TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Pencetus Nama Jokowi Ternyata Orang Prancis, HUT ke-61 Presiden Joko Widodo

Fitriansyah
Penulis
Selasa 21 Jun 2022, 14:35 WIB
Pencetus Nama Jokowi Ternyata Orang Prancis, HUT ke-61 Presiden Joko Widodo

SUKABUMIUPDATE.com - Hari ini, Selasa 21 Juni 2022, Presiden Joko Widodo genap berusia 61 tahun. Lahir 21 Juni 1961 di Surakarta, kekinian Presiden RI ke-7 ini lebih akrab dengan sebutan Jokowi, yang merupakan singkatan dari Joko Widodo.  

Mengutip tempo.co, Sebelum menjadi orang nomor satu di Indonesia, Jokowi memulai karir di pemerintahan sebagai Wali Kota Surakarta (Solo) pada 28 Juli 2005 sampai 1 Oktober 2012.  Jokowi lahir pada 21 Juni 1961 di Surakarta, sebuah kota di Jawa Tengah. 

Jokowi merupakan anak pertama dari empat bersaudara dari pasangan Noto Mihardjo dan Sujiatmi Notomiharjo. Ketiga adik Jokowi yaitu Iit Sriyantini, Idayati dan Titik Relawati. Jokowi lahir dari keluarga sederhana dengan ayahnya merupakan seorang penjual kayu di Karanganyar-Solo.

Jokowi mengenyam pendidikan dasar di Sekolah Dasar Negeri 111 Tirtoyoso Surakarta. Kemudian melanjutkan pendidikan menengahnya di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Surakarta dan Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Surakarta. Pendidikan sarjananya, Jokowi tempuh di Fakultas Kehutanan, Universitas Gadjah Mada.

Asal Mula Nama Jokowi

Dilansir repository.umy.ac.id, di tengah aktivitas sekolahnya, Jokowi membantu orang tuanya bekerja sebagai tukang penggergaji kayu sejak usia 12 tahun. Jokowi sempat bekerja di sebuah perusahaan BUMN bernama PT Kertas Kraft Aceh selama dua tahun. 

Setelah itu, Jokowi memutuskan kembali ke kota kelahirannya dan memulai karir sebagai politisi. Selain itu, Jokowi juga mendirikan perusahaan mebel bernama Rakabu Sejahtera. 

Melalui usaha mebel inilah, Jokowi mendapatkan nama bekennya yakni Jokowi. Nama tersebut diperolehnya dari klien sekaligus sahabatnya asal Prancis, Bernard Chene, Ia pernah menjadi rekanan bisnis kayu Jokowi di Solo.

Bernard menyatakan dia tidak pernah menyangka rekan bisnisnya itu bisa menjadi Presiden Indonesia. Menurut dia, Jokowi pada saat menjadi pengusaha mebel terbiasa bekerja di hutan bersama dia.

"Luar biasa, luar biasa. Bagaimana kamu bisa percaya seseorang yang biasa kerja bersama kamu di hutan, di pabrik, di kantor. Suatu hari orang itu tidak lagi bekerja dengan kamu, tapi menjadi seorang wali kota, seorang gubernur, dan menjadi presiden dari negara dengan populasi muslim terbesar di dunia," katanya dalam video yang diunggah akun YouTube resmi Presiden Jokowi pada  9 November 2019.


Fitriansyah
Editor
Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini