10 Tips Jitu Atasi Stres Akibat Putus Cinta, Selalu Bersyukur Salah Satunya

Sabtu 25 November 2023, 12:30 WIB
10 tips jitu atasi stres akibat putus cinta | Foto ilustrasi : Freepik / @jcomp

10 tips jitu atasi stres akibat putus cinta | Foto ilustrasi : Freepik / @jcomp

SUKABUMIUPDATE.com - Putus cinta, merupakan hal yang menyakitkannya secara emosional, terlepas dari apakah Anda atau pasangan yang memulai. Sebagian mungkin merasa seperti dunia sudah berakhir pada saat peristiwa besar dalam hidup seperti putusnya hubungan atau perubahan status hubungan.

Ada stres dan dampak emosional serta faktor risiko yang signifikan untuk kambuh yang harus diatasi agar anda Anda terus melangkah maju. Bahkan tindakan pencegahan menjadi penting.

Berbeda dengan faktor risiko lain yang berkaitan dengan pemulihan dari gangguan penggunaan narkoba (SUD), masalah hubungan seperti perpisahan atau perceraian memiliki kemungkinan dua kali lebih besar untuk menyebabkan stres.

Setelah putus cinta, otak akan berusaha mereformasi koneksi saraf yang pernah mereka buat untuk menciptakan keterikatan emosional dengan manusia lain, menciptakan stres karena hilangnya bagian penting dari fondasi emosional kita. Selama masa ini, penting untuk menjaga diri sendiri dan menemukan cara untuk mengelola dan menghilangkan stres putus cinta.

Baca Juga: Senam Pagi dan Jalan Sehat, Meriahkan Hari Bakti PU ke-78 di Cicurug Sukabumi

Berikut beberapa tips untuk meringankan stres ketika putus cinta :

1. Makan Coklat
Makan coklat menjadi salah satu teknik menghilangkan stres sepanjang masa .Meskipun makan saat stres harus selalu dilakukan dalam jumlah sedang, saya merasa nyaman mengetahui bahwa coklat hitam mengandung flavonoid yang membantu menurunkan hormon stres, kortisol dan epinefrin, dalam tubuh Anda. Ditambah lagi, sisi baiknya coklat hitam tidak akan membuat penikmatnya mendengkur terlalu keras dan membuat terjaga di malam hari.

2. Menangis
Ekspresi emosi yang sehat adalah sumber yang bagus untuk menghilangkan stres karena putus cinta. Dan menangis dapat menjadi salah satu cara untuk membantu anda merasa lebih nyaman dan tenang saat melewati masa putus cinta, dan membantu mengurangi tekanan perasaan negatif yang mungkin muncul di kemudian hari. Menurut Ilmu Pengetahuan di balik manfaat menangis berfokus pada apa yang dibawa air mata ketika keluar dari tubuh Anda. Air mata menurunkan kadar mangan, serta kadar hormon adrenokortikotropik (ACTH), yang keduanya berhubungan dengan stres.

3. Afirmasi Positif
Afirmasi positif berfungsi sebagai bentuk meditasi. Hal ini dapat bermanfaat untuk tetap fokus pada perkataan atau mantra positif, sekaligus memungkinkan Anda melepaskan diri dari sumber stres apapun dalam hidup saat itu. Stres dan kecemasan menyebabkan hormon bahagia di otak yang disebut serotonin dan dopamin menurun, sehingga menyebabkan penurunan optimisme dan kepercayaan diri.

Baca Juga: Kunyit Pereda Depresi? Simak Manfaat dan Efek Sampingnya untuk Kesehatan

4. Jaga Diri Sendiri
Kita semua pernah mendengar tentang diet balas dendam. Ketika putus dengan seseorang, biasanya seseorang ingin cepat berubah dan membuat mereka menyesal telah menyakiti hati Anda. Namun, pola perilaku ini dapat memperkuat perasaan penolakan dan perasaan bahwa Anda tidak cukup baik dan itu tidak benar. Daripada melakukan diet super ketat, pertimbangkan untuk fokus mengonsumsi makanan bergizi penuh serat, nutrisi, dan protein. Bersabarlah terhadap diri sendiri, dan jangan menekan diri sendiri dengan cara tertentu agar orang lain merasa buruk atau membuat diri Anda merasa layak dicintai. Karena Anda selalu layak untuk dicintai.

