27 Rekomendasi Ide Kegiatan Meriahkan Tahun Baru Islam 1445 H

Minggu 16 Juli 2023, 14:08 WIB
Rekomendasi Ide kegiatan memeriahkan Tahun Baru Islam 1445 Hijriyah / 2023 | Foto : SU

Rekomendasi Ide kegiatan memeriahkan Tahun Baru Islam 1445 Hijriyah / 2023 | Foto : SU

SUKABUMIUPDATE.com - Updaters, Selamat menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriah!. Tahun Baru Islam 1445 Hijriyah menurut kalender akan jatuh bertepatan dengan hari Rabu tanggal 19 Juli 2023.

Tahun baru, bagi ummat Muslim menjadi momentum untuk evaluasi (muhasabah) serta menumbuhkan semangat baru terutama dalam beramal kebaikan.

Sudah menjadi tradisi ummat Muslim khususnya di Indonesia, setiap tiba tahun baru senantiasa disambut dan dirayakan dengan berbagai kegiatan. Baik oleh kelompok masyarakat, organisasi sosial bahkan instansi pemerintah dengan melibatkan segenap masyarakat dari berbagai usia.

Berikut ini adalah ide kegiatan yang bisa digelar untuk menyambut dan memeriahkan Tahun Baru Islam 1445 Hijriyah yang berhasil sukabumiupdate.com rangkum dari berbagai sumber:

1. Pawai Muharram
Pawai Muharram adalah rekomendasi ide kegiatan Muharram pertama yang biasanya bisa dinikmati oleh warga masyarakat secara umum dari berbagai kalangan.

Pada pawai Muharram, biasanya diselenggarakan oleh pemerintah daerah, baik pemerintah Kabupaten, Kecamatan, hingga pemerintah Provinsi.

Baca Juga: Cerita Mistis Gedung Shaolin Cikidang Sukabumi

Para pesertanya biasanya berasal dari kalangan pelajar sebagai utusan dari sekolah, MDA, hingga instansi-instansi pemerintah mulai dari berbagai lembaga masyarakat, Dinas-dinas, hingga instansi lainnya.

Pawai Muharram biasanya menghadirkan kegiatan seperti pameran karya-karya dengan nuansa islam seperti masjid, miniatur Ka’bah, dan sebagainya. Acaranya puncaknya bisa dengan bazar buku, bazar makanan, atau sekadar pameran.

2. Tabligh Akbar
Animo masyarakat muslim untuk mengikuti kegiatan Islam di daerahnya masing-masing sangatlah tinggi, apalagi jikalau yang diundang adalah ustad-ustad kondang seperti UAH, UAS, Gus Baha, Buya Yahya, hingga para habib.

Namun untuk acara tabligh akbar bertema Tahun Baru Islam, sebaiknya panitia sudah sejak jauh-jauh hari mengajukan permohonan kepada narasumber.

3. Zikir dan Doa Bersama Tahun Baru Islam
Seiras dengan tabligh akbar, acara zikir dan doa bersama menyambut 1 Muharram adalah acara yang bermanfaat dan biasanya ramai untuk diikuti warga masyarakat muslim maupun dari kalangan pelajar.

Dengan adanya acara zikir dan doa bersama, ukhuwah islamiyyah akan kembali erat dan kekompakan umat islam akan lebih tertata.

Baca Juga: Cerita Gunung Jayanti Sukabumi dan Ramalan Datangnya Ratu ke Tujuh

4. Tausiyah Islam
Rekomendasi ide kegiatan di bulan Muharram selanjutnya adalah Tausiyah Islam. Kegiatan ini sama halnya dengan ceramah, namun lebih berfokus kepada perkumpulan atau komunitas tertentu.

5. Safari Muharram
Berwisata religi di Tahun Baru Islam, siapa takut? Boleh-boleh saja kan Sobat. Kita bisa mengadakan kegiatan safari ke tempat-tempat bersejarah dalam dunia Islam, berkunjung ke makam Walisongo, dan lain sebagainya.

