Resmikan 2 Gedung, Bupati Bakal Kembangkan UKM ke Ibu Kota Kabupaten Sukabumi

Kamis 09 Agustus 2018, 09:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Bupati Sukabumi Marwan Hamami meresmikan dua gedung baru yakni Sukabumi Craft Center Gerai Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Sukabumi dan Rumah Kuliner Sukabumi.

Pembukaan dua gedung tersebut diawali dengan penampilan jaipongan dan ditandai tekan tombol serine oleh Bupati Sukabumi Marwan Hamami.

Marwan berharap, dengan diresmikannya dua gedung ini bisa menampung Usaha Kecil Menengah (UKM) yang ada di Kabupaten Sukabumi untuk bisa dipasarkan melalui Dekranasda.

BACA JUGA: Wujudkan Kedaulatan Pangan, Bupati Sukabumi Luncurkan Beras Sukabumiku

"Mudah-mudahan  potensi ini bisa membangkitkan peluang ekonomi penguatan keluarga nantinya," ujar Marwan kepada awak media di halaman gedung Dekranasda Kabupaten Sukabumi, Jalan Raya Cigayung, Sukamanah, Kecamatan Cisaat, Kamis (9/8/2018).

Namun demikian, sambungnya, keberadaan dekranasda harus di topang oleh dinas-dinas yang terus memberikan suport, baik pelatihan atau pendidikan para UKM terutama di sektor pembiyayaan sehingga nantinya bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Sukabumi.

"Tidak hanya saja sektor industri yang sudah mapan, tapi industri kecilpun bisa berjalan. Selama ini kesulitan mereka di pemasaran, nah dekranasda lah yang nanti menjadi wadah bagi mereka untuk memasarkannya," ucap orang nomor satu di Kabupaten Sukabumi ini.

Lebih lanjut ia menjelaskan, kedepannya jika outlet ini berjalan mulus dan bagus maka tidak menutup kemungkinan akan dibangun kembali di Ibu Kota Kabupaten Sukabumi.

"Kalau disini kan lintasan jalur padat, jadi bisa mempercepat dalam memperkenalkan produk. Kalau ini sudah berjalan bagus, di Ibu Kota Kabupaten pun sama akan didirikan yang representatif," terangnya.

Menurut Marwan, dengan adanya dekranasda dapat memfasilitasi pengembangan pelaku UKM seperti mulai muncul UKM unggulan yang bisa memberikan dorongan bagi UKM yang lain untuk bisa melakukan hal yang sama.

BACA JUGA: Kunjungi Gebyar KB, Bupati Sukabumi: Desa Tamanjaya Jadi Percontohan

"Kami juga terus memberikan pelatihan-pelatihan, baik desain, produk, management perusahaan dan lainnya," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala DPKUKM Kabupaten Sukabumi, Asep Japar memaparkan, pelaksanaan acara ini merupakan kerjasama pihaknya dengan Dekrasnada Kabupaten Sukabumi.

"Pembangunan ini merupakan pembangunan rehabilitasi, sekaligus penambahan bangunan menjadi dua lantai yang pada awalnya kita bangun pada 2008. Tapi dengan bertambahnya dan kemajuan pelaku UKM serta kebijakan Bupati bahwa untuk pembangunan perlu adanya penambahan dan Alhamdulillah hari ini kita resmikan menjadi dua lantai," paparnya.

Selain itu, kata Asep, ditambah dengan rumah kuliner, dimana rumah kuliner ini menyediakan aneka makanan dan minum sebagai salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Sukabumi untuk memfasilitasi kerajinan tangan dan UKM.

BACA JUGA: Bupati Sukabumi Harap Koperasi Mampu Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi di Pesisir Selatan

"Rumah kuliner ini sebagai sarana penunjang  pengembangan usaha mikro kecil terutama produknya, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan pengrajin UKM sesuai dengan Visi dan Misi Kabupaten Sukabumi," ungkapnya.

Kedepannya sesuai dengan harapan, tutur Asep, pendapatan para UKM akan terus meningkat bagus dan pengembangannya bukan hanya disini saja tapi juga di wilayah selatan Geopark.

