DLH Ancam Tutup Pabrik Batu Alam Nakal, Buntut Pencemaran Sungai Cibojong Sukabumi

Senin 04 September 2023, 11:44 WIB
Aliran Sungai Cibojong yang berubah menjadi warna putih susu diduga akibat pencemaran. Sungai ini berlokasi di Desa Bojong, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa

Aliran Sungai Cibojong yang berubah menjadi warna putih susu diduga akibat pencemaran. Sungai ini berlokasi di Desa Bojong, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sukabumi mengancam akan menutup pabrik pengolahan batu alam yang tetap nakal membuang limbah ke Sungai Cibojong. Peringatan ini keluar menyusul dugaan pencemaran Sungai Cibojong di Desa Bojong, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi.

Dugaan pencemaran ini viral di media sosial dan beredar video yang memperlihatkan aliran Sungai Cibojong berubah warna menjadi putih susu. Kondisi tersebut diduga akibat aktivitas pabrik pengolahan batu alam. Warga menyebut ada sekitar 10 pabrik pengolahan batu alam yang membuang limbahnya secara langsung ke sungai.

Kepala Bidang Kemitraan dan Penataan Hukum Lingkungan DLH Kabupaten Sukabumi, Susanty, mengaku sudah beberapa kali mengedukasi dan membina bahkan menegur sejumlah pabrik pengolahan batu alam supaya tidak mencemari lingkungan. DLH meminta pabrik tidak melanggar aturan dalam melakukan aktivitasnya.

Baca Juga: Pabrik Batu Alam akan Diperiksa Soal Pencemaran Sungai Cibojong Sukabumi

"Pembinaan, edukasi, bahkan teguran, kami lakukan agar (pengelola pabrik) dalam melakukan aktivitasnya tidak menyalahi aturan. Salah satunya tidak mencemari lingkungan seperti ini (membuang limbah ke sungai)," kata Susanty kepada sukabumiupdate.com, Senin (4/9/2023).

Susanty menilai persoalan ini dipicu banyaknya perajin pengolahan batu alam yang berpenghasilan minim sehingga mereka belum mampu mengelola limbahnya dengan baik. Situasi ini membuat potensi pencemaran lingkungan menjadi besar. Pabrik pengolahan batu alam tersebut di antaranya milik warga, namun ada pula perusahaan.

"Masalah utamanya pada lumpur (limbah pemotongan batu) yang belum ada solusi alternatif. Bahkan Indag (Industri Perdagangan) juga sudah berusaha membawa sampel (limbah) untuk dikaji, tapi belum ada hasil," ujarnya.

Sementara berdasarkan keterangan Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkofimcam) Cikembar yang sudah memeriksa ke lapangan, Susanty menyebut kasus pencemaran Sungai Cibojong yang belakangan terjadi diduga disebabkan bak penampungan limbah jebol. Meski begitu, dia tetap akan menindak tegas pengusaha batu alam yang tidak mematuhi aturan.

"Memang barandel ya, padahal pembinaan itu sering. Kayaknya harus naik level. Inginnya saya sih memang ditindak tegas, supaya tidak berulang. Ini perlu koordinasi lagi dengan sektor lain. Ini geregeten sebetulnya," tegas dia.

Menurutnya, apabila ditemukan ada perusahaan yang tidak memiliki legalitas yang jelas, keberanian untuk menutup perusahaan tersebut perlu dilakukan. Pasalnya, dampak pencemaran lingkungan akan dirasakan masyarakat sekitar.

"Kalau legalitasnya gak jelas, memang harus berani ditutup. Seharusnya tidak merugikan kepentingan umum. Apalagi saat ini belum ada teknologi yang tepat untuk pemanfaatan sludge (lumpur) atau material batu hijaunya," ucapnya.

Susanty mengatakan bak penampungan yang digunakan pabrik hanya bersifat sementara dan tetap akan dibuang ke sungai. "Jadi, bak-bak penampung hanya bersifat sementara. Kalau penuh pasti dibuang juga. Penyelesaian masalahnya meliputi berbagai sektor. Nanti saya koordinasi dengan Kabag SDA," kata dia.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Jawa Barat12 Mei 2024, 10:01 WIB

Temu Rembug LP3H EWI Kota Bandung dengan Pengurus Provinsi Jabar

Formatur Lembaga Pendamping Proses Produk Halal (LP3H) Edukasi Wakaf Indonesia (EWI) Kota Bandung melaksanakan temu rembug dengan pengurus LP3H EWI Provinsi Jawa Barat
LP3H EWI Kota Bandung Temu Rembug dengan Pengurus Provinsi Jawa Barat | Foto : Ist
Life12 Mei 2024, 10:00 WIB

