Mengenal Jenis-jenis Efek Pedal Gitar Beserta Suara yang Dihasilkan

Jumat 02 Desember 2022, 20:30 WIB
Stevi Item personel DeadSquad. | Foto: Twitter/@Der_potzki

Stevi Item personel DeadSquad. | Foto: Twitter/@Der_potzki

SUKABUMIUPDATE.com - Efek gitar adalah perangkat elengtronik yang memiliki fungsi untuk mengubah suara gitar dari aslinya. Nah, biasanya para gitaris saat manggung akan dibantu oleh efek pedal yang bisa memaksimalkan suara gitar saat sedang dimainkan.

Efek gitar dinilai mampu menawarkan para gitaris untuk mengubah nada dan warna suara mereka. Caranya dengan menciptakan tekstur sonik unik yang belum pernah terdengar sebelumnya. Bahkan mampu mengeluarkan suara nada tradisional yang terdapat di masa lalu dan susah didapatkan pada saat ini.

Ada banyak jenis efek pedal yang telah diproduksi di dunia. Kegunaannya akan disesuaikan dengan kebutuhan genre band tertentu. Untuk memahami lebih lengkapnya, Dilansir dari Tempo.co yang merangkum dari berbagai sumber, inilah berbagai jenis efek beserta sejarah terbuatnya dan kegunaanya.

1. Distorsi

Distorsi merupakan jenis efek paling populer digunakan untuk suatu efek dinamis. Suara yang dihasilkan mampu menghilangkan suara asli gitar listrik lebih jauh. Dikutip dari ledgernote.com, distorsi dipakai untuk mendapatkan hasil gain tinggi pada level di volume apapun.

Tak hanya itu, pedal ini umum digunakan di atas amp yang sudah naik sebagai lead boost. Biasanya jenis genre yang memakai distorsi diantaranya meliputi hard rock, heavy metal, punk dan musik alternative.

Baca Juga: Dilelang, Gitar Akustik Kurt Cobain Laku Rp 85 Miliar

2. Ekualizer (EQ)

Pedal efek selanjutnya adalah ekualizer yang berguna untuk mengatur nada suara agar merata atau stabil. Dengan demikian, efek ini mampu membuat menyesuaikan suatu frekuensi bass, mid, dan treble dari nada yang digunakan.

Ada dua jenis ekualizer yang diproduksi, yaitu grafik dan parametrik. Ekualiser grafis menggunakan penggeser yang memengaruhi pita frekuensi tertentu. Sementara ekualizer parametrik digunakan untuk mengubah setiap pita frekuensi, menggerakkannya ke atas atau ke bawah spektrum. Lalu anda dapat mengontrol volume atau mengubah lebar perubahan frekuensi.

3. Overdrive

Pedal jenis overdrive memberikan tekanan atau dorongan, yang selanjutnya mampu memberikan penekanan terhadap amplifier sehingga menghasilkan suara distorsi. Dikutip dari producerhive.com, sebagian besar pedal overdrive dimulai dengan nada bersih yang kemudian akan didorong untuk dapat meregang hingga crunchy. Hal ini tergantung bagaimana cara memutarnya dan seberapa keras petikan senar gitar

4. FUZZ

Suara yang dihasilkan jenis efek Fuzz lebih keluar daripada efek distorsi. Cara kerja Fuzz pedal ialah dengan menggunakan kliping ekstrim untuk mengubah sinyal menjadi gelombang persegi. Dengan begitu, Fuzz mampu menciptakan suara harmonic dalam jumlah besar dan tidak mengurangi intensitas suara dasar.

Efek ini sering dikaitkan dengan sosok musisi Jimi Hendrix, dengan pedal Dallas-Arbiter Fuzz Face. Jenis Fuzz-nya ditenagai oleh sepasang transistor germanium. Namun efek Fuzz paling dicari hingga saat ini adalah model fuzz Electro Harmonix Big Muff.

5. Flanger

Jika anda suka mendengarkan lagu Killing In The Name oleh Rage Against The Machine, maka anda perlu mengetahui bahwa efek yang digunakan sang gitaris adalah jenis flanger.

Pedal flanger bekerja dengan memadukan dua sinyal audio yang identic, dengan salah satu sinyal sedikit berbeda nada naik dan turun. Hal tersebut seringkali dinamakan sebagai ‘filter sisir’ karena sinyal yang digunakan berdekatan sehingga mampu memperkuat dan membatalkan frekuensi yang berbeda.

6. Chorus

Efek selanjutnya adalah jenis chorus. Jika anda memakai efek ini, maka akan terdengar suara seperti di dalam air. Pedal ini bekerja dengan mengambil sinyal sumber dari gitar, kemudian menggandakannya dan sedikit menggeser yang sinyal kedua dari waktu dan nada dengan aslinya.

