Polri Dukung Ekosistem Pertanian yang Digagas Ayep Zaki

Selasa 29 Maret 2022, 19:33 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Kepolisian Negara Republik Indonesia atau Polri memberikan dukungan program ekosistem pertanian yang digagas Forum Komunikasi Doa Bangsa (FKDB). Program tersebut dinilai positif bahkan diharapkan bisa dikembangkan di wilayah-wilayah lain.

"Saya sampaikan bahwa Polri bersama FKDB yang merupakan salah satu forum di bawah koordinasi Korbinmas Polri melakukan pembinaan terhadap petani. Fokus kita dalam hal ini adalah pertanian kedelai dan budidaya jagung. Ini akan terus kita kembangkan," ujar Kepala Korps Pembinaan Masyarakat (Kakorbinmas) Badan Pemeliharaan Keamanan (Baharkam) Polri Irjen Suwondo Nainggolan di Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (29/3/2022).

Baca Juga :

Irjen Suwondo dan jajaran Korbinmas secara khusus secara langsung unit-unit usaha yang menjadi bagian program ekosistem pertanian yang dijalankan oleh FKDB khususnya di wilayah Sukabumi. Kunjungan tersebut sebagai bentuk aktualisasi MoU Polri dengan FKDB demi mewujudkan ketahanan pangan dan peningkatan ekonomi masyarakat.

"Kemitraan ini akan kita bangun agar para petani nantinya bisa mandiri, sejahtera, dan terus berkesinambungan. Terlebih seluruh peralatan yang diberikan merupakan hasil karya anak bangsa, yakni diproduksi sendiri oleh FKDB. Diharapkan apa dilakukan FKDB di Sukabumi ini bisa dikembangkan di wilayah-wilayah lainnya," papar Irjen Suwondo.

Irjen Suwondo menegaskan bahwa FKDB memiliki tugas dan tanggung jawab untuk melakukan pembinaan terkait dengan keterampilan dan juga dukungan peralatan, pupuk, serta bibit.

Dukungan yang diberikan Polri tersebut disambut hangat pendiri FKDB H. Ayep Zaki. FKDB akan terus berkomitmen dalam program ekosistem pertanian bermitra dengan petani

"Target FKDB adalah petani mandiri, artinya tidak bergantung dengan bantuan pemerintah, APBN, CSR dan lain sebagainya. Karena FKDB akan membangun ekosistem budi daya mandiri untuk mencapai kesejahteraan kemakmuran bagi masyarakat/petani," ucap Ayep Zaki saat mendampingi Kakorbinmas.

Sukabumi merupakan pilot project dan program ini akan dikembangkan di seluruh wilayah Indonesia. Target pertama adalah budidaya kedelai, jagung, dan selanjutnya padi.

"Saya akan upayakan petani mampu berproduksi dengan baik dan mendapatkan kredit dari perbankan 100%. Tentu saja FKDB yang akan bertanggung jawab terhadap kualitas pupuk, bibit, dan sebagai offtaker dari hasil budi daya tersebut" tambah Ayep Zaki dikutip dalam rilisnya.

Dalam kesempatan itu Kakorbinmas juga meninjau lahan kemitraan budidaya jagung hibrida FKDB sekaligus melaksanakan penanaman perdana di Desa Kerta Angsana, Puncak Pasir Salam, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi. Kemudian dilanjutkan berkunjung ke pabrik produksi pupuk batubara futura CV DeBe Mitra Pratama dan produksi cangkul PT DeBe Sarana Tani Makmur, yang semuanya merupakan unit perusahaan binaan FKDB.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Nasional28 April 2024, 01:43 WIB

Gempa Laut Garut Merusak, Sejumlah Rumah di Sukabumi Dilaporkan Ambruk

Sejumlah bangunan dilaporkan rusak, termasuk di Sukabumi.
Rumah rusak dampak gempa laut garut di Kampung Cigaru Rt 014 / 002 Desa Cidahu Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi (Sumber : Koramil surade)
Nasional28 April 2024, 01:13 WIB

Intra Slab Earthquake, Simak Rekomendasi BMKG pasca Gempa Kuat di Laut Garut

Gempa dipicu oleh aktivitas deformasi batuan dalam lempeng Indo-Australia yang tersubduksi di bawah lempeng Eurasia di selatan Jawa barat.
Parameter gempa di laut garut (Sumber: Bmkg)
Sukabumi27 April 2024, 21:59 WIB

Janda Asal Kompa, Identitas Mayat Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi

Menurut Yulianti, korban mengalami keterbelakangan mental.
Mayat EKS (25 tahun) di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa
Science27 April 2024, 21:20 WIB

Warga Sukabumi Ngerasa? BMKG Catat Gempa Darat M3.1 Akibat Sesar Cugenang

Gempa yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cugenang.
Peta gempa bumi berkekuatan 3.1 magnitudo pada Sabtu (27/4/2024) pukul 20.22.59 WIB di wilayah Sukabumi dan Cianjur. | Foto: BMKG
Life27 April 2024, 21:00 WIB

Mau Tahu Rahasianya? 6 Langkah Menjadi Orang yang Berkelas dan Elegan

Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri.
Ilustrasi - Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri. (Sumber : Pexels/ Andrea Piacquadio).
Life27 April 2024, 20:42 WIB

Tanggapi dengan Serius, 7 Cara Ini Bisa Dilakukan saat Anak Tidak Mau Pergi Sekolah

Apakah anak prasekolah Anda kesulitan meninggalkan Anda? Bagaimana dengan anak Anda yang berusia 5 tahun? Apakah mereka tidak mau sekolah? Inilah yang harus dilakukan.
Ilustrasi anak ke sekolah. | Foto: Pexels.com/@RDNEStockproject
Life27 April 2024, 20:33 WIB

Dapat Memupuk Keterampilan Kognitif, Ini 6 Aktivitas yang Sangat Baik untuk Anak

Membesarkan anak yang baik hati, bersemangat, dan mandiri mungkin lebih mudah dari yang Anda kira. Berikut beberapa aktivitas yang sering diabaikan yang memupuk keterampilan kognitif, sosial, dan emosional.
Ilustrasi aktivitas anak. | Foto: Freepik/jcomp
Life27 April 2024, 20:00 WIB

7 Penyakit Hati yang Haram Dipelihara agar Selamat Dunia Akhirat, Apa Kamu Memilikinya?

Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata.
Ilustrasi. Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata. (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi27 April 2024, 19:52 WIB

Polres Sukabumi Kota Gelar Nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan.
Ilustrasi - Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan. (Sumber : X/@@kabarmojokerto_).
Sukabumi27 April 2024, 19:36 WIB

Mayat Wanita Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi, Rambutnya Pendek

Jenazah berusia remaja ini ditemukan dalam kondisi tersangkut pada tumpukan kayu.
Mayat wanita setengah telanjang yang ditemukan di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Warganet Instagram