Rumus 7 x 3 Ali Bin Abi Thalib, Ini Cara Mendidik Anak dalam Islam

Rabu 10 Mei 2023, 07:00 WIB
Ilustrasi. Pola Parenting Orang Tua | Rumus 7 x 3 Ali Bin Abi Thalib, Cara Mendidik Anak dalam Islam (Sumber : Freepik/@rawpixel.com)

Ilustrasi. Pola Parenting Orang Tua | Rumus 7 x 3 Ali Bin Abi Thalib, Cara Mendidik Anak dalam Islam (Sumber : Freepik/@rawpixel.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Parenting atau pola pengasuhan orang tua mulai masuk menjadi jajaran tren keluarga masa kini. Ini karena pola Parenting yang digunakan akan berpengaruh besar terhadap tumbuh kembang anak, apakah anak menjadi sosok yang mandiri atau justru malah manja.

Rumus 7 x 3 Ali Bin Abi Thalib, adalah salah satu pola parenting yang diajarkan oleh agama Islam. Islam memberikan pelajaran kepada umatnya bagaimana mendidik anak sesuai dengan tahapan usia kritisnya.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Jurusan yang Cocok untuk Introvert, Calon Mahasiswa Cek!

Parenting sahabat nabi, Ali Bin Abi Thalib menguraikannya dengan Rumus 7 x 3 mendidik anak. Maksudnya adalah tahapan pola mendidik anak dalam Islam dibagi menjadi tiga tingkatan di setiap usia kelipatan tujuh.

Parenting Rumus 7 x 3: Cara Mendidik Anak dalam Islam dari Sahabat Ali Bin Abi Thalib

Ilustrasi. Tips Parenting: Waktu yang Tepat untuk Anak Belajar Calistung dengan Orang TuaTips Parenting: Pengaruh Pola Asuh Anak dari Orang Tua

1. Rumus 7 x 3 Pertama: Cara Mendidik Anak Usia 0-7 Tahun

Melansir dari Kementerian Agama Purbalingga, di tahapan 7 yang pertama adalah mendidik anak usia 0 – 7 tahun. Parenting Ali Bin Abi Thalib yaitu dengan memperlakukan anak sebagai raja.

Hal ini berarti, orang tua bisa melayani anak dengan sepenuh hati dan tulus. Sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah “Nabi Muhammad SAW bersabda; “muliakanlah anak-anak kalian dan ajarilah mereka tata krama.”.

Orang tua harus berusaha menahan emosi ketika anak melakukan kesalahan. Alasannya sederhana karena orang tua adalah teladan bagi anaknya, perilaku orang tua pun pasti akan dicontoh anaknya suatu saat nanti.

Maka ketika orang tuanya mampu bersabar maka anak akan menjadikan orang tuanya sebagai teladan.

2. Rumus 7 x 3 Kedua: Cara Mendidik Anak Usia 8-14 Tahun

Untuk tahapan berikutnya adalah angka 7 yang kedua, yakni mendidik anak usia 8 – 14 tahun dengan memberi perlakuan sebagai tawanan. Anak mesti dijadikan tawanan oleh orang tuanya, sebab di rentang usia ini adalah saat yang tepat bagi anak mengetahui serta menyadari hak dan kewajibannya.

Baca Juga: Kenali 8 Bahasa Tubuh Pria Cuek, Tanda-tanda Dia Jatuh Cinta Padamu

Seperti Parenting Rasulullah SAW yang mulai memerintahkan anak untuk shalat wajib diusia 7 tahun, bahkan memperbolehkan orang tua untuk memukul jika anaknya tidak menunaikan kewajiban itu. Akan tetapi pukulan yang dimaksud disini tidak dalam bentuk menyakiti anaknya, melainkan memberikan efek jera saja.

Di usia 8 – 14 tahun, anak sudah harus diperkenalkan hukum agama, karena dimasa ini ia sudah mulai beranjak baligh. Orang tua pun perlu ingat, bahwa anak tidak hanya diberikan hukuman tetapi perlu juga diberikan apresiasi, entah berbentuk pujian atau hadiah.

Pola parenting seperti ini bukan berarti mengajarkan rasa haus validasi, namun memberikan arti bahwa ada tanggungjawab, konsekuensi hingga apresiasi. Dari pola asuh seperti ini, anak diharapkan dapat memahami setiap jengkal hak dan kewajibannya.

3. Rumus 7 x 3 Terakhir: Cara Mendidik Anak Usia 15-21 Tahun

Terakhir untuk 7 yang ketiga adalah mendidik anak diusia 15-21 tahun, yakni memperlakukan anak sebagai sahabat. Di rentang usia ini, anak sudah berada akil baligh, sehingga memberikan keteladanan kepada anak akan lebih baik daripada menggurui secara sepihak.

