Formasi CPNS 2023 Tanpa Syarat Tinggi Badan untuk Lulusan SMA, Cek Disini!

Sabtu 08 April 2023, 09:00 WIB
Ilustrasi. ASN | Formasi CPNS 2023 Tanpa Syarat Tinggi Badan untuk Lulusan SMA (Sumber : Istimewa)

Ilustrasi. ASN | Formasi CPNS 2023 Tanpa Syarat Tinggi Badan untuk Lulusan SMA (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) rencananya akan dibuka pada tahun ini. Namun menurut Kepala Biro Data, Komunikasi, dan Informasi Publik Kemenpan RB Mohammad Averrouce. rencana Seleksi CPNS pada 2023 saat ini belum dapat diumumkan karena masih dalam proses pendataan dan pengusulan.

Meski begitu, diketahui bahwa Formasi CPNS 2023 ini terbuka untuk Fresh Graduate S1 dan tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA). Maka, seraya pemerintah mempersiapkan rencana seleksi CPNS 2023, untuk kamu yang berminat mendaftar menjadi salah satunya, yuk perhatikan Syarat Peserta CPNS 2023 untuk Lulusan SMA.

Perlu digaris bawahi, dalam rekrutmen CPNS biasanya ada batas Tinggi Badan yang harus dipenuhi. Hal ini seringkali menjadi kendala bagi para pendaftar CPNS Lulusan SMA.

Baca Juga: 3 Orang dari Band Populer, 25 Artis Diduga Terlibat Pencucian Uang Rafael Alun

Kabar baiknya, ada Formasi CPNS 2023 Tanpa Syarat Tinggi Badan sehingga kamu tidak perlu berkecil hati ya! Formasi CPNS 2023 diprediksi akan dibuka kembali pada tahun ini. Yuk, simak seperti melansir via suara.com!

Formasi CPNS 2023 Tanpa Syarat Tinggi Badan untuk Lulusan SMA

1. Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham)

Kementerian Hukum dan HAM yang berada di bawah naungan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly menjadi salah satu instansi pemerintah yang langganan membuka Formasi CPNS lulusan SMA.

Ada dua Formasi CPNS yang biasanya diperuntukkan bagi lulusan SMA atau sederajat, yakni penjaga tahanan dan pemeriksa keimigrasian.

2. Kejaksaan

Selain Kementerian Hukum dan HAM, Kejaksaan juga sering membuka peluang bagi lulusan SMA untuk mengisi formasi CPNS di Kejaksaan.

Merujuk pada Formasi CPNS 2022 lalu, lulusan SMA akan diproyeksikan untuk mengisi posisi sebagai pengawal tahanan dan pengadministrasi penanganan perkara.

Baca Juga: Terjerat Sabu dan Ditangkap Polisi, Permintaan Maaf Ammar Zoni Ke Irish Bella Disorot

Syarat khusus yang dibutuhkan untuk kedua formasi tersebut adalah memiliki SIM A dan SIM C, sertifikat komputer dan sertifikat beladiri diutamakan.

3. Kementerian Perhubungan (Kemenhub)

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang mengepalai Kementerian Perhubungan juga kerap membuka Formasi CPNS 2023 Tanpa Syarat Tinggi Badan. Pelamar hanya perlu mempersiapkan sertifikat bahasa Inggris atau komputer untuk nilai tambah.

Beberapa Formasi CPNS yang selalu dibuka hampir di tiap tahun antara lain aviation security, Petugas Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran, teknisi sarana dan prasarana, serta teknisi peralatan listrik dan elektronika.

4. Badan SAR Nasional (Basarnas)

Bagi lulusan SMA yang berminat bergabung dengan Badan SAR Nasional, biasanya instansi ini membuka Formasi CPNS 2023 untuk mengisi sebagai Rescuer atau penyelamat.

Baca Juga: 8 Keuntungan Menjadi PNS, Gaji Tetap hingga Gampang Pinjam Ke Bank

Persyaratan utama yang dibutuhkan untuk mengisi formasi ini adalah sertifikat selam atau sertifikat renang atau sertifikat pelatihan SAR.

5. Kementerian Pertahanan (Kemenhan)

Kementerian Pertahanan biasanya juga membuka formasi CPNS lulusan SMA. Seperti pada CPNS 2021 lalu, formasi Unit Organisasi terbuka untuk dilamar oleh lulusan SMA.

Ada 1.456 formasi yang dibuka untuk mengisi Unit Organisasi Kementerian Pertahanan, Mabes TNI, TNI AD, TNI AU hingga TNI AL.