Umumnya chorus menghasilkan suara sangat halus. Seolah-olah anda sedang memainkan dua amp berbeda yang dipisahkan dalam ruang. Atau seperti mendengarkan dua gitaris berbeda di waktu yang sama, padahal gitarisnya hanya satu saja.

7. Delay

Efek delay merupakan jenis pedal gitar yang bekerja dengan mengambil sinyal masuk asli dan mengulanginya setelah waktu yang singkat. Suara dihasilkan akan seperti menunda suara aslinya atau lebih berjarak yang memunculkan efek ruangan secara luas. Tak hanya itu, delay memungkinkan anda memilih waktu, nomor, dan penundaan berulang terhadap tempo.

Sumber: Tempo.co (Fathur Rachman)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Produk28 Maret 2024, 23:16 WIB

Pekan Ketiga Ramadan, Beras dan Cabai-cabaian Turun Harga di Pasar Parungkuda Sukabumi

Harga komoditas pangan di Pasar Parungkuda Sukabumi seperti beras dan cabai-cabaian kompak alami penurunan di pekan ketiga ramadan.
Ilustrasi Cabai. (Sumber : SU/Ibnu)
Life28 Maret 2024, 22:58 WIB

Jangan Diberi Racun, Ternyata Ini 6 Cara Ampuh Usir Tikus di Rumah

Tikus adalah salah satu hama yang sering menjadi masalah bagi banyak orang karena dapat merusak makanan, kabel listrik, dan bahkan kesehatan kita.
Ilustrasi. Hewan tikus yang sering dianggap hama di rumah. (Sumber : Pixabay)
Keuangan28 Maret 2024, 22:41 WIB

KPPN Sukabumi Telah Realisasikan Seratus Persen Pembayaran THR 2024

Jelang Hari Raya Idul Fitri, KPPN Sukabumi telah merealisasikan pembayaran THR untuk 7.917 penerima di 67 satuan.
Kepala KPPN Sukabumi, Abdul Lutfi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 22:11 WIB

Modal Rayuan di Medsos, Playboy asal Sukabumi Ini Kencani 5 Wanita untuk Gasak Motor

Polisi berhasil menangkap seorang Playboy asal Sukabumi yang melakukan penipuan dan penggelapan motor milik korban yang dikencaninya.
Tampang HH pria asal Cisaat Sukabumi pelaku penipuan dan penggelapan sepeda motor korban dengan modus berkencan dan berkenalan via medsos saat diinterogasi petugas. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 21:11 WIB

Tingkatkan Pelayanan, Perumdam TJM Sukabumi Pasang Jaringan Pipa Baru di Cikembar

Perumdam TJM Sukabumi cabang Cikembar melakukan pemasangan koneksi jaringan baru pada Kamis (28/3/2024) pagi.
Perumdam TJM Sukabumi melakukan uji coba sambungan pipa distribusi baru di Cikembar. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 21:01 WIB

CSR PT Dwiharta Logistindo, Ini Daftar Lomba Agama di Cisande Cicantayan Sukabumi

Gebyar Ramadhan merupakan salah satu bentuk penyaluran CSR perusahaannya yang berkantor pusat di Jakarta
Pembukaan gebyar Ramadhan di Masjid Jami Al-Ikhlas RT 15/05 Kampung Cikukulu, Desa Cisande, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Kamis (28/3/2024). | Foto: Istimewa
Sehat28 Maret 2024, 21:00 WIB

Banyak Ditemui Pas Buka Puasa, 9 Makanan Ini Harus Dihindari Penderita Asam Lambung

Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan
Ilustrasi - Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan (Sumber : Freepik/freepik)
Inspirasi28 Maret 2024, 20:42 WIB

5 Skill yang Wajib Dipelajari dalam Dunia Kerja agar Disayang Atasan

Penting untuk memiliki keterampilan yang tidak hanya relevan dengan bidang pekerjaan yang diinginkan, tetapi juga mencakup kemampuan interpersonal, manajemen waktu, dan adaptabilitas.
Ilustrasi dunia kerja. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi28 Maret 2024, 20:02 WIB

Disdik Sukabumi Ungkap Alasan Rekrut Kepala Sekolah SD dari Guru SMP dan TK

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Khusyairin menjelaskan proses rekrutmen sebagian calon kepala sekolah yang tidak hanya berasal dari guru SD saja, namun juga dari Guru SMP dan guru TK.
Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi | Foto : Sy
Sehat28 Maret 2024, 20:00 WIB

8 Makanan Yang Membantu Mengatasi Asam Lambung, Yuk Cobain

Ada beberapa makanan yang aman dikonsumsi untuk mengatasi asam lambung.
Ilustrasi Yoghurt - Ada beberapa makanan yang aman dikonsumsi untuk mengatasi asam lambung. | Foto: Pixabay/Pexels