Biar Mudik Lebaran Tenang, Simak Tips Meninggalkan Rumah Tetap Aman

Senin 17 April 2023, 20:56 WIB
Ilustrasi. | Foto: Pixabay

Ilustrasi. | Foto: Pixabay

SUKABUMIUPDATE.com - Mudik menjadi tradisi masyarakat Indonesia yang rutin dilakukan sebelum lebaran. Saat mudik, biasanya masyarakat akan pergi meninggalkan rumah dan menuju kampung halaman untuk bertemu orang tua atau sanak saudara. Selama ditinggal mudik lebaran, biasanya rumah akan kosong karena tak berpenghuni.

Rumah yang kosong ditinggal mudik pastinya akan menimbulkan rasa kekhawatiran tersendiri. Maka dari itu, sebelum mudik pastikan Anda telah meninggalkan rumah dalam kondisi yang aman agar tidak terjadi kejadian yang tak diharapkan. Sebagai langkah pencegahan, ada baiknya Anda mengetahui tips meninggalkan rumah saat mudik lebaran agar keamanan rumah lebih terjamin.

Untuk itu, simak beberapa tips meninggalkan rumah saat mudik yang perlu diperhatikan.

1. Kunci Rapat Pintu dan Jendela

Tips mudik pertama ketika hendak meninggalkan rumah saat mudik adalah dengan mengunci rapat semua pintu dan jendela. Tak lupa pula tutup gorden yang ada di dalam rumah, termasuk pintu lemari. Anda juga bisa memakai gorden tebal yang tak tembus pandang agar barang dalam rumah tidak terlihat dari luar. Hal ini tentu juga menjadi cara pencegahan terhadap sesuatu yang tidak diinginkan.

2. Cabut Aliran Listrik

Saat mudik, tak jarang orang lupa untuk mencabut seluruh aliran listrik yang ada di rumah. Ini tentunya membahayakan karena bisa saja terjadi korsleting listrik yang menyebabkan kebakaran. Maka dari itu, sebelum berangkat mudik pastikan Anda telah melepaskan semua colokan alat elektronik televisi, komputer, mesin cuci, kipas angin hingga kulkas. Anda juga bisa mencabut seluruh stop kontak untuk mencegah terjadinya korsleting.

3. Lepas Regulator Gas

Tips meninggalkan rumah saat mudik lebaran selanjutnya adalah lepas regulator gas. Tidak hanya mencabut seluruh aliran listrik, Anda juga disarankan untuk melepas regulator gas. Sebelum mudik, pastikan Anda telah mencabut regulator gas dengan benar agar tidak terjadi kebocoran yang dapat menyebabkan kebakaran.

4. Mematikan Saluran Air

Meski terkesan sepele, namun banyak orang yang lupa mematikan saluran air ketika hendak mudik dalam beberapa waktu. Sebelum mudik, sebaiknya Anda matikan dulu saluran air sehingga air bersih tidak terbuang sia-sia. Selain itu, jangan lupa juga untuk mengosongkan semua penampung air yang ada di rumah seperti bak, ember, atau wadah penampung air lainnya untuk menghindari nyamuk bertelur hingga menjadi sarang penyakit.

5. Tutup Lubang Pembuangan

Tips meninggalkan rumah saat mudik lebaran selanjutnya adalah menutup lubang pembuangan. Sebelum pergi mudik, sebaiknya bersihkan dulu setiap sudut rumah secara keseluruhan agar rumah bersih dan tidak ada hewan pengganggu. Jangan lupa untuk tutup lubang pembuangan agar rumah tidak dimasuki binatang buas atau hewan pengerat.

6. Amankan Barang Berharga

Saat mudik lebaran, rumah pasti tidak berpenghuni alias kosong. Agar barang berharga tetap aman, titipkan barang ke orang yang Anda percayai atau di tempat penitipan terlebih dahulu. Namun jika harus meninggalkannya di rumah, usahakan barang berharga diletakkan pada tempat aman seperti brankas. Selain dapat mencegah kemungkinan dicuri, brankas juga dapat melindungi barang berharga dari bencana seperti kebakaran atau banjir.

7. Pasang Lampu Otomatis

Banyak orang membiarkan lampu teras tetap nyala ketika mudik supaya saat malam hari, suasana rumah menjadi terang seolah ada penghuninya. Namun cara tersebut cukup boros listrik, jadi solusinya bisa menggunakan lampu otomatis yang bisa mengatur kapan lampu nyala, terutama pada malam hari. Lampu tersebut nantinya akan mati jika suasana sedang terang seperti siang hari, dan nyala jika suasana gelap.

8. Pamit Kepada Tetangga dan Ketua RT Saat Hendak Mudik

Tips meninggalkan rumah saat mudik lebaran yang paling penting dan wajib dilakukan yakni berpamitan kepada tetangga atau ketua RT saat hendak mudik. Pastikan untuk menginformasikan ke tetangga dan ketua RT bahwa Anda akan mudik beberapa hari. Dengan menginformasikannya, maka tetangga secara otomatis akan ikut menjaga rumah Anda.

