Ditodong Senapan Gegara Pilkades Ciwaru, Anggota DPRD Sukabumi Lapor Polisi

Selasa 21 Maret 2023, 09:34 WIB
Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Ujang Abdurrohim Rochmi alias Dewan Batman saat diwawancarai wartawan di Mapolres Sukabumi di Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Senin malam, 20 Maret 2023. | Foto: SU/Ilyas Supendi

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Ujang Abdurrohim Rochmi alias Dewan Batman saat diwawancarai wartawan di Mapolres Sukabumi di Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Senin malam, 20 Maret 2023. | Foto: SU/Ilyas Supendi

SUKABUMIUPDATE.com - Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Fraksi Partai Golkar Ujang Abdurrohim Rochmi mendatangi Mapolres Sukabumi di Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Senin malam, 20 Maret 2023. Pria yang akrab disapa Dewan Batman ini datang ke Mapolres Sukabumi untuk melaporkan adiknya.

Didampingi sang istri, Dewan Batman melaporkan adiknya atas peristiwa penodongan senapan yang dia alami di rumahnya di Kampung Lio RT 02/03 Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Senin sekira pukul 15.00 WIB. Diketahui, adik Dewan Batman merupakan calon kepala desa dalam pemilihan kepala desa antar waktu (PAW) Desa Ciwaru yang kalah pada Senin kemarin.

"Kita datang ke sini (Mapolres Sukabumi), silaturahmi ke Polres untuk mengadukan kaitan peristiwa atau kejadian yang dialami oleh saya dan keluarga, istri saya. Kaitan adanya penyerangan dari seseorang (adiknya sendiri) ke rumah saya menggunakan senapan," kata dia kepada awak media di Mapolres Sukabumi.

Baca Juga: Anggota DPRD Sukabumi Berharap Ciwaru Kondusif Usai Pilkades Antar Waktu

Dewan Batman kepada wartawan mengatakan dalam penyerangan itu dirinya dikejar sampai ke dalam rumah sehingga dia berusaha menyelamatkan diri dengan masuk ke kamar. Selama kurang lebih 15 menit di kamar, Dewan Batman menyebut adiknya dari luar menendang-nendang pintu kamar yang sudah dikuncinya.

"Saya dikejar. Kejadiannya, saya sedang duduk mengobrol dengan tamu, tiba-tiba dia (adiknya) datang mengejar dan menodongkan senapan tersebut kepada saya. Saya menyelamatkan diri masuk ke dalam kamar. (Sementara) dia masuk ke rumah langsung, pintu kamar saya ditendang-tendang," ujarnya.

Terduga pelaku kemudian berhasil diamankan polisi setelah Dewan Batman menghubungi Kasat Intelkam Polres Sukabumi. Dia menyampaikan telah terjadi penodongan senapan oleh calon kepala Desa Ciwaru periode 2023-2025 yang kalah dalam pemilihan PAW alias adiknya sendiri yakni AR.

"Karena di Ciwaru itu ada proses pemilihan kepala desa antar waktu. Kebetulan, ada silaturahmi dari Pak Kasat Intel ke rumah karena saya (juga) baru dua hari pulang umrah. Setelah kontak ke Pak Kasat Intel ada penyerangan ke rumah saya menggunakan senapan, mungkin Pak Kasat Intel datang ke lokasi dan langsung mengamankan pelaku. Itu yang saya ketahui," kata Dewan Batman.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, adik Dewan Batman merasa kesal lantaran kakaknya tidak memberikan dukungan dalam pemilihan PAW kepala desa tersebut.

"Iya (keluarga), dia sebagai adik. Saya mungkin ada implikasi dengan pilkades antar waktu. Karena di dalam pilkades ini terus terang saja saya tidak mendukung adik saya, saya lebih mendukung calon yang lain karena ini kan merupakan hak asasi saya untuk mendukung siapa pun," ujar Dewan Batman.

"Saya tidak tahu ada faktor indikasi lain. Saya tidak tahu karena di pelaksanaan pilkades antar waktu ini dari tahapan mulai musdus sampai selesai tidak ada di tempat. Saya lagi menjalankan ibadah umrah dan baru pulang Sabtu," imbuh dia.

Baca Juga: DPRD Minta Tiga Calon Kades PAW Bawa Ciwaru Sukabumi ke Level Nasional

Dewan Batman mengatakan saat melakukan penodongan itu adiknya mengenakan kaus oblong sambil menenteng senapan panjang bercorak oranye dan hitam. Beruntung, senapan ini tidak sempat ditembakkan oleh terduga pelaku. Belum diketahui, apakah senapan tersebut adalah senapan angin atau lainnya.

"Saya lihat dia waktu mengejar dan menodongkan senapan itu pakai kaus dalam, langsung ditodongkan ke saya ke arah kepala. Karena dia langsung menodongkan, mengejar saya, saya lari ke dalam kamar, pintunya saya kunci. Terdengarnya dia seperti menendang pintu kamar, duar duar, ada sekitar enam kali," ujarnya.

Salah satu saksi, Abad (40 tahun), mengatakan terduga pelaku datang ke rumah Dewan Batman menggunakan sepeda motor. Lalu tiba-tiba turun dan langsung menodongkan senapannya. Terduga pelaku juga mengejar istri Dewan Batman dan tamu yang ada di rumah anggota Komisi I DPRD Kabupaten Sukabumi itu.

"Ke saya mengejar juga. Sama, orang lain juga pada dikejar. Yang datang tidak tahu, tidak dihitung. Yang mengamankan banyak. Dia datang menggunakan motor, langsung turun menodongkan senapan," kata Abad.

