BPBD Kota Sukabumi Beri Pelatihan Dasar Manajemen Bencana bagi Calon Relawan

Rabu 21 Juni 2023, 10:24 WIB
Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Sukabumi Zulkarnain Barhami saat memberikan materi dasar manajemen bencana kepada siswa calon Relawan Korps Sukarela (KSR) PMI Kota Sukabumi. | Foto: BPBD Kota Sukabumi

Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Sukabumi Zulkarnain Barhami saat memberikan materi dasar manajemen bencana kepada siswa calon Relawan Korps Sukarela (KSR) PMI Kota Sukabumi. | Foto: BPBD Kota Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi memberikan materi dasar manajemen bencana kepada siswa calon Relawan Korps Sukarela (KSR) PMI Kota Sukabumi, Minggu, 18 Juni 2023 di Markas PMI Kota Sukabumi.

Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Sukabumi Zulkarnain Barhami mengapresiasi atas semangat dan partisipasi aktif para peserta yang terus tetap semangat mengikuti rangkaian kegiatan pendidikan dan pelatihan Korps Sukarela PMI Kota Sukabumi.

Menurutnya, selain memupuk jiwa kerelawanan, pelatihan dasar manajemen bencana juga sangat penting karena untuk meningkatkan kompetensi pengetahuan dan keterampilan dalam penanggulangan bencana. “Pelatihan ini penting karena untuk meningkatkan kompetensi, baik bidang pengetahuan, keterampilan, dan sikap calon relawan yang akan bergabung dalam organisasi PMI,” kata Zulkarnain.

Baca Juga: Dipicu Hujan Deras, BPBD Catat 10 Kejadian Longsor di 9 Titik Kabupaten Sukabumi

Melalui pelatihan tersebut, Zulkarnain melihat materi yang berkaitan dengan manajemen bencana akan terus berguna hingga ke depannya. Sebab, wilayah Kota Sukabumi masuk dalam kawasan rawan bencana terlebih dengan adanya sesar aktif Cimandiri. “Seluruh elemen masyarakat perlu diberdayakan dan dilibatkan dalam penanggulangan bencana, termasuk peran relawan PMI,” katanya.

Menurut Zulkarnain, risiko bencana dapat diturunkan.dengam formulasi peningkatan kapasitas aparat dan warga seperti kegiatan pendidikan dan pelatihan bencana dan di sisi lain menurunkan kerentanan bencana itu sendiri mulai fisik sosial ekonomi serta lingkungan yang ada.

"Karena itu pelatihan harus mendahului bencana agar kita siap menghadapinya," kata dia.

(Advertorial)

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Life20 Juni 2024, 20:30 WIB

5 Alasan Kenapa Pria Lebih Mudah Jatuh Cinta Ketimbang Wanita

Pria cenderung kaum yang dianggap gampang jatuh cinta daripada wanita yang masih terbiasa memfilter perasaannya. Hal ini didasari oleh beberapa faktor yang memicu pria mudah jatuh cinta
Ilustrasi Beberapa faktor yang menyebabkan pria lebih mudah jatuh cinta ketimbang wanita (Sumber : Pexels.com/@Jeswin Thomas)
Nasional20 Juni 2024, 20:27 WIB

Buka BSI International Expo 2024, Wapres: BSI Dorong Arus Baru Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Wakil Presiden Republik Indonesia, K.H. Ma’ruf Amin membuka secara resmi BSI International Expo 2024 yang diselenggarakan oleh PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI), di Jakarta Convention Center pada tanggal 20-23 Juni 2024.
Dirut BSI Hery Gunardi (kanan) bersama Wapres RI KH Ma'ruf Amin (kiri), Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo (tengah) saat seremoni pembukaan BSI International Expo di JCC Senayan Jakarta, Kamis (20/06) | Foto : Istimewa
Life20 Juni 2024, 20:15 WIB

7 Kebiasaan Buruk yang Menyebabkan Penyakit Jantung, Hindari Jika Ingin Selamat!

Bagian tubuh yang menjadi sumber kehidupan adalah jantung. Maka dari itu, perlu menjaga kesehatan agar jantung juga menjadi sehat serta terbebas dari penyakit.
Ilustrasi Salah satu kebiasaan buruk yang sebabkan penyakit jantung yaitu makan berlebihan (Sumber : Freepik.com/@wayhomestudio)
Sukabumi20 Juni 2024, 20:08 WIB

Fraksi PAN Apresiasi Bupati Raih WTP 10 Kali, Ini Catatan Soal LPJ APBD Sukabumi 2023

Fraksi Partai Amanat Nasional (Fraksi PAN) DPRD Kabupaten Sukabumi salah satu dari delapan fraksi yang menyampaikan pandangan umum terhadap Raperda LPJ APBD 2023
Fraksi PAN DPRD Kabupaten Sukabumi menyampaikan Pandangan Umum terhadap Raperda APBD tahun 2023 | Foto : Ist
Sehat20 Juni 2024, 20:00 WIB

8 Makanan yang Berkhasiat Meredakan Sakit Asam Urat, Langsung Pergi Gak Datang Lagi!

Asam urat dapat dicegah dengan beberapa langkah tepat, salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang berkhasiat tinggi.
Ilustrasi -  Asam urat dapat dicegah dengan beberapa langkah tepat, salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang berkhasiat tinggi. (Sumber : Pixabay.com/@cnick)
Mobil20 Juni 2024, 19:45 WIB

Driver Wajib Tahu, Ternyata ini 5 Penyebab Radiator Cepat Habis

Ketika air radiator cepat berkurang, mesin bisa cepat panas, yang pada akhirnya dapat menyebabkan kerusakan serius dan biaya perbaikan yang mahal
Ilustrasi Penyebab Radiator Cepat Habis (Sumber : pixabay.com/@carotomo12)
Sehat20 Juni 2024, 19:30 WIB

Cara Membuat Rebusan Daun Kelor untuk Mengobati Sakit Asam Lambung

Rebusan daun kelor menjadi salah satu opsi untuk mengobati asam lambung.
Ilustrasi - Rebusan daun kelor menjadi salah satu opsi untuk mengobati asam lambung. (Sumber : Pixabay.com/@Ninetechno).
DPRD Kab. Sukabumi20 Juni 2024, 19:21 WIB

8 Fraksi Sampaikan Pandangan Umum LPJ APBD 2023 di Paripurna DPRD Sukabumi

Sebanyak delapan fraksi di DPRD Kabupaten Sukabumi menyampaikan pandangan umum terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) APBD tahun 2023
8 Fraksi DPRD Kabupaten Sukabumi menyampaikan Pandangan Umum terhadap Raperda APBD tahun 2023 | Foto : Ist
Life20 Juni 2024, 19:15 WIB

5 Penyebab Kenapa Cinta Cepat Pudar Setelah Menikah, Kamu Termasuk?

Sejumlah penyebab menjadi faktor kenapa orang yang sudah menikah cenderung cepat pudar cintanya dibandingkan pada saat awal mula kasmaran
Ilustrasi Sejumlah penyebab kenapa cinta cepat pudar setelah menikah puluhan tahun (Sumber : Pexels.com/@Timur Weber)
Sehat20 Juni 2024, 19:00 WIB

No Minuman Manis! 10 Cara Mencegah Lonjakan Gula Darah Tinggi Setelah Makan Malam

Ada beberapa strategi yang dapat membantu untuk mencegah lonjakan gula darah setelah makan malam.
Ilustrasi. No Minuman Manis! 10 Cara Mencegah Lonjakan Gula Darah Tinggi Setelah Makan Malam (Sumber : Pixabay/Stanias)