6. Renungan Awal Tahun Baru Islam
Bagaimana jika acaranya adalah renungan awal tahun? Apakah bermanfaat? Tentu saja. Misalnya tentang peran politik ummat Islam, dll.

Dengan demikian momentum Tahun Baru Islam diarahkan kepada persoalan keummatan yang lebih luas.

7. Pelatihan Khotib Muda
Nah, saat ini acara pelatihan di bidang Islam boleh dibilang cukup sedikit. Maka dari itu, ada baiknya dari pihak Kementerian atau masjid untuk menyelenggarakan pelatihan Khotib Muda.

Ya, para pesertanya boleh umum, terutama dari kalangan remaja akhir dan dewasa muda. Toh, mencari penerus generasi muda islam itu penting, bukan?

Baca Juga: Serunya Balap Motor Engkreg di Lapang Tegallega Lengkong Sukabumi

8. Kajian Islam Tema Muharram
Tidak berbeda jauh dengan tausiyah, acara yang bisa diselenggarakan dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam adalah Kajian Islam dengan Tema Muharram.

Kajian ini lebih terbuka dan bisa diikuti oleh para jamaah atau warga desa secara umum baik dari kalangan anak-anak, dewasa, orang tua, laki-laki maupun perempuan.

9. Santunan Anak Yatim 10 Muharram
Indahnya berbagi di tahun baru Islam. Tentu saja kegiatan yang satu ini perlu dilakukan. Santunan Anak Yatim bisa dilanjutkan dengan kegiatan berbuka bersama jika digelar pada 10 Muharram. Soalnya pada tanggal 10 Muharram kita sangat dianjurkan untuk melaksanakan puasa Asyura.

10. Lomba Hafalan Surah Pendek
Untuk lomba hafalan surat pendek usia anak-anak misalnya dari Surah At-Takatsur s/d An-Naas, atau Surah Ad-Dhuha s/d An-Naas. Selain itu, bisa pula lomba hafalan Surah Pendek Juz 30.

11. Lomba Hafalan Doa-doa Harian
Lomba ini cocok untuk anak TK, MDA, atau SD dan MI. Doa-doa harian misalnya doa makan, doa minum, doa masuk masjid, doa keluar masjid, doa masuk WC, dan sebagainya.

12. Lomba Tartil Qur’an
Lomba tartil Qur’an adalah lomba pembacaan Qur’an dengan irama yang cocok bagi kalangan anak-anak usia TK-SD.

Baca Juga: Disleksia: Gangguan Belajar Anak Sulit Membaca, Menulis dan Mengeja

13. Lomba Tilawah Al-Qur’an
Untuk lomba tilawah Al-Qur’an bisa diikuti oleh anak-anak, remaja, dan dewasa. Agak berbeda dengan lomba tartil, tilawah Qur’an memiliki ketentuan irama baca Qur’an mulai dari Bayyati, Shoba, Sika, Jiharkah, Rast, Nahawand, dan sebagainya.

14. Lomba Khat/Kaligrafi Islam
Adapun untuk ide lomba Muharram Kaligrafi Islam bisa diikuti oleh anak-anak, remaja, dan juga dewasa.

15. Lomba Da’i dan Da’iyyah Cilik
Untuk lomba da’i, tema yang bisa digunakan adalah tema Islam secara umum. Jikalau temanya hanya seputar Muharram, agaknya terlalu sempit dan penonton bisa bosan.

16. Lomba Pidato Islam
Agak mirip dengan lomba da’i, lomba pidato Islam lebih sedikit formal.

17. Lomba Syarhil Qur’an
Lomba Syarhil Qur’an adalah lomba Islam kelompok di mana satu kelompok terdiri atas 3 orang. 1 orang sebagai pembaca Ayat, 1 orang sebagai penceramah, dan 1 orang sebagai saritilawah.