Pada pemilihan kepala desa antar waktu (PAW) Desa Ciwaru yang berlangsung kemarin, adik Dewan Batman yakni AR memperoleh 83 suara dengan nomor urut 3. Dia kalah dari calon nomor urut 1 Sirojudin yang memperoleh 115 suara. Sementara calon nomor urut 2 Aris Irvan Haryadi memperoleh dua suara.

Pilkades PAW ini sesuai Perda Nomor 6 Tahun 2021 tentang Pemilihan Kepala Desa. Pemilihan PAW dilakukan karena Kepala Desa Ciwaru definitif mengundurkan diri pada 19 Agustus 2022.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat20 Juni 2024, 16:30 WIB

Konsumsi Banyak Serat, Ini 10 Cara Mencegah Lonjakan Gula Darah Setelah Makan Manis

Mengingat kadar gula yang tinggi dapat menimbulkan gejala seperti haus, kelelahan, dan sering pergi ke toilet.
Ilustrasi. Cara Mencegah Lonjakan Gula Darah Setelah Makan Manis (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi Memilih20 Juni 2024, 16:21 WIB

Kabar Artis Asal Sukabumi di Bursa Pilkada 2024, Ada Omesh, Bobby, hingga Faank

Beberapa public figure atau artis kelahiran Sukabumi menjadi sorotan seiring dengan semakin dekatnya pembukaan pendaftaran Pilkada serentak tahun 2024 di Kota dan Kabupaten Sukabumi.
Artis asal Sukabumi maju Pilkada Sukabumi, Bobby Maulana, Ananda Omesh, dan Faank alias Farhan Zainal Muttaqin | Foto : Istimewa
Sehat20 Juni 2024, 16:15 WIB

3 Penyebab Penderita Diabetes Sering Buang Air Kecil di Malam Hari, Ini Alasannya

penderita diabetes sering mengalami meningkatnya frekuensi buang air kecil alias kencing di malam hari. Berikut sebab yang memicu hal demikian terjadi
Ilustrasi Beberapa penyebab kenapa penderita diabetes kerap buang air kecil pada saat malam hari (Sumber : Pexels.com/@cottonbro studio)
Sukabumi20 Juni 2024, 16:14 WIB

Perlu Uji Endotoksin, Hasil Audit KIPI Bayi di Sukabumi Meninggal Setelah Imunisasi

Kusmana menyatakan pihak keluarga ingin kepastian terkait penyebab kematian.
(Foto Ilustrasi) Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji mengikuti Zoom meeting dengan Komite Nasional KIPI pada Kamis (20/6/2024), membahas kasus bayi meninggal setelah imunisasi. | Foto: Pixabay
Nasional20 Juni 2024, 16:11 WIB

Dari Gunung Putri ke Villa di Sukaraja Sukabumi, Sindikat Uang Palsu Miliaran Rupiah

tersangka YS atau yang akrab disapa Ustad yang diketahui berasal dari Sukabumi berperan mencari lokasi baru yaitu sebuah bangunan villa di Kecamatan Sukaraja Kabupaten Sukabumi.
Pada akhir tahun 2023, Polisi menemukan lembaran uang palsu yang tersimpan dalam peti kayu di salah satu vila di Cibunar, Desa Gedepangrango, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Asep Awaludin
Science20 Juni 2024, 16:00 WIB

9 Fakta Menarik Titik Balik Matahari Juni, Lingkaran Arktik memiliki Siang Hari 24 Jam

Pada titik balik matahari Juni, belahan bumi utara mengalami siang hari terpanjang dan malam terpendek.
Ilustrasi - Pada titik balik matahari Juni, belahan bumi utara mengalami siang hari terpanjang dan malam terpendek. (Sumber : Freepik.com/@bearfotos).
Sukabumi20 Juni 2024, 15:49 WIB

Pria Ini Ditangkap karena Nekat Tabrak Mobil Istrinya di Cibeureum Sukabumi

Polisi mengamankan tiga mobil dan beberapa senjata tajam.
Mobil yang terlibat kejadian di Kecamatan Cibeureum, Kota Sukabumi, Selasa, 18 Juni 2024. | Foto: Instagram/@polres_sukabumikota
Sehat20 Juni 2024, 15:45 WIB

Inilah 4 Penyebab dan Cara Mengatasi Nyeri Asam Urat Saat Tidur Malam Hari

Saat tidur malam hari, kebanyakan penderita asam urat akan merasakan nyeri asam urat kambuh dan menyiksa sehingga mengganggu jam istirahat mereka.
Ilustrasi Ketahui penyebab dan cara mengatasi nyeri asam urat kambuh saat tidur malam hari (Sumber : Freepik.com/@krakenimages.com)
Food & Travel20 Juni 2024, 15:30 WIB

Awas! 6 Makanan Ini Bisa Menyebabkan Kadar Gula Darah Melonjak Tinggi

Kedelai tanpa pemanis cenderung paling kecil kemungkinannya untuk meningkatkan gula darah, karena kadar gula yang lebih rendah dan kadar protein yang lebih tin
Ilustrasi. Awas Makanan Ini Bisa Menyebabkan Kadar Gula Darah Melonjak Tinggi! (Sumber : Pixabay/Stanias)
Sukabumi20 Juni 2024, 15:23 WIB

Korban Tawuran Pelajar? Remaja Kena Sabetan Celurit di Pabuaran Sukabumi

Korban yang saat ini dirawat di Puskesmas Pabuaran adalah satu orang.
Luka pada kepala remaja yang saat ini ditangani di Puskesmas Pabuaran, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa