Gantikan Jalil Abdillah, Dzulfikar Ali Hakim Dilantik Sebagai PAW DPRD Sukabumi

Jumat 08 September 2023, 22:19 WIB
Dzulfikar Ali Hakim dilantik langsung Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Yudha Sukmagara jadi PAW dari Fraksi PAN. (Sumber : Dok. DPRD)

Dzulfikar Ali Hakim dilantik langsung Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Yudha Sukmagara jadi PAW dari Fraksi PAN. (Sumber : Dok. DPRD)

SUKABUMIUPDATE.com - Dzulfikar Ali Hakim resmi dilantik menjadi anggota DPRD Kabupaten Sukabumi dari Fraksi PAN sisa masa jabatan tahun 2019-2024 menggantikan Jalil Abdillah dalam rapat paripurna pergantian antarwaktu (PAW), Jumat (8/9/2023).

Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, Yudha Sukmagara mengatakan, pelantikan Dzulfikar Ali Hakim ini berdasarkan Surat Tembusan dari Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat Nomor 7049/KPG.19.03/PEM OTDA Tanggal 24 Agustus 2023 Perihal Penyampaian Keputusan Gubernur Jawa Barat tentang Pemberhentian dan Pengganti Antarwaktu Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Sukabumi.

Dzulfikar Ali Hakim menggantikan Jalil Abdillah di Komisi 2. Kami menindaklanjuti surat dari Gubernur Jawa Barat melalui mekanisme PAW,” ujar Yudha.

Baca Juga: Mbalelo, Jalil Abdillah di PAW dari Kursi Empuk DPRD Sukabumi

Atas nama Pimpinan DPRD dan Lembaga DPRD, Yudha kemudian memberikan penghargaan dan apresiasi yang setinggi-tingginya serta ucapan terima kasih kepada Jalil Abdillah yang selama menjabat sebagai Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi telah mengabdi dan mendedikasikan diri serta melaksanakan tugas sebagai Anggota DPRD dengan sebaik-baiknya.

"Juga selamat datang kepada saudara Dzulfikar Ali Hakim, semoga dengan bergabungnya saudara akan memperkuat fungsi DPRD sebagaimana mestinya," tandasnya.

Sementara itu, Dzulfikar Ali Hakim mengatakan, dengan posisi yang diterimanya saat ini merupakan amanah yang harus dijalankan sebaik mungkin. Hal itu menjadi langkah awal meski saat ini telah berada di tengah perjalanan.

“Secara pribadi saya mengucapkan innalilahi wa innaillaihi roji’un. Karena memang ini amanah yang tidak disangka-sangka. Saya menggantikan Kang Jalil di tengah-tengah jalan, tapi mudah-mudahan saya bisa menjalankan tugas dengan amanah dan minimal konstituen yang saya wakili di Dapil 3 bisa merasakan apa manfaat dan keuntungan mempunyai Anggota DPRD," kata Zulfikar.

"Langkah awal saya akan mempelajari apa saja yang menjadi tugas selaku anggota DPRD Komisi 2, tadi sudah ditetapkan secara garis besar, sebetulnya karena saya pernah jadi tenaga ahli fraksi di DPR RI, beberapa hal memang saya pernah pelajari selama 4 tahun. Mungkin ada beberapa persamaan, tapi ada beberapa hal khusus ke lokalan yang ada di Kabupaten Sukabumi," tandasnya.

Alasan Jalil Abdillah di PAW

Sebelumnya diberitakan, Jalil Abdillah dikenai sanksi PAW oleh PAN Kabupaten Sukabumi disebabkan yang bersangkutan dianggap tidak mematuhi aturan partai.

Budi Mulyadi,Wakil Ketua I Bidang Organisasi dan Keanggotaan DPD PAN Kabupaten Sukabumi menyampaikan bahwa aturan internal Partai Amanat Nasional mewajibkan semua anggota fraksi PAN untuk kembali mengikuti pencalonan anggota legislatif pada Pemilu 2024.

Namun menurut Budi, sampai batas waktu yang ditentukan oleh partai ternyata saudara Jalil Abdillah yang sempat diamanahi sebagai Ketua Fraksi PAN di DPRD Kabupaten Sukabumi itu tidak memberikan satu berkaspun untuk proses pencalonannya di periode kedua.

"Per tanggal 2 Mei 2023 yang bersangkutan sudah menandatangani pernyataan bahwa tidak akan maju lagi menjadi calon anggota DPRD dari Partai Amanat Nasional," jelas Budi kepada sukabumiupdate.com melalui sambungan telepon, Senin (8/5/2023).

