TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Mengenal Jenis-jenis Efek Pedal Gitar Beserta Suara yang Dihasilkan

Efek gitar dinilai mampu menawarkan para gitaris untuk mengubah nada dan warna suara mereka.

Jumat 2 Des 2022, 20:30 WIB

Stevi Item personel DeadSquad. | Foto: Twitter/@Der_potzki

SUKABUMIUPDATE.com - Efek gitar adalah perangkat elengtronik yang memiliki fungsi untuk mengubah suara gitar dari aslinya. Nah, biasanya para gitaris saat manggung akan dibantu oleh efek pedal yang bisa memaksimalkan suara gitar saat sedang dimainkan.

Efek gitar dinilai mampu menawarkan para gitaris untuk mengubah nada dan warna suara mereka. Caranya dengan menciptakan tekstur sonik unik yang belum pernah terdengar sebelumnya. Bahkan mampu mengeluarkan suara nada tradisional yang terdapat di masa lalu dan susah didapatkan pada saat ini.

Ada banyak jenis efek pedal yang telah diproduksi di dunia. Kegunaannya akan disesuaikan dengan kebutuhan genre band tertentu. Untuk memahami lebih lengkapnya, Dilansir dari Tempo.co yang merangkum dari berbagai sumber, inilah berbagai jenis efek beserta sejarah terbuatnya dan kegunaanya.

1. Distorsi

Distorsi merupakan jenis efek paling populer digunakan untuk suatu efek dinamis. Suara yang dihasilkan mampu menghilangkan suara asli gitar listrik lebih jauh. Dikutip dari ledgernote.com, distorsi dipakai untuk mendapatkan hasil gain tinggi pada level di volume apapun.

Tak hanya itu, pedal ini umum digunakan di atas amp yang sudah naik sebagai lead boost. Biasanya jenis genre yang memakai distorsi diantaranya meliputi hard rock, heavy metal, punk dan musik alternative.

Baca Juga: Dilelang, Gitar Akustik Kurt Cobain Laku Rp 85 Miliar

2. Ekualizer (EQ)

Pedal efek selanjutnya adalah ekualizer yang berguna untuk mengatur nada suara agar merata atau stabil. Dengan demikian, efek ini mampu membuat menyesuaikan suatu frekuensi bass, mid, dan treble dari nada yang digunakan.

Ada dua jenis ekualizer yang diproduksi, yaitu grafik dan parametrik. Ekualiser grafis menggunakan penggeser yang memengaruhi pita frekuensi tertentu. Sementara ekualizer parametrik digunakan untuk mengubah setiap pita frekuensi, menggerakkannya ke atas atau ke bawah spektrum. Lalu anda dapat mengontrol volume atau mengubah lebar perubahan frekuensi.


Halaman :
Berita Terkait
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini
x