Zulfiandi Mantan Penggawa Timnas Indonesia Putuskan Rehat Sejenak dari Sepak Bola

Kamis 14 September 2023, 15:15 WIB
Mantan penggawa Timnas Garuda, Zulfiandi memutuskan untuk istirahat dari dunia sikulit bundar. (Sumber : Instagram/@zulfiandi_.)

Mantan penggawa Timnas Garuda, Zulfiandi memutuskan untuk istirahat dari dunia sikulit bundar. (Sumber : Instagram/@zulfiandi_.)

SUKABUMIUPDATE.com - Kabar mengejutkan datang dari mantan gelandang Timnas Indonesia, Zulfiandi yang memutuskan untuk istirahat sejenak dari dunia sepak bola yang selama ini membesarkan namanya.

Semenjak kontraknya tidak diperpanjang oleh Madura United di musim lalu, Zulfiandi sama sekali belum bergabung dengan klub Liga 1 lainnya. Meskipun banyak tawaran yang menginginkan jasanya dari tim Liga 1 dan Liga 2.

Bahkan, klub Liga 2 Persiraja Banda Aceh yang notabene berada di kampung halamannya ditolak oleh Zulfiandi. Keputusan itu ia sampaikan melalui akun Instagram pribadinya @zulfiandi_.

Baca Juga: 10 Ciri Orang yang Kuat Mental Meski Sering Disakiti, Kamu Termasuk?

“Bismillah. Sebelumnya saya ucapkan permintaan maaf kepada teman2 yg sempat chat saya via DM, karena alasan 1 dan lain hal..qodarullah saya belum sempat membalas 1 per 1 DM dari teman2, tulis Zulfiandi melalui akun Instagram @zulfiandi_ pada Selasa 12 September 2023.

Zulfiandi saat bersama Timnas Indonesia senior. | Instagram/@zulfiandi_Zulfiandi saat bersama Timnas Indonesia senior. | Instagram/@zulfiandi_.

Zulfiandi mengucapkan rasa terima kasihnya kepada orang-orang yang selama ini peduli dan perhatian terhadap keberlangsungan karir sepakbolanya.

Mantan duet Evan Dimas Darmono dan Hargianto di lini tengah Timnas Indonesia itu mengungkapkan bahwa sebenarnya ada tawaran dari tim-tim Liga 1 maupun Liga 2 yang menginginkan jasanya.

Baca Juga: 10 Kebiasaan Sederhana yang Membuatmu Semakin Bahagia Setiap Harinya

“Namun, qodarullah untuk saat ini saya memutuskan untuk berhenti sementara dari karir sepak bola karena beberapa alasan diantaranya yaitu karena kondisi ibu saya yg sedang sakit,” ujarnya.

Sebagai anak, Zulfiandi tentunya ingin memberikan baktinya kepada sang ibu yang selama ini merawatnya dari kecil hingga dewasa. Zulfiandi ingin merawat dan mendampingi selama ibunya sakit.

Selain merawat ibunya, Zulfiandi juga mengungkapkan alasan lain mengapa dirinya memutuskan rehat dari sepak bola.

Baca Juga: 7 Prinsip Hidup Stoikisme yang Baik Untuk Kesehatan Mental, Yuk Terapkan

“Alasan lainnya yaitu saat ini saya sedang menikmati momen bersama dengan anak2 saya (antar jemput sekolah, menyaksikan tumbuh kembang mereka, dan bermain bersama mereka). Alhamdulillah kesempatan seperti ini bagi saya adalah sebuah kenikmatan dari Allah,” ungkapnya.

Zulfiandi sendiri namanya mula tenar setelah sukses membawa Timnas Indonesia menjuarai Piala AFF U-19 pada 2013 silam. Saat itu ia terkenal sebagai gelandang yang sangat ciamik dan mampu mengontrol lini tengah Timnas Garuda.

Dari sanalah namanya mulai dikenal publik dan selalu menjadi langganan timnas kelompok umur serta senior (Timnas U-23 2015-2018) dan (Timnas Senior 2018-2019).

Baca Juga: 7 Cara Mendidik Anak Supaya Menjadi Penurut Kepada Orang Tua

Momen paling diingat oleh gol spektakulernya saat Timnas Indonesia melawan Thailand di Piala AFF 2018 di Bangkok. Namun, cedera yang membekapnya 3 tahun terakhir membuat pemain 28 tahun itu harus absen beberapa waktu.

“Tentunya setiap orang memiliki prinsip yang berbeda-beda, yang terpenting adalah bagaimana kita bisa saling menghargai satu dengan yang lainnya. Tak lupa sekali lagi saya ucapkan banyak terima kasih kepada teman2 semua,” tulisnya.

“Semoga kita selalu diberikan kesehatan oleh Allah dan semoga Allah mudahkan segala urusan kita semua. Aaamiin Allahumma Aaamiin,” pungkasnya.

Baca Juga: 9 Tanda Kamu Orang yang Cerdas Dilihat dari Kebiasaan Sehari-hari

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Nasional03 Mei 2024, 01:02 WIB

Jokowi Teken UU Desa Baru, Kades Dapat Uang Pensiun dan Bisa Menjabat Hingga 16 Tahun

Presiden Jokowi menandatangani pengesahan UU Desa baru, Kades dapat uang pensiun hingga jabat 2 periode.
Ilustrasi Kepala Desa atau Kades. | Foto : Sukabumi Update
Jawa Barat03 Mei 2024, 00:01 WIB

Bahas UHC, Sekda Kabupaten Sukabumi Hadiri Monev Implementasi JKN

Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman hadiri acara monev Implementasi Inpres Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program JKN di Bandung.
Sekda Kabupaten Sukabumi didampingi perangkat daerah hadiri acara monev implementasi inpres terkait JKN di Bandung. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Sukabumi02 Mei 2024, 22:39 WIB

Longsor di Parungkuda Sukabumi, Akses Jalan Desa Langensari Tertutup Dapuran Bambu

Akses jalan Desa Langensari Parungkuda Sukabumi tertutup longsor dapuran bambu.
P2BK bersama sejumlah relawan tengah melakukan penanganan longsor dapuran bambu yang menutup badan jalan di Kampung Sindangsari RT 1/2, Desa Langensari, Parungkuda Sukabumi, Kamis (2/5/2024). (Sumber : Istimewa)
Opini02 Mei 2024, 22:12 WIB

Mengarahkan Kompas Pendidikan: Sebuah Renungan di Hari Pendidikan Nasional

Sistem pendidikan harus menyediakan ruang yang cukup untuk pembelajaran empati, kejujuran, dan keberanian moral.
Ilustrasi. Seputar Hardiknas 2024 | Foto: Pixabay/sasint
Keuangan02 Mei 2024, 21:56 WIB

Masih Dibuka, Pendaftar Tahara di BPR Cicurug Sukabumi Diprediksi Terus Meningkat

Pendaftaran calon nasabah Tabungan Hari Raya (Tahara) Perumda BPR Sukabumi cabang Cicurug masih dibuka hingga 8 Mei 2024.
Kepala Pemasaran BPR Sukabumi Cabang Cicurug, Jujun Junaedi. (Sumber : SU/Ibnu)
Opini02 Mei 2024, 21:33 WIB

Menjadi Pembaca Kritis: Memilah Informasi di Era Media Baru

Pembaca kritis tidak hanya menerima informasi mentah-mentah, tertapi mampu memahami konteks informasi, menganalisis isi dan sumbernya, serta mengevaluasi kebenarannya.
Ilustrasi memilah informasi di zaman hadirnya media baru. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi02 Mei 2024, 21:17 WIB

Pengantar ke Neraka! Bank Emok-Rentenir Dilarang Keras Masuk Kutamara Sukabumi

Spanduk tolak rentenir dan bank emok terbentang di Kampung Kutamara Surade Sukabumi. Praktik riba disebut sudah rusak rumah tangga dan pengantar ke neraka.
Spanduk penolakan hadirnya praktik riba akibat rentenir hingga bank emok yang dipasang ormas Gempa di Kampung Kutamara Surade Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Bola02 Mei 2024, 21:00 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia vs Irak di Perebutan Tempat ke-3 Piala Asia U-23 2024

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Irak U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Irak U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).
Sehat02 Mei 2024, 20:30 WIB

Sulit Tidur dan Sangat Mengganggu! 4 Cara Mengobati Sakit Asam Urat di Malam Hari

Ada beberapa cara mengobati sakit asam urat di malam hari.
Ilustrasi - Ada beberapa cara mengobati sakit asam urat di malam hari. (Sumber : Freepik.com/DC Studio).
Life02 Mei 2024, 20:15 WIB

6 Minuman yang Bisa Menenangkan Pikiran saat Stres, Cemas dan Galau, Yuk Dicoba!

Sejumlah minuman bermanfaat untuk membantu menenangkan pikiran di saat sedang mengalami stres, cemas dan galau. Patut menjadi rekomendasi sebagai menu harian.
Ilustrasi minuman yang menenangkan pikiran. | Sumber foto : Pexels/Anna Tarazevich