Itulah beberapa Formasi CPNS Tanpa Syarat Tinggi Badan yang biasanya dibuka. Tunggu informasi terkini terkait daftar Formasi CPNS 2023 selengkapnya.

Sumber: Suara.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life28 April 2024, 20:30 WIB

Tanggapi Segera, Begini 10 Cara Untuk Menghentikan Balita yang Suka Menggigit

Balita seringkali menggigit jika mereka merasa marah, tidak nyaman, hingga mengekspresikan perasaannya. Namun jangan dibiarkan dan hentikan dengan cara ini.
Ilustrasi. Tips menghentikan balita yang suka menggigit. Sumber : Freepik/@kreasi orang
Life28 April 2024, 20:04 WIB

7 Rutinitas Sederhana yang Bisa Menenangkan Hati Serta Pikiran Lebih Rileks dan Damai

Beberapa rutinitas rupanya bisa digunakan sebagai media menenangkan hati dan pikiran dari potensi kegelisahan, stres dan lain sejenisnya.
Ilustrasi. Rutinitas yang menenangkan pikiran. | Sumber foto : Pexels/Sound On
Life28 April 2024, 20:00 WIB

Jangan Diremehkan, Ini 6 Dampak Buruk Jika Sering Meneriaki Anak!

Berteriak memang sering terjadi, namun para ahli berbagi alasan mengapa hal tersebut tidak menghasilkan perilaku yang Anda inginkan dan bagaimana Anda dapat bereaksi.
Ilustrasi. Dampak buruk meneriaki anak. Sumber : Freepik/@8photo
Science28 April 2024, 19:56 WIB

Bukan Megathrust, Ini Fakta-fakta Gempa M6,2 di Laut Garut Menurut BMKG

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono menghimpun sembilan fakta gempa yang berpusat di Samudra Hindia tersebut.
Episenter gempa kuat di laut Garut. (Sumber : BMKG)
Life28 April 2024, 19:30 WIB

10 Cara Mendisiplinkan Anak Balita, Salah Satunya Perkenalkan Konsekuensi

Kunci untuk menjadikan anak disiplin efektif adalah konsistensi dan tindak lanjut dengan konsekuensi yang sesuai dengan usia jika mereka melanggar aturan.
Ilustrasi. Bermain. Ketahui cara mendisiplinkan anak balita. Sumber : Freepik/@jcomp
Life28 April 2024, 19:19 WIB

6 Tabiat Orang Jahat yang Harus Diwaspadai agar Terhindar dari Kelicikannya

Orang jahat memiliki kebiasaan buruk yang dampaknya merugikan orang lain. Maka penting mengetahui tipe dari mereka seperti apa.
Ilustrasi. Berikut tabiat orang jahat. |Sumber foto : Pexels/cottonbro studio
Sukabumi28 April 2024, 19:14 WIB

Tumpukan Sampah Kembali Hiasi Pantai Muara Citepus Sukabumi

Pantai Muara Citepus di Palabuhanratu Sukabumi kembali dipenuhi tumpukan sampah yang terbawa ombak.
Kondisi sepanjang Pantai Muara Citepus, Kecamatan Palabuhanratu Sukabumi dipenuhi sampah, Minggu (28/4/2024). (Sumber : SU/Ilyas)
Bola28 April 2024, 19:05 WIB

Usai Tuai Protes, MNC Group Akhirnya Bolehkan Nobar Piala Asia U-23 Asal Non-Komersial

MNC Group selaku pemilik hak siar akhirnya memberikan kesempatan masyarakat untuk bisa gelar nobar Piala Asia U-23 dengan syarat.
Ilustrasi - Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan. (Sumber : X/@@kabarmojokerto_)
Life28 April 2024, 19:00 WIB

Temukan Akar Penyebabnya, 8 Cara Menangani Perilaku Tidak Sopan Pada Anak

Anak yang tidak sopan bisa berubah menjadi orang dewasa yang tidak sopan. Ikuti tips berikut ini untuk menanggapi fitnah, makian, pembangkangan, dan bentuk perilaku tidak pantas lainnya.
Ilustrasi. Perilaku tidak sopan pada anak. Sumber : Freepik/@freepik
Life28 April 2024, 18:30 WIB

Biarkan Anak Marah Bund! Ini 7 Cara Mengatasi Tantrum pada Balita

Amukan dapat membuat Anda mempertanyakan kemampuan Anda dalam mengasuh anak, namun sebenarnya hal tersebut adalah hal yang normal pada masa balita.
Ilustrasi. Anak menangis. Cara mengatasi tantrum pada balita. Sumber : Freepik/@user15285618