8 Manfaat Rajin Membaca, Tidak Hanya Menambah Wawasan dan Pengetahuan

Senin 29 Mei 2023, 14:00 WIB
Ilustrasi. Manfaat rajin membaca tidak hanya sebatas menambah pengetahuan dan wawasan tapi bisa lebih dari itu (Sumber : Pexels/Liana Tril')

Ilustrasi. Manfaat rajin membaca tidak hanya sebatas menambah pengetahuan dan wawasan tapi bisa lebih dari itu (Sumber : Pexels/Liana Tril')

SUKABUMIUPDATE.com - Membaca merupakan proses memahami dan menginterpretasikan teks tertulis. Dimana ini menjadi salah satu keterampilan penting yang memungkinkan kita untuk memperoleh pengetahuan, memperluas wawasan, dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis.

Namun, faktanya Indonesia merupakan salah satu negara dengan tingkat literasi yang rendah.

Bahkan menurut Ekonom Senior INDEFAviliani yang dikutip dari CNBC Indonesia menyebut tingkat literasi digital di Indonesia hanya sebesar 62%, atau paling rendah jika dibandingkan negara di ASEAN lainnya yang rata-rata mencapai 70%.

Baca Juga: Pemanfaatan Propolis Lebah Trigona sebagai Bahan Baku Produk Kesehatan dan Kecantikan

Sementara melansir dari laman indonesiabaik.id, sejak pandemi, literasi Indonesia mengalami peningkatan. Indeks literasi digital Indonesia pada 2022 berada di level 3,54 poin dari skala 1-5.

Indeks tersebut naik 0,05 poin dibanding 2021 yang masih berada di level 3,49. Bahkan jika dibandingkan pada 2020, angkanya naik 0,08 poin.

Padahal membaca memiliki banyak manfaat penting bagi manusia, tidak hanya menambah wawasan dan pengetahuan tapi lebih dari itu.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa manfaat rajin membaca yang harus diketahui.

Baca Juga: Sering Dikaitkan dengan Keguguran, Ini 4 Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan

1. Menambah Pengetahuan dan Wawasan

Membaca membantu meningkatkan pengetahuan Anda tentang berbagai topik. Ketika Anda membaca berbagai jenis bahan, seperti buku, artikel, atau ensiklopedia, Anda memperoleh informasi baru yang dapat memperluas wawasan Anda tentang dunia, budaya, sejarah, ilmu pengetahuan, dan banyak lagi.

2. Meningkatkan Kemampuan Bahasa

Membaca secara teratur memperkaya kosa kata Anda dan membantu Anda memperbaiki kemampuan bahasa Anda. Anda akan terpapar pada berbagai kata-kata dan frasa yang dapat Anda pelajari dan gunakan dalam komunikasi sehari-hari.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Foundation Natural dan Punya Manfaat untuk Kulit

3. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis

Membaca melibatkan pemahaman dan analisis yang dalam terhadap teks tertulis. Ini memperkuat kemampuan berpikir kritis Anda, membantu Anda mengembangkan keterampilan evaluasi, penalaran logis, dan kemampuan memecahkan masalah.

4. Imajinasi dan Kreativitas

Membaca fiksi membangkitkan imajinasi dan memperluas batas kreativitas Anda. Saat Anda membaca cerita, Anda membayangkan karakter, tempat, dan situasi yang menghidupkan cerita tersebut. Hal ini dapat mendorong Anda untuk berpikir secara kreatif dan membangun kemampuan menulis dan bercerita.

Baca Juga: 5 Manfaat Terong Ungu untuk Kesehatan, Bisa Kurangi Risiko Penyakit Jantung

5. Mengurangi Stres

Membaca dapat menjadi bentuk hiburan yang bermanfaat dan membantu mengurangi stres. Dalam membaca, Anda dapat memasuki dunia yang berbeda dan melupakan kekhawatiran sejenak. Ini dapat memberikan ketenangan dan relaksasi.

6. Pengembangan Empati

Saat Anda membaca karya sastra atau cerita tentang pengalaman orang lain, Anda mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang perasaan, pemikiran, dan perspektif orang lain. Ini dapat membantu Anda mengembangkan empati dan pemahaman yang lebih dalam terhadap orang lain.

Baca Juga: 4 Manfaat Masker Jeruk Nipis untuk Wajah dan Cara Membuatnya di Rumah

7. Meningkatkan Konsentrasi

Membaca secara teratur melatih kemampuan konsentrasi Anda. Dalam dunia yang penuh dengan gangguan dan stimuli cepat, membaca membutuhkan fokus yang mendalam untuk memahami dan menyerap informasi.

8. Sebagai Inspirasi dan Motivasi

Bacaan yang menginspirasi, seperti biografi atau buku motivasi, dapat memberikan dorongan semangat dan memotivasi Anda untuk mencapai tujuan pribadi atau mengatasi rintangan.

