Viral Wanita Menikahi Diri Sendiri, Baru Sehari Langsung Minta Cerai

Kamis 16 Maret 2023, 15:15 WIB
Sofi Maure, Wanita Viral yang Menikahi Diri Sendiri (Sumber : Twitter/@sofimaure07)

Sofi Maure, Wanita Viral yang Menikahi Diri Sendiri (Sumber : Twitter/@sofimaure07)

SUKABUMIUPDATE.com - Menikahi diri sendiri adalah hal tabu yang masih hangat diperbincangkan warganet hingga sekarang. Kabar ini viral di media sosial usai seorang wanita membagikan momen 'menikahi diri sendiri' di akun Twitter pribadinya.

Padahal umumnya menikah adalah ikatan janji suci antara dua orang, yaitu laki-laki dan perempuan. Keputusan berbeda justru dipilih oleh seorang wanita bernama Sofi Maure, menikahi diri sendiri atau Sologami.

Baca Juga: 7 Fakta Guru Cirebon Dipecat Imbas Sebut 'Maneh' Saat Kritik Ridwan Kamil

Sofi Maure diketahui membagikan momen pernikahan tanpa pasangan alias seorang diri di akun twitter @sofimaure07. Wanita asal Argentina ini mencuit dalam bahasa negaranya yang berbunyi,

"hoy en momentos esquizo de mi vida me compre un vestido de novia y me cocine una torta de casamiento para casarme conmigo misma", tulis Sofi Maure, 20 Februari 2023 lalu.

Jika diartikan dalam bahasa Indonesia, kurang lebih arti dari cuitan Sofi Maure ini yaitu "Hari ini, di saat-saat paling palsu dalam hidup saya, saya membeli gaun pengantin dan memasak kue pengantin untuk diri saya sendiri".

Ia juga melengkapi cuitan tersebut dengan foto single dirinya dengan gaya mirror selfie. Terlihat ia menggunakan gaun pengantin cantik berwarna putih.

Namun demikian, tak lama usai memutuskan sologami, Sofi Maure malah menggugat pernikahan tersebut kepada dirinya sendiri. Atau dalam artian ia memilih untuk Cerai dari dirinya sendiri, tepat satu hari setelah memutuskan menikah.

Baca Juga: Horor! 10 Tempat Menyeramkan di Dunia Penuh Cerita Mistis, Ada Sukabumi

Viralnya Sofi Maure di media sosial kemudian memunculkan kembali istilah dalam pernikahan, yakni sologami. Ya, sejauh ini warganet lebih familiar dengan istilah poligami dibandingkan Sologami.

Lantas, apa itu Sologami?

Sebelumnya perlu diketahui tentang sederet tokoh yang memutuskan untuk menjadi Sologamis atau pemegang prinsip Sologami.

Wanita pertama yang memutuskan untuk Sologami adalah Kshama Bindu. Ia berusia 24 tahun dan merupakan perempuan asal India. Bindu memutuskan menikahi dengan dirinya sendiri dalam rangka dedikasi cinta atau self-love.

Bindu menggelar pernikahannya di sebuah kuil di Vadodara, India. Layaknya pernikahan biasa, ia melakukan beberapa persiapan sebelum pesta pernikahan.

Lalu di hari H pernikahan, Bindu mengenakan baju pengantin warna merah, lengkap dengan hena di tangan dan bedak vermilion di belahan rambutnya. Seperti adat pernikahan India, Bindu memutari api yang dianggap suci sebanyak tujuh kali, kemudian pergi ke Goa, selama dua minggu untuk bulan madu.

Akan tetapi di tahun 1993 silam juga, melansir dari magdalene.co, ada seorang dokter gigi di Los Angeles, Amerika Serikat yang bernama Linda Baker. Linda Baker adalah salah satu perempuan yang menerapkan prinsip hidup Sologami atau menikahi diri sendiri.

Baca Juga: Wisata Curug di Sukabumi, Cikaso Jadi Tempat Bersemayam Prabu Siliwangi?

Pernikahan Sologami Linda berlangsung di hari ulang tahunnya yang ke-40. Janji suci pernikahan ia ucapkan di hadapan keluarga, tujuh orang pengiring pengantin, dan 75 orang teman-temannya.

Tak hanya Sofi Maure dan Linda Baker, perempuan lain yang juga mengambil pilihan Sologami ada Sophie Tanner, sologamis asal Inggris. Ia memutuskan untuk menikahi diri sendiri karena alasan self love.

Melihat beberapa kisah pernikahan tadi, maka dapat disimpulkan jika poligami adalah menikah dengan beberapa orang, maka sologami adalah menikah dengan diri sendiri.

Apakah Sologamis Legal di Mata Hukum dan Agama?

Mengutip Diana dan sekitarnya: Feminitas kulit putih, identitas nasional, dan budaya media kontemporer (2014), yang ditulis oleh Raka Shome, pernikahan mandiri mayoritas dilakukan oleh perempuan kulit putih. Hal ini secara tidak langsung menunjukkan mereka cenderung memperhatikan kebahagiaan, kesehatan, pemenuhan diri, dan kesadaran untuk merealisasikan potensi yang dimiliki.