Berdasar pada pernyataan itu, DPC PAN Kabupaten Sukabumi kemudian merujuk pada hasil Rakernas PAN di Semarang tahun 2022 yang menyebutkan jika anggota fraksi tidak mencalonkan lagi pada pemilu berikutnya, maka dikenakan sanksi pergantian antar waktu kepada yang bersangkutan. (ADV)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life03 Mei 2024, 11:15 WIB

5 Cara yang Bisa Dilakukan Orang Tua Jika Beda Pendapat saat Mendisiplinkan Anak

Meskipun selalu berbeda pendapat, namun Anda berdua memiliki tujuan yang sama, yaitu mencintai dan membimbing anak dengan kemampuan terbaik Anda.
Ilustrasi orang tua berbeda pendapat. | Foto: Pexels.com/@Agung Pandit Wiguna
DPRD Kab. Sukabumi03 Mei 2024, 11:04 WIB

Apresiasi Timnas di Piala Asia U-23, DPRD Sukabumi: Harapan Tembus Olimpiade Masih Ada

Anak asuh Shin Tae-yong memiliki peluang terakhir untuk lolos Olimpiade Paris 2024.
Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Sukabumi sekaligus Ketua Fraksi PKS Amran Munawar Lutphi. | Foto: Instagram/@fpks.kabsukabumi
Inspirasi03 Mei 2024, 11:00 WIB

Lowongan Kerja Lulusan D3 dan/atau S1 untuk Penempatan Wilayah Ancol

Berikut Informasi Lowongan Kerja Lulusan D3 dan/atau S1 di Perusahaan Makanan untuk Penempatan Wilayah Ancol, Jakarta.
Ilustrasi - Lowongan Kerja di Sukabumi Sebagai Teknisi Jaringan Minimal Lulusan SMK. (Sumber : Freepik.com)
Life03 Mei 2024, 10:30 WIB

10 Cara Hidup Tenang Meski Banyak Masalah dan Cobaan, Jangan Lupa Bersyukur!

Yuk Praktekkan Sederet Cara Hidup Tenang Ini Meskipun Kamu Sedang Menghadapi Banyak Masalah dan Cobaan, Jangan Lupa Bersyukur Ya!
Ilustrasi. Cara Hidup Tenang Meski Banyak Masalah dan Cobaan. (Sumber : Pexels/thnhphng)
Life03 Mei 2024, 10:20 WIB

Bantu Kelola Kecemasan, Ini 4 Manfaat Mendisiplinkan Anak yang Patut Diketahui

Bagaimana disiplin mengajarkan anak-anak untuk menjadi orang dewasa yang bertanggung jawab, berikut manfaat mendisiplinkan anak.
Ilustrasi manfaat mendisiplinkan anak. | Foto: Pexels.com/@Pixabay
Life03 Mei 2024, 10:03 WIB

Jangan Diterapkan, 3 Alasan Orang Tua Mendisiplinkan Anak dengan Memukul

Memukul adalah salah satu bentuk disiplin paling kontroversial yang dapat diterapkan oleh orang tua karena beberapa alasan.
Ilustrasi mendisiplinkan anak. | Foto: Pexels.com/@Romina Ordenez
Life03 Mei 2024, 10:00 WIB

Tanpa Disadari, 9 Sikap Mandiri Ini Bisa Mmebuatmu Hidup Bahagia dan Dihormati Orang Lain

Ada beberapa sikap mandiri yang membuat seseorang lebih hidup bahagia dan dihormati orang lain.
Ilustrasi - Ada beberapa sikap mandiri yang membuat seseorang lebih hidup bahagia dan dihormati orang lain. (Sumber : pexels.com/@Elliot Ogbeiwi)
Life03 Mei 2024, 09:30 WIB

Simpel Tapi Penting, Ini 7 Etika Ditraktir Orang yang Tidak Boleh Diremehkan

Terkadang seseorang lupa menggunakan etika yang baik saat ditraktir teman. Oleh karenanya penting diperhatikan apa saja yang harus diperhatikan saat ditraktir orang lain.
Ilustrasi. Etika saat ditraktir orang lain. Sumber foto : Pexels/Nicole Michalou
Cek Fakta03 Mei 2024, 09:08 WIB

Hoaks! Pfizer Minta Maaf Setelah Banyak yang Tewas karena Vaksin Covid-19

Pfizer memohon maaf atas satu twit dari pegawainya yang mempromosikan vaksin saat produk itu belum mendapat izin di Inggris.
(Foto Ilustrasi) Beredar informasi hoaks berisi narasi yang mengeklaim Pfizer memohon maaf terkait vaksin Covid-19 yang mereka buat dan edarkan. | Foto: Pixabay
Sehat03 Mei 2024, 09:00 WIB

Cara Membuat Rebusan Daun Mangga yang Efektif untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

Daun mangga dapat menjadi obat untuk menurunkan kadar gula darah tinggi.
Ilustrasi - Daun mangga dapat menjadi obat untuk menurunkan kadar gula darah tinggi. (Sumber : Pixabay.com/@ignartonosbg).