Pemanfaatan Propolis Lebah Trigona sebagai Bahan Baku Produk Kesehatan dan Kecantikan

Minggu 28 Mei 2023, 09:34 WIB
Ilustrasi.

Ilustrasi.

SUKABUMIUPDATE.com - Alam telah memberikan berbagai manfaat untuk manusia hidup dengan berbagai aktifitasnya. Salah satu kebaikan alam memberikan kesehatan untuk kita dengan berbagai makhluk hidup yang ada di alam ini. Salah satu makhluk hidup yang sangat bermanfaat adalah lebah madu.

Lebah madu merupakan jenis serangga yang mempunyai banyak manfaat dalam kehidupan manusia baik dari segi kesehatan, ekonomi, maupun kecantikan. Lebah Trigona spp. merupakan jenis lebah tidak bersengat (stingles bee) yang banyak dibudidayakan di Indonesia.

Lebah Trigona sp.merupakan jenis lebah asli Asia yang memiliki karakteristik spesifik, yaitu madu yang dihasilkan mempunyai rasa asam namun tahan terhadap fermentasi dan bersifat jarang sekali berpindah tempat, serta harga produk madunya lebih tinggi dibandingkan dengan madu produk lebah genusApis.

Selain menghasilkan madu lebah ini juga menghasilkan propolis yang memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi. Hampir semua komponen lebah madu dapat dimanfaatkan, salah satunya adalah larva lebah yang dapat digunakan pada industri farmakologis, industri kosmetik, nutrisi binatang ternak, serta dapat dijadikan olahan makanan.

Propolis banyak digunakan sebagai salah satu alternatif pengobatan alami pada saat ini. Senyawa bioaktif yang terkandung di dalamnya dapat memberikan efek positif pada tubuh. Senyawa bioaktif pada propolis kaya akan flavonoid dan fenoliknya (Segueni, Zellagui, Moussaoui, Lahouel, & Rhouati, 2016). Senyawa tersebut merupakan antioksidan yang dapat digunakan untuk melawan radikal bebas.

Dari uraian di atas, manusia memanfaatkan madu dan propolis sebagai bahan baku produk kesehatan dan kecantikan. Madu tanpa di olah dapat langsung dikonsumsi. Namun propolis mentah darisarang lebah trigona di proses melalui ekstraksi sehingga menjadi obat tetes cair yangmemiliki manfaat yang banyak untuk kesehatan dan kecantikan.

Berikut adalah beberapa manfaat propolis lebah Trigona untuk kesehatan dan kecantikan:

Manfaat yang pertama adalah, dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan senyawa bioaktif dalam propolis lebah Trigona, seperti flavonoid, asam fenolat, terpenoid, dan asam lemak dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Senyawa-senyawa ini juga berfungsi sebagai antioksidan yang dapat membantu mengurangi radikal bebas dalam tubuh yang dapat merusak selsel sehat. Propolis dapat mengatasi infeksi dan menyembuhkan luka.

Propolis lebah Trigona memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang dapat membantu melawan infeksi pada tubuh. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa propolis lebah Trigona dapat membantu mengatasi infeksi bakteri dan jamur yang resisten terhadap antibiotik.

Selain itu, Propolis memiliki sifat antiseptik dan antibakteri yang dapat membantu mencegah infeksi dan mempercepat penyembuhan luka. Propolis juga membantu meningkatkan aliran darah ke daerah yang terluka, yang dapat membantu mempercepat penyembuhan. Propolis juga bisa untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Senyawa bioaktif dalam propolis dapat membantumengurangi peradangan dan membunuh bakteri penyebab infeksi mulut. Propolis juga membantumempercepat penyembuhan luka pada gusi dan mengurangi peradangan pada bibir dan lidah.

Propolis dapat Selain untuk kesehatan, propolis juga mempunyai manfaat untuk kecanikan, yaitu dapat meningkatkan Kesehatan Rambut,Senyawa bioaktif dalam propolis lebah Trigona dapat membantu melindungi rambut dari kerusakan akibat radikal bebas dan memperkuat akar rambut. Propolis lebah Trigona juga dapat membantu mengatasi masalah rambut seperti rontok dan ketombe.

Propolis bermanfaat untuk mengatasi masalah masalah pada kulit seperti untuk menjagakelembapan kulit, mencerahkan kulit, dan mengatasi jerawat Senyawa flavonoid dalam propolis lebah madu Trigona dapat membantu menjaga kelembapan alami kulit dan mencegah kulit menjadi kering dan pecah-pecah,Senyawa antibakteri dan antijamur dalam propolis lebah madu Trigona dapat membantu mengatasi jerawat.

