Indonesia Salurkan 51,5 Ton Bantuan untuk Warga Palestina di Gaza

Sabtu 04 November 2023, 14:57 WIB

Pemerintah Republik Indonesia (RI) menyalurkan bantuan kemanusiaan untuk warga Palestina di Gaza. Pengiriman bantuan langsung dilepas oleh Presiden Jokowi hari ini, di Base Ops Pangkalan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu, 4 November 2023.

Jokowi mengatakan, bantuan kemanusiaan itu terdiri dari bahan makanan, alat medis, selimut, tenda, dan barang logistik lainnya. Bantuan tersebut ditaksir mencapai 51,5 ton yang dikirim menggunakan tiga pesawat.

 

Presiden menjelaskan, bantuan tersebut merupakan tahap pertama bantuan yang dikirim Pemerintah RI ke Gaza. Seluruh bantuan diangkut menggunakan dua pesawat C-130 Hercules bernomor ekor A-1327 dan A-1328 berasal dari Skadron Udara 31 dan Skadron Udara 32 TNI AU, serta satu pesawat sewa Boeing 737 Garuda Indonesia.

Menurut Jokowi, bantuan tersebut merupakan hasil kontribusi berbagai pihak. Mulai dari pemerintah, hingga masyarakat dunia usaha yang disalurkan melalui lembaga kemanusiaan, seperti Baznas, IHA, PMI, dan Kitabisa.

 

Pada kesempatan yang sama, Jokowi kembali menekankan bahwa Indonesia akan terus membersamai perjuangan Bangsa Palestina. Presiden juga mengatakan untuk bantuan selanjutnya sedang dipersiapkan pemerintah.

Dilansir dari The Guardian, Sabtu, 4 November 2023, hingga saat ini, korban tewas akibat pembantaian Israel ke jalur Gaza mencapai 9.061 orang. Jumlah korban tewas ini disampaikan Menteri Kesehatan di Gaza sejak peperangan pecah pada 7 Oktober lalu.

Dari jumlah korban tewas itu, 3.760 orang di antaranya adalah anak-anak serta 2.326 perempuan. Selain itu, 32.000 orang lainnya dilaporkan luka-luka.

Tak hanya itu, korban tewas kemungkinan akan terus bertambah. Pasalnya, Kementerian Gaza memprediksi ada sekira 3 ribuan orang masih terjebak reruntuhan.

Video