Menunggu Moratorium Dicabut, Posisi DOB Sukabumi Utara Kini Diranah Politik

Sabtu 12 Desember 2020, 13:37 WIB

SUKABUMIUPDATE.com – Nasib pembentukan Kabupaten Sukabumi Utara (KSU) sebagai komitmen untuk mensejahterahkan masyarakat melalui otonomi baru (pemekaran) sudah kembali berada ditangan pemerintah pusat. 

Hari Jumat, 4 Desember 2020 lalu Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menandatangani surat persetujuan bersama antara Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jabar mengenai tiga Calon Daerah Persiapan Otonomi Baru (CDPOB), yakni Kabupaten Sukabumi Utara, Kabupaten Garut Selatan, dan Kabupaten Bogor Barat.

Persetujuan ini menandai terpenuhinya persyaratan dasar dan persyaratan administratif ketiga CDPOB. Selanjutnya Pemda Provinsi Jabar menyampaikan usulan tersebut kepada pemerintah. Lalu kapan? Pertanyaan yang mudah-mudah sulit untuk dijawab. 

Karena arahnya kembali masuk ke ranah politik. Artinya pemerintah dan masyarakat Sukabumi Utara harus sama-sama mendorong Presiden Jokowi, melalui Kementrian Dalam Negeri untuk mencabut moratorium daerah otonomi baru yang selama ini menghalangi mimpi-mimpi pemekaran wilayah –wilayah di Indonesia termasuk Kabupaten Sukabumi.

Hal ini diungkapkan oleh anggota DPRD Jawa Barat dari dapil 5 Sukabumi, Lina Ruslinawati saat menjadi narasumber talkshow tamu mang koko edisi Sabtu, 12 Desember 2020, yang ditayangkan live di akun Facebook, IG dan chanel Youtube sukabumiupdate.com.

Menurut Ibu sudah dimana sekarang KSU setelah persetujuan pemprov dan DPRD Jabar?

Bola sudah di Kemendagri, saat ini adalah bagaimana kita melakukan lobi politik ke pusat. Kita bisa bersama-sama mendatangi Komisi II DPR RI untuk ikut mendorong pencabutan moratorium DOB oleh pemerintah pusat.

Lalu apa yang harus dilakukan oleh Pemkab Sukabumi dan Pemprov Jabar untuk itu?

Harus memfasilitasi karena ini perjuangan yang sudah lama dilakukan oleh warga, presedium, Pemkab, DPRD dan kami di Jawa Barat. Membantu apapun bentuknya untuk ikut mengerakan masyarakat agar bersama-sama mendorong pemerintah mencabut moratoirum tersebut. 

Mendorong ini seperti apa? Apa harus bersama-sama datang kesana atau seperti apa?

Komunikasi dan silahturahmi itu penting saat ini. Jadi baik jika kita menjadwalkan bertemu dengan Komisi II dan Kemendagri, bisa bersama-sama dengan daerah calon DOB lainnya atau sendiri-sendiri. Komunikasi itu sangat penting saat ini, sebagai upaya politik.

Ada delapan orang anggota DPRD Jabar dari Sukabumi, kita pasti bersama-sama. Ada juga 6 orang wakil kita DPR RI. Teman-teman presideum, pemkab intinya kita buka jalur dan pintu komunikasi ke pemerintah pusat.

Jika 2021 CDOB disetujui, apakah ibu optimis 2021 DOB SU terwujud?

Saya sangat optimis, saya dengan masih ada yanga harus diriview. Kita selesaikan sat persatu, jangan nanti malah jadi masalah saat menuju kesana. Saya sangat menyakini DOB menjadi solusi untuk memeratakan pembangunan di Kabupaten Sukabumi.  

Selama ini melihat langsung jika yang tersentuh oleh pemerintah itu wilayah yang dekat dengan ibu kota saja pelosok tak tersentuh. Saya yakin ketika ini dimekarkan masing-masing pemda akan fokus, mengelola masyarakat dan pembangunan, utara fokus dengan potensinya selatan atau induk juga fokus mensejahterakan masyarakat.

Untuk menyimak lebih lengkap obrolan Lina bersama presidium DOB KSU dan Pemkab Sukabumi, silahkan klik link tamu mang koko.