Orang tua bisa berbicara dari hati ke hati dan mulai memberi ruang kebebasan, meski tetap ada dalam koridor pengawasan. Artinya, orang tua tidak boleh bersikap ototiter, melainkan harus senantiasa mengiringi sang anak dengan doa.

Sumber: Kemenag Purbalingga | Artanti Laili Zulaiha

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life24 April 2024, 11:01 WIB

Beri Pujian, Terapkan 8 Cara Mendisiplinkan Anak Tanpa Memukul

Memukul sering dilakukan oleh banyak orang tua, karena menurut mereka hal ini efektif untuk mendisiplinkan anak. Padahal, hal ini memiliki efek negatif jangka panjang pada diri anak.
Ilustrasi mendisiplinkan anak tanpa memukul. | Foto: Freepik
Life24 April 2024, 11:00 WIB

Melihat Dirimu Apa Adanya, 10 Ciri Si Dia Ternyata adalah Jodoh Sejatimu

Jodoh adalah seseorang yang akan menemani kita dalam suka dan duka, menjadi partner hidup, dan membangun keluarga bersama.
Ilustrasi - Jodoh adalah seseorang yang akan menemani kita dalam suka dan duka, menjadi partner hidup, dan membangun keluarga bersama. (Sumber : Freepik.com/@marymarkevich)
Sukabumi24 April 2024, 10:52 WIB

Selamat! 66 Siswa Dapat Beasiswa Wali Kota Sukabumi di Universitas Nusa Putra

Calon mahasiswa peraih beasiswa ini merupakan hasil seleksi dari ratusan peserta.
Pemerintah Kota Sukabumi bekerja sama dengan Universitas Nusa Putra memberikan beasiswa kepada 66 siswa. | Foto: Universitas Nusa Putra
Life24 April 2024, 10:31 WIB

6 Cara Mendisiplinkan Anak Tanpa Membentak, Salah Satunya Tetapkan Aturan yang Jelas

Ketika sering membentak atau mengomel anak, maka mereka akan menangkap bahwa hal itu boleh dilakukan kepada orang lain. Ada cara lain untuk mendisiplinkan anak tanpa perlu membentak.
Ilustrasi mendisiplinkan anak tanpa membentak. | Foto: Pexels.com/@Monstera Production
Sehat24 April 2024, 10:30 WIB

10 Prinsip Pola Makan yang Baik untuk Penderita Gula Darah

Penderita Diabetes atau Gula Darah Tinggi Yuk Simak, Ini Prinsip Pola Makan yang Baik untuk Penderita Gula Darah!
Ilustrasi - Konsumsi Buah-buahan Sehat. Prinsip Pola Makan yang Baik untuk Penderita Gula Darah (Sumber : Freepik/ASphotofamily)
Sukabumi24 April 2024, 10:22 WIB

Isi BBM Lalu Muncul Api, Kronologi Kebakaran Angkot di SPBU Gedongpanjang Sukabumi

Mulyana kemudian melihat api dan tak lama api langsung menyambar celananya.
Tangkapan layar video kebakaran angkot di SPBU Jalan RH Didi Sukardi, Kelurahan Gedongpanjang, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi, Rabu (24/4/2024). | Foto: Istimewa/Facebook Dedi Suhendra
Life24 April 2024, 10:00 WIB

Menghindari Kontak Mata! 5 Bahasa Tubuh Orang yang Sedang Berbohong

Bahasa tubuh orang yang berbohong terkadang akan menghindari tatapan Mata.
Ilustrasi. Bahasa Tubuh Orang yang Berbohong, Menghindari Tatapan Mata. Sumber: Freepik/freepik.
Sukabumi24 April 2024, 09:50 WIB

Awas Longsor Susulan, Dampak Tebing 20 Meter Runtuh di Curug Cimarinjung Sukabumi

Sementara ini objek wisata Curug Cimarinjung tetap dibuka seperti biasa.
Lokasi longsor di Curug Cimarinjung di Kampung Ciporeang RT 04/08 Desa Ciemas, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, ketika diperiksa pada Selasa, 23 April 2024. | Foto: Istimewa
Inspirasi24 April 2024, 09:30 WIB

Lowongan Kerja Lulusan SMA Jurusan IPA di Jakarta, Cek Syaratnya!

Berikut Informasi Lowongan Kerja Lulusan SMA Jurusan IPA di Jakarta, Cek Syarat Daftarnya!
Lowongan Kerja Lulusan SMA Jurusan IPA di Jakarta, Cek Syaratnya! (Sumber : Istimewa)
Life24 April 2024, 09:21 WIB

Tetapkan Aturan yang Sehat, Ini 7 Tips untuk Mendisiplinkan Anak yang Depresi

Depresi tidak hanya menimpa orang dewasa, namun anak-anak juga dapat mengalaminya karena beberapa hal. Namun, terapkan hal-hal berikut untuk mendisiplinkan anak yang depresi.
Ilustrasi mendisiplinkan anak. | Foto: Freepik