12 Tips Menjadi Orang Tua Berwibawa, Pertimbangkan Perasaan Anak Ya!

Sabtu 06 April 2024, 11:00 WIB
Ilustrasi. Ibu dan Anak. Pola Asuh: Begini cara menjadi orangtua yang lebih berwibawa.  (Sumber : Freepik/@jcomp)

Ilustrasi. Ibu dan Anak. Pola Asuh: Begini cara menjadi orangtua yang lebih berwibawa. (Sumber : Freepik/@jcomp)

SUKABUMIUPDATE.com - Para peneliti yang meneliti gaya pengasuhan secara konsisten menemukan bahwa orang tua yang berwibawa membesarkan anak-anak yang lebih bahagia dan sehat serta mampu menghadapi tantangan dunia nyata.

Kabar baiknya adalah setiap orang mempunyai kemampuan untuk menjadi orang tua yang lebih berwibawa (otoritatif).

Kemudian, Anda dapat mencocokkan strategi pengasuhan yang otoritatif seperti ini dengan temperamen unik anak untuk memastikan Anda tidak menggunakan pendekatan yang tidak tepat dalam mengasuh anak.

Baca Juga: 10 Ciri Anak Bahagia Karena Orang Tua Baik Hati, Cikal Bakal Sukses!

Simak informasi tentang tips menjadi orang tua berwibawa berikut, seperti dilansir dari VeryWellFamily.com:

Tips Menjadi Orang Tua yang Lebih Berwibawa

1. Dengarkan Anak Anda

Tidak seperti orang tua otoriter, yang percaya bahwa anak-anak harus dilihat dan tidak didengar, orang tua yang berwibawa menyambut pendapat anak-anak mereka.

Mereka mendengarkan kekhawatiran anak-anak dan membiarkan mereka berbagi ide. Memberi anak Anda perhatian positif akan membantu mencegah masalah perilaku.

2. Validasi Emosi Anak

Orang tua yang berwibawa mengakui perasaan anak-anak.

Mereka membantu anak memberi label pada emosi mereka dan mengajarinya untuk mengenali bagaimana perasaan mempengaruhi perilaku mereka. Jadi jika nanti anak Anda kesal, jangan meremehkan perasaan mereka.

Baca Juga: 8 Makanan Kaya Purin yang Bisa Menyebabkan Serangan Asam Urat

3. Pertimbangkan Perasaan Anak

Bersikap berwibawa berarti mempertimbangkan perasaan anak Anda. Tunjukkan pada anak-anak bahwa Andalah yang memegang kendali, namun tunjukkan juga bahwa Anda peduli dengan pengaruh keputusan Anda terhadap semua anggota keluarga.

Misalnya, jika berencana untuk pindah ke luar negeri, tanyakan kepada anak-anak bagaimana perasaan mereka tentang perpindahan tersebut

4. Tetapkan Aturan yang Jelas

Orang tua yang otoritatif mempunyai aturan rumah tangga yang jelas. Mereka akan memastikan anak-anak mengetahui ekspektasi sebelumnya dan menjelaskan alasan di balik peraturan mereka.

Jadi, daripada berkata, “Tidurlah karena aku bilang begitu,” lebih baik katakan, “Tidurlah agar kamu bisa membantu tubuh dan otakmu bertumbuh.”

Ketika anak memahami masalah keselamatan, bahaya kesehatan, masalah moral, atau alasan sosial di balik peraturan yang ditetapkan, mereka akan mengembangkan pemahaman yang lebih baik tentang kehidupan.

Mereka juga akan lebih cenderung mengikuti peraturan ketika Anda tidak ada bersamanya.

Baca Juga: 7 Makanan Rendah Purin yang Bisa Dikonsumsi Penderita Asam Urat

5. Tawarkan Satu Peringatan untuk Masalah Kecil

Orang tua yang berwibawa memberikan konsekuensi langsung atas pelanggaran aturan. Misalnya, jika seorang anak memukul, mereka dapat dimasukkan ke dalam time-out atau kehilangan hak istimewa.

Namun untuk masalah kecil, orang tua yang berwibawa memberikan peringatan. Mereka memberitahu anak-anak apa konsekuensinya jika mereka tidak mengubah perilakunya.

6. Gunakan Konsekuensi yang Mengajarkan Pelajaran Hidup

Orang tua yang berwibawa tidak membuat anak menderita karena kesalahannya. Mereka menghindari mempermalukan anak-anak dan tidak menggunakan hukuman fisik.

Mereka juga tidak menggunakan rasa bersalah atau mengatakan hal-hal seperti, “Aku sangat kecewa padamu.” Namun, mereka membantu seorang anak menyadari bahwa telah membuat pilihan yang buruk, namun mereka bukanlah orang yang buruk.

7. Tawarkan Insentif

Orang tua yang otoritatif menggunakan penghargaan untuk memotivasi anak.

Namun bukan berarti mereka menghujani anak-anak dengan hadiah mewah. Sebaliknya, ketika seorang anak bergumul dengan masalah perilaku tertentu, mereka menggunakan insentif untuk membantu anak kembali ke jalur yang benar.

Misalnya, Seorang anak prasekolah menolak untuk tidur di tempat tidurnya sendiri. Orang tuanya membuat bagan stiker dan dia mendapat satu stiker setiap malam ketika dia menginap di tempat tidurnya sendiri.

8. Biarkan Anak Membuat Pilihan Kecil

Orang tua yang otoritatif memberikan pilihan ketika dihadapkan pada pilihan-pilihan kecil. Hal ini akan mempersiapkan mereka untuk membuat keputusan yang lebih besar di kemudian hari.

Baca Juga: 7 Cara Berdamai Dengan Diri Sendiri Agar Hidup Lebih Bahagia

9. Seimbangkan Kebebasan dengan Tanggung Jawab

Orang tua yang berwibawa mengharapkan anak-anak mereka bertanggung jawab dan mempersiapkan mereka untuk sukses dimasa depan. Misalnya, seorang anak sering kali lupa mengemas semua barang yang dibutuhkannya untuk sekolah.

Maka dari itu, orang tua membantu dengan membuatkan daftar periksa untuknya. Dan sebelum pergi ke sekolah, minta anak-anak untuk memeriksa daftar terlebih dahulu.

10. Ubah Kesalahan Menjadi Peluang Belajar

Orang tua yang berwibawa tidak mempermalukan anak jika melakukan kesalahan. Sebaliknya, mereka akan membantu mencari cara untuk mengubah kesalahan tersebut menjadi peluang pembelajaran.

11. Mendorong Disiplin Diri

Orang tua yang berwibawa tidak tertarik untuk mengendalikan anak-anak, namun mereka berusaha mengajari anak-anak untuk mengendalikan diri mereka sendiri.

Jadi, jangan menenangkan anak Anda setiap kali dia kesal. Sebaliknya, ajarkan cara menenangkan diri. Dan jangan mengomeli untuk mengerjakan tugasnya.

Namun bantu mereka menjadi lebih bertanggung jawab untuk menyelesaikan pekerjaannya sendiri.

Baca Juga: 8 Makanan Kemasan yang Tidak Baik untuk Penderita Asam Lambung GERD

12. Jaga Hubungan Sehat Dengan Anak

Pola asuh otoritatif bukanlah tentang meneriakkan perintah dan menuntut kepatuhan. Sebaliknya, ini tentang menjadi teladan yang baik dan mengajarkan keterampilan hidup kepada anak-anak.

Luangkan waktu beberapa menit setiap hari untuk memberikan perhatian penuh kepada anak bahkan pada hari-hari ketika mereka berperilaku buruk. 

Menghabiskan waktu berkualitas bersama akan membantu anak Anda merasa dicintai dan diterima, yang merupakan kunci untuk membantu mereka merasa percaya diri tentang siapa diri mereka dan apa yang mampu mereka capai.

Sumber : VeryWellFamily.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi08 Mei 2024, 00:00 WIB

Jaga Suplai Air ke Persawahan Tetap Lancar, PU Bersihkan Irigasi di Cikakak Sukabumi

UPTD Wilayah IV Palabuhanratu membersihkan saluran daerah irigasi Sukawayana di Cikakak Sukabumi dari rumput liar.
UPTD PU Wilayah IV Palabuhanratu membersihkan rumput liar yang tumbuh menghalangi aliran air di saluran daerah irigasi Sukawayana. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi07 Mei 2024, 22:59 WIB

Tol Bocimi Parungkuda Sukabumi Masih Ditutup Imbas Longsor, Pedagang Warung Terdampak