Propolis lebah madu Trigona dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat dan meredakan peradangan pada kulit. Senyawa asam fenolat dan asam aromatik dalam propolis lebah madu Trigonadapat membantu mengurangi produksi melanin, sehingga membantu mencerahkan kulit danmengurangi noda hitam.

Propolis lebah Trigona memiliki sifat antibakteri, antijamur, antioksidan, dan dapat membantu
meningkatkan sistem kekebalan tubuh, kesehatan kulit, kesehatan rambut, serta menjaga kesehatan mulut. Namun, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau ahli kecantikan sebelum menggunakan propolis lebah Trigona untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan.

Berikut adalah beberapa produk yang dapat dibuat dari propolis lebah Trigona:

Yang pertama sebagai Suplemen kesehatan Propolis lebah Trigona dapat dijadikan sebagai suplemen kesehatan yang berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh, mengurangi radikal bebas, serta membantu melawan infeksi dan peradangan, contoh produknya yaitu habbatussauda extra propolis trigona.

Kulit Propolis lebah Trigona dapat digunakan sebagai bahan baku pembuatan krim dan lotion kulit. Kandungan senyawa antibakteri, antijamur, dan antioksidan dalam propolis lebah Trigona dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini. Propolis lebah Trigona juga dapat digunakan sebagai bahan baku pembuatan sabun mandi. Sabun mandi yang mengandung propolis lebah Trigona dapat membantu membersihkan kulit secara efektif, menjaga kelembapan kulit, serta melawan infeksi dan peradangan pada kuli, contoh produknya adalah hygeia.

Propolis lebah Trigona dapat digunakan sebagai bahan baku pembuatan obat tetes telinga. Kandungan senyawa antibakteri dan antijamur dalam propolis lebah Trigona dapat membantu mengatasi infeksi pada telinga dan meredakan peradangan, contoh produknya adalah propolis Sm. Propolis lebah Trigona juga dapat dicampurkan dengan madu untuk membuat
madu propolis yang memiliki manfaat kesehatan yang lebih banyak. Madu propolis lebah Trigona dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, mengurangi radikal bebas, serta membantu melawan infeksi dan peradangan.

Propolis lebah trigona adalah bahan baku yang memiliki manfaat kesehatan dan kecantikan yang dapat dimanfaatkan secara luas. Beberapa manfaatnya antara lain meningkatkan daya tahan tubuh, mengatasi infeksi, meredakan peradangan, menjaga kesehatan gigi dan mulut, serta membantu mengatasi alergi.

Dalam hal kecantikan, propolis lebah trigona dapat digunakan sebagai bahan baku dalam produk perawatan kulit, seperti sabun dan krim wajah. Kandungan senyawa bioaktif dalam propolis lebah trigona dapat membantu meremajakan kulit, mengatasi jerawat dan peradangan kulit, serta meningkatkan elastisitas dan kelembapan kulit.

Namun, perlu diingat bahwa penggunaan propolis lebah trigona untuk kesehatan dan kecantikan harus dilakukan dengan hati-hati dan setelah berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan. Beberapa orang mungkin memiliki alergi atau sensitivitas terhadap propolis lebah trigona, sehingga penggunaannya harus dilakukan dengan hati-hati. Selain itu, konsultasikan juga dengan ahli kecantikan atau dermatologis sebelum menggunakan produk yang mengandung propolis lebah trigona.

Penulis: Siti Zahwa Aulia Nur Shafa (Mahasiswa Universitas Islam Negeri Jakarta)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait Berita Terkini
Food & Travel30 November 2023, 10:47 WIB

Akhir 2023, Pulau Kunti dan Pantai Pasir Putih Sukabumi Ditutup untuk Wisatawan

Penutupan kegiatan wisata ini mulai dilakukan pada 30 Desember 2023.
Pulau Kunti di wilayah Cagar Alam Cibanteng di Desa Mandrajaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Ragil Gilang
Nasional30 November 2023, 10:21 WIB

NADIASA Dukung Kolaborasi Lintas Nazhir Wakaf Wujudkan Kemaslahatan Publik

H. Ayep Zaki, Dewan pengarah NADIASA sekaligus pendiri lembaga Doa Bangsa, mengapresiasi Rumah Wakaf Indonesia dengan Workshop Waqf Academy, yang mana kolaborasi Lintas Nazhir Wakaf ini guna mewujudkan Kemaslahan Publik.
NADIASA Dukung Kolaborasi Lintas Nazhir Wakaf Wujudkan Kemaslahatan Publik (Sumber : Istimewa)
Entertainment30 November 2023, 10:03 WIB

Ariel Tatum hingga Happy Salma ke Selabintana Sukabumi, Catat Waktunya!

Acara seni Sukabumi 1980 bakal dihadiri sejumlah artis papan atas, diantaranya Ariel Tatum, Happy Salma, Donna Agnesia hingga Dewi Gita.
Acara Sukabumi 1980 yang diselenggarakan di Salabintana bakal dihadiri artis Ariel Tatum, Happy Salma, Dewi Gita hingga Donna Agnesia | Foto: Instagram/@infotitimangsa
Life30 November 2023, 10:00 WIB

Suka Mengambil Hak Orang Lain, Ini 10 Ciri-Ciri Dzolim!

Tak Hanya Suka Mengambil Hak Orang Lain, Ciri Orang dzolim bahkan menjadikan orang lain kambing hitam demi melakukan pencitraan. Toxic!
Ilustrasi. Suka Mengambil Hak Orang Lain, Ini 10 Ciri-Ciri Dzolim! | Sumber: Freepik.com (peoplecreations)
Cek Fakta30 November 2023, 09:50 WIB

PLN Sebut Hoaks, Kabar akan Mati Listrik 18 Jam Sehari di Bogor dan Sukabumi

Kabar hoaks ini juga mencantumkan jadwal pemadaman bergilir.
Tangkapan layar kabar hoaks rencana pemadaman listrik di wilayah Bogor dan Sukabumi. | Foto: Istimewa
Sehat30 November 2023, 09:00 WIB

Dagingnya Putih dan Empuk, Inilah 5 Manfaat Buah Sukun untuk Kesehatan

Buah sukun memiliki bentuk yang mirip dengan buah nangka, tetapi ukurannya lebih kecil.
Ilustrasi - Buah sukun memiliki bentuk yang mirip dengan buah nangka, tetapi ukurannya lebih kecil. (Sumber : pexels.com/@Jefry Surianto).
Life30 November 2023, 08:58 WIB

8 Tips Orang Tua Bantu Kecemasan Situasional pada Anak, Yuk Terapkan

Merasa cemas dalam situasi tertentu adalah hal yang wajar, dan bisa juga berhubungan dengan kecemasan situasional.
Ilustrasi orang tua membantu kecemasan situasional pada anak. | Foto: Pexels.com/@RDNEStockProject
Nasional30 November 2023, 08:43 WIB

Di Hadapan Jokowi, Dirut PLN Paparkan Pengembangan Hydropower di Tanah Air

PLN di bawah arahan Kementerian ESDM tengah menyiapkan strategi Accelerated Renewable Energy Development (ARED) yang mampu meningkatkan kapasitas pembangkit energi baru terbarukan hingga 75% pada tahun 2040.
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo saat mengunjungi booth PT PLN (Persero) dalam rangkaian World Hydropower Congress (WHC) 2023 di Nusa Dua Bali pada Selasa (31/10). | Foto: PLN
Kecantikan30 November 2023, 08:30 WIB

10 Manfaat Masker Cucumber untuk Wajah, Cocok untuk Kulit Sensitif

Masker wajah dengan bahan dasar timun (cucumber) dapat memberikan beberapa manfaat bagi kulit. Timun memiliki kandungan air yang tinggi dan beberapa nutrisi yang bermanfaat untuk perawatan kulit sensitif.
Ilustrasi. Manfaat Masker Cucumber untuk Wajah, Cocok untuk Kulit Sensitif (Sumber : Freepik/@drobotdean)
Life30 November 2023, 07:00 WIB

8 Cara Mengetahui Karakter Seseorang dari Uang, Jujur atau Tidak?

Cara mengetahui karakter seseorang dari uang ini bisa disimak dengan baik. Meskipun sebenarnya, uang hanya satu diantara banyak aspek dari kehidupan dan tidak dapat memberikan gambaran lengkap tentang karakter seseorang.
Ilustrasi. Cara Mengetahui Karakter Seseorang dari Uang, Perhatikan Sikapnya (Sumber : Freepik/@drobotdean)