5. Berhubungan kembali dengan Teman dan Keluarga
Meskipun kebanyakan dari kita tidak pernah berniat melakukannya, ketika kita terlibat dengan orang terdekat, kita sering kali mulai mengabaikan hubungan lain dalam hidup. Setelah putus cinta, cara terbaik untuk menghilangkan stres adalah dengan menghidupkan kembali hubungan lama untuk mengingatkan diri sendiri betapa Anda sebenarnya dicintai. Persahabatan telah terbukti mengurangi stres dan perasaan cemas, dan terutama setelah putus cinta dapat membuat seseorang tidak merasa terlalu kesepian.

6. Selalu Bersyukur
Setelah putus cinta, Anda mungkin merasa kehilangan segalanya. Tapi ini tidak benar. Dengan selalu memiliki rasa syukur baik melalui ibadah, meditasi, jurnal, atau daftar mental harian, adalah cara yang bagus untuk mengingatkan diri Anda akan semua hal hebat yang masih dimiliki dalam hidup.

Baca Juga: Pemkab Sukabumi Gelar SIMI Fashion & Cullinary Nite Festival Tahun 2023

7. Aktivitas Fisik atau Olahraga.
Aktivitas fisik adalah aktivitas populer lainnya yang dilakukan setelah putus cinta. Olahraga sendiri merupakan salah satu cara yang bagus untuk meredakan stres akibat putus cinta karena memungkinkan Anda memproduksi lebih banyak endorfin yang pada gilirannya menurunkan fungsi kognitif, meningkatkan suasana hati, dan menurunkan tingkat stres.

8. Menikmati Musik
Musik dapat dijadikan sebagai alat pelepas stres, dan merupakan cara ampuh untuk mempengaruhi suasana hati. Banyak lagu perpisahan yang sangat menguatkan, seperti “I Will Survive” oleh Gloria Gaynor sementara beberapa lagu berempati dengan perasaan negatif Anda seperti “Always on My Mind” oleh Willie Nelson. Manfaat musik sebagai pelepas stres karena putus cinta adalah membantu Anda mengeluarkan perasaan alih-alih menekannya.

9. Lakukan Sesuatu Yang Positif
Perpisahan adalah kesempatan sempurna untuk menemukan kembali diri sendiri yang sebelumnya menyerahkan seluruh waktu untuk orang lain. Dan cara terbaik untuk memandang putus cinta adalah dengan sekarang Anda punya waktu untuk diri sendiri lagi. Lakukan hobi lama yang ditinggalkan karena pasangan Anda tidak tertarik. Pelajari bahasa baru. Evaluasi bagaimana Anda dapat meningkatkan karir Anda. Dengan menginvestasikan kembali energi itu ke dalam diri, hal ini membuktikan kepada diri sendiri bahwa Anda berharga. Anda mungkin sedih dan stres saat ini, namun menyalurkan energi tersebut ke masa depan yang positif adalah cara yang bagus untuk melanjutkan hidup.

Baca Juga: Dewan Pers: Perpres Publisher Rights Akan Segera Diteken Presiden

10. Ingat Mengapa Anda Putus
Anda putus karena suatu alasan. Ada sesuatu yang tidak berjalan baik dalam hubungan itu, dan pada akhirnya hubungan itu harus berakhir. Saat merasa sedih atau merindukan orang tersebut, mudah bagi Anda untuk hanya bernostalgia pada saat-saat indah. Namun, melakukan hal ini tidak akan membantu mengatasi stres karena putus cinta lebih cepat. Dengan mendekati situasi dengan pendekatan yang jujur dan realistis, Anda memberi diri kesempatan untuk bersikap objektif mengenai kebutuhan dan keinginan pribadi, dan ini akan mempersiapkan Anda untuk saat berikutnya menemukan kebahagiaan dan cinta dengan orang baru!

Perpisahan itu sulit, dan menghilangkan stres karena putus cinta bisa jadi lebih sulit lagi. Luangkan waktu dan ruang untuk diri sendiri. Karena, tidak ada waktu atau cara yang pasti untuk move on dan mengatasi stres akibat putus cinta, jadi dengarkan isyarat internal Anda sendiri mengenai teknik yang berhasil dan tidak berhasil untuk Anda.

