27 Rekomendasi Ide Kegiatan Meriahkan Tahun Baru Islam 1445 H

Minggu 16 Juli 2023, 14:08 WIB
Rekomendasi Ide kegiatan memeriahkan Tahun Baru Islam 1445 Hijriyah / 2023 | Foto : SU

Rekomendasi Ide kegiatan memeriahkan Tahun Baru Islam 1445 Hijriyah / 2023 | Foto : SU

SUKABUMIUPDATE.com - Updaters, Selamat menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriah!. Tahun Baru Islam 1445 Hijriyah menurut kalender akan jatuh bertepatan dengan hari Rabu tanggal 19 Juli 2023.

Tahun baru, bagi ummat Muslim menjadi momentum untuk evaluasi (muhasabah) serta menumbuhkan semangat baru terutama dalam beramal kebaikan.

Sudah menjadi tradisi ummat Muslim khususnya di Indonesia, setiap tiba tahun baru senantiasa disambut dan dirayakan dengan berbagai kegiatan. Baik oleh kelompok masyarakat, organisasi sosial bahkan instansi pemerintah dengan melibatkan segenap masyarakat dari berbagai usia.

Berikut ini adalah ide kegiatan yang bisa digelar untuk menyambut dan memeriahkan Tahun Baru Islam 1445 Hijriyah yang berhasil sukabumiupdate.com rangkum dari berbagai sumber:

1. Pawai Muharram
Pawai Muharram adalah rekomendasi ide kegiatan Muharram pertama yang biasanya bisa dinikmati oleh warga masyarakat secara umum dari berbagai kalangan.

Pada pawai Muharram, biasanya diselenggarakan oleh pemerintah daerah, baik pemerintah Kabupaten, Kecamatan, hingga pemerintah Provinsi.

Baca Juga: Cerita Mistis Gedung Shaolin Cikidang Sukabumi

Para pesertanya biasanya berasal dari kalangan pelajar sebagai utusan dari sekolah, MDA, hingga instansi-instansi pemerintah mulai dari berbagai lembaga masyarakat, Dinas-dinas, hingga instansi lainnya.

Pawai Muharram biasanya menghadirkan kegiatan seperti pameran karya-karya dengan nuansa islam seperti masjid, miniatur Ka’bah, dan sebagainya. Acaranya puncaknya bisa dengan bazar buku, bazar makanan, atau sekadar pameran.

2. Tabligh Akbar
Animo masyarakat muslim untuk mengikuti kegiatan Islam di daerahnya masing-masing sangatlah tinggi, apalagi jikalau yang diundang adalah ustad-ustad kondang seperti UAH, UAS, Gus Baha, Buya Yahya, hingga para habib.

Namun untuk acara tabligh akbar bertema Tahun Baru Islam, sebaiknya panitia sudah sejak jauh-jauh hari mengajukan permohonan kepada narasumber.

3. Zikir dan Doa Bersama Tahun Baru Islam
Seiras dengan tabligh akbar, acara zikir dan doa bersama menyambut 1 Muharram adalah acara yang bermanfaat dan biasanya ramai untuk diikuti warga masyarakat muslim maupun dari kalangan pelajar.

Dengan adanya acara zikir dan doa bersama, ukhuwah islamiyyah akan kembali erat dan kekompakan umat islam akan lebih tertata.

Baca Juga: Cerita Gunung Jayanti Sukabumi dan Ramalan Datangnya Ratu ke Tujuh

4. Tausiyah Islam
Rekomendasi ide kegiatan di bulan Muharram selanjutnya adalah Tausiyah Islam. Kegiatan ini sama halnya dengan ceramah, namun lebih berfokus kepada perkumpulan atau komunitas tertentu.

5. Safari Muharram
Berwisata religi di Tahun Baru Islam, siapa takut? Boleh-boleh saja kan Sobat. Kita bisa mengadakan kegiatan safari ke tempat-tempat bersejarah dalam dunia Islam, berkunjung ke makam Walisongo, dan lain sebagainya.

