Kenapa Ukuran Payudara Wanita Bisa Berubah? Cek Penyebabnya

Minggu 12 Januari 2020, 19:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Tak ada ukuran ideal untuk payudara karena setiap wanita berbeda-beda. Tapi untuk orang Indonesia, rata-rata ukurannya adalah 32-34 dengan rentang cup A hingga C. 

Tapi tahukah Anda bahwa ukuran payudara juga bisa berubah, meski wanita tersebut sudah mencapai usia dewasa? Ada banyak penyebabnya, di antaranya faktor keturunan dan persalinan. Jadi jangan heran jika ukuran payudara Anda bertambah besar, lalu mengecil lagi.

Berikut beberapa penyebab perubahan ukuran payudara yang perlu Anda ketahui.

1. Keturunan

Faktor keturunan menentukan warna rambut hingga warna kulit, begitu pula ukuran payudara. Bukan berarti ketika seorang perempuan terlahir dari ibu dengan ukuran payudara cup C maka ia akan memiliki ukuran yang sama, namun kecenderungan memiliki ukuran payudara cup C lebih besar.

2. Berat badan

Di dalam payudara, terdapat jaringan, kelenjar susu, dan juga jaringan lemak. Ada orang yang memiliki jaringan lemak lebih tinggi, sehingga bisa merasakan perubahan ukuran payudara saat berat badannya bertambah atau berkurang.

3. Rutinitas olahraga

Rupanya, olahraga juga bisa membuat payudara tampak lebih kencang. Aktivitas olahraga yang menggunakan otot pectoralis atau otot tebal yang ada di anterior dari dinding dada seperti angkat beban bisa menyebabkan ukuran payudara tampak lebih besar.

Meski demikian, sebenarnya yang bertambah besar bukanlah payudaranya. Justru, yang berkembang adalah otot di belakang payudara sehingga mendorong payudara lebih ke depan.

4. Haid

Perempuan yang sedang haid juga bisa mengalami perubahan tekstur, bentuk, hingga ukuran payudara. Saat beberapa hari awal siklus ovulasi, tubuh memproduksi hormon estrogen yang menstimulasi kelenjar susu di payudara.

Namun pada hari-hari akhir siklus menjelang haid, hormon progesteron mengambil peran sehingga menyebabkan payudara lebih sensitif. Rasanya seperti membengkak dan tampak lebih besar.

Saat sedang haid, beberapa perempuan akan merasakan payudaranya lebih besar karena kelenjar susu sedang membesar. Setelah haid selesai, payudara akan kembali ke tekstur dan ukuran semula.

5. Metode kontrasepsi

Metode kontrasepsi yang digunakan juga bisa berpengaruh terhadap ukuran payudara. Jenis-jenis KB seperti pil, suntik, dan IUD hormonal juga bisa membuat hormon estrogen dan progesteron lebih aktif.

Pada fase ini, payudara bisa terlihat lebih besar. Meski demikian, kondisi ini tidaklah permanen. Biasanya, perubahan ukuran payudara hanya akan terasa saat baru memulai penggunaan kontrasepsi.

6. Kehamilan dan pasca-persalinan

Lihat bagaimana ukuran payudara ibu hamil bisa bertambah berkali-kali lipat? Hal ini terjadi karena adanya perubahan hormon di tubuh wanita seperti meningkatnya progesteron. Itulah mengapa saat usia kehamilan memasuki bulan ke-5 atau ke-6, payudara sudah bisa memproduksi ASI.

Setelah lahiran, ukuran payudara bisa terlihat besar terutama bagi ibu menyusui. Idealnya, ukuran payudara akan kembali normal setelah 3-6 bulan setelah berhenti menyusui.

7. Usia

Tentu payudara Anda sekarang tidak sama dengan bentuk dan ukuran saat masih remaja dulu, begitu pula kelak saat sudah berusia lanjut. Contohnya saat seorang perempuan memasuki fase menopause, hormon estrogen akan menurun. Artinya, jaringan ikat di payudara berhenti produksi dan perlahan menyusut.

Hal ini sangat normal, ditambah lagi seiring dengan penuaan, elastisitas kulit dan kemampuan meregangnya ligamen juga ikut berkurang.

Semua perubahan ukuran payudara sangatlah normal selama ada faktor perubahan yang mendasarinya. Namun apabila perubahan ukuran payudara terjadi tiba-tiba, segera konsultasikan pada dokter untuk mengantisipasi tumor di payudara. 

