5 Kriteria Calon Presiden Indonesia, Jokowi: Jangan Cuma Sibuk Tanda Tangan!

Senin 15 Mei 2023, 11:30 WIB
5 Kriteria Calon Presiden, Jokowi: Jangan Cuma Sibuk Tanda Tangan (Sumber : Istimewa)

5 Kriteria Calon Presiden, Jokowi: Jangan Cuma Sibuk Tanda Tangan (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Kriteria Calon Presiden (Capres) sempat disinggung oleh Presiden Indonesia yang kini sedang menjabat, Bapak Joko Widodo. Presiden yang lebih dikenal dengan nama Jokowi itu menyebutkan beberapa kriteria ideal seorang Capres yang akan melanjutkan tugas-tugas dirinya nanti.

Salah satu Kriteria Capres itu yakni harus seseorang yang aktif dan tidak hanya duduk di istana saja. Artinya, Presiden Indonesia harus seorang pemimpin sejati, tidak hanya diwakili tandatangan yang dibubuhkan dalam setiap dokumen.

Hal itu disampaikan Jokowi setelah mengantongi tiga nama bakal capres dari relawannya di Puncak Musyawarah Rakyat (Musra) Indonesia. Mengutip suara.com, acara tersebut digelar di Istora Senayan Jakarta pada Minggu (14/5/2023) kemarin.

Baca Juga: Loker Sukabumi Lulusan SMA: Penempatan di Cibadak, Cisaat dan Sukalarang

Lantas, apa saja Kriteria Calon Presiden ideal menurut Jokowi? Simak ulasannya berikut ini!

Kriteria Ideal Calon Presiden menurut Jokowi

1. Paham mengelola negara

Dalam acara puncak Musra Indonesia, Jokowi menyinggung kriteria pemimpin Indonesia selanjutnya haruslah sosok yang paham betul cara mengelola negara. Selain itu, menurut Jokowi, pemimpin Indonesia ke depan adalah orang yang dapat dan mampu memanfaatkan peluang yang ada.

2. Aktif, tak hanya duduk di Istana

Kriteria selanjutnya yang diungkapkan Jokowi mengenai calon presiden Indonesia selanjutnya adalah sosok yang aktif.

Menurut Jokowi, menjadi presiden bukanlah hanya sekadar rutinitas belaka, sehingga dibutuhkan sosok yang bisa tampil di depan sebagai pemimpin. Jokowi juga menyebut jangan sampai pemimpin Indonesia hanya duduk-duduk di Istana, dan cuma sibuk menanda tangan.

3. Anti korupsi

Selain dua hal sebelumnya, Jokowi turut menginginkan sosok pemimpin Indonesia selanjutnya yang memiliki komitmen untuk tidak korupsi, atau dengan kata lain antikorupsi.

Hal ini didasarkan pada kondisi riil Indonesia saat ini yang memiliki sumber daya alam yang kaya dibanding negara lainnya. Karena itu sangat dibutuhkan pemimpin yang kuat dan antikorupsi.

4. Mampu kelola sumber daya alam

Terkait dengan kekayaan sumber daya alam Indonesia, Jokowi lalu menyatakan kalau calon presiden Indonesia selanjutnya adalah sosok yang mampu menghadapi ketidakpastian global. Hal ini terkait dengan pengelolaan sumber daya alam Indonesia yang kaya.

Sebab menurut dia sudah bertahun-tahun Indonesia malah mengekspor bahan mentah, dibanding mengelolanya di dalam negeri. Padahal sudah jelas komoditas pertanian dan perkebunan di Tanah Air semua melimpah.

5. Pemberani

Terakhir, Jokowi menegaskan kalau calon presiden Indonesia mendatang haruslah sosok yang pemberani. Ia menegaskan kalau Indonesia membutuhkan pemimpin yang dekat dengan rakyat dan berani mengambil keputusan.

Apalagi Indonesia merupakan bangsa yang besar, dengan jumlah penduduk mencapai 280 juta.

Baca Juga: 23 Paribasa Sunda dan Artinya, Contohnya "Cilaka Dua Belas"

Sebelumnya diketahui, PDI Perjuangan telah resmi mengusung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai bakal capres yang akan bertarung di Pilpres 2024 mendatang. Tak berapa lama setelah resmi diusung, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Hanura ikut merapat dalam menyatakan mendukung Ganjar Pranowo.

Selain itu, sambutan publik terhadap sosok Ganjar cukup baik, setidaknya hal itu terlihat dari sejumlah survei yang menyatakan popularitas dan elektabilitas Ganjar berada di posisi teratas.