18. Lomba Cerdas Cermat Islam
Untuk lomba cerdas cermat Islam, bisa digelar untuk anak-anak SD, SMP, SMA, hingga Pondok Pesantren.

Baca Juga: Terdampak Pergerakan Tanah, Kondisi Terkini SDN Cibadak Ciemas Sukabumi

19. Lomba Baca dan Cipta Puisi Religi
Lomba baca dan cipta puisi religi juga cocok diselenggarakan untuk melatih imajinasi siswa, cara membaca dengan indah, serta merangkai syair-syair islami.

20. Lomba Berbalas Pantun Islami
Bagaimana dengan lomba pantun? Tentu saja menjadi rekomendasi yang bagus, soalnya pantun adalah sajak lama asli Melayu, kan?

21. Lomba Karya Ilmiah Islam Pelajar
Lomba karya ilmiah Islam bagi pelajar sangat cocok dan bermanfaat terutama sebagai cikal bakal bibit cendekiawan muslim. Setuju kan, Sobat?

22. Lomba Nasyid, Qosidah dan Hadroh
Bagaimana dengan lomba Nasyid? Boleh-boleh saja, karena sholawatan dan syair-syair religi adalah contoh syiar Islam.

Tidak berbeda jauh dengan lomba nasyid, lomba hadroh juga mantap. Bukan perkara mudah loh untuk melatih kunci-kunci rebana. Iya kan? Hehe

23. Lomba Azan
Lomba azan bisa diikuti terutama dari anak-anak di desa. Maslahatnya ialah untuk meramaikan masjid, dan agar anak-anak kita lebih cinta dengan masjid.

Baca Juga: Jelang 1 Muharram, Ini Doa Awal dan Akhir Tahun yang Perlu Diketahui umat Muslim

24. Lomba Praktik Ibadah
Lomba praktik ibadah juga sangat bermanfaat untuk diselenggarakan di bulan Muharram alias Tahun Baru Islam.

Praktik ibadah misalnya Tayamum, Wudhu, Sholat, Mengkafani Jenazah, dan sebagainya.

25. Lomba Baca Kitab Kuning dan I’rab Al-Qur’an
Nah, anak sekolah umum minggir dulu. Soalnya ini kavelingan anak Ponpes. Mana anak Ponpes? Ajari aku baca kitab dong. Hehehe

26. Lomba Hifzil Qur’an
Nah, ide lomba selanjutnya adalah hafalan Qur’an. Bisa minimal 1 juz, 3 juz, 5 juz, 10 juz, hingga 30 juz.

27. Lomba Mewarnai Poster atau Kaligrafi
Nah, ide lomba terakhir ini cocok diselenggarakan di TK, PAUD, TKIT, atau MDA dan RA. Anak-anak bisa diajak untuk mewarnai kaligrafi, atau mewarnai sketsa gambar Islam bertema Muharram.

Itulah rekomendasi ide kegiatan dan ragam lomba yang bisa dilaksanakan dalam menyemarakkan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriah.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi15 Mei 2024, 14:15 WIB

Ini Penyebab 20 Bidang Tanah di Cisaat Belum Dibayar Proyek Tol Bocimi Seksi 3

Pembayaran lahan di proyek tol Bocimi seksi 3 masih belum usai meski pengerjaan terus dilakukan. Tersendatnya pembebasan lahan tersebut diketahui sejak habisnya masa berlaku Penetapan Lokasi
Sejumlah rumah sudah mulai dibongkar untuk proyek tol Bocimi seksi 3 di Desa Cibolang Kaler Kecamatan Cisaat | Foto : Asep Awaludin
Sehat15 Mei 2024, 14:00 WIB