 

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Entertainment28 Februari 2024, 22:59 WIB

3 Fakta Menarik Mengenai Hubungan Asmara Karina Aespa dan Lee Jae Wook

Kabar terkait hubungan asmara antara Karina Aespa dan Lee Jae Wook yang diunggah Dispatch berhasil menghebohkan media sosial.
Potret Kedekatan Hubungan Karina Aespa dan Lee Jae Wook.  Sumber Foto: Dispatch
Sukabumi28 Februari 2024, 22:32 WIB

8 dari 35 Siswa SD di Sukabumi yang Keracunan Belum Bisa Sekolah, 1 Dirawat di RS

Berikut update kondisi puluhan Siswa SD di Sukabumi yang Keracunan Jajanan. Delapan belum bisa masuk Sekolah karena belum sembuh total.
IGD RS Bunut Kota Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Jawa Barat28 Februari 2024, 22:19 WIB

Sekolah Vokasi IPB Sukabumi Sepakati 8 Bidang Kerja Sama dengan Sukabumiupdate.com

Sebagai ikhtiar menghasilkan lulusan yang siap bersaing di dunia kerja, Sekolah Vokasi IPB Kampus Sukabumi berkomitmen untuk memperluas kerjasama dengan pihak eksternal, salah satunya dengan Sukabumiupdate.com
Penandatanganan MoU oleh Dekan Sekolah Vokasi IPB University, Dr Aceng Hidayat dan Chief Executive Officer (CEO) Sukabumiupdate.com, Nuril Arifin | Foto : Sukabumi Update
Sukabumi28 Februari 2024, 21:24 WIB

Gempa Dangkal M1,8 di Warnasari, BMKG: Sesar Lokal di Timur Laut Kota Sukabumi

Gempa M1,8 terjadi di Sukabumi, Jawa Barat (Jabar), Rabu (28/2/2024) pukul 19.50 WIB. Titik lokasinya di Warnasari.
Episenter gempa M1,8 di Warnasari Sukabumi Rabu (28/2/2024) pukul 19.50 WIB. (Sumber : BMKG)
Jawa Barat28 Februari 2024, 21:11 WIB

Rektor INKHAS Optimis MoU dengan UIN SGD Bandung Akan Tingkatkan Mutu Pendidikan

Rektor Institut KH. Ahmad Sanusi Sukabumi (INKHAS), Dr. H. A. Suganda, M.Ag, menyatakan optimismenya terhadap penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Lembaga Bahasa UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Penandatanganan MoU antara INKHAS Sukabumi dan UIN SGD Bandung | Foto : dok. Inkhas
Sukabumi28 Februari 2024, 20:35 WIB

Protes Jalan Rusak, Warga Cidahu Pampang Tulisan "Korban Janji": Ini Kata PU Sukabumi

Sejumlah warga memprotes jalan rusak ruas Caringin- Cidahu Kabupaten Sukabumi, protes dilakukan dengan menanam pohon pisang dan pampang gambar bertuliskan "Korban Janji"
Protes jalan rusak ruas Caringin- Cidahu Kabupaten Sukabumi, warga tanam pohon pisang dan pampang gambar bertuliskan "Korban Janji" | Foto : Ibnu Sanubari
Bola28 Februari 2024, 20:30 WIB

6 Fakta Menarik Persib Saat Tundukan PSIS, Nick Absen Hingga Clean Sheet Kevin

Berikut ini beberapa fakta menarik Persib Bandung usai menaklukan PSIS Semarang di pekan ke-26 Liga 1
Berikut ini beberapa fakta menarik Persib Bandung usai menaklukan PSIS Semarang di pekan ke-26 Liga 1 (Sumber : Persib.co.id)
Life28 Februari 2024, 20:00 WIB

8 Bahasa Tubuh Orang yang Sudah Tidak Betah Sendiri, Kamu Salah Satunya?

Berikut ini adalah bahasa tubuh orang yang sudah tidak betah sendiri dan ingin segera punya pasangan
Ilustrasi - Berikut ini adalah bahasa tubuh orang yang sudah tidak betah sendiri dan ingin segera punya pasangan (Sumber : pexels.com/@Andrea Piacquadio)
Sukabumi Memilih28 Februari 2024, 19:46 WIB

Sibuknya Bawaslu Kota Sukabumi, Banyak Terima Laporan Pelanggaran Pemilu

Ketua Bawaslu Kota Sukabumi Yasti Yustia Asih mengatakan terdapat 9 laporan dugaan pelanggaran yang diterimanya. Yaitu mulai dari politik uang (money politic), pengrusakan alat peraga kampanye (APK) dan rekapitulasi suara
Ketua Bawaslu Kota Sukabumi Yasti Yustia Asih | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi Memilih28 Februari 2024, 19:43 WIB

Putusan Dugaan Pemindahan Suara Caleg PDIP Kota Sukabumi Diumumkan 29 Februari

Bawaslu akan umumkan hasil putusan dari sidang dugaan pemindahan suara Caleg PDIP DPRD Kota Sukabumi, Kamis 29 Februari 2024 besok.
Situasi persidangan lanjutan kasus dugaan pemindahan suara di Pileg 2024 DPRD Kota Sukabumi, Rabu (28/2/2024). (Sumber : SU/Asep Awaludin)