7 Ciri Fisik Orang Mengalami Depresi, Apa Kamu Termasuk?

Minggu 29 Oktober 2023, 13:30 WIB
Ilustrasi orang depresi merasakan nyeri kepala. (Sumber : pexels.com/ Andrea Piacquadio)

Ilustrasi orang depresi merasakan nyeri kepala. (Sumber : pexels.com/ Andrea Piacquadio)

SUKABUMIUPDATE.com - Depresi merupakan suatu penyakit mental yang menyebabkan penderitanya mengalami ledakan emosi yang tidak terkendali, seperti putus asa, rasa sedih yang teramat sangat, hingga menangis.

Depresi menyebabkan rasa sakit, meskipun kita sering mengasosiasikan penyakit mental ini dengan rasa sakit emosional seperti kesedihan, tangisan, dan perasaan putus asa, penelitian menunjukkan bahwa depresi juga dapat bermanifestasi sebagai rasa sakit fisik.

Sebagaimana telah dilansir dari situs healthline, inilah tujuh ciri fisik orang mengalami depresi :

1. Kelelahan Yang Terus Menerus Menurun

Kelelahan merupakan gejala umum depresi. Terkadang, setiap orang mengalami tingkat energi yang lebih rendah dan mungkin merasa lesu di pagi hari, sehingga hanya ingin berbaring dan menonton TV daripada pergi bekerja.
orang yang mengalami depresi sering kali mengalami tidur yang tidak menyegarkan, artinya mereka merasa lesu bahkan setelah istirahat malam yang cukup.

Kelelahan yang terjadi terus menerus, bisa menghambat pada aktivitas fisik, seperti bekerja, maka bisa jadi ini merupakan gejala depresi.

2. Segala Sesuatu Menjadi Terasa Menyakitkan

Sebuah penelitian pada tahun 2015 menunjukkan adanya korelasi antara orang yang mengalami depresi dan penurunan toleransi terhadap rasa sakit, sedangkan penelitian lainnya pada tahun 2010 menunjukkan bahwa rasa sakit mempunyai pengaruh yang besar pada orang yang mengalami depresi.

Kedua gejala ini tidak memiliki hubungan sebab-akibat yang jelas, namun penting untuk mengevaluasi keduanya secara bersamaan, terutama jika dokter menyarankan pengobatan.

3. Sakit Punggung atas Nyeri Otot

Psikolog dan psikiater selalu menganggap bahwa masalah emosional dapat menyebabkan rasa sakit dan nyeri kronis, namun poin spesifik masih terus diteliti, seperti hubungan antara depresi dan respons peradangan tubuh. Penelitian yang lebih baru menunjukkan bahwa peradangan dalam tubuh mungkin ada hubungannya dengan sirkuit saraf di otak kita. Peradangan diperkirakan dapat mengganggu sinyal otak dan oleh karena itu mungkin berperan dalam depresi dan cara kita mengobatinya.

Jika merasa tiba-tiba nyeri otot atau bahkan nyeri punggung, itu bisa jadi pertanda bahwa kamu mengalami stres dan depresi.

4. Sakit Kepala

Berbeda dengan sakit kepala migrain yang menyiksa, sakit kepala akibat depresi tidak serta merta menghalangi seseorang untuk beraktivitas. Digambarkan oleh National Headache Foundation sebagai “sakit kepala tegang”, jenis sakit kepala ini mungkin terasa seperti ditusuk ringan, terutama di sekitar alis.

Meskipun sakit kepala ini dapat diatasi dengan obat pereda nyeri yang dijual bebas (OTC), sakit kepala ini biasanya kambuh secara teratur. Terkadang, sakit kepala tegang kronis bisa menjadi gejala gangguan depresi mayor.

5. Masalah Mata atau Penurunan Penglihatan

Depresi bisa membuat dunia tampak kelabu dan suram, sebuah studi penelitian tahun 2010 di Jerman menunjukkan bahwa masalah kesehatan mental ini ternyata bisa mempengaruhi penglihatan seseorang.

Dalam sebuah penelitian terhadap 80 orang , mereka yang depresi mengalami kesulitan melihat perbedaan hitam dan putih. Dikenal oleh para peneliti sebagai “persepsi kontras”, hal ini dapat menjelaskan mengapa depresi dapat membuat dunia terlihat kabur.

6. Sakit Perut

Para peneliti di Harvard Medical School berpendapat bahwa ketidaknyamanan perut seperti kram, kembung, dan mual mungkin merupakan tanda kesehatan mental yang buruk. Karena Menurut peneliti Harvard lagi , depresi dapat menyebabkan (atau diakibatkan oleh) sistem pencernaan yang meradang, dengan rasa sakit yang mudah disalah artikan sebagai penyakit seperti penyakit radang usus atau sindrom iritasi usus besar.

Dokter dan ilmuwan menyebut usus sebagai “otak kedua”, karena mereka telah menemukan hubungan antara kesehatan usus dan kesejahteraan mental. Perut kita penuh dengan bakteri baik dan jika terjadi ketidakseimbangan bakteri tersebut, gejala kecemasan dan depresi bisa muncul.

Konsumsi probiotik dan makan 4 sehat 5 sempurna dapat membuat kesehatan usus seseorang meningkat. Hal ini juga dapat meningkatkan suasana hati. Namun diperlukan penelitian lebih lanjut tentang hal ini.

7. Masalah pencernaan Berpengaruh pada BAB Tidak Teratur

Masalah pencernaan seperti sembelit dan diare bisa menjadi hal yang memalukan dan menjengkelkan. Seringkali disebabkan oleh keracunan makanan atau virus gastrointestinal, mudah untuk berasumsi bahwa ketidaknyamanan usus disebabkan oleh penyakit fisik.
Sebuah studi tahun 2011 menunjukkan adanya hubungan antara kecemasan, depresi, dan nyeri gastrointestinal.