Meskipun ada upacara yang dilakukan oleh para Sologamis, jenis pernikahan tanpa pasangan ini tidak diakui secara legal. Krishnakant Vakharia, pengacara senior di Pengadilan Tinggi, mengatakan kepada One India bahwa

“Sologamy tidak legal,” ujarnya menanggapi pernikahan yang dilakukan Bindu, dikutip via magdalene.co, Kamis (16/3/2023).

Alasan Sologami Tidak Legal dikarenakan undang-undang dalam agama Hindu menggunakan terminologi “salah satu dari pasangan”, yang artinya harus ada dua orang dalam hubungan, untuk meresmikan pernikahan.

Sologami tidak akan pernah lolos dari pengawasan hukum,” ujar Vakharia.

Sementara itu, foto Sofia Maure menggunakan gaun pengantin putih ini menjadi cukup viral di kalangan media sosial. Hingga Kamis (16/3/2023), unggahan ini sudah disukai oleh lebih dari 65 ribu akun di Twitter.

Sumber: magdalene.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat29 Maret 2024, 13:00 WIB

10 Pola Hidup Sehat untuk Mencegah Serangan Asam Urat Kambuh

Yuk Lakukan Sederet Pola Hidup Sehat untuk Mencegah Serangan Asam Urat Kambuh Berikut!
Ilustrasi. Olahraga. Pola Hidup Sehat untuk Mencegah Serangan Asam Urat Kambuh | Foto : Pexels.com/@pixabay
Kecantikan29 Maret 2024, 12:30 WIB

Inilah 4 Fungsi Make Up Glitter, Bisa Bikin Hidung Tampak Mancung!

Glitter pada make-up memiliki fungsi yang beragam dan bisa memberikan tampilan yang spektakuler.
Ilustrasi. Manfaat Glitter dalam Make Up. Sumber: pixabay.com/stux
Kecantikan29 Maret 2024, 12:00 WIB

5 Warna Lipstik yang Cocok untuk Bibir Gelap Agar Tampil Lebih PD

Artikel akan membahas berbagai pilihan warna lipstik yang cocok untuk bibir gelap. Lebih lengkap dengan memberikan tips dan saran tentang warna-warna yang akan menonjolkan keindahan bibir Anda.
Ilustrasi. Rekomendasi Warna Lipstik yang Cocok untuk Bibir Gelap. Sumber: pixabay.com/AestheticJourney
Sukabumi29 Maret 2024, 11:22 WIB

RLPPD Tahun 2023: Kabupaten Sukabumi Raih 93 Penghargaan

Penyelenggaraan Pemerintahan Kabupaten Sukabumi pada tahun 2023 telah menorehkan prestasi yang membanggakan.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami dan Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri. | Foto: Istimewa
Life29 Maret 2024, 11:11 WIB

6 Etika Ngobrol yang Membuat Anda Disenangi Banyak Orang, Ini Caranya

Terdapat beberapa sikap yang membuat seseorang disenangi banyak orang. Karena itu penting diketahui agar menjadi solusi kehidupan yang bermakna
Ilustrasi - Ada beberapa etika yang perlu diperhatikan saat ngobrol dengan orang lain terutama yang baru dikenal (Sumber : Pexels/Thirdman)
Food & Travel29 Maret 2024, 11:07 WIB

Cocok Jadi Sajian Lebaran, Intip Resep Bakso Sapi Ala Devina Hermawan! Kuahnya Super Gurih

Bakso Sapi dengan kuah super gurih ala Devina Hermawan ini tentu juga bisa jadi suguhan untuk tamu-tamu yang bersilaturahmi ke rumah Anda pada saat lebaran nanti.
Sajian lebaran untuk keluarga, resep Bakso Sapi kuah super gurih ala Devina Hermawan. | Foto: YouTube/Devina Hermawan
Life29 Maret 2024, 11:00 WIB

5 Seni Berbicara yang Membuat Anda Berwibawa di Mata Orang, Yuk Buktikan!

Seni berbicara di hadapan orang lain rupanya ada tekniknya agar dipandang berwibawa. Jadi solusi bagi orang yang ingin dihormati dan disegani.
Ilustrasi. Seni berbicara agar berwibawa. Sumber foto : Pexels/Henri Mathieu-Saint-Laurent
Sehat29 Maret 2024, 10:59 WIB

5 Jenis Makanan yang Bisa Memperpendek Umur, Hindari Mulai Sekarang!

Terdapat jenis makanan yang rupanya bisa memperpendek umur. Karena itu penting menghindarinya agar bisa berumur panjang di masa depan
Ilustrasi - Makanan yang bisa memperpendek umur (Sumber : Pexels/Alexy Almond)
Food & Travel29 Maret 2024, 10:52 WIB

Segar Banget! Resep Es Kopyor Tanpa Kelapa, Nikmat Jadi Takjil Puasa

Minuman segar dan manis ini cara membuatnya juga mudah karena menggunakan bahan-bahan mudah dijangkau.
Minuman yang segar dan manis, resep Es Kopyor Tanpa Kelapa ala Devina Hermawan. | Foto: YouTube/Devina Hermawan
Life29 Maret 2024, 10:46 WIB

5 Rahasia Cepat Kaya Orang China yang Bisa Ditiru dalam Kehidupan Sehari-hari

Orang China identik dengan pribadi yang kaya dan pebisnis. Tentunya, di balik itu semua ad acara berpikir yang membuatnya sukses sampai tujuh turunan
Ilustrasi - Cara kaya ala orang China (Sumber : Pexels/RDNE Stock project)