Pemkot Sukabumi Gencarkan Kampanye KTR dan Edukasi Bahaya Merokok

Jumat 16 Juni 2023, 11:41 WIB
Peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia, Hari Hipertensi Sedunia, dan Hari TB Sedunia Tahun 2023 tingkat Kota Sukabumi di halaman kantor Dinas Kesehatan, Kamis, 15 Juni 2023. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi

Peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia, Hari Hipertensi Sedunia, dan Hari TB Sedunia Tahun 2023 tingkat Kota Sukabumi di halaman kantor Dinas Kesehatan, Kamis, 15 Juni 2023. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia, Hari Hipertensi Sedunia, dan Hari TB Sedunia Tahun 2023 tingkat Kota Sukabumi digelar di halaman kantor Dinas Kesehatan, Kamis, 15 Juni 2023. Momen ini untuk mendorong derajat kesehatan warga dengan edukasi kawasan tanpa rokok (KTR) dan deteksi dini penyakit tidak menular (PTM).

Kegiatan itu dihadiri langsung oleh Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi, Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Sukabumi Reni Rosyida Muthmainnah, dan perwakilan unsur Forkopimda. Kegiatan ini diawali dengan pelepasan tim kampanye edukasi KTR ke tiga titik yakni Gedung Juang 45, Toserba Selamat, dan Ramayana.

''Momen ini untuk membangun kebersamaaan. Mari bangun Sukabumi lebih sehat salah satunya edukasi bahaya merokok bagi kesehatan,'' ujar Achmad Fahmi.

Menurut Fahmi, masyarakat sudah mengetahui bahaya merokok dan tinggal mengaplikasikannya. Fahmi menerangkan Pemerintah Kota Sukabumi memiliki peraturan daerah, perwalkot, dan menyiapkan KTR. Misalnya lokasi yang berhubungan dengan pusat perbelanjaan membuat ruangan khusus untuk merokok supaya kondisi warga terjaga.

Di sisi lain, terkait hipertensi menjadi penyebab kematian di Indonesia. Hari Hipertensi menjadi media edukasi agar tingkat kesadaran tinggi yang paling penting cek kesehatan sehingga lebih awal diketahui terkena hipertensi atau tidak. Terkait TB, kata Fahmi, Indonesia peringkat kedua di dunia, menunjukkan kasus masih banyak dan momen ini deklarasi supaya kota berkurang kasus TB. Salah satunya menemukan kasus jauh lebih baik daripada tidak menemukan kasus.

''Temukan dan obati sampai sembuh, dengan kolaborasi dengan rumah sakit dan puskesmas serta klinik,'' ungkap Fahmi.

Plt Kepala Dinkes Kota Sukabumi Reni Rosyida Muthmainnah mengatakan ada tiga momen yang diperingati sekaligus. Ketiganya yakni 31 Mei Hari Tanpa Tembakau Sedunia, 24 Maret Hari Tuberkulosis Sedunia diperingati, dan Hari Hipertensi Sedunia (World Hypertension Day ) diperingati setiap tanggal 17 Mei setiap tahunnya.

''Ketiganya diperingati dalam satu rangkaian pelepasan kampanya hari tanpa tembakau,'' ungkapnya. Kegiatan ini mendorong peran serta dan kolaborasi dalam bidang kesehatan sehingga derajat kesehatan masyarakat meningkat.

Tujuannya kesadaran masyarakat akan bahaya merokok meningkat dan tidak merokok di tempat umum. Pentingnya upaya pencegahan dan mengenal gejala dari hipertensi. Selain itu komitmen fasyankes dalam layanan TBC bermutu dengan deklarasi fasyankes layanan TBC.

Sumber: Website KDP Setda Kota Sukabumi

(Advertorial)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life01 Maret 2024, 16:30 WIB

Kapan Puasa Ramadan 2024 Dilaksanakan? Ini Perkiraan Waktunya

Berikut ini informasi kapan puasa 2024 dimulai berdasarkan kalender dari Kemenag RI dan Kalender dari Muhammadiyah
Ilustrasi - Berikut ini informasi kapan puasa 2024 dimulai berdasarkan kalender dari Kemenag RI dan Kalender dari Muhammadiyah | (Sumber : Freepik.com/@ Sketchepedia)
Film01 Maret 2024, 16:00 WIB

