Rumus 7 x 3 Ali Bin Abi Thalib, Ini Cara Mendidik Anak dalam Islam

Rabu 10 Mei 2023, 07:00 WIB
Ilustrasi. Pola Parenting Orang Tua | Rumus 7 x 3 Ali Bin Abi Thalib, Cara Mendidik Anak dalam Islam (Sumber : Freepik/@rawpixel.com)

Ilustrasi. Pola Parenting Orang Tua | Rumus 7 x 3 Ali Bin Abi Thalib, Cara Mendidik Anak dalam Islam (Sumber : Freepik/@rawpixel.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Parenting atau pola pengasuhan orang tua mulai masuk menjadi jajaran tren keluarga masa kini. Ini karena pola Parenting yang digunakan akan berpengaruh besar terhadap tumbuh kembang anak, apakah anak menjadi sosok yang mandiri atau justru malah manja.

Rumus 7 x 3 Ali Bin Abi Thalib, adalah salah satu pola parenting yang diajarkan oleh agama Islam. Islam memberikan pelajaran kepada umatnya bagaimana mendidik anak sesuai dengan tahapan usia kritisnya.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Jurusan yang Cocok untuk Introvert, Calon Mahasiswa Cek!

Parenting sahabat nabi, Ali Bin Abi Thalib menguraikannya dengan Rumus 7 x 3 mendidik anak. Maksudnya adalah tahapan pola mendidik anak dalam Islam dibagi menjadi tiga tingkatan di setiap usia kelipatan tujuh.

Parenting Rumus 7 x 3: Cara Mendidik Anak dalam Islam dari Sahabat Ali Bin Abi Thalib

Ilustrasi. Tips Parenting: Waktu yang Tepat untuk Anak Belajar Calistung dengan Orang TuaTips Parenting: Pengaruh Pola Asuh Anak dari Orang Tua

1. Rumus 7 x 3 Pertama: Cara Mendidik Anak Usia 0-7 Tahun

Melansir dari Kementerian Agama Purbalingga, di tahapan 7 yang pertama adalah mendidik anak usia 0 – 7 tahun. Parenting Ali Bin Abi Thalib yaitu dengan memperlakukan anak sebagai raja.

Hal ini berarti, orang tua bisa melayani anak dengan sepenuh hati dan tulus. Sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah “Nabi Muhammad SAW bersabda; “muliakanlah anak-anak kalian dan ajarilah mereka tata krama.”.

Orang tua harus berusaha menahan emosi ketika anak melakukan kesalahan. Alasannya sederhana karena orang tua adalah teladan bagi anaknya, perilaku orang tua pun pasti akan dicontoh anaknya suatu saat nanti.

Maka ketika orang tuanya mampu bersabar maka anak akan menjadikan orang tuanya sebagai teladan.

2. Rumus 7 x 3 Kedua: Cara Mendidik Anak Usia 8-14 Tahun

Untuk tahapan berikutnya adalah angka 7 yang kedua, yakni mendidik anak usia 8 – 14 tahun dengan memberi perlakuan sebagai tawanan. Anak mesti dijadikan tawanan oleh orang tuanya, sebab di rentang usia ini adalah saat yang tepat bagi anak mengetahui serta menyadari hak dan kewajibannya.

Baca Juga: Kenali 8 Bahasa Tubuh Pria Cuek, Tanda-tanda Dia Jatuh Cinta Padamu

Seperti Parenting Rasulullah SAW yang mulai memerintahkan anak untuk shalat wajib diusia 7 tahun, bahkan memperbolehkan orang tua untuk memukul jika anaknya tidak menunaikan kewajiban itu. Akan tetapi pukulan yang dimaksud disini tidak dalam bentuk menyakiti anaknya, melainkan memberikan efek jera saja.

Di usia 8 – 14 tahun, anak sudah harus diperkenalkan hukum agama, karena dimasa ini ia sudah mulai beranjak baligh. Orang tua pun perlu ingat, bahwa anak tidak hanya diberikan hukuman tetapi perlu juga diberikan apresiasi, entah berbentuk pujian atau hadiah.

Pola parenting seperti ini bukan berarti mengajarkan rasa haus validasi, namun memberikan arti bahwa ada tanggungjawab, konsekuensi hingga apresiasi. Dari pola asuh seperti ini, anak diharapkan dapat memahami setiap jengkal hak dan kewajibannya.

3. Rumus 7 x 3 Terakhir: Cara Mendidik Anak Usia 15-21 Tahun

Terakhir untuk 7 yang ketiga adalah mendidik anak diusia 15-21 tahun, yakni memperlakukan anak sebagai sahabat. Di rentang usia ini, anak sudah berada akil baligh, sehingga memberikan keteladanan kepada anak akan lebih baik daripada menggurui secara sepihak.

Orang tua bisa berbicara dari hati ke hati dan mulai memberi ruang kebebasan, meski tetap ada dalam koridor pengawasan. Artinya, orang tua tidak boleh bersikap ototiter, melainkan harus senantiasa mengiringi sang anak dengan doa.

Sumber: Kemenag Purbalingga | Artanti Laili Zulaiha

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat29 Mei 2024, 16:45 WIB

6 Obat Rumahan Untuk Sakit Tenggorokan, Yuk Bikin Sendiri!

Perubahan cuaca kadang membuat siapa saja gampang sakit tenggorokan. Adapun salah satu penyebab yang sering menyebabkan sakit tenggorokan adalah polusi udara. ada beberapa obat rumahan yang bisa menyembuhkan sakit tenggorokan
Ilustrasi Teh Madu Jahu yang merupakan salah satu obat menyembuhkan sakit tenggorokan dan bisa dicoba buat obatnya dirumah sendiri (Sumber : Freepik.com/@8photo)
Gadget29 Mei 2024, 16:30 WIB

Performa Gahar Harga 5 Jutaan! 3 Rekomendasi HP dengan RAM 8GB

HP RAM 8GB dengan performa gahar ini sangat layak untuk dimiliki.
Samsung A55 5G - HP RAM 8GB dengan performa gahar ini sangat layak untuk dimiliki. (Sumber : samsung.com).
Sehat29 Mei 2024, 16:15 WIB

7 Pengobatan Rumah Untuk Pilek Ini Bisa Dicoba Jika Tak Suka Minum Obat

Pilek atau flu memang sering menyerang siapa saja. Karena penyakit ini sering terjadi apabila ada perubahan cuaca atau tertular dari orang lain. karena itu orang yang sedang mengalaminya lebih banyak ingin berobat di rumah
Ilustrasi beberapa pengobatan rumah yang bisa dicoba untuk menyembuhkan pilek (Sumber : Freepik.com)
Life29 Mei 2024, 16:00 WIB

10 Cara Menjadi Anak yang Baik untuk Orang Tua, Jadi Pribadi Bertanggungjawab!

Terkait Cara Menjadi Anak yang Baik untuk Orang Tua, Coba Jadilah Orang Bertanggungjawab!
Ilustrasi. Cara Menjadi Anak yang Baik untuk Orang Tua. Sumber: Pixaba/RobynJones
Entertainment29 Mei 2024, 15:30 WIB

Terbang Selama 28 Jam, Alan Walker Temui Guru dan Siswa yang Viral di Medan

DJ ternama Alan Walker secara mengejutkan datang ke SMA AL-Azhar Medan, Sumatera Utara, untuk memberikan kejutan kepada guru bernama Tri Adinata yang sempat viral di media sosial sampai rela terbang 28 jam
Momen Alan Walker bertemu Guru dan Siswa SMA AL-Azhar yang viral di media sosial (Sumber : Instagram @/triadinata91)
Sukabumi29 Mei 2024, 15:20 WIB

Landmark Taman Megalodon Surade Sukabumi Ambruk, Diwarnai Aksi Vandalisme

Landmark Taman Megalodon di Bundaran Surade Kelurahan Surade, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi yang berdiri di dekat tugu Gigi Megalodon mengalami ambruk, dan huruf-hurufnya terlepas.
Kondisi Landmark Taman Megalodon Surade Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life29 Mei 2024, 15:15 WIB

6 Garis Tangan Orang yang Diramal Kaya Menurut Ilmu Palmistry, Kamu Termasuk?

Garis tangan seseorang tentu saja memiliki rahasia masing-masing, termasuk bagaimana nasibnya di masa depan, apakah kaya atau tidaknya terutama pada pencapaian yang akan diraih
Garis tangan seseorang tentu saja memiliki rahasia masing-masing, termasuk bagaimana nasibnya di masa depan yang akan kaya atau tidak (Sumber : Pexels.com/@Mikhailnilov)
Inspirasi29 Mei 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Chef’s Bakery Assistant Penempatan di Sukabumi, Cek Kualifikasinya

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini segera daftarkan diri sekarang juga.
Ilustrasi - Lowongan Kerja Chef’s Bakery Assistant Penempatan di Sukabumi, Cek Kualifikasinya. (Sumber : Freepik.com/@DC Studio).
Sukabumi Memilih29 Mei 2024, 14:39 WIB

Dinamai KSM dan Usung Perubahan, Koalisi 6 Parpol Akan Beri Kejutan di Pilkot Sukabumi?

Menjelang perhelatan Pilkada Kota Sukabumi 2024, intensitas komunikasi antara enam partai yang sudah bersepakat membentuk koalisi, yakni, Golkar, Nasdem, PAN, Gerindra, PDIP, serta PPP semakin ditingkatkan.
6 Ketua Parpol di Kota Sukabumi sepakat membentuk Koalisi Sukabumi Maju (Golkar, Nasdem, PPP, PAN, Gerindra dan PDIP) | Foto : Asep Awaludin
Sehat29 Mei 2024, 14:30 WIB

7 Langkah Menurunkan Lonjakan Gula Darah untuk Saat Ini dan Di Masa Depan

Lonjakan gula darah dapat diatasi dengan beberapa langkah tepat.
Ilustrasi - Lonjakan gula darah dapat diatasi dengan beberapa langkah tepat. (Sumber : Freepik/freepik)