Produksi di Karawang, Mobil Listrik Minicab MiEV Mampu Melesat hingga 100 Km

Sabtu 08 April 2023, 22:00 WIB
Mobil Listrik Minicab MiEV (Sumber : Istimewa)

Mobil Listrik Minicab MiEV (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Mobil adalah kendaraan yang menggunakan bahan bakar untuk menghidupkan mesinnya. Mobil kependekan dari otomobil yang berasal dari Bahasa Yunani 'autos' dan Latin 'movére'.

Berkat perkembangan teknologi produk Mobil Listrik kian terkenal dengan segala kelebihannya. Bahkan, produk Mobil Listrik dengan sentuhan lokasi lokal dikabarkan akan diproduksi di Indonesia akhir tahun ini.

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) sebagaimana dikutip via Suara.com, menyampaikan bahwa Mobil berbasis Listrik yang akan diproduksi itu adalah Mobil Listrik Minicab MiEV. Ya, Mobil Listrik Minicab MieV ini tepatnya akan diproduksi di Karawang.

"Kami memang akan produksi Minicab MiEV, pada akhir tahun ini, kita akan mulai jual awal tahun depan," ujar Presiden Direktur PT MMKSI Atsushi Kurita di Jakarta, dikutip Sabtu (8/4/2023).

Baca Juga: Penjelasan Ustadz Abdul Somad Tentang Pahala Membaca Alquran Pakai HP

Kurita mengatakan upaya untuk memproduksi kendaraan ramah lingkungan tersebut di Indonesia merupakan bentuk dukungan Mitsubishi terhadap program pemerintah untuk mempercepat ekosistem kendaraan listrik di Tanah Air.

"Kami tahu pemerintah punya keinginan kuat untuk menjadi negara terdepan dalam industri Mobil Listrik. Kami akan membantu Indonesia untuk mewujudkan itu. Kita punya produknya dan kami akan berupaya menjualnya," kata Kurita.

Saat ini geliat elektrifikasi di industri otomotif dalam negeri semakin kuat. Berbagai pabrikan otomotif baik dari Jepang, Korea Selatan, hingga China bersaing untuk menghadirkan kendaraan elektrifikasi.

Kurita menilai hal tersebut merupakan tantangan yang harus dihadapi. Mitsubishi merasa optimis akan bisa bersaing untuk menghadirkan kendaraan elektrifikasi terbaik di Indonesia.

"Namun kami tidak khawatir karena kami juga memiliki teknologi yang terbaik di bidang elektrifikasi," kata Kurita.

Baca Juga: Kenapa Cuaca Panas Belakangan Ini? Simak Penjelasan dan Data BMKG!

Pada gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 Februari lalu, MMKSI telah mengumumkan bahwa Minicab MiEV akan diproduksi di Indonesia. Produksi mobil niaga itu akan dilakukan di fasilitas Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) yang berlokasi di Karawang, Provinsi Jawa Barat.

Presiden Direktur PT MMKSI periode September 2018 – Maret 2023 Naoya Nakamura mengatakan ini adalah pertama kalinya kendaraan Mitsubishi Motors diproduksi secara lokal di luar Jepang.

Baca Juga: 4000 Kacamata Disiapkan, Pengamatan Gerhana Matahari Total 2023

Langkah itu juga akan menandai Mitsubishi sebagai jenama otomotif Jepang pertama yang memulai produksi lokal untuk kendaraan listrik bertenaga baterai.

Spesifikasi Minicab MieV, Mobil Listrik Produk Mitsubishi

Minicab MiEV masuk dalam kategori Light Commercial Vehicle (LVC). Mobil Listrik itu memiliki spesifikasi baterai berjenis lithium-Ion 5 kWh yang mampu membawa kendaraan melaju hingga 100 kilometer.

Mitsubishi Minicab MiEV dilengkapi motor elektrik dengan kekuatan 30 kW atau setara 40 hp, dengan dimensi panjang 3.395 milimeter, lebar 1.475 milimeter, tinggi 1.810 milimeter, 2.390 milimeter, dan wheelbase (jarak antarroda) 2.390 milimeter.

Sumber: Suara.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Science20 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 20 April 2024, Cek Dulu Sebelum Berakhir Pekan!