Baca Juga: 4 Manfaat Buah Kedondong untuk Kesehatan, Bisa Jadi Obat Batuk Alami

Itulah manfaat membaca secara rutin. Mulailah dengan membaca topik yang Anda minati dan nikmati perjalanan membaca yang tak terbatas dalam pengetahuan dan pemahaman.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini
Nasional30 November 2023, 10:21 WIB

NADIASA Dukung Kolaborasi Lintas Nazhir Wakaf Wujudkan Kemaslahatan Publik

H. Ayep Zaki, Dewan pengarah NADIASA sekaligus pendiri lembaga Doa Bangsa, mengapresiasi Rumah Wakaf Indonesia dengan Workshop Waqf Academy, yang mana kolaborasi Lintas Nazhir Wakaf ini guna mewujudkan Kemaslahan Publik.
NADIASA Dukung Kolaborasi Lintas Nazhir Wakaf Wujudkan Kemaslahatan Publik (Sumber : Istimewa)
Entertainment30 November 2023, 10:03 WIB

Ariel Tatum hingga Happy Salma ke Selabintana Sukabumi, Catat Waktunya!

Acara seni Sukabumi 1980 bakal dihadiri sejumlah artis papan atas, diantaranya Ariel Tatum, Happy Salma, Donna Agnesia hingga Dewi Gita.
Acara Sukabumi 1980 yang diselenggarakan di Salabintana bakal dihadiri artis Ariel Tatum, Happy Salma, Dewi Gita hingga Donna Agnesia | Foto: Instagram/@infotitimangsa
Life30 November 2023, 10:00 WIB

Suka Mengambil Hak Orang Lain, Ini 10 Ciri-Ciri Dzolim!

Tak Hanya Suka Mengambil Hak Orang Lain, Ciri Orang dzolim bahkan menjadikan orang lain kambing hitam demi melakukan pencitraan. Toxic!
Ilustrasi. Suka Mengambil Hak Orang Lain, Ini 10 Ciri-Ciri Dzolim! | Sumber: Freepik.com (peoplecreations)
Cek Fakta30 November 2023, 09:50 WIB

PLN Sebut Hoaks, Kabar akan Mati Listrik 18 Jam Sehari di Bogor dan Sukabumi

Kabar hoaks ini juga mencantumkan jadwal pemadaman bergilir.
Tangkapan layar kabar hoaks rencana pemadaman listrik di wilayah Bogor dan Sukabumi. | Foto: Istimewa
Sehat30 November 2023, 09:00 WIB

Dagingnya Putih dan Empuk, Inilah 5 Manfaat Buah Sukun untuk Kesehatan

Buah sukun memiliki bentuk yang mirip dengan buah nangka, tetapi ukurannya lebih kecil.
Ilustrasi - Buah sukun memiliki bentuk yang mirip dengan buah nangka, tetapi ukurannya lebih kecil. (Sumber : pexels.com/@Jefry Surianto).
Life30 November 2023, 08:58 WIB

8 Tips Orang Tua Bantu Kecemasan Situasional pada Anak, Yuk Terapkan

Merasa cemas dalam situasi tertentu adalah hal yang wajar, dan bisa juga berhubungan dengan kecemasan situasional.
Ilustrasi orang tua membantu kecemasan situasional pada anak. | Foto: Pexels.com/@RDNEStockProject
Nasional30 November 2023, 08:43 WIB

Di Hadapan Jokowi, Dirut PLN Paparkan Pengembangan Hydropower di Tanah Air

PLN di bawah arahan Kementerian ESDM tengah menyiapkan strategi Accelerated Renewable Energy Development (ARED) yang mampu meningkatkan kapasitas pembangkit energi baru terbarukan hingga 75% pada tahun 2040.
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo saat mengunjungi booth PT PLN (Persero) dalam rangkaian World Hydropower Congress (WHC) 2023 di Nusa Dua Bali pada Selasa (31/10). | Foto: PLN
Kecantikan30 November 2023, 08:30 WIB

10 Manfaat Masker Cucumber untuk Wajah, Cocok untuk Kulit Sensitif

Masker wajah dengan bahan dasar timun (cucumber) dapat memberikan beberapa manfaat bagi kulit. Timun memiliki kandungan air yang tinggi dan beberapa nutrisi yang bermanfaat untuk perawatan kulit sensitif.
Ilustrasi. Manfaat Masker Cucumber untuk Wajah, Cocok untuk Kulit Sensitif (Sumber : Freepik/@drobotdean)
Life30 November 2023, 07:00 WIB

8 Cara Mengetahui Karakter Seseorang dari Uang, Jujur atau Tidak?

Cara mengetahui karakter seseorang dari uang ini bisa disimak dengan baik. Meskipun sebenarnya, uang hanya satu diantara banyak aspek dari kehidupan dan tidak dapat memberikan gambaran lengkap tentang karakter seseorang.
Ilustrasi. Cara Mengetahui Karakter Seseorang dari Uang, Perhatikan Sikapnya (Sumber : Freepik/@drobotdean)
Life30 November 2023, 06:30 WIB

10 Bahasa Tubuh Wanita Saat Menyimpan Rasa Pada Pria, Mendadak Beda!

Saat wanita menyimpan rasa pada pria mereka akan menunjukan bahasa tubuh yang tak biasa mulai dari tatapan mata hingga gaya bicara
Ilustrasi - Saat wanita menyimpan rasa pada pria mereka akan menunjukan bahasa tubuh yang tak biasa mulai dari tatapan mata hingga gaya bicara (Sumber : Freepik/freepik)