Youn Yuh-jung, Aktris Korsel Pertama Peraih Oscar 2021

Senin 26 April 2021, 20:52 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Youn Yuh-jung, nenek pemberani yang berperan di film 'Minari' ini kehabisan kata-kata ketika ia dinyatakan menjadi pemenang Oscar untuk kategori Aktris Pendukung Terbaik.

"Saya tidak percaya persaingan. Bagaimana saya bisa mengalahkan Glen Close. Mungkin ini sedikit keberuntungan atau mungkin keramahan Amerika kepada aktris Korea Selatan," kata Youn Yuh-jung dalam pidato penerimaannya.

photoYoun Yuh-jung saat berpidato setelah dirinya dinobatkan sebagai Aktris Pendukung Terbaik Oscar 2021 - (Getty Images)</span

Youn Yuh-jung selalu tampil mempesona dan jenaka, termasuk saat menerima Oscar dan berpidato. 

"Kalian semua dimaafkan," ucap Youn Yuh-jung menirukan salah satu baris naskah di film 'Minari' saat berpidato diiringi gelak tawa penonton.

Ia sempat menyinggung Brad Pitt yang mengumumkan penghargaan untuk dirinya, karena perusahaan Brad Pitt terlibat dalam produksi film 'Minari' tetapi Brad Pitt tak pernah mengunjunginya di lokasi syuting.

"Senang bertemu Anda," kata Youn Yuh-jung di awal pidato, yang kemudian meraih lengan Brad Pitt saat berjalan ke luar panggung. Brad Pitt memberikan amplop Oscar yang berisikan namanya.

Youn Yuh-jung adalah aktris Asia kedua yang memenangkan kategori Pendukung Terbaik sepanjang sejarah Oscar selama empat dekade terakhir setelah Miyoshi Umeki yang mendapat award serupa dalam perannya di film 'Sayonara' tahun 1957 silam.

Baca Juga :

Youn Yuh-jung Masuk Nominasi Academy Awards

Di Korea Selatan, Youn Yuh-jung adalah 'Sphinx' di industri film dan TV. Ia dihormati oleh semua generasi aktris, aktor dan artis. Ia merupakan teladan untuk para generasi baru aktris di Korea.

Youn Yuh-jung menjadi wanita Korea Selatan pertama yang dinominasikan meraih Oscar. Kemenangan Youn Yuh-jung adalah rentetan kesuksesan perfilman Korea Selatan dalam dua tahun terakhir. Tahun 2020 lalu, film 'Parasite' dinobatkan menjadi film terbaik.

photoYoun Yuh-jung saat berperan di film Minari - (soompi.com)</span

Dalam film 'Minari', Youn Yuh-jung berperan sebagai Soon-ja, seorang nenek pemain kartu dengan bakat meramal. Soon-ja dalam ceritanya pindah ke Amerika Serikat bersama putri dan anak tirinya tinggal di wilayah pertanian Arkansas.

Soon-ja dan cucunya semula saling waspada satu sama lain sebelum akhirnya terjadi ikatan penuh kasih di antara mereka. Untuk peran ini, Youn Yuh-jung mendapatkan banyak pujian dari sejumlah sineas film di Korea Selatan dan dunia.

Di film 'Minari' ia berhasil mengubah film semi-otobiografi masa kecil Lee Isaac-Chung, sutradara Korea-Amerika Serikat menjadi berbeda. Lee Isaac-Chung, penulis skenario 'Minari' tidak menyangka film tentang dirinya mendapatkan pencapaian yang luar biasa.

The Screens Actors Guild dan Akademi Film dan TV Inggris termasuk yang sangat menghormati Youn Yuh-jung untuk penampilannya di film 'Minari'. Youn Yuh-jung akan pulang ke Seoul dengan kepala tegak sambil tangannya menggenggam piala Oscar.

Sejenak melihat masa lalunya, Youn Yuh-jung adalah seoreang aktris film yang memulai debut di dunia perfilman pada tahun 1971 bermain di film 'Fire Woman'. Semenjak itu, ia cepat populer dan tampil di banyak film dan drama.