6. Renungan Awal Tahun Baru Islam
Bagaimana jika acaranya adalah renungan awal tahun? Apakah bermanfaat? Tentu saja. Misalnya tentang peran politik ummat Islam, dll.

Dengan demikian momentum Tahun Baru Islam diarahkan kepada persoalan keummatan yang lebih luas.

7. Pelatihan Khotib Muda
Nah, saat ini acara pelatihan di bidang Islam boleh dibilang cukup sedikit. Maka dari itu, ada baiknya dari pihak Kementerian atau masjid untuk menyelenggarakan pelatihan Khotib Muda.

Ya, para pesertanya boleh umum, terutama dari kalangan remaja akhir dan dewasa muda. Toh, mencari penerus generasi muda islam itu penting, bukan?

Baca Juga: Serunya Balap Motor Engkreg di Lapang Tegallega Lengkong Sukabumi

8. Kajian Islam Tema Muharram
Tidak berbeda jauh dengan tausiyah, acara yang bisa diselenggarakan dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam adalah Kajian Islam dengan Tema Muharram.

Kajian ini lebih terbuka dan bisa diikuti oleh para jamaah atau warga desa secara umum baik dari kalangan anak-anak, dewasa, orang tua, laki-laki maupun perempuan.

9. Santunan Anak Yatim 10 Muharram
Indahnya berbagi di tahun baru Islam. Tentu saja kegiatan yang satu ini perlu dilakukan. Santunan Anak Yatim bisa dilanjutkan dengan kegiatan berbuka bersama jika digelar pada 10 Muharram. Soalnya pada tanggal 10 Muharram kita sangat dianjurkan untuk melaksanakan puasa Asyura.

10. Lomba Hafalan Surah Pendek
Untuk lomba hafalan surat pendek usia anak-anak misalnya dari Surah At-Takatsur s/d An-Naas, atau Surah Ad-Dhuha s/d An-Naas. Selain itu, bisa pula lomba hafalan Surah Pendek Juz 30.

11. Lomba Hafalan Doa-doa Harian
Lomba ini cocok untuk anak TK, MDA, atau SD dan MI. Doa-doa harian misalnya doa makan, doa minum, doa masuk masjid, doa keluar masjid, doa masuk WC, dan sebagainya.

12. Lomba Tartil Qur’an
Lomba tartil Qur’an adalah lomba pembacaan Qur’an dengan irama yang cocok bagi kalangan anak-anak usia TK-SD.

Baca Juga: Disleksia: Gangguan Belajar Anak Sulit Membaca, Menulis dan Mengeja

13. Lomba Tilawah Al-Qur’an
Untuk lomba tilawah Al-Qur’an bisa diikuti oleh anak-anak, remaja, dan dewasa. Agak berbeda dengan lomba tartil, tilawah Qur’an memiliki ketentuan irama baca Qur’an mulai dari Bayyati, Shoba, Sika, Jiharkah, Rast, Nahawand, dan sebagainya.

14. Lomba Khat/Kaligrafi Islam
Adapun untuk ide lomba Muharram Kaligrafi Islam bisa diikuti oleh anak-anak, remaja, dan juga dewasa.

15. Lomba Da’i dan Da’iyyah Cilik
Untuk lomba da’i, tema yang bisa digunakan adalah tema Islam secara umum. Jikalau temanya hanya seputar Muharram, agaknya terlalu sempit dan penonton bisa bosan.

16. Lomba Pidato Islam
Agak mirip dengan lomba da’i, lomba pidato Islam lebih sedikit formal.

17. Lomba Syarhil Qur’an
Lomba Syarhil Qur’an adalah lomba Islam kelompok di mana satu kelompok terdiri atas 3 orang. 1 orang sebagai pembaca Ayat, 1 orang sebagai penceramah, dan 1 orang sebagai saritilawah.

