Luar Biasa! Gadis Sragen Ini Raih 700-an Piala dan Jadi Guru di Sekolahnya

Jumat 08 Mei 2020, 06:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Baru berusia 10 tahun, tapi Elvaretta Cicelyana sudah menjadi guru cilik di sekolah tempatnya belajar.

Dilansir dari suara.com, hal ini tak lepas dari prestasinya yang berhasil menyabet ratusan penghargaan lomba di bidang seni mewarnai dan menggambar.

Tak tanggung-tanggung, Celyn begitu gadis ini dipanggil, sudah meraih lebih dari 700 piala yang kini dipajang di ruang tamu rumahnya di Perumahan Margoasri Gang 12 RT 036/ RW 009, Desa Puro, Karangmalang, Sragen.

Menyadur dari Solopos --jaringan Suara.com, rumah putri tunggal dari pasangan Joko Sunoto dan Indah Pujiastuti ini penuh dengan lukisan hasil karya Celyn sebagai hiasannya.

Tak hanya lukisan, sebanyak 700-an piala disusun rapi di etalase setinggi tiga meter di ruang tamu. Ratusan sertifikat dan penghargaan pun melengkapi hiasan prestasi itu.

Penghargaan itu dikumpulkan Celyn sejak umur 4 tahun. Lomba pertamanya saat itu adalah lomba fotogenic. Hingga saat Celyn memasuki bangku TK, bakat seni menggambar dan mewarnainya sudah mulai terlihat.

Ayahnya Joko Sunoto yang merupakan guru kelas 5 SDN 5 Plumbungan seolah tak ingin menyianyiakan bakat anaknya. Ia terus membimbing anaknya hingga memenangi beberapa perlombaan tingkat kabupaten, Soloraya, sampai nasional.

Hadiah perlombaan pun menjadi pundi-pundi tabungan Celyn.

"Sekarang sudah terkumpul Rp 80 juta. Uang itu mau dipakai buat beli mobil. Saya ingin punya mobil Avanza," kata Celyn kepada Solopos (7/5/2020).

Lantaran prestasi yang luar biasa itu, Celyn pun didapuk menjadi guru cilik di sekolahnya untuk mata pelajaran seni, budaya, dan keterampilan.

Celyn mengajar tiga kelas berbeda setiap minggunya. Ia bahkan pernah mengajar mata pelajaran seni untuk kelas tiga, padahal waktu itu Celyn baru duduk di kelas dua.

Hasilnya, dua anak kelas tiga yang diajar Celyn itu berhasil membawa piala juara II dan III dalam sebuah lomba mewarnai di SMK Kristen Sragen. Sementara dalam lomba itu Celyn membawa pulang piala juara I nya.

Celyn bercerita bahwa pertama kali dirinya beajar mewarnai sebuah gambar sapi di kebun. Ia menggunakan teknik gradasi menggunakan krayon sehingga memunculkan warna yang unik.

Sementara karya gambarnya tak kalah unik. Ia pandai menciptakan gambar bercerita seperti anak yang membatik, lalu menjemur batiknya hingga kain batik digunakan penari saat pentas diiringi gamelan.

"Ide-ide itu dari saya sendiri. Termasuk pemlihan warnanya. Setiap maju lomba, saya dan bapak selalu latihan dulu," kata Celyn.

Joko pun tak menyangka jika putrinya memiliki bakat tersebut. Ia mengaku selalu mengantar Celyn ke manapun lomba diselenggarakan.

