banting dan tidak mudah direndahkan oleh orang lain.
Ilustrasi. Cara memiliki mental kuat. | Sumber foto : Pexels/Andrea Piacquadio
DPRD Kab. Sukabumi28 April 2024, 23:12 WIB

Soroti Isu Pungli di PT GSI Sukabumi, DPRD Kritik Program Disnakertrans Tak Efektif

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi, Hera Iskandar angkat bicara terkait isu pungli di GSI Cikembar.
Warga sempat blokade jalan cikembar, sebagai bentuk protes praktik pungli tenaga kerja di PT GSI (Sumber : SU/Ibnu)
Life28 April 2024, 22:12 WIB

Ini 5 Sikap Sabar yang Membuat Anda Hidup Damai Setiap Hari

Sikap sabar akan membantu setiap orang lebih merasakan kedamaian dan ketenangan dalam hidupnya.
Ilustrasi. Sikap sabar yang membuat damai. | Sumber Foto : Pexels/Andrea Piacquadio
Sukabumi28 April 2024, 22:07 WIB

Dihuni Nenek dan Cucu, Rutilahu di Surade Sukabumi Nyaris Roboh Akibat Gempa Garut

Rutilahu yang dihuni nenek dan cucu di Surade Sukabumi nyaris roboh akibat gempa Garut M6,2.
Kondisi rutilahu yang nyaris roboh akibat diguncang gempa laut Garut. (Sumber : Istimewa)
Life28 April 2024, 21:30 WIB

Sembunyi Saat Bertemu Orang Baru, Kenali 7 Perilaku Umum Anak Usia 2 Tahun

Anak usia dua tahun menunjukkan emosinya dengan cara yang cukup aneh. Pelajari cara memecahkan kode tujuh perilaku umum balita.
Ilustrasi. Perilaku umum anak 2 tahun. Sumber : Freepik/@freepik
Bola28 April 2024, 21:22 WIB

Kapolres Sukabumi Ajak Nobar Semifinal Piala Asia U-23 Indonesia Vs Uzbekistan, Ini Lokasinya

Dukung Timnas masuk Final, Polres Sukabumi gelar nobar semifinal Piala Asia U-23 Indonesia vs Uzbekistan.
Timnas Indonesia U-23 lolos ke Semifinal Piala Asia U-23 2024 usai kalahkan Korea Selatan. (Sumber : Dok. AFC)
Life28 April 2024, 21:00 WIB

10 Kebiasaan Positif yang Membuat Anda Dihargai Orang Lain

Ayo Lakukan Sederet Kebiasaan Positif Berikut yang Bisa Membuat Hidupmu Dihargai oleh Orang Lain.
Ilustrasi. Kebiasaan Positif yang Membuat Seseorang Dihargai oleh Orang Lain. (Sumber : Pexels/HuyPhan)
Life28 April 2024, 20:30 WIB

Tanggapi Segera, Begini 10 Cara Untuk Menghentikan Balita yang Suka Menggigit

Balita seringkali menggigit jika mereka merasa marah, tidak nyaman, hingga mengekspresikan perasaannya. Namun jangan dibiarkan dan hentikan dengan cara ini.
Ilustrasi. Tips menghentikan balita yang suka menggigit. Sumber : Freepik/@kreasi orang
Life28 April 2024, 20:04 WIB

7 Rutinitas Sederhana yang Bisa Menenangkan Hati Serta Pikiran Lebih Rileks dan Damai

Beberapa rutinitas rupanya bisa digunakan sebagai media menenangkan hati dan pikiran dari potensi kegelisahan, stres dan lain sejenisnya.
Ilustrasi. Rutinitas yang menenangkan pikiran. | Sumber foto : Pexels/Sound On