Di puncak karirnya, ia justru memutuskan meikah dengan penyanyi Cho Young-nam dan pindah ke Amerika Serikat. 

Selama hampir satu dekade Youn Yuh-jung menghilang pasca pernikahannya yang gagal dengan Cho Young-nam, ia memutuskan kembali ke Korea dan kembali melanjutkan karir aktingnya hingga sekarang. 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi26 April 2024, 23:14 WIB

Marwan Belum Terima 2 Partai Tambahan yang Akan Dukung Asjap di Pilkada Sukabumi, Kenapa?

Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menyebut ada dua partai lagi yang ingin turut hadir pada acara deklarasi koalisi tiga partai dalam pengusungan pasangan bakal calon untuk maju di Pilkada 2024.
Marwan Hamami, Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi26 April 2024, 23:09 WIB

Tiga Partai Resmi Berkoalisi, Marwan Beberkan Alasan Usung Asep Japar di Pilkada Sukabumi

Tiga partai yakni Golkar, Gerindra, dan PPP secara resmi berkoalisi untuk mengusung Asep Japar di Pilkada 2024
Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menandatangani kesepakatan koalisi tiga partai Golkar, PPP dan Gerindra, Jumat (26/4/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi26 April 2024, 21:49 WIB

Akibat Banjir, Toko Alat Listrik di Cidahu Sukabumi Alami Kerugian hingga Belasan Juta

Banjir yang terjadi di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 membuat beberapa pihak mengalami kerugian yang cukup besar.
Sejumlah warga dan karyawan toko memindahkan barang yang sebelumnya terendam banjir di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Life26 April 2024, 21:05 WIB

6 Mental Miskin yang Membuat Hidup Anda Melarat di Masa Depan, Yuk Hindari!

Orang yang memelihara mental miskin tentu akan berpengaruh terhadap masa depannya, melarat atau berjaya. Itulah pentingnya hal ini.
Ilustrasi. Mental miskin yang wajib dijauhi. | Sumber foto : Pexels/Mehmet Turgut Kirkgoz
Life26 April 2024, 21:00 WIB

8 Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati

Inilah Contoh Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati. Apa Kamu Salah Satunya?
Ilustrasi - Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati . (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi26 April 2024, 20:57 WIB

Jelang Kongres, PAN Kabupaten Sukabumi Pastikan Dukung Zulhas Tiga Periode

DPD PAN Kabupaten Sukabumi menyatakan sikapnya untuk mendukung kembali Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan kembali melanjutkan kepemimpinan di periode ketiga pada masa jabatan 2025-2030.
Mansurudin, Ketua DPD PAN Kabupaten Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Life26 April 2024, 20:30 WIB

Kamu Akan Tetap Miskin Jika 10 Kebiasaan Ini Masih Terus Dilakukan!

Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan.
Ilustrasi - Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan. (Sumber : Freepik)
Inspirasi26 April 2024, 20:24 WIB

5 Kebiasaan Orang China yang Membuat Hidupnya Gampang Kaya dan Jauh dari Kemiskinan

Orang China memiliki kebiasaan yang membuat hidupnya selalu kaya dan jauh dari kehidupan miskin di masa depannya, apalagi di hari tuanya.
Ilustrasi. Kebiasaan orang china yang membuatnya hidup kaya. | Sumber foto : Pexels/Pixabay
Sukabumi26 April 2024, 20:09 WIB

Kades Ungkap Penyebab Banjir hingga Rendam Jalan dan 18 Rumah Warga di Cidahu Sukabumi

Data sementara terdampak banjir yang melanda Kampung Pasirdoton Desa Pasirdoton Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 bertambah
Kondisi jalan raya Cidahu dan rumah warga yang terendam banjir. (Sumber : Istimewa)
Life26 April 2024, 20:07 WIB

6 Cara Membaca Karakter Orang Pecundang di Sekitar Kita, Kenali Ciri-cirinya

Membaca karakter orang pecundang di sekitar kita sesungguhnya cukup mudah. Tentunya dengan mengenali beberapa karakter yang melekat di dalam dirinya.
Ilustrasi. Membaca karakter orang yang pecundang. | Sumber foto : Pexels/Mike Greer