Golkar Akan Lakukan Evaluasi, 3 Calon Bupati Sukabumi yang Diberi Penugasan Siapa yang Lolos?

Kamis 14 Maret 2024, 22:45 WIB
Calon kepala daerah yang ditugaskan oleh DPP Partai Golkar untuk Kabupaten Sukabumi pada Pilkada 2024 | Foto : Sukabumi Update

Calon kepala daerah yang ditugaskan oleh DPP Partai Golkar untuk Kabupaten Sukabumi pada Pilkada 2024 | Foto : Sukabumi Update

SUKABUMIUPDATE.com - Menghadapi Pilkada serentak tahun 2024 di tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota 2024, Partai GOLKAR (PG) telah mengeluarkan 1.040 surat tugas untuk fungsionaris bakal calon kepala daerah di seluruh Indonesia.

Mengutip pernyataan Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai GOLKAR (DPP PG) Airlangga Hartarto usai rapat pleno di DPP Partai Golkar, di Jakarta Barat, pada Minggu (10/3/24 bahwa Partai Golkar kini tengah persiapan untuk melakukan evaluasi.

"Partai Golkar sudah mengeluarkan lebih dari 1.040 penugasan untuk bupati, wali kota, gubernur, dan sekarang adalah persiapan untuk evaluasi," ujar Airlangga Hartarto seperti dikutip liputan6.com, Senin (11/3/2024).

Sebagai informasi, merujuk pada surat perintah (SPRIN) yang dikeluarkan DPP Partai Golkar, untuk Kabupaten Sukabumi ada 3 nama yang diberi penugasan untuk mencalonkan diri sebagai bakal calon kepala daerah (Cakada), yakni : Asep Jafar (Mantan Kadis PU), Budi Azhar Mutawali (Wk Ketua DPRD Kabupaten / Sekretaris DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi) dan Iyos Somantri (Wakil Bupati Sukabumi).

Baca Juga: Gebrakan Kepala Bapenda Sukabumi Baru, Taat Bayar Pajak Dapat Hadiah Umrah

Dikonfirmasi terkait hal tersebut, Wakil Ketua Bidang PP Jabar IV DPD Partai Golkar Jawa Barat, Nurmansyah membenarkan kabar tersebut. Ia mengungkapkan surat tugas sudah dibagikan sejak tanggal 23 November 2023. Dari ketiga nama yang muncul, dinilai cukup mencerminkan aspirasi dari daerah dan pertimbangan khusus dari DPP Partai Golkar.

Melalui surat tersebut, kata Nurman, DPP PG menugaskan para calon untuk melakukan sosialisasi sebagai calon kepala daerah (Cakada) dari Partai Golkar dan berkontribusi untuk membantu Partai Golkar dalam Pemilu 2024.

Nurman menilai penugasan tersebut efektif untuk melihat kapasitas calon. Misalnya Budi Azhar dengan kapasitas sebagai Sekretaris DPD Partai Golkar, ia berhasil membawa Partai Golkar menjadi pemenang Pileg di Kabupaten Sukabumi, bahkan ia pun menunjukan kualitasnya dengan meraih suara terbanyak dari seluruh caleg.

“Itu salah satu indikator yang akan menjadi penilaian bagi DPP Partai Golkar untuk menentukan layak tidaknya kandidat diusung,” jelas Nurman kepada sukabumiupdate.com melalui sambungan telepon, Kamis (14/3/2024).

Baca Juga: Fungsionaris Golkar Jabar Angkat Bicara Soal Nama Calon Bupati Sukabumi: Belum Ada yang Final

Menurut Nurman, Partai Golkar merupakan partai besar berbasis sistem organisasi. Penjaringan calon kepala daerah (Cakada) ada mekanismenya yang berbasis pada aturan organisasi.

Untuk itu, kata dia, semua kandidat harus bersungguh-sungguh dalam melakukan kerja-kerja politik, karena dalam waktu dekat DPP PG akan melakukan evaluasi dan survei untuk menilai kelayakan para calon.

Selain itu, sambung Nurman, para calon juga akan menjalani uji kelayakan secara berjenjang, yang pada akhirnya akan dipilih salah satunya untuk direkomendasikan diusung menjadi calon kepala daerah (Cakada) Dari Partai Golkar oleh DPP PG .

"Pada akhirnya penentuan siapa kandidat yang layak diusung, akan sangat ditentukan oleh kualifikasi dan kinerja para kandidat, bukan oleh siapa yang mendukung atau merekomendasikan," tegasnya.

"Partai Golkar bukan milik perorangan atau kelompok tertentu, tapi Partai yang menjunjung tinggi nilai dan Peraturan Organisasi. Jadi penilaian kandidat berjalan sesuai kualifikasi dan mekanisme organisasi," pungkasnya.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Science22 Juli 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 22 Juli 2024, Cek Dulu Langit di Awal pekan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan dan berawan pada Senin 22 Juli 2024.
Ilustrasi. Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan dan berawan pada Senin 22 Juli 2024. (Sumber : Unplash/Gabriel Garcia Marengo)
Sukabumi21 Juli 2024, 23:20 WIB

Aksi Maling Nekat Terekam CCTV di Sukabumi, Bawa Kabur Motor di Depan Korban

Terekam CCTV aksi nekat maling motor yang bawa kabur barang curiannya di depan korban di Cicurug Sukabumi.
Sosok pelaku pencurian motor di depan Toko Kosmetik di Jalan Cimelati, Cicurug Sukabumi. (Sumber : Tangkapan Layar CCTV/Istimewa)
Sukabumi21 Juli 2024, 22:34 WIB

RW 05 Kebon Manggu Kota Sukabumi Peringati 10 Muharram Dengan Santuni Anak Yatim dan Jompo

Pengurus RW 05 Kampung Kebon Manggu Kota Sukabumi peringati 10 muharram 1446 H dengan memberikan santunan kepada anak yatim piatu dan jompo.
RW 05 Kampung Kebon Manggu, Kelurahan Sukakarya, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi menggelar kegiatan pemberian santunan kepada anak yatim dan jompo dalam rangka memperingati 10 Muharram 1446 H. (Sumber : Istimewa)
Life21 Juli 2024, 22:00 WIB

9 Tips Hidup Bahagia di Usia Tua, Yuk Rencanakan Masa Depan dengan Bijak!

Pastikan Anda merencanakan keuangan dengan baik untuk keamanan finansial di masa tua. Konsultasikan dengan penasihat keuangan jika diperlukan agar hidup bahagia di usia tua nanti.
Ilustrasi. Lansia. Jangan lupa untuk sering tertawa dan menikmati momen-momen ringan. Humor dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan suasana hati. (Sumber : Freepik/@jcomp)
Game21 Juli 2024, 21:00 WIB

9 Cara Mencegah Anak Kecanduan Game Online, Manfaatkan Fitur Parental Controls

Jika kecanduan game sudah mengkhawatirkan, pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan psikolog anak atau terapis.
Ilustrasi. Anak bermain gadget. |  Cara Mencegah Anak Kecanduan Game Online Foto: Pixabay
Sukabumi Memilih21 Juli 2024, 20:11 WIB

PKS Resmi Usung Iyos di Pilkada 2024, Ini Kata Mantan Bupati Sukabumi Sukmawijaya

Sukmawijaya blak-blakan soal alasan PKS akhirnya menyatakan dukungan kepada Iyos Somantri untuk maju sebagai Bakal Calon Bupati Sukabumi di Pilkada 2024.
Mantan Bupati Sukabumi yang juga Dewan Pakar DPD PKS Kabupaten Sukabumi, Sukmawijaya. (Sumber : SU/Ibnu)
Life21 Juli 2024, 20:00 WIB

10 Kebiasaan Orang Malas di Malam Hari Ini Tak Boleh Dicontoh, Begini Solusinya!

Orang malas biasanya tidak membersihkan diri atau tempat tidur dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan gangguan kesehatan.
Ilustrasi. Menonton Film Hingga Larut Malam. Kebiasaan Orang Malas di Malam Hari yang Tidak Boleh Dicontoh (Sumber : Freepik)
Kecantikan21 Juli 2024, 19:00 WIB

11 Rutinitas Skincare di Malam Hari, Gak Cuma Cuci Muka Ya!

Rutinitas Skincare di Malam Hari Gak Cuma Cuci Muka.Pilih serum berdasarkan kebutuhan kulit, seperti serum anti-aging, serum pencerah, atau serum yang mengandung hyaluronic acid untuk hidrasi.
Ilustrasi. Memakai Skincare Malam. Perhatikan reaksi kulit terhadap produk baru dan hindari produk yang menyebabkan iritasi. | Sumber: Freepik.com (artursafronovvvv)
Life21 Juli 2024, 18:00 WIB

Doa Saat Susah Tidur di Malam Hari Menurut Anjuran Rasulullah SAW

Doa Saat Susah Tidur di Malam Hari Menurut Anjuran Rasulullah SAW. Dikisahkan, Zaid bin Tsabit suatu malam mengadu kepada Rasulullah SAW saat semalaman tidak bisa tidur.
Ilustrasi. Membaca Doa Saat Susah Tidur di Malam Hari Menurut Anjuran Rasulullah SAW (Sumber : Freepik/@freepik)
Internasional21 Juli 2024, 17:46 WIB

Kemlu Pastikan Tidak Ada WNI Korban Serangan Israel ke Pelabuhan Yaman

Kemlu RI memastikan tidak ada WNI yang menjadi korban dalam keganasan serangan Israel ke Pelabuhan Hudaidah, Yaman.
Asap dan api mengepul dari Pelabuhan Hodeidah usai serangan udara Israel di Yaman, 20 Juli 2024. Ledakan terjadi setelah pesawat tempur Israel menyerang pelabuhan tersebut. (Sumber Foto: Houthi Media Centre/Handout via REUTERS)