 

Sumber : tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life27 April 2024, 12:15 WIB

Rasa Iri atau Dendam, 7 Alasan Seseorang Membenci Kita yang Perlu Diwaspadai

Salah satu realitas yang tidak dapat dihindari dalam kehidupan adalah bahwa tidak semua orang akan menyukai atau menyambut kita dengan baik.
Ilustrasi - Salah satu realitas yang tidak dapat dihindari dalam kehidupan adalah bahwa tidak semua orang akan menyukai atau menyambut kita dengan baik. (Sumber : Pixabay.com/nooneknow22).
Bola27 April 2024, 12:00 WIB

Jadwal Semifinal Piala Asia U-23 2024: Timnas Indonesia vs Uzbekistan

Timnas Indonesia U-23 memiliki peluang untuk mengalahkan Uzbekistan U-23, mengingat performa apik yang ditunjukkan selama turnamen ini.
Timnas Indonesia U-23 memiliki peluang untuk mengalahkan Uzbekistan U-23, mengingat performa apik yang ditunjukkan selama turnamen ini. (Sumber : pssi.org)
Sukabumi27 April 2024, 11:55 WIB

Indonesia Menuju Olimpiade, Kisah Wasit Asal Sukabumi Pernah Pimpin Laga di Ajang Serupa

Kosasih memulai kariernya sebagai pesepak bola bersama klub Pertiwi.
Kosasih Kartadiredja, wasit berlisensi FIFA pertama di tanah air asal Sukabumi. | Foto: Historia.id
Fashion27 April 2024, 11:30 WIB

7 Tips Berpakaian Agar Terlihat Tinggi, Bikin Badan Jadi Lebih Proporsional

Dengan sedikit usaha dan strategi, orang bertubuh pendek dapat menemukan pakaian yang pas, stylish, dan nyaman.
Ilustrasi - Dengan sedikit usaha dan strategi, orang bertubuh pendek dapat menemukan pakaian yang pas, stylish, dan nyaman. (Sumber : Pixabay.com/@ditaa12).
Figur27 April 2024, 11:21 WIB

Lahir di Sukabumi, Sastrawan Joko Pinurbo Meninggal Dunia

Rencananya jenazah Joko Pinurbo akan dimakamkan di Sleman.
Foto Joko Pinurbo pada 2018. | Foto: Instagram/@joko_pinurbo
Inspirasi27 April 2024, 11:00 WIB

Lowongan Kerja Administrasi Minimal Lulusan SMA dengan Lokasi Penempatan di Kota Bandung

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja Administrasi dengan Lokasi Penempatan di Kota Bandung. | (Sumber : Freepik.com/jcomp)
Sukabumi27 April 2024, 10:32 WIB

435 Kasus DBD Tercatat di Kota Sukabumi pada Triwulan Pertama 2024

Periode triwulan pertama 2024, sebanyak 132 pasien berasal dari usia 5-14 tahun.
(Foto Ilustrasi) Dinkes Kota Sukabumi merilis data terbaru kasus DBD selama Januari hingga Maret 2024. | Foto: Pixabay
Life27 April 2024, 10:30 WIB

Stres dan Kecemasan, 5 Penyebab Susah  Tidur  yang Harus Anda Diwaspadai

Stres dan kecemasan adalah salah satu faktor utama yang menjadi penyebab orang susah tidur.
Ilustrasi - Stres dan kecemasan adalah salah satu faktor utama yang menjadi penyebab orang susah tidur. | (Sumber : Freepik.com/@DCStudio)
Sukabumi Memilih27 April 2024, 10:15 WIB

Didukung Golkar Gerindra dan PPP, Asjap Percaya Diri Maju di Pilkada Sukabumi

Asjap mengaku bahagia dan percaya diri atas kepercayaan yang didapatnya.
Asjap setelah acara deklarasi koalisi di Grand Sulanjana, Jalan Salabintana, Kecamatan/Kabupaten Sukabumi, Jumat, 26 April 2024. | Foto: SU/Asep Awaludin
Life27 April 2024, 10:00 WIB

9 Alasan Mengapa Semakin Dewasa Kamu Pasti Merasa Kesepian

Ada beberapa alasan yang menunjukan seseorang mengalami kesepian dalam hidupnya.
Ilustrasi - Ada beberapa alasan yang menunjukan seseorang mengalami kesepian dalam hidupnya. (Sumber : pexels.com/mikoto.raw Photographer).