Kabar Gembira! Film Live Action Naruto Segera Digarap Oleh Lionsgate

Diharapkan Live Action Naruto dapat memenuhi ekspektasi para penggemar dan menjadi film yang menghibur dan berkualitas.
Diharapkan Live Action Naruto dapat memenuhi ekspektasi para penggemar dan menjadi film yang menghibur dan berkualitas. (Sumber : X/@Naruto_Anime_EN).
Food & Travel01 Maret 2024, 15:30 WIB

6 Tempat Wisata Kids Friendly di Sukabumi, Anak Langsung Gembira

Berikut ini tempat wisata kids friendly di Sukabumi yang bisa dijadikan pilihan ketika menghabiskan momen liburan di Sukabumi
Berikut ini tempat wisata kids friendly di Sukabumi yang bisa dijadikan pilihan ketika menghabiskan momen liburan di Sukabumi (Sumber : Istimewa)
Sukabumi01 Maret 2024, 15:28 WIB

Tekan Inflasi Jelang Ramadhan, Pemkab Sukabumi Akan Gencarkan Operasi Pasar Murah

Sekda Kabupaten Sukabumi, Ade Suryaman mengikuti Rapat Koordinasi Dwimingguan Ke-24 Pengendalian Inflasi di Daerah Provinsi dan Kabupaten dan Kota Se-Jawa Barat Secara Virtual di Sukabumi Command Center, Setda-Palabuhanratu.
Sekda Ade Suryaman saat mengikuti Rakor Pengendalian Inflasi di Daerah Provinsi dan Kabupaten dan Kota Se-Jawa Barat Secara Virtual di Sukabumi Command Center, Setda-Palabuhanratu. Kamis (29/2/2024) | Foto : Dokpim
Keuangan01 Maret 2024, 15:06 WIB

BPS: Beras Sumbang Inflasi Terbesar Februari, Hanya 1 Provinsi yang Harganya Turun

Beras mengalami inflasi 5,32 persen dengan andil terhadap IHK 0,21 persen.
(Foto Ilustrasi) BPS menyebut beras menyumbang inflasi terbesar pada Februari 2024. | Foto: Istimewa
Inspirasi01 Maret 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Sukabumi Sebagai Admin Lapangan di Minimarket

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, yuk daftarkan diri sekarang juga!
Lowongan Kerja Sukabumi Sebagai Admin Lapangan di Minimarket (Sumber : Istimewa)
Sukabumi01 Maret 2024, 14:51 WIB

Catat! Ini 4 Program Prioritas Dinsos Kota Sukabumi hingga 2025

Program pertama adalah peningkatan mutu penanganan rehabilitasi dan perlindungan sosial.
Kadinsos Kota Sukabumi Fajar Rajasa saat menghadiri forum perangkat daerah untuk rencana kerja tahun 2025 pada Jumat (1/3/2024). | Foto: SU
KATA WARGANET01 Maret 2024, 14:45 WIB

KPID Berbondong-bondong Desak MK Perpanjang Masa Jabatan KPI Jadi 5 Tahun

Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) di berbagai daerah mendesak kepada Mahkamah Konstitusi (MK) agar mengabulkan permohonan uji materiil Pasal 9 ayat (3) UU 32/2002 tentang Penyiaran terkait perpanjangan masa jabatan KPI
Irwansyah, Ketua KPID Kalimantan Timur | Foto : Ist/Sukabumi Update
Cek Fakta01 Maret 2024, 14:43 WIB

Beredar Video Hoaks Kantor KPU dan Kementerian Dibakar

Video ini merupakan peristiwa kericuhan demonstrasi pada 22 Mei 2019.
(Foto Ilustrasi) Beredar video dan unggahan hoaks soal pembakaran kantor KPU. | Foto: Istimewa
Musik01 Maret 2024, 14:33 WIB

Grup Band Rosemary dan Soegi Bornean Resmi Berpisah dengan Vokalis Masing-masing

Rosemary dan Soegi Bornean mengumumkan secara resmi telah berpisah dengan vokalis mereka masing-masing Ink Mary dan Fanny Soegiarto
Rosemary dan Soegi Bornean mengumumkan secara resmi telah berpisah dengan vokalis mereka masing-masing Ink Mary dan Fanny Soegiarto (Sumber : Instagram/inkmary, fannysoegi)