Sumber : healthline

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi04 Mei 2024, 23:13 WIB

Mau Diperbaiki? Jembatan Reyot Penghubung Waluran-Surade Sukabumi Ditinjau Staf Kemenlu

Jembatan gantung yang berada di aliran Sungai Cikarang, Kampung Cukangbayur, Desa Caringinnunggal, Kecamatan Waluran, Kabupaten Sukabumi, kondisinya sudah lapuk.
Pemdes Caringinnunggal Kecamatan Waluran. Staf Kemenlu, Relawan dan Pemdes saat meninjau Jembatan Gantung Sungai Cikarang | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi04 Mei 2024, 22:54 WIB

58 Persen Masyarakat Kabupaten Sukabumi Kurang Puas Atas Kinerja Marwan-Iyos

Lembaga Kajian dan Penelitian Skala Institute, merilis hasil survei terkait tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Pemerintah Kabupaten Sukabumi dibawah kepemimpinan Bupati Marwan Hamami dan Wakil Bupati Iyos Somantri.
Gedung Pendopo Kabupaten Sukabumi | Foto : Ist
Sukabumi04 Mei 2024, 21:49 WIB

Niat Cari Kerja: Pelaku Tolak Sodomi hingga Duel Sebelum Bunuh Pria di Citepus Sukabumi

Kasat Reskrim Polres Sukabumi, AKP Ali Jupri, mengatakan bahwa pelaku berinisial A (20 tahun) awalnya mendatangi Ceceu ini dengan niat mencari kerja, sebelum akhirnya membunuh korban
Pelaku pembunuhan setelah ditangkap di Mapolsek Parungkuda Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi04 Mei 2024, 21:09 WIB

Pemkab Sukabumi Akan Relokasi Rumah yang Terdampak Longsor di Cibadak

Pemerintah Kabupaten Sukabumi berencana merelokasi warga terdampak longsor di Kampung Cibatu Hilir RT 01/RW 11, Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, yang berdampak pada belasan rumah.
Foto udara lokasi longsor di Kampung Cibatu Hilir RT 01/11, Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Instagram/@kiekiesukabumi
Sehat04 Mei 2024, 21:00 WIB

8 Cara Sehat Menyembuhkan Asam Urat Agar Tidak Kambuh di Malam Hari

Berikut Sederet Cara Sehat Menyembuhkan Asam Urat Agar Tidak Kambuh di Malam Hari yang Bisa Dilakukan.
Ilustrasi - Pijat Ringan untuk Meringankan Penyakit Asam Urat (Sumber : Freepik/freepik)
Sukabumi Memilih04 Mei 2024, 20:46 WIB

Survei Terbaru Elektabilitas 17 Calon Bupati Sukabumi: Tidak Ada Sosok yang Kuat

asil survei dirilis oleh Lembaga Kajian dan Penelitian Skala Institute bekerjasama dengan Litbang Sukabumiupdate.com.
Ilustrasi pasangan calon bupati/wakil bupati Sukabumi dari jalur perseorangan atau independen | Foto : Sukabumi Update
Life04 Mei 2024, 20:00 WIB

6 Dampak Buruk Terlalu Memanjakan Anak yang Wajib Diketahui Orang Tua

Terlalu memanjakan anak rupanya memiliki dampak buruk bagi perkembangan anak jika sudah tumbuh dewasa. Ini yang perlu diperhatikan para orang tua.
Ilustrasi. Dampak buruk terlalu memanjakan anak. Sumber foto : Pexels/ Pavel Danilyuk
Sukabumi04 Mei 2024, 19:40 WIB

Sukabumi Dinilai Stagnan, Koalisi 5 Partai Cenderung Usung Figur Alternatif di Pilkada

ima partai politik yaitu, PKB, PKS, Demokrat, PAN dan PDIP secara resmi berkoalisi di Pikada Kabupaten Sukabumi 2024. Deklarasi koalisi digelar di salah satu kafe di Jalan Cemerlang, Kota Sukabumi, Sabtu, (4/5/2024).
Deklarasi koalisi 5 partai, PKB, Demokrat, PKS, PAN, PDIP | Foto : Asep Awaludin
Sehat04 Mei 2024, 19:00 WIB

5 Jenis Ikan Laut Tinggi Purin yang Tidak Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Penderita Asam Urat Sebaiknya Mengetahui Apa Saja Jenis Ikan Laut Tinggi Purin yang Tidak Aman Dikonsumsi Guna Mencegah Serangannya Kambuh.
Ilustrasi. Jenis Ikan Laut Tinggi Purin yang Tidak Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat (Sumber : Pexels/OzielGomez)
Sukabumi04 Mei 2024, 18:57 WIB

Di Kubur Berdampingan, Pasutri Tewas Tertabrak Kereta di Kebonpedes Sukabumi Dikenal Ramah

Dalam prosesi pemakaman, berlangsung haru serta diiringi isak tangis keluarga. Mengingat semasa hidup korban yang baik dan suka bersosialisasi dengan tetangga.
Suasana saat pemakaman jenazah suami istri korban tertabrak kereta di Kampung Gunung Kebonpedes Kabupaten Sukabumi | Foto : Asep Awaludin