Selain delapan poin di atas, Anda juga dapat memanfaatkan canopy kain. Ini merupakan salah satu jenis atap penutup yang dimanfaatkan untuk melindungi pada bagian luar rumah. Fungsi yang utama dari kanopi sendiri ialah untuk melindungi dari hujan dan sinar matahari secara langsung. Kemudian kanopi juga dapat digunakan untuk melindungi bagian samping pada unsur-unsur tertentu.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Motor06 Mei 2024, 16:00 WIB

Intip Spesifikasi dan Harga Motor Yamaha Lexi LX 155 Terbaru Mei 2024

Yamaha Lexi LX 155 tersedia dalam tiga varian: Standard, S Version, dan Connected-ABS.
Yamaha Lexi LX 155 tersedia dalam tiga varian: Standard, S Version, dan Connected-ABS. (Sumber : yamaha-motor.co.id).
DPRD Kab. Sukabumi06 Mei 2024, 15:31 WIB

Masa Sidang Terakhir, DPRD Sukabumi Kebut Finalisasi 21 Raperda: Berikut Rinciannya

Jelang masa akhir jabatan, berikut rincian 21 Raperda yang masih menjadi pekerjaan rumah DPRD Kabupaten Sukabumi periode 2019-2024.
Rapat Paripurna ke-5 DPRD Kabupaten Sukabumi beragendakan Penyampaian Penutupan Masa Sidang Kesatu Tahun Kelima Tahun Sidang 2024 dan Pembukaan Masa Sidang Kedua Tahun Kelima Tahun Sidang 2024. (Sumber : Dok. DPRD)
Life06 Mei 2024, 15:30 WIB

6 Cara Menciptakan Kebahagiaan Sendiri Tanpa Bergantung ke Orang Lain

Menciptakan kebahagiaan sendiri tanpa bergantung kepada orang lain adalah hal yang patut dicoba, karena tidak semua orang bisa melakukannya.
Ilustrasi. Cara menciptakan kebahagiaan sendiri. Sumber Foto : Pexels/Sound On
Sukabumi06 Mei 2024, 15:11 WIB

Dua Kasus Beda Cerita, Psikolog Soroti Pembunuhan Berlatar Belakang Sodomi di Sukabumi

Konsultan psikologi asal Sukabumi ikut bersuara atas kedua kasus pembunuhan ini.
(Foto Ilustrasi) Dua kasus pembunuhan berlatar belakang sodomi terjadi di Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Inspirasi06 Mei 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja di Minimarket Sukabumi Sebagai Display, Minimal Lulusan SLTA/SMU/SMA

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Lowongan Kerja di Minimarket Sukabumi Sebagai Display, Minimal Lulusan SLTA/SMU/SMA. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih06 Mei 2024, 14:38 WIB

Botram Bareng Ayep Zaki, Bangun Hubungan Erat Antar Calon Pemimpin dan Masyarakat

Bacalon Wali Kota Sukabumi, Ayep Zaki sosialisasikan visi dan misinya lewat botram bareng masyarakat.
Bakal Calon Wali Kota Sukabumi, H. Ayep Zaki botram bareng warga, sampaikan visi dan misinya dalam memberantas kemiskinan. (Sumber : Istimewa)
Life06 Mei 2024, 14:30 WIB

Begini 7 Cara Ampuh Melerai Pertengkaran Anak, Yuk Lakukan!

Anak-anak perlu mengetahui bahwa mereka dicintai secara setara dan istimewa, terlepas dari bagaimana mereka bertindak.
Ilustrasi. Cara ampuh memisahkan pertengkaran anak. Sumber : pexels.com/@Vika Glitter
Inspirasi06 Mei 2024, 14:22 WIB

Media Lokal Harus Naik Kelas, SMS 2024 Cetak Sejarah

Kick Off program yang dipusatkan di Hotel Aryaduta Pelembang, Senin (6/5/2024), ini dibuka secara simbolis oleh Editor in Chief sekaligus CEO Suara.com Suwarjono.
Sumatera Media Summit (SMS) 2024, mempertemukan para pemilik media massa online lokal, organisasi media hingga lembaga pers Mahasiswa se-Pulau Andalas. (Sumber: SMS 2024)
Life06 Mei 2024, 14:00 WIB

Stres Bukan Hal Sepele! Kenali 4 Dampak Bahayanya yang Mengancam Kesehatan

Stres sangat berbahaya apabila dibiarkan dalam waktu yang berkepanjangan.
Ilustrasi - Stres sangat berbahaya apabila dibiarkan dalam waktu yang berkepanjangan. (Sumber : pexels.com/@emre keshavarz)
Keuangan06 Mei 2024, 13:32 WIB

Terbaru Sepatu Bata! Pabrik-pabrik Bangkrut, Tumbang Dihantam Kerugian

Setelah banyak pabrik bangkrut termasuk di Sukabumi, terbaru produsen alas kaki, PT Sepatu Bata Tbk industri, menutup pabriknya yang berada di Purwakarta Jawa Barat.
Ragam produk sepatu BATA (Sumber: istimewa/akun ig BATA)