18. Lomba Cerdas Cermat Islam
Untuk lomba cerdas cermat Islam, bisa digelar untuk anak-anak SD, SMP, SMA, hingga Pondok Pesantren.

Baca Juga: Terdampak Pergerakan Tanah, Kondisi Terkini SDN Cibadak Ciemas Sukabumi

19. Lomba Baca dan Cipta Puisi Religi
Lomba baca dan cipta puisi religi juga cocok diselenggarakan untuk melatih imajinasi siswa, cara membaca dengan indah, serta merangkai syair-syair islami.

20. Lomba Berbalas Pantun Islami
Bagaimana dengan lomba pantun? Tentu saja menjadi rekomendasi yang bagus, soalnya pantun adalah sajak lama asli Melayu, kan?

21. Lomba Karya Ilmiah Islam Pelajar
Lomba karya ilmiah Islam bagi pelajar sangat cocok dan bermanfaat terutama sebagai cikal bakal bibit cendekiawan muslim. Setuju kan, Sobat?

22. Lomba Nasyid, Qosidah dan Hadroh
Bagaimana dengan lomba Nasyid? Boleh-boleh saja, karena sholawatan dan syair-syair religi adalah contoh syiar Islam.

Tidak berbeda jauh dengan lomba nasyid, lomba hadroh juga mantap. Bukan perkara mudah loh untuk melatih kunci-kunci rebana. Iya kan? Hehe

23. Lomba Azan
Lomba azan bisa diikuti terutama dari anak-anak di desa. Maslahatnya ialah untuk meramaikan masjid, dan agar anak-anak kita lebih cinta dengan masjid.

Baca Juga: Jelang 1 Muharram, Ini Doa Awal dan Akhir Tahun yang Perlu Diketahui umat Muslim

24. Lomba Praktik Ibadah
Lomba praktik ibadah juga sangat bermanfaat untuk diselenggarakan di bulan Muharram alias Tahun Baru Islam.

Praktik ibadah misalnya Tayamum, Wudhu, Sholat, Mengkafani Jenazah, dan sebagainya.

25. Lomba Baca Kitab Kuning dan I’rab Al-Qur’an
Nah, anak sekolah umum minggir dulu. Soalnya ini kavelingan anak Ponpes. Mana anak Ponpes? Ajari aku baca kitab dong. Hehehe

26. Lomba Hifzil Qur’an
Nah, ide lomba selanjutnya adalah hafalan Qur’an. Bisa minimal 1 juz, 3 juz, 5 juz, 10 juz, hingga 30 juz.

27. Lomba Mewarnai Poster atau Kaligrafi
Nah, ide lomba terakhir ini cocok diselenggarakan di TK, PAUD, TKIT, atau MDA dan RA. Anak-anak bisa diajak untuk mewarnai kaligrafi, atau mewarnai sketsa gambar Islam bertema Muharram.

Itulah rekomendasi ide kegiatan dan ragam lomba yang bisa dilaksanakan dalam menyemarakkan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriah.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Jawa Barat18 Juni 2024, 23:04 WIB

Sesar Cugenang Terus Bergerak, Picu 8 Kali Gempa di Cianjur Hari Ini

BMKG melaporkan aktivitas sesar Cugenang masih berlanjut hingga menimbulkan sejumlah getaran gempa di Kabupaten Cianjur dan sekitarnya.
Zona bahaya Sesar Cugenang. Sesar aktif yang memicu gempa Cianjur berkekuatan 5,6 magnitudo itu membentang sepanjang kurang lebih 9 kilometer dan melintasi sedikitnya 9 desa. | Foto: BMKG
Sukabumi18 Juni 2024, 21:54 WIB