Prakiraan cuaca hari ini Sabtu 20 April 2024, Sukabumi dan sekitarnya.
Ilustrasi - Prakiraan cuaca hari ini Sabtu 20 April 2024, Sukabumi dan sekitarnya. (Sumber : Freepik)
Sukabumi20 April 2024, 00:14 WIB

Usai Lebaran, Pasien Membludak di RSUD Palabuhanratu Sukabumi

Humas RSUD Palabuhanratu Sukabumi sebut pasien yang datang rata-rata mengeluhkan penyakit demam, pencernaan, metabolik, serta penyakit dalam.
Kondisi di sekitar IGD RSUD Palabuhanratu Sukabumi, Jumat (19/4/2024). (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi Memilih19 April 2024, 23:48 WIB

Yudi Suryadikrama Respon Perundingan Kebonpedes Soal Dukungan Maju Pilkada Sukabumi

Ketua DPC PDIP Kabupaten Sukabumi, Yudi Suryadikrama merespon pernyataan sejumlah kader partai yang memintanya untuk maju dalam kontestasi Pilkada Sukabumi 2024.
Yudi Suryadikrama Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Keuangan19 April 2024, 23:24 WIB

Upaya Bapenda Sukabumi Mudahkan Layanan Perpajakan Bagi Wajib Pajak di Desa

Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri mengatakan inovasi tersebut menekankan pentingnya integrasi sistem administrasi pajak daerah dari tingkat desa hingga kabupaten.
Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri. | Foto: SU/Ilyas (Sumber : SU/Ilyas)
DPRD Kab. Sukabumi19 April 2024, 22:01 WIB

DPRD Minta Bakesbangpol Usut Penyebab Meninggalnya Peserta Seleksi Paskibraka Sukabumi

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar turut berbelasungkawa atas meninggalnya Kayla Nur Syifa saat mengikuti seleksi Paskibraka.
Jenazah siswi SMAN Negeri 1 Cisaat saat akan diberangkatkan dari RSUD Palabuhanratu menuju rumah duka di Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi
Opini19 April 2024, 21:44 WIB

Menjadi Lelaki Berkualitas: Inspirasi dari Kartini

Sosok Kartini, seorang pejuang kesetaraan gender dari Indonesia pada abad ke-19, memberikan pandangan yang menarik dan relevan, bukan saja bagi perempuan, bahkan bagi kaum laki-laki masa kini.
Dr. Ari Riswanto, M.Pd., MM / Dosen Universitas Linggabuana PGRI Sukabumi/Pengurus DPW Forum shilaturahmi Doktor Indonesia | Foto : Sukabumi Update
Sukabumi19 April 2024, 21:08 WIB

Dinsos Sukabumi Salurkan Program Makan Untuk Lansia Di Tegalbuleud Sukabumi

Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi, bantu salurkan program bantuan makanan bagi lanjut usia (Lansia), yang merupakan program Kemensos RI.
Program makan bagi lansia di Tegalbuleud Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi19 April 2024, 21:04 WIB

Kronologi dan Dugaan Penyebab Meninggalnya Siswi Sukabumi saat Ikut Tes Seleksi Paskibraka

Berikut kronologi dugaan penyebab meninggalnya Kayla Nur Syifa Siswi Sukabumi peserta seleksi Paskibraka.
Suasana rumah duka Kayla Nur Syifa di Desa Cibentang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Life19 April 2024, 20:29 WIB

5 Penjelasan Kenapa Seseorang Mudah Menangis Tanpa Sebab

Ketika seseorang menangis tanpa alasan yang jelas, hal itu seringkali dapat menjadi pengalaman yang membingungkan dan membuat frustrasi.
Kenapa seseorang mudah menangis tanpa sebab | Foto : pixabay/jouycristoo
Sukabumi19 April 2024, 20:11 WIB

Ratusan Buruh Garmen di Cicurug Sukabumi Demo Tuntut Perusahan Bayar Gaji

Ratusan buruh pabrik garmen berdemonstrasi di depan halaman PT Indo Garment Lestari (IGL) tepatnya di Kampung Bojong Pereng, Desa Nyangkowek, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024).
Sejumlah buruh pabrik garmen melakukan aksi demo di depan halaman PT IGL | Foto : Ibnu Sanubari