Berniat Motoran Jauh Weekend Ini? Simak Dulu 5 Tips Berikut Agar tetap Aman

Jumat 11 Maret 2022, 10:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Weekend menjadi waktu yang pas bagi para biker untuk motoran jauh sebagai salah satu cara melepas penat.

Motoran bersama teman sehobi menjadi cara menyenangkan menghabiskan waktu, apalagi jika melakukan riding ke tempat yang cukup jauh sambil menikmati pemandangan indah.

Namun, melakukan perjalanan jauh dengan motor perlu persiapan matang supaya selama perjalanan tetap aman dan nyaman tidak mengalami masalah apapun.

Persiapan tidak hanya soal motor yang akan digunakan tapi juga hal lain seperti kondisi fisik dan sebagainya.

Berikut lima tips yang bisa dilakukan jika akan motoran jarak jauh dengan sepeda motor seperti dirangkum dari berbagai sumber.

Baca Juga :

1. Periksa Kondisi Motor

photo(Ilustrasi) Ganti oli mesin motor - (iStockphoto)</span

Mengingat sepeda motor akan digunakan untuk menempuh jarak jauh, maka kondisi motor harus benar-benar dalam keadaan baik.

Yang pertama harus diperhatikan yaitu kondisi oli mesin. Saat menempuh jarak jauh, mesin akan bekerja lebih keras sehingga memerlukan pelumasan maksimal.

Sebaiknya ganti oli mesin sebelum motoran jauh agar mesin benar-benar mendapat perlindungan maksimal saat digunakan.

Selain itu, periksa juga filter udara dan filter bahan bakar, filter yang kotor akan mempengaruhi kinerja mesin motor ketika digunakan.

Selanjutnya periksa kondisi ban motor, jangan sampai kamu menggunakan ban dengan kondisi tidak layak untuk perjalanan jauh seperti ban yang sudah gundul akan membahayakan.

Hal tersebut dapat menyebabkan kecelakaan karena bisa saja sewaktu-waktu ban pecah atau kehilangan traksi dan menyebabkan motor terguling.

Masih di bagian kaki-kaki, komponen yang dapat menunjang keselamatan yaitu rem jangan sampai kamu lewatkan dalam pengecekan kondisi motor.

2. Cari Tahu Tentang Jalur yang akan Dilalui

photo(Ilustrasi) Mencari Informasi rute lewat Google Maps - (Pixabay albersHeinemann)</span

Sebelum melakukan perjalanan jarak jauh, usahakan untuk mencari informasi jalur yang akan dilalui. Ini agar kamu lebih siap saat berkendara nanti.

Cari informasi mengenai kondisi medan yang akan dilalui, seperti lokasi SPBU yang ada di sepanjang trek.

Jika lokasi SPBU lumayan jauh kamu bisa persiapan dengan mengisi penuh bahan bakar di SPBU terdekat.

Selain lokasi SPBU, cari tahu juga lokasi bengkel untuk berjaga-jaga seandainya terjadi masalah pada motor di perjalanan nanti.

Tak kalah penting yaitu cari tahu titik rawan pada jalur yang akan dilalui seperti titik rawan kemacetan, kecelakaan bahkan titik rawan kejahatan.

Kamu bisa menggali semua informasi tersebut dari orang yang pernah melalui trek itu atau bisa memanfaatkan internet untuk mencari informasi.

Selanjutnya, simpan no telpon darurat yang bisa kamu hubungi untuk meminta pertolongan seperti no darurat tim SAR, kepolisian, pemadam kebakaran dan sebagainya.

3. Bawa Barang Bawaan Secukupnya

photo(Ilustrasi) Membawa barang secukupnya saat motoran - (Unplash.com Jordan Brierley)</span

Saat melakukan perjalanan jauh menggunakan sepeda motor, kamu perlu memperhatikan barang yang akan kamu bawa.

Usahakan membawa barang sedikit mungkin karena motor tidak dirancang untuk membawa banyak barang bawaan.

kamu bisa memilih barang yang benar-benar penting untuk dibawa dan usahakan barang tersebut bisa muat di dalam ransel.

Terlalu membawa banyak barang dapat menambah bobot kendaraan dan mempengaruhi kenyamanan kamu saat berkendara sehingga akan meningkatkan risiko kecelakaan.

4. Beristirahat Saat Mulai Lelah

photo(Ilustrasi) Saat melakukan perjalan jauh dengan sepeda motor - (Pexels.com Mansoor)</span

Beristirahat di tengah perjalanan penting kamu lakukan. Saat melakukan perjalanan jauh, fisik akan mudah mengalami kelelahan dan menyebabkan konsentrasi menurun.

Jika dibiarkan, tentu hal ini akan sangat berbahaya, bukan hanya untuk diri sendiri namun juga dapat membahayakan pengguna jalan lain.

Beristirahatlah setiap dua atau tiga jam sekali untuk memulihkan tenaga dan konsentrasi kamu.

Selain itu, beristirahat di tengah perjalanan juga berguna untuk mengistirahatkan mesin motor dan komponen lain seperti rem sepeda motor.

Mesin motor yang dipacu terus menerus dapat menyebabkan mesin mengalami overheat atau kondisi panas mesin berlebih yang dapat menyebabkan mesin motor mogok.