Arus Balik Libur Idul Adha 2024, Jalur Utara Sukabumi Padat Imbas Bubaran Pabrik

Polisi menyebut bubaran pabrik jadi salah satu penyebab kepadatan di jalur Utara Sukabumi pada momen arus balik Idul Adha 2024 Selasa (18/6/2024) malam.
Kondisi kepadatan di jalan Nasional Sukabumi-Bogor di momen arus balik libur lebaran Idul Adha 2024. (Sumber : Istimewa)
Sehat18 Juni 2024, 21:00 WIB

9 Ramuan Herbal untuk Mengobati GERD dan Asam Lambung, Dijamin Efektif!

Bahan herbal dipercaya mampu mengobati penyakit GERD dan asam lambung.
Ilustrasi - Bahan herbal dipercaya mampu mengobati penyakit GERD dan asam lambung. (Sumber : Freepik.com/@jcomp).
Sukabumi18 Juni 2024, 20:26 WIB

Kronologi Pemotor Tewas usai Salip Truk Galon di Simpenan Sukabumi

Berikut kronologi kecelakaan maut pemotor tewas tertimpa truk galon di jalan raya Kiaradua, Simpenan Sukabumi.
Petugas kepolisian dibantu warga saat mengevakuasi jasad pemotor yang tertimpa truk galon di Simpenan Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sehat18 Juni 2024, 20:00 WIB

8 Cara Menyembuhkan Asam Lambung dengan Cara Alami dan Sederhana

Beberapa cara ini dapat membantu Anda mengobati asam lambung secara alami dan sederhana.
Ilustrasi -  Beberapa cara ini dapat membantu Anda mengobati asam lambung secara alami dan sederhana.(Sumber : Freepik.com)
Nasional18 Juni 2024, 19:30 WIB

Kecanduan Tapi Selalu Kalah Saat Main Judi Online? Simak Penjelasan dan Rahasianya

Fenomena judi online yang marak di Indonesia dipicu oleh berbagai faktor, termasuk kemudahan akses internet, kondisi ekonomi, regulasi yang longgar, dan pengaruh sosial.
Ilustrasi - Fenomena judi online yang marak di Indonesia dipicu oleh berbagai faktor, termasuk kemudahan akses internet, kondisi ekonomi, regulasi yang longgar, dan pengaruh sosial. (Sumber : Freepik.com/@rawpixel.com).
Sukabumi18 Juni 2024, 19:13 WIB

Pemotor Tewas Tertimpa Truk Galon di Simpenan Sukabumi

Berikut kesaksian warga terkait kecelakaan maut di Simpenan Sukabumi, pemotor tewas tertimpa truk galon yang diduga alami rem blong.
Pemotor tewas tertimpa truk bermuatan galon yang diduga rem blong di Simpenan Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Life18 Juni 2024, 19:00 WIB

8 Tips Makan Malam yang Aman untuk Menjaga Kadar Gula Darah dan Contoh Menunya

Lemak sehat dapat membantu mengontrol kadar gula darah dan memberikan energi bagi penderita diabetes.
Ilustrasi. Tips Makan Malam yang Aman untuk Menjaga Kadar Gula Darah dan Contoh Menunya. (Sumber : Pexels/KarolinaKaboompics)
Sehat18 Juni 2024, 18:45 WIB

6 Manfaat Daging Kambing untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui, Kamu Wajib tahu!

daging kambing memiliki banyak manfaat salah satunya dapat menghilangkan penyakit anemia, mencegah obesitas dan kesehatan tulang
Ilustrasi daging kambing yang bermanfaat untuk kesehatan (Sumber : Pixabay.com/@wildjjou1)
Sukabumi18 Juni 2024, 18:15 WIB

WNA China yang Diselamatkan Di Laut Sukabumi Diserahkan Ke Imigrasi

Kepolisian Resort Sukabumi akahirnya menyerahkan sembilan orang warga negara asing (WNA) asal China dan tiga Warga Negara Indonesia (WNI) asal NTT ke kantor Imigrasi kelas II Non TPI Sukabumi.
9 orang WNA asal China saat di Sat Reskrim Polres Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi