Ini Rahasia Rafflesia: Sengatan Bau Bangkai hingga Jus Rasa Jarum

Senin 13 Januari 2020, 11:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Di rimba Sumatera Barat, pada malam terakhir tahun 2019, bunga yang langka sedang membentangkan kelopaknya. Bunga itu, rafflesia tuan-mudae, sering disebut sebagai bunga bangkai dengan aroma daging busuk yang dikeluarkannya saat mekar.

Penampakan rafflesia yang langka ini sering kali penting, menarik kerumunan ratusan orang ke dalam hutan, tempat bunga itu tumbuh. Rafflesia yang mekar akhir tahun itu juga bersejarah: diameternya 43,7 inci (110,9 cm), adalah yang terbesar yang pernah dicatat untuk spesies ini, menurut Balai Konservasi Sumber Daya Alam, Sumatera Barat.

Dinukil dari Atlas Obscura, selain bau busuk mereka, bunga dalam genus Rafflesia, yang tidak memiliki daun dan akar, bukanlah bunga biasa. Mereka adalah parasit, yang hidup di dalam tanaman merambat dari genus Tetrastigma.

"Rafflesias melekat pada tubuh tanaman lain, dan tumbuh dengan mengorbankan tanaman itu," kata Ross Koning, seorang ahli biologi di Eastern Connecticut State University yang mengelola rumah kaca kampus. "Mereka tidak bisa berbunga sampai mereka mendapat cukup energi dari tuan rumah, jadi tanaman ini berbunga sangat jarang, dan kamu harus memburunya," ujar Koning.

Rafflesia tidak hanya berbau seperti daging busuk, namun kelopaknya yang berwarna merah tua mengingatkan pengunjungnya terhadap warna daging rusa mentah, berhias bintik putih yang mungkin Anda temukan pada jamur beracun, “Mereka mekar hanya dalam seminggu sebelum mereka layu dan mati,” kata Koning.

Spesies Rafflesia ditemukan di seluruh Asia Tenggara, tetapi rafflesia tuan-mudae adalah endemik di pulau Kalimantan, menurut sebuah penelitian di Journal of Botany. Pada tahun 2017, para konservasionis Indonesia mendokumentasikan pemekaran lain, yang memecahkan rekor di lokasi yang sama dengan bunga tahun ini.

Rafflesia sering disebut sebagai bunga bangkai, tetapi itu bukan bunga bangkai yang paling terkenal. Bunga bangkai paling populer adalah Amorphophallus titanum, yang endemik di Sumatra dan menghasilkan perbungaan tak bercabang terbesar di dunia. Amorphophallus menyerupai paku hijau besar yang tampak sebagai kelopak tunggal, seperti calla lily yang besar dan berwarna bit.

Tidak seperti Rafflesia, Amorphophallus cukup mudah dikenali. Ini pertama kali mekar di luar Sumatera pada tahun 1889 di Royal Botanic Gardens, Kew, di London. Sejak itu, spesimen yang dibudidayakan telah mekar setidaknya 287 kali di seluruh dunia, di kebun botani besar dan rumah kaca di universitas.

Jus Bunga Bangkai

Di Eastern Connecticut State University, Koning mengawasi Rhea, spesimen Amorphophallus titanum. Rhea mekar untuk pertama kalinya pada 2008, sekitar jam 5 sore dan mencapai puncaknya pada jam 10 malam. “Saat itulah membuat mata Anda terbakar,” kata Koning. Ketika dia pulang setelah Rhea mekar, istrinya menolak untuk membiarkannya memasuki rumah. "Dia bilang aku harus melepas pakaianku," katanya. "Bau busuk menembus pakaianmu," ujar Koning meniru keluhan istrinya.

Sejak itu, Rhea mekar secara teratur. Beberapa tahun yang lalu, Rhea menghasilkan buah dengan jus merah cerah, yang Koning tidak tahu mengandung asam oksalat. Tidak dapat menghentikan dirinya sendiri, Koning menaruh setetes jus di lidahnya. "Oh, itu mengerikan," katanya. “Rasanya seperti kamu telah melemparkan sejuta jarum ke mulutku. Aku seharusnya tidak melakukannya.”

Kebun raya menyimpan spesimen Amorphophallus karena mudah tumbuh; mereka membutuhkan pot sebesar palung kuda, kata Koning, dan beberapa naungan. Di Kebun Raya Chicago, ahli botani Tim Pollak menumbuhkan Amorphophallus-nya , Alice, di bawah payung teras. "Seperti selebriti," kata Pollak.

Tetapi tidak ada taman botani di dunia yang mampu memelihara spesies Rafflesia. Karena spesiesnya parasit, kebun perlu menumbuhkan tetrastigma dan menginfeksinya dengan Rafflesia dan berharap semuanya berhasil. “Ada terlalu banyak misteri. Nutrisi apa yang Anda butuhkan untuk menghasilkan anggur bahagia, yang pada gilirannya akan menghasilkan Rafflesia bahagia?”Katanya. "Jika kamu mendapatkan satu untuk mekar, kamu telah membuat beberapa sejarah di sana."

Meskipun Rafflesia umumnya dipelihara di kebun raya sehingga bisa mencapai umur bertahun-tahun, Anda masih dapat melihatnya di alam liar di beberapa taman nasional di Indonesia dan Malaysia.