"Wilayah selatan juga akan menjadi suport karena geopark salah satu potensi untuk meningkatkan UKM. Salah satunya seperti yang dikatakan Bupati yakni menu Bakakak Ayam Kampung Surade," pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Nasional03 Mei 2024, 01:02 WIB

Jokowi Teken UU Desa Baru, Kades Dapat Uang Pensiun dan Bisa Menjabat Hingga 16 Tahun

Presiden Jokowi menandatangani pengesahan UU Desa baru, Kades dapat uang pensiun hingga jabat 2 periode.
Ilustrasi Kepala Desa atau Kades. | Foto : Sukabumi Update
Jawa Barat03 Mei 2024, 00:01 WIB

Bahas UHC, Sekda Kabupaten Sukabumi Hadiri Monev Implementasi JKN

Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman hadiri acara monev Implementasi Inpres Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program JKN di Bandung.
Sekda Kabupaten Sukabumi didampingi perangkat daerah hadiri acara monev implementasi inpres terkait JKN di Bandung. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Sukabumi02 Mei 2024, 22:39 WIB

Longsor di Parungkuda Sukabumi, Akses Jalan Desa Langensari Tertutup Dapuran Bambu

Akses jalan Desa Langensari Parungkuda Sukabumi tertutup longsor dapuran bambu.
P2BK bersama sejumlah relawan tengah melakukan penanganan longsor dapuran bambu yang menutup badan jalan di Kampung Sindangsari RT 1/2, Desa Langensari, Parungkuda Sukabumi, Kamis (2/5/2024). (Sumber : Istimewa)
Opini02 Mei 2024, 22:12 WIB

Mengarahkan Kompas Pendidikan: Sebuah Renungan di Hari Pendidikan Nasional

Sistem pendidikan harus menyediakan ruang yang cukup untuk pembelajaran empati, kejujuran, dan keberanian moral.
Ilustrasi. Seputar Hardiknas 2024 | Foto: Pixabay/sasint
Keuangan02 Mei 2024, 21:56 WIB

Masih Dibuka, Pendaftar Tahara di BPR Cicurug Sukabumi Diprediksi Terus Meningkat

Pendaftaran calon nasabah Tabungan Hari Raya (Tahara) Perumda BPR Sukabumi cabang Cicurug masih dibuka hingga 8 Mei 2024.
Kepala Pemasaran BPR Sukabumi Cabang Cicurug, Jujun Junaedi. (Sumber : SU/Ibnu)
Opini02 Mei 2024, 21:33 WIB

Menjadi Pembaca Kritis: Memilah Informasi di Era Media Baru

Pembaca kritis tidak hanya menerima informasi mentah-mentah, tertapi mampu memahami konteks informasi, menganalisis isi dan sumbernya, serta mengevaluasi kebenarannya.
Ilustrasi memilah informasi di zaman hadirnya media baru. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi02 Mei 2024, 21:17 WIB

Pengantar ke Neraka! Bank Emok-Rentenir Dilarang Keras Masuk Kutamara Sukabumi

Spanduk tolak rentenir dan bank emok terbentang di Kampung Kutamara Surade Sukabumi. Praktik riba disebut sudah rusak rumah tangga dan pengantar ke neraka.
Spanduk penolakan hadirnya praktik riba akibat rentenir hingga bank emok yang dipasang ormas Gempa di Kampung Kutamara Surade Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Bola02 Mei 2024, 21:00 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia vs Irak di Perebutan Tempat ke-3 Piala Asia U-23 2024

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Irak U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Irak U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).
Sehat02 Mei 2024, 20:30 WIB

Sulit Tidur dan Sangat Mengganggu! 4 Cara Mengobati Sakit Asam Urat di Malam Hari

Ada beberapa cara mengobati sakit asam urat di malam hari.
Ilustrasi - Ada beberapa cara mengobati sakit asam urat di malam hari. (Sumber : Freepik.com/DC Studio).
Life02 Mei 2024, 20:15 WIB

6 Minuman yang Bisa Menenangkan Pikiran saat Stres, Cemas dan Galau, Yuk Dicoba!

Sejumlah minuman bermanfaat untuk membantu menenangkan pikiran di saat sedang mengalami stres, cemas dan galau. Patut menjadi rekomendasi sebagai menu harian.
Ilustrasi minuman yang menenangkan pikiran. | Sumber foto : Pexels/Anna Tarazevich