Sejumlah pedagang warung di Parungkuda Sukabumi keluhkan sepi pembeli hingga omzet menurun imbas exit Tol Bocimi seksi 2 ditutup untuk penanganan longsor.
Deretan warung di seberang GT Parungkuda Sukabumi yang terdampak penutupan exit tol Bocimi seksi 2. (Sumber : SU/Ibnu)
Sukabumi07 Mei 2024, 21:52 WIB

Dinas PU Tangani Ruas Jalan Longsor di Kalibunder Sukabumi

Pasang bronjong hingga perbaikan plat beton, UPTD PU Wilayah Jampangkulon tangani ruas jalan longsor di Kalibunder Sukabumi. Begini progresnya.
Kepala UPTD PU Wilayah Jampangkulon, Rudi AB saat monitoring penanganan ruas jalan longsor di Kalibunder Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi07 Mei 2024, 21:10 WIB

Tingkatkan Minat Baca Pelajar, Diarpus Sukabumi Optimalkan Peran Pusling UPP Surade

Lewat Perpustakaan Keliling atau Pusling, Diarpus Kabupaten Sukabumi melalui UPP Surade gencar melakukan upaya peningkatan minat baca pelajar di Pajampangan.
Para murid SDN 1 Cibodas Cibitung Sukabumi sambut antusias Perpustakaan Keliling (Pusling) UPP Surade. (Sumber : Istimewa)
Life07 Mei 2024, 21:00 WIB

7 Kebiasaan Sepele yang Membuat Penderita Asam Urat Sulit Tidur di Malam Hari

Awas! Inilah Kebiasaan Sepele yang Membuat Penderita Asam Urat Sulit Tidur di Malam Hari.
Ilustrasi. Kurang Tidur, Pola Hidup yang Bisa Membahayakan Penderita Asam Urat (Sumber : Pexels.com/CottonbroStudio)
Keuangan07 Mei 2024, 20:45 WIB

Antusiasme Tinggi, Pendaftaran Tahara di BPR Kalapanunggal Sukabumi Diperpanjang

Pendaftaran rekening Tahara di Perumda BPR Sukabumi cabang Kalapanunggal telah diperpanjang hingga tanggal 15 Mei 2024.
Kepala Seksi Umum Administrasi dan Keuangan BPR Sukabumi cabang Kalapanunggal, Susan Irawati, menunjukan brosur Tahara. (Sumber : SU/Ibnu)
Bola07 Mei 2024, 20:30 WIB

Misi Raih Tiket Olimpiade Paris 2024: Shin Tae-yong Berharap Kebugaran Pemain Terjaga

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong ingin kebugaran pemain terjaga jelang lawan Guinea.
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong ingin kebugaran pemain terjaga jelang lawan Guinea. (Sumber : pssi.org).
Sukabumi07 Mei 2024, 20:24 WIB

Perumdam TJM Perbaiki Pipa Bocor akibat Terlilit Akar Pohon di Parungkuda Sukabumi

Perumdam TJM Sukabumi Cabang Parakansalak melakukan perbaikan pada pipa distribusi utama berukuran 4 inci yang bocor akibat terlilit akar pohon.
Perbaikan pipa milik Perumdam TJM yang bocor akibat terlilit akar pohon mahoni di Parungkuda Sukabumi, Selasa (7/5/2024). (Sumber : Istimewa)
Sukabumi07 Mei 2024, 20:07 WIB

Tak Diberi Minuman Gratis, 2 Pemuda Mabuk Aniaya Penjual Jamu di Sukaraja Sukabumi

Berikut kronologi dan motif dua pemuda mabuk aniaya pria tua penjual jamu di Sukaraja Sukabumi. Kedua pelaku kini sudah diringkus polisi.
Tempat kejadian perkara dua pemuda mabuk aniaya pria tua penjual jamu yang berada di Sukaraja Sukabumi (Sumber : Istimewa)
Life07 Mei 2024, 20:00 WIB

7 Cara Menagih Hutang dengan Baik Agar Tidak Memutus Silaturahmi, Ampuh!

Begini Cara Menagih Hutang dengan Baik Agar Tidak Memutus Silaturahmi. Yuk Praktekkan!
Ilustrasi - Cara Menagih Hutang dengan Baik Agar Tidak Memutus Silaturahmi. (Sumber : Pexels/fauxels)