Jika Anda pernah memata-matai Rafflesia di alam liar atau Amorphophallus di taman, cobalah dan menghirupnya. Menurut ahli botani, setiap individu bunga mayat membawa aroma yang unik. Bagi Koning, Rhea berbau seperti asinan kubis busuk. Spike, di sisi lain, jauh lebih pedas.

Pollak lain lagi pendapatnya, "Alice berbau seperti peternakan babi pada hari yang cerah," ujarnya. Dia berhenti, lalu menguraikan. “Seperti pupuk kandang, amonia, dan bangkai. Mungkin seperti tikus mati yang terperangkap di wastafel dapur Anda, tapi jelas bukan kaus kaki kotor.”

 

Sumber : tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi14 Mei 2024, 16:01 WIB

Wabup: Angka Prevalensi Stunting di Kabupaten Sukabumi Turun Signifikan

Secara nasional berdasarkan hasil Survei Kesehatan Indonesia (SKI) tahun 2023, Kabupaten Sukabumi mengalami penurunan prevalensi stunting dari 41,35% pada tahun 2018 menjadi 27% tahun 2023 atau turun sekitar 14,35%.
Wakil Bupati Iyos Somantri Exit Meeting Hasil Audit Efektivitas Program Percepatan Penurunan Stunting di Kabupaten Sukabumi | Foto : Dokpim
Food & Travel14 Mei 2024, 16:00 WIB

Cocok untuk Healing dan Melepas Penat, 4 Rekomendasi Wisata Air di Bogor

wisata air sangat cocok untuk liburan healing dan melepas penat.
The Jungle Water Adventure - wisata air sangat cocok untuk liburan healing dan melepas penat. (Sumber : junglebogor.com).
Life14 Mei 2024, 15:45 WIB

Jangan Sepelekan,6 Adab Ditraktir Orang yang Wajib Diketahui dan Diterapkan

Saat ditraktir makan oleh seseorang, maka penting untuk mengedepankan adab . hal ini yang mungkin jarang diketahui banyak orang selama ini
Adab ditraktir makan oleh orang lain yang perlu diketahui dan diterapkan (Sumber : Pexels.com/@cottonbrostudio)
Life14 Mei 2024, 15:30 WIB

6 Tanda Kegagalan Orang Tua dalam Mendidik Anak di Masa Kecil, Yuk Ketahui!

Orang tua yang gagal dalam mendidik anak pada umumnya bisa dilihat dari perkembangan anak saat sudah dewasa nanti
Bukti kegagalan orang tua dalam mendidik anak (Sumber : Pexels.com/@KindelMedia)
Sukabumi14 Mei 2024, 15:18 WIB

16 Siswa SD Keracunan, Dinkes Kabupaten Sukabumi Pantau Peredaran Jajanan Anak

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sukabumi tanggapi serius kasus 16 siswa SDN I Cidadap di Jalan Goalpara, Desa Limbangan, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi yang alami keracunan jajanan. Senin (13/5/2024).
Dinas Kesehatan Sukabumi pantau peredaran jajanan anak yang berbahaya| Foto : Asep Awaludin
Sehat14 Mei 2024, 15:15 WIB

7 Obat Tradisional Dipercaya Turunkan Kolesterol dan Baik Untuk Jantung

Selain melakukan pengobatan secara medis, ada beberapa obat tradisional yang dipercaya bisa menurunkan kolesterol dan baik bagi kesehatan jantung. Bahkan beberapa di antaranya sudah digunakan sejak dahulu
bawang putih adalah salah satu obat tradisional yang dipercaya dapat turunkan kadar kolesterol tinggi dan baik untuk jantung. (Sumber : freepik.com/@jcomp)
Inspirasi14 Mei 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Staff QC dan Sales Staff, Lokasi Penempatan di Kabupaten Sukabumi

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga.
Ilustrasi. Lowongan Kerja Staff QC dan Sales Staff, Lokasi Penempatan di Kabupaten Sukabumi. (Sumber : Freepik)
Sukabumi14 Mei 2024, 14:59 WIB

Sodorkan Uang ke Paman, Anak di Sukabumi Minta Dibunuh Setelah Habisi Ibunya

Rahmat meminta dibunuh oleh Pahrudin setelah membunuh ibunya sendiri.
Kondisi rumah Inas (43 tahun) dan Rahmat alias Herang (25 tahun) atau lokasi pembunuhan di Kampung Cilandak RT 15/04 Desa Sekarsari, Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi, Selasa (14/5/2024). | Foto: Istimewa
Sehat14 Mei 2024, 14:45 WIB

10 Tips Makan Sehat Agar Kolesterol Tinggi Bisa Turun, Yuk Terapkan Setiap Hari

Makan sehat sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama bagi yang memiliki riwayat atau mengidap kolesterol tinggi. Hal ini perlu dilakukan agar tidak menyebabkan penyakit berbahaya, seperti jantung
Ilustrasi makanan sehat bagi penderita kolesterol tinggi, agar bisa menurunkannya dan membuat tubuh lebih sehat. (Sumber : Freepik.com)
Life14 Mei 2024, 14:30 WIB

10 Kebiasaan Pagi Hari yang Bisa Turunkan Kolesterol Tinggi Pada Tubuh

Untuk menurunkan kolesterol tidak hanya dengan mengubah pola makan saja, tetapi juga dengan melakukan kegiatan di pagi hari yang positif
olahraga adalah salah satu kegiatan di pagi hari yang bisa membantu turunkan kolesterol tinggi pada tubuh. (Sumber : freepik.com/@jcomp)