7 Penyebab Kolesterol Tinggi yang Harus Diketahui, Bukan Karena Makanan Saja!

Kolesterol tinggi bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari pola makan yang buruk hingga faktor genetik.
Ilustrasi - Kolesterol tinggi bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari pola makan yang buruk hingga faktor genetik. (Sumber : Freepik.com/jcomp).
Sukabumi15 Mei 2024, 13:51 WIB

Bukan Soal Motor? Polisi Dalami Motif Rahmat Bunuh Ibunya di Kalibunder Sukabumi

Polisi berencana memanggil psikolog untuk memeriksa kondisi kejiwaan Rahmat.
Rahmat alias Herang (25 tahun) di ruang tahanan Polres Sukabumi pada Selasa, 14 Mei 2024. | Foto: SU/Ilyas Supendi
Life15 Mei 2024, 13:45 WIB

Yuk Bunda Terapkan, Begini 4 Cara Ampuh Membantu Anak Mengatasi Kekecewaan

Kekecewaan bukan hanya bisa dirasakan oleh orang dewasa, namun anak-anak juga mengalaminya, namun bagaimana cara mengatasi hal ini?
Ilustrasi cara membantu anak mengatasi kekecewaan yang sedang dirasakan (Sumber : Freepik.com)
Sehat15 Mei 2024, 13:30 WIB

7 Makanan Tinggi Lemak yang Tidak Aman Dikonsumsi Penderita Kolesterol

Penderita kolesterol tinggi sebaiknya memilih daging tanpa lemak atau memilih sumber protein nabati, seperti kacang-kacangan dan kedelai.
Olahan Nugget Ayam. Makanan Tinggi Lemak yang Tidak Aman Dikonsumsi Penderita Kolesterol. Foto : YouTube / Galeri Rasa Channel
Jawa Barat15 Mei 2024, 13:15 WIB

Viral Film Vina: Sebelum 7 Hari, Polisi Rilis Identitas 3 DPO Pembunuh Vina dan Eki

Walaupun tanpa foto, Polda Jabar merilis identitas tiga DPO ini melalui akun media sosial resmi mereka dan menegaskan bahwa pengembangan kasus ini masih terus dilakukan.
Kelompok pelaku pembunuhan vina dan kekasihnya dalam tayangan film vina: sebelum 7 hari (Sumber: Dee Company)
Life15 Mei 2024, 13:15 WIB

4 Alasan Bayi Selalu Merasakan Lapar Yang Patut Diketahui Orang Tua

Bayi akan terlihat selalu lapar, dan orang tua dirumah perlu mengetahui mengapa mereka seperti itu terutama para ibu yang baru saja melahirkan si kecil
alasan mengapa bayi selalu lapar yang jarang disadari orang tua (Sumber : Freepik.com)
Sehat15 Mei 2024, 13:00 WIB

8 Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami, Efeknya Langsung Terasa!

Beberapa cara alami sangat ampuh untuk menurunkan kolesterol tinggi.
Ilustrasi. Beberapa cara alami sangat ampuh untuk menurunkan kolesterol tinggi. Sumber: Freepik/freepik
Life15 Mei 2024, 12:45 WIB

Terapkan Yuk Bunda, 10 Cara Untuk Meningkatkan Jumlah ASI Secara Alami

Mengasihi merupakan salah satu kegiatan yang sangat mulia, namun adakah cara yang dapat meningkatkan pasokan ASI? Simak ulasan berikut
ilustrasi seorang ibu meningkatkan jumlah ASI secara alami untuk anaknya (Sumber : Freepik.com)
Sehat15 Mei 2024, 12:30 WIB

Hindari Purin! 8 Tips Makan Sehat untuk Mencegah Serangan Asam Urat

Purin adalah senyawa yang diubah menjadi asam urat dalam tubuh, sehingga membatasi konsumsi makanan tinggi purin dapat membantu mengurangi kadar asam urat.
Ilustrasi. Hindari Purin! Ketahui Tips Makan Sehat untuk Mencegah Serangan Asam Urat. (Sumber : Freepik.com/jcomp)