Sumber: Suara.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi06 Mei 2024, 22:27 WIB

Momen Hardiknas, Diarpus Sukabumi Bicara Program Pendukung Gerakan Merdeka Belajar

Kepala Diarpus Kabupaten Sukabumi Aisah dukung gerakan merdeka belajar agar generasi Indonesia emas bisa tercapai.
Program Pusling Diarpus Kabupaten Sukabumi di SMK Doa Bangsa Palabuhanratu 30 Maret 2024. (Sumber : IG UPP Palabuhanratu)
Sukabumi06 Mei 2024, 21:34 WIB

UPTD PU Sagaranten Tangani Longsor di Irigasi Binongsari Curugkembar Sukabumi

UPTD PU Wilayah Sagaranten melakukan penanganan sementara bencana longsor yang sempat menimbun aliran irigasi Binongsari Curugkembar Sukabumi.
Kabag TU UPTD Wilayah Sagaranten, Ami Amalia saat meninjau  penanganan longsor di Daerah Irigasi (DI) Binongsari, Curugkembar Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih06 Mei 2024, 21:19 WIB

Solusi Ayep Zaki Soal SDM hingga Penanganan Kemiskinan di Kota Sukabumi

Ayep Zaki menyebut dua persoalan yang harus diperhatikan di Kota Sukabumi yakni soal peningkatan kapasitas sumber daya manusia, dan soal kemiskinan.
Ayep Zaki dan Fungsionari HIMASI Kota Sukabumi | Foto : Ist
Sehat06 Mei 2024, 21:00 WIB

Terbangun dengan Tidak Nyaman, 10 Tips Jitu Menghentikan Asam Lambung Naik Saat Tidur

Terkadang jika Asam Lambung terjadi pada malam hari dapat menyebabkan tersedak saat tidur.
Ilustrasi - Terkadang jika Asam Lambung terjadi pada malam hari dapat menyebabkan tersedak saat tidur. (Sumber : Freepik.com/@stefamerpik).
Sukabumi06 Mei 2024, 20:27 WIB

Ratusan Perumahan di Kota Sukabumi Belum Serahkan PSU, Ini Upaya DPUTR

DPUTR Kota Sukabumi tengah fokus mengintensifkan upaya pengambil alihan PSU Perumahan.
Kepala DPUTR Kota Sukabumi, Sony Hermanto. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sukabumi06 Mei 2024, 20:07 WIB

Anggaran Rp36 M: Jalan Rusak Jampangtengah-Kiaradua Sukabumi Mulai Diperbaiki

Sempat dikeluhkan warga, akhirnya jalan provinsi ruas Jampangtengah - Kiaradua mulai diperbaiki oleh Dinas Bina Marga Dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat.
Perbaikan jalan provinsi ruas Jampangtengah-Kiaradua Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life06 Mei 2024, 20:00 WIB

5 Cara Membantu Anak yang Takut Bertemu Orang Baru, Bunda Harus Tahu Nih

Bersabar, suportif, dan adalah kunci membantu anak Anda untuk menemukan cara mereka sendiri untuk mengatasi rasa takut bertemu orang baru.
Ilustrasi - Bersabar, suportif, dan adalah kunci membantu anak Anda untuk menemukan cara mereka sendiri untuk mengatasi rasa takut bertemu orang baru. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi Memilih06 Mei 2024, 19:31 WIB

Resmi Berkoalisi dengan 4 Partai, PKS Usulkan Tiga Nama untuk Calon Bupati Sukabumi

Dewan Pimpinan Daerah Partai Keadilan Sejahtera (DPD PKS) Kabupaten Sukabumi sudah resmi berkoalisi dengan empat partai lainnya, yaitu PKB, Demokrat, PDIP dan PAN.
M. Sodikin, Ketua DPD PKS Kabupaten Sukabumi | Foto : Syams
Life06 Mei 2024, 19:00 WIB

13 Cara Sederhana Mengatasi Asam Lambung atau GERD yang Bisa Anda Lakukan

Asam lambung atau GERD dapat diatasi dengan cara-cara sederhana.
Ilustrasi seorang perempuan mengalami asam lambung (gerd) - Asam lambung atau GERD dapat diatasi dengan cara-cara sederhana.| Foto : Freepik/@diana.grytsku
Sukabumi06 Mei 2024, 18:40 WIB

Perkuat Ketahanan Pangan, Pemkab Sukabumi Teken Kerja Sama dengan Pemkot Bekasi

Pemkab Sukabumi Teken Kerja Sama dengan Pemkot Bekasi soal Ketahanan pangan hingga pariwisata.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat menandatangani MoU kerja sama dengan Pemkot Bekasi. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)