Itulah beberapa ciri fisik pada orang yang mengalami depresi. Karena emosi seperti kesedihan, kecemasan dapat mengganggu kesehatan fisik kita.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Life

ADHD dan Depresi, Apakah Ada Kaitannya?

Rabu 25 Oktober 2023, 14:29 WIB
ADHD dan Depresi, Apakah Ada Kaitannya?
Berita Terkini
Sukabumi08 Mei 2024, 00:00 WIB

Jaga Suplai Air ke Persawahan Tetap Lancar, PU Bersihkan Irigasi di Cikakak Sukabumi

UPTD Wilayah IV Palabuhanratu membersihkan saluran daerah irigasi Sukawayana di Cikakak Sukabumi dari rumput liar.
UPTD PU Wilayah IV Palabuhanratu membersihkan rumput liar yang tumbuh menghalangi aliran air di saluran daerah irigasi Sukawayana. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi07 Mei 2024, 22:59 WIB

Tol Bocimi Parungkuda Sukabumi Masih Ditutup Imbas Longsor, Pedagang Warung Terdampak

Sejumlah pedagang warung di Parungkuda Sukabumi keluhkan sepi pembeli hingga omzet menurun imbas exit Tol Bocimi seksi 2 ditutup untuk penanganan longsor.
Deretan warung di seberang GT Parungkuda Sukabumi yang terdampak penutupan exit tol Bocimi seksi 2. (Sumber : SU/Ibnu)
Sukabumi07 Mei 2024, 21:52 WIB

Dinas PU Tangani Ruas Jalan Longsor di Kalibunder Sukabumi

Pasang bronjong hingga perbaikan plat beton, UPTD PU Wilayah Jampangkulon tangani ruas jalan longsor di Kalibunder Sukabumi. Begini progresnya.
Kepala UPTD PU Wilayah Jampangkulon, Rudi AB saat monitoring penanganan ruas jalan longsor di Kalibunder Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi07 Mei 2024, 21:10 WIB

Tingkatkan Minat Baca Pelajar, Diarpus Sukabumi Optimalkan Peran Pusling UPP Surade

Lewat Perpustakaan Keliling atau Pusling, Diarpus Kabupaten Sukabumi melalui UPP Surade gencar melakukan upaya peningkatan minat baca pelajar di Pajampangan.
Para murid SDN 1 Cibodas Cibitung Sukabumi sambut antusias Perpustakaan Keliling (Pusling) UPP Surade. (Sumber : Istimewa)
Life07 Mei 2024, 21:00 WIB

7 Kebiasaan Sepele yang Membuat Penderita Asam Urat Sulit Tidur di Malam Hari

Awas! Inilah Kebiasaan Sepele yang Membuat Penderita Asam Urat Sulit Tidur di Malam Hari.
Ilustrasi. Kurang Tidur, Pola Hidup yang Bisa Membahayakan Penderita Asam Urat (Sumber : Pexels.com/CottonbroStudio)
Keuangan07 Mei 2024, 20:45 WIB

Antusiasme Tinggi, Pendaftaran Tahara di BPR Kalapanunggal Sukabumi Diperpanjang

Pendaftaran rekening Tahara di Perumda BPR Sukabumi cabang Kalapanunggal telah diperpanjang hingga tanggal 15 Mei 2024.
Kepala Seksi Umum Administrasi dan Keuangan BPR Sukabumi cabang Kalapanunggal, Susan Irawati, menunjukan brosur Tahara. (Sumber : SU/Ibnu)
Bola07 Mei 2024, 20:30 WIB

Misi Raih Tiket Olimpiade Paris 2024: Shin Tae-yong Berharap Kebugaran Pemain Terjaga

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong ingin kebugaran pemain terjaga jelang lawan Guinea.
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong ingin kebugaran pemain terjaga jelang lawan Guinea. (Sumber : pssi.org).
Sukabumi07 Mei 2024, 20:24 WIB

Perumdam TJM Perbaiki Pipa Bocor akibat Terlilit Akar Pohon di Parungkuda Sukabumi

Perumdam TJM Sukabumi Cabang Parakansalak melakukan perbaikan pada pipa distribusi utama berukuran 4 inci yang bocor akibat terlilit akar pohon.
Perbaikan pipa milik Perumdam TJM yang bocor akibat terlilit akar pohon mahoni di Parungkuda Sukabumi, Selasa (7/5/2024). (Sumber : Istimewa)
Sukabumi07 Mei 2024, 20:07 WIB

Tak Diberi Minuman Gratis, 2 Pemuda Mabuk Aniaya Penjual Jamu di Sukaraja Sukabumi

Berikut kronologi dan motif dua pemuda mabuk aniaya pria tua penjual jamu di Sukaraja Sukabumi. Kedua pelaku kini sudah diringkus polisi.
Tempat kejadian perkara dua pemuda mabuk aniaya pria tua penjual jamu yang berada di Sukaraja Sukabumi (Sumber : Istimewa)
Life07 Mei 2024, 20:00 WIB

7 Cara Menagih Hutang dengan Baik Agar Tidak Memutus Silaturahmi, Ampuh!

Begini Cara Menagih Hutang dengan Baik Agar Tidak Memutus Silaturahmi. Yuk Praktekkan!
Ilustrasi - Cara Menagih Hutang dengan Baik Agar Tidak Memutus Silaturahmi. (Sumber : Pexels/fauxels)