Tawa Dibalik Duka: 9 Ciri Seseorang yang Hidupnya Memiliki Luka Batin

luka batin dapat memberikan dampak yang signifikan pada kehidupan seseorang, baik secara mental, emosional, maupun perilaku.
Ilustrasi - luka batin dapat memberikan dampak yang signifikan pada kehidupan seseorang, baik secara mental, emosional, maupun perilaku. (Sumber : unplash/@Danie Franco)
Jawa Barat12 Mei 2024, 09:38 WIB

Ini Daftar 11 Korban Meninggal dan 17 Luka Berat Kecelakaan Bus Perpisahan SMK Depok

Berdasarkan data yang diperoleh dari kepolisian, tercatat 12 orang yang tewas dalam kecelakaan bus itu. 11 dari rombongan dalam dan 1 korban seorang pengendara sepeda motor
Kondisi bus rombongan siswa SMK Lingga Kencana Depok yang rusak akibat kecelakaan di wilayah Subang, Sabtu, 11 Mei 2024. | Foto: Istimewa
Jawa Barat12 Mei 2024, 09:05 WIB

Kecelakaan Maut Bus Rombongan SMK Depok: Dilaporkan 11 Korban Tewas

Kecelakaan Maut Bus SMK Lingga Kencana di Ciater, Subang.
Kecelakaan Maut Bus SMK Lingga Kencana di Ciater, Subang. (Sumber : Istimewa).
Sehat12 Mei 2024, 09:00 WIB

Asam Urat yang Mengancam Sendi: Penyebab, Gejala, dan 6 Cara Jitu untuk Mencegahnya

Asam urat merupakan radang sendi yang rasa sakitnya sangat luar biasa.
Ilustrasi - Asam urat merupakan radang sendi yang rasa sakitnya sangat luar biasa. (Sumber : Freepik.com)
DPRD Kab. Sukabumi12 Mei 2024, 08:38 WIB

Jembatan Cibodas Rusak, DPRD Sukabumi Segera Komunikasi dengan Dinas Terkait

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Nandar turut melakukan peninjauan bersama anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Hasim Adnan, ke lokasi Jembatan Cibodas yang membentang di atas Sungai Cibodas, Kecamatan Curugkembar.
Nandar, Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi (Fraksi PKB) | Foto : Ragil Gilang
Sehat12 Mei 2024, 08:00 WIB

Bebas Diabetes dengan 11 Karbohidrat Sehat: Makan Enak, Gula Darah Stabil

Tidak semua karbohidrat buruk bagi penderita diabetes. Ada beberapa pilihan karbohidrat terbaik yang direkomendasikan oleh ahli diet.
Ilustrasi - Tidak semua karbohidrat buruk bagi penderita diabetes. Ada beberapa pilihan karbohidrat terbaik yang direkomendasikan oleh ahli diet. (Sumber : Freepik/@topntp26)
Life12 Mei 2024, 07:00 WIB

10 Kebiasaan yang Membuat Anak Tumbuh Tinggi, Orang Tua Harus Tahu Nih!

Mempraktikkan kebiasaan-kebiasaan ini secara konsisten dapat membantu anak tumbuh menjadi lebih tinggi dan sehat secara keseluruhan.
Ilustrasi - Mempraktikkan kebiasaan-kebiasaan ini secara konsisten dapat membantu anak tumbuh menjadi lebih tinggi dan sehat secara keseluruhan. (Sumber : pexels.com/@Kampus Production)
Science12 Mei 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 12 Mei 2024, Waspada Hujan di Siang Hari

Cuaca Jawa Barat pada Minggu 12 Mei 2024 untuk Sukabumi dan sekitarnya.
Cuaca Jawa Barat pada Minggu 12 Mei 2024 untuk Sukabumi dan sekitarnya. | Foto: Freepik
Sukabumi11 Mei 2024, 22:20 WIB

Kontennya Viral! Cerita Cecep dari Kota Sukabumi Rutin Bersihkan Toilet Masjid Sejak 2012

Iltap mengungkapkan suaminya juga selalu mengerjakan pekerjaan rumah.
Cecep saat membersihkan toilet masjid. Cecep adalah warga Jalan Tipar RT 05/06 Kelurahan Tipar, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi. | Foto: Istimewa