5. Perlengkapan Berkendara

photo(Ilustrasi) Menggunakan helm SNI - (Unplash.com Jusdevoyage)</span

Yang tak kalah penting saat berkendara jarak jauh yaitu menggunakan perlengkapan berkendara  yang tepat.

Misalnya menggunakan helm jenis full face agar kepala dan bagian wajah benar-benar terlindungi seandainya terjadi kecelakaan.

Selain itu, gunakan jaket yang dapat menahan terpaan angin dan memiliki bahan cukup tebal untuk melindungi bagian tubuh kamu.

Dan jangan pernah menggunakan sandal saat melakukan perjalanan jauh dengan sepeda motor, hal itu akan sangat berbahaya jika terjadi kecelakaan di perjalanan.

Gunakanlah sepatu yang benar-benar dapat melindungi kaki. Dan yang terakhir, sebaiknya gunakan perlengkapan pelindung seperti pelindung lutut, sikut dan badan agar kamu benar-benar terlindungi seandainya mengalami crash di jalan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Keuangan29 April 2024, 19:00 WIB

7 Gaya Hidup Orang Miskin yang Membuatnya Sulit Kaya

Hati-hati, Jangan Tiru Gaya Hidup Orang Miskin yang Membuatnya Sulit Kaya Ini!
Ilustrasi. Orang Miskin Banyak Gaya (Sumber : Pexels/LizaSummer)
Keuangan29 April 2024, 18:54 WIB

Awal Triwulan II 2024, Realisasi Belanja di KPPN Sukabumi Capai Rp6,4 Triliun

Realisasi belanja negara yang disalurkan melalui KPPN Sukabumi berhasil mencapai Rp6,4 triliun di awal Triwulan II 2024.
Kepala KPPN Sukabumi, Abdul Lutfi. (Sumber : Istimewa)
Life29 April 2024, 18:30 WIB

6 Kebiasaan Penting yang Membuat Mental Semakin Kuat dan Matang, Yuk Terapkan!

Menerapkan kebiasaan tertentu akan membantu diri memiliki mental yang kuat dan tidak mudah rapuh dalam menjalani kehidupan yang keras.
Ilustrasi. Memiliki kebiasaan yang membuat mental kuat. Sumber foto : Pexels/ Nothing Ahead
Bola29 April 2024, 18:00 WIB

Baca Doa Ini Agar Timnas Indonesia Menang Melawan Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Mari kita doakan bersama agar Timnas Indonesia dapat meraih kemenangan dan mengharumkan nama bangsa di kancah internasional.
Mari kita doakan bersama agar Timnas Indonesia dapat meraih kemenangan dan mengharumkan nama bangsa di kancah internasional. (Sumber : pssi.org).
Sukabumi Memilih29 April 2024, 17:40 WIB

PKB, Demokrat dan PKS Sepakat Berkoalisi untuk Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024

Deklarasi koalisi PKB, Demokrat dan PKS untuk Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024 ini rencananya digelar pada 4 Mei 2024 mendatang.
Hasil pertemuan di teras muara Palabuhanratu, PKB, Demokrat dan PKS sepakat untuk berkoalisi di Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024. (Sumber : SU/Ilyas)
Life29 April 2024, 17:30 WIB

6 Cara Berkelas Menghadapi Orang Licik Agar Tidak Diremehkan dan Direndahkan

Menghadapi orang licik harus dengan cara berkelas. Ini langkah supaya orang licik tidak sembarangan menipu daya demi keuntungannya sendiri.
Ilustrasi. Cara berkelas menghadapi orang licik. Sumber Foto : Pexels/Yan Krukau
Musik29 April 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Semoga Maliq & D'Essentials yang Viral di Medsos

Inilah Full Lirik Lagu Semoga Maliq & D'Essentials yang Sedang Viral di Medsos. Sudah Dengar?
Video Lirik Lagu Semoga Maliq & D'Essentials yang Viral di Medsos. Foto: YouTube/ORGANICessentials
Sukabumi29 April 2024, 16:41 WIB

Viral Video Aksi Tawuran Bersajam di Palabuhanratu Sukabumi, Satu Pelajar Terkapar

Sebuah video viral di media sosial aksi tawuran antar kelompok pelajar dengan menggunakan senjata tajam, diduga berlokasi di Jalan Patuguran, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi.
Tangkapan layar video tawuran antar pelajar di Palabuhanratu Sukabumi | Foto : Ist
Film29 April 2024, 16:30 WIB

Drama Korea Queen of Tears Akhirnya Tamat, Cetak Rating Tertinggi di tvN

Drama Korea "Queen of Tears" yang dibintangi oleh Kim Soo Hyun dan Kim Ji Won akhirnya menayangkan episode terakhirnya pada tanggal 28 April 2024.
Drama Korea "Queen of Tears" yang dibintangi oleh Kim Soo Hyun dan Kim Ji Won akhirnya menayangkan episode terakhirnya pada tanggal 28 April 2024. (Sumber : soompi.com)
Sehat29 April 2024, 16:00 WIB

Bantu Kontrol Darah, 9 Manfaat Makan Beras Merah untuk Kesehatan

Serat yang tinggi dalam beras merah membantu mengatur penyerapan glukosa dalam darah, sehingga dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Hal ini bermanfaat bagi penderita diabetes atau individu yang ingin mencegah diabetes tipe 2.
Ilustrasi - Nasi merah. Bantu Kontrol Darah, Manfaat Makan Beras Merah untuk Kesehatan. (Sumber : Freepik.com/@topntp26)