Sumber: Suara.com/Damayanti Kahyangan

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life27 April 2024, 14:00 WIB

Suka Buat Tipu-Muslihat, Ini 6 Karakter Orang Licik yang Harus Diwaspadai di Sekitar Kita

Orang licik biasanya memiliki karakter yang kurang baik dalam lingkungan sosial, sehingga gampang ditebak ciri dari mereka yang melekat.
Ilustrasi - Orang licik biasanya memiliki karakter yang kurang baik dalam lingkungan sosial, sehingga gampang ditebak ciri dari mereka yang melekat. (Sumber : Pixabay/Cristian Benavides).
Life27 April 2024, 13:45 WIB

Takut Mengambil Resiko! 5 Kebiasaan Ini yang Selalu Dihindari Orang Kaya

Kebiasaan tertentu selalu dihindari oleh orang kaya agar kehidupanya selamat di masa depan. Hal ini yang selalu menjadi perhatian orang kaya.
Ilustrasi - Kebiasaan tertentu selalu dihindari oleh orang kaya agar kehidupanya selamat di masa depan. Hal ini yang selalu menjadi perhatian orang kaya. (Sumber : pexels.com/@Andrea Piacquadio)
Life27 April 2024, 13:30 WIB

9 Cara Menghadapi Orang Jutek, Harus Tenang dan Jangan Terbawa Emosi!

Bertemu dengan orang yang jutek bisa menjadi pengalaman yang menantang.
Ilustrasi - Bertemu dengan orang yang jutek bisa menjadi pengalaman yang menantang. (Sumber : unsplash.com/@Obie Fernandez)
Food & Travel27 April 2024, 13:26 WIB

Bukit Pasir Randu, Tempat Menarik Nikmati Pesona Sunrise di Cisolok Sukabumi

Bukit Pasir Randu menyajikan pemandangan yang memikat hati.
Pemandangan matahari terbit atau sunrise di Bukit Pasir Randu, Desa Pasirbaru, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life27 April 2024, 13:00 WIB

10 Cara Mudah Menghadapi Anak yang Tantrum, Bunda Wajib Tahu!

Setiap orangtua pasti pernah mengalami momen di mana anak mereka meledak tantrum yang intens.
Ilustrasi - Setiap orangtua pasti pernah mengalami momen di mana anak mereka meledak tantrum yang intens. (Sumber : Pixabay.com/@parent90).
Life27 April 2024, 12:30 WIB

Kehadirannya Sering Mengganggu! 6 Cara Ampuh Menghilangkan Semut di Rumah

Ada beberapa cara untuk menghilangkan semut di rumah yang sering mengganggu.
Ilustrasi - Ada beberapa cara untuk menghilangkan semut di rumah yang sering mengganggu. (Sumber : Pixabay.com/@actee3).
Life27 April 2024, 12:15 WIB

Rasa Iri atau Dendam, 7 Alasan Seseorang Membenci Kita yang Perlu Diwaspadai

Salah satu realitas yang tidak dapat dihindari dalam kehidupan adalah bahwa tidak semua orang akan menyukai atau menyambut kita dengan baik.
Ilustrasi - Salah satu realitas yang tidak dapat dihindari dalam kehidupan adalah bahwa tidak semua orang akan menyukai atau menyambut kita dengan baik. (Sumber : Pixabay.com/nooneknow22).
Bola27 April 2024, 12:00 WIB

Jadwal Semifinal Piala Asia U-23 2024: Timnas Indonesia vs Uzbekistan

Timnas Indonesia U-23 memiliki peluang untuk mengalahkan Uzbekistan U-23, mengingat performa apik yang ditunjukkan selama turnamen ini.
Timnas Indonesia U-23 memiliki peluang untuk mengalahkan Uzbekistan U-23, mengingat performa apik yang ditunjukkan selama turnamen ini. (Sumber : pssi.org)
Sukabumi27 April 2024, 11:55 WIB

Indonesia Menuju Olimpiade, Kisah Wasit Asal Sukabumi Pernah Pimpin Laga di Ajang Serupa

Kosasih memulai kariernya sebagai pesepak bola bersama klub Pertiwi.
Kosasih Kartadiredja, wasit berlisensi FIFA pertama di tanah air asal Sukabumi. | Foto: Historia.id
Fashion27 April 2024, 11:30 WIB

7 Tips Berpakaian Agar Terlihat Tinggi, Bikin Badan Jadi Lebih Proporsional

Dengan sedikit usaha dan strategi, orang bertubuh pendek dapat menemukan pakaian yang pas, stylish, dan nyaman.
Ilustrasi - Dengan sedikit usaha dan strategi, orang bertubuh pendek dapat menemukan pakaian yang pas, stylish, dan nyaman. (Sumber : Pixabay.com/@ditaa12).