Swiss Uji Robot Pembunuh Virus Corona di Pesawat

Jumat 02 April 2021, 12:44 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Sebuah start-up bernama UVeya akan melakukan pengujian robot yang dipersenjatai sinar Ultraviolet pembunuh Virus Corona di sejumlah pesawat di Bandara Zurich, Swiss. Robot ini diharapkan dapat menyelamatkan industri penerbangan dari dampak pandemi Virus Corona.

Dikutip dari Sputnik News, pendiri UVeya, Jodoc Elmiger mengatakan, kehadiran robot pembunuh Virus Corona ini diharapkan dapat mengurangi ketakutan banyak orang untuk menggunakan transportasi udara, bahkan di saat pandemi Virus Corona belum benar-benar berakhir.

"Teknologi Ultraviolet ini terbukti dan telah digunakan selama lebih setengah abad di sejumlah rumah sakit dan laboratorium. Ultraviolet efektif membunuh virus," ujar Elmiger.

Saat ini UVeya sedang membangun tiga robot prototipe. Salah satunya sedang diuji di dalam jet Helvetic Airways milik jutawan Martin Ebner di Bandara Zurich. 

Robot ini dapat melakukan sterilisasi dengan menyemprotkan cairan desinfektan di lorong pesawat selama 13 menit. Namun untuk jenis pesawat yang mempunyai ukuran lebih besar atau dua lorong, robot ini masih membutuhkan waktu lebih lama untuk menyelesaikan tugasnya. 

Menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA), radiasi UV-C yang mengacu pada sinar Ultraviolet dengan paparan antara 200-280 nanometer, mampu menghancurkan lapisan luar Virus Corona hingga membuat virus tersebut mati atau tidak aktif.

Dalam proyek robot ini, UVeya bekerja sama dengan Dnata, sebuah perusahaan layanan penerbangan yang berbasis di Dubai, Uni Emirat Arab.

Dnata bersedia mendatangkan sejumlah pesawat seperti Boeing dan Airbus untuk mempelajari dampak sinar Ultraviolet terhadap interior pesawat. Karena, berbagai pelapis dan komponen interior pesawat tersebut beresiko mengalami kerusakan akibat paparan sinar Ultraviolet.

Kepala Operasi Dnata, Lukas Gyger berharap, pihak pembuat pesawat selanjutnya dapat mengeluarkan sertifikasi untuk robot ini, sehingga bisa digunakan di semua bandara di dunia. 

"Kami sedang mencari solusi berkelanjutan dan memperhatikan aspek ramah lingkungan, agar dapat digunakan di semua pesawat seterusnya," kata Gyger.

Jika sertifikasi dari produsen pesawat keluar, UVeya dapat memasarkan robot ini dengan harga 15.930 USD atau sekira Rp 231 juta per unit. Setiap bandara di dunia pastinya akan membutuhkan alat ini untuk menyelamatkan industri penerbangan.

photoHelvetic Airlines sedang menggunakan perangkat dari UVeya. - (alarabiya.net)</span

Helvetic Airlines, sebuah perusahaan carter pesawat pribadi, juga berharap perangkat ini dapat mengubah nasib perusahaan penerbangan di masa sulit saat ini. 

Juru Bicara Helvetic, Mehdi Guenin mengatakan,  jika para penumpang, kru dan pilot dapat mendapatkan jaminan bahwa pesawat yang mereka tumpangi aman dari Virus Corona, dapat dipastikan industri penerbangan akan kembali bernyawa.

"Sebagian besar armada kami terbengkalai di hanggar (tempat penyimpanan pesawat, red). Semoga saja robot ini mengubah segalanya," kata Mehdi.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi04 Mei 2024, 00:01 WIB

Bayi Baru Lahir Ditemukan Menangis di Semak-semak Gegerkan Warga Gunungguruh Sukabumi

Berawal dari suara tangis, Warga Gunungguruh Sukabumi temukan bayi baru lahir berlumuran darah di semak-semak.
Penemuan bayi laki-laki baru lahir di Gunungguruh Sukabumi. Ditemukan menangis di semak-semak kebun. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi03 Mei 2024, 21:46 WIB

5 Perangkat Daerah Kabupaten Sukabumi Akan Dinilai Ombudsman, Ini Arahan Sekda

5 perangkat daerah Kabupaten Sukabumi yang akan dinilai Ombudsman yaitu DPMPTSP, Dinsos, Dinkes, Disdik dan Disdukcapil.
Sekda kabupaten Sukabumi Ade Suryaman, memimpin rapat pembahasan persiapan penilaian pelayanan publik oleh Ombudsman. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Life03 Mei 2024, 21:00 WIB

12 Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar

Berikut Beberapa Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar. Meskipun Hati Sangat Kesal pada Mereka, Coba untuk Tetap Empati Ya!
Ilustrasi. Pasangan bertengkar. Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar. (Sumber : Freepik.com)
Sehat03 Mei 2024, 20:30 WIB

7 Daun yang Berkhasiat Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah dalam Tubuh

Daun-daun ini dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.
Ilustrasi daun kelor. Daun-daun ini dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. (Sumber : Instagram/@dina_dara_chadank)
Sukabumi03 Mei 2024, 20:08 WIB

Kronologi Pasutri Tewas Tertabrak KA Siliwangi di Sukabumi, Korban Sudah Diteriaki

Warga ceritakan detik-detik suami istri tewas tertabrak kereta api KA Siliwangi di Kebonpedes Sukabumi.
Tempat Kejadian Perkara Pasutri tertabrak kereta api di Kampung Babakansirna, Rt 03/04, Desa/Kecamatan Kebonpedes, Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Keuangan03 Mei 2024, 20:00 WIB

10 Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidupmu Miskin, Jangan Lakukan!

Waspada Terhadap Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidupmu Miskin, Jangan Lakukan!
Finansial Terbatas. Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidup Miskin | Foto : Karolina Grabowska/Pexels
Gadget03 Mei 2024, 19:30 WIB

Begini Langkahnya, 7 Tips Mengatasi Memori Internal yang Penuh di HP Android

Ada beberapa cara untuk mengatasi memori internal HP yang penuh.
Ilustrasi. Ada beberapa cara untuk mengatasi memori internal HP yang penuh.(Sumber : Freepik/@rawpixel.com)
DPRD Kab. Sukabumi03 Mei 2024, 19:11 WIB

Pelajar Sukabumi Darurat Kekerasan Seksual, DPRD: Penguatan Ilmu Agama, Sekolah dan Rumah

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Budi Azhar merespon dua kasus kekerasan seksual yang melibatkan pelajar.
Budi Azhar Mutawalli, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi | Foto: Aji
Sukabumi Memilih03 Mei 2024, 19:10 WIB

50 Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Hasil Pemilu 2024 Ditetapkan, Berikut Daftar Namanya

Sah! Berikut daftar nama Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi hasil Pemilu 2024.
KPU gelar rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi parpol dan penetapan calon angggota DPRD Kabupaten Sukabumi hasil Pemilu 2024, Kamis 2 Mei 2024. (Sumber : Istimewa)
Life03 Mei 2024, 19:00 WIB

Biasa Menjadi Luar Biasa: 10 Kebiasaan Kecil yang Membuatmu Dihormati dan Disegani

Menjadi orang yang disegani dan dihormati membutuhkan waktu dan usaha.
Ilustrasi -Menjadi orang yang disegani dan dihormati membutuhkan waktu dan usaha. (Sumber : pexels.com/Alexander Suhorucov)