9 Cara Menghilangkan Bekas Luka Agar Tampil Lebih PD, Yuk Coba!

Rabu 01 Maret 2023, 06:30 WIB
Ilustrasi. Keloid | Cara Menghilangkan Bekas Luka Agar Tampil Lebih PD (Sumber : Freepik/@tirachard)

Ilustrasi. Keloid | Cara Menghilangkan Bekas Luka Agar Tampil Lebih PD (Sumber : Freepik/@tirachard)

SUKABUMIUPDATE.com - Memiliki bekas luka tak hanya mengganggu penampilan, tetapi juga malu bukan kepalang. Bahkan bekas luka ini bisa sampai membunuh rasa percaya diri seseorang alias Gak PD.

Biasanya, Gak PD punya bekas luka semakin menjadi ketika yang mengalaminya adalah wanita. Ini tak jauh dari kesan cantik wanita yang kerap identik dengan istilah 'good looking', bekas luka rasanya harus enyah jauh-jauh!

Seperti diketahui, ketika mengalami luka biasanya akan menimbulkan bekas pada tubuh. Bekas luka akan membuat kulit menjadi terlihat jelek dan tidak bagus untuk penampilan.

Baca Juga: Nostalgia di Tren Instagram National Little You Day, Wisata Masa Lalu!

Bekas luka pada kaki biasanya disebabkan melanin pada tubuh yang membentuk pigmen sehingga menimbulkan warna hitam. Bekas luka ini adalah suatu hal yang dapat dihilangkan.

Yuk, Coba 9 Cara Menghilangkan Bekas Luka Agar Tampil Lebih PD, seperti dilansir dari Brightside via Suara.com:

1. Vaseline

Menurut penelitian, vaselin terbukti menjadi obat yang dapat menghilangkan bekas luka. Caranya hanya dengan mengoleskan vaselin secara rutin pada bekas luka.

Selain itu, vaseline juga membantu kulit tetap terhidrasi sehingga tidak kering dan kasar. Vaseline sangat baik untuk menghilangkan bekas luka cacar air, jerawat, dan Stretch Mark.

2. Lidah Buaya

Lidah buaya memang diketahui baik untuk perawatan kulit. Lidah buaya mengandung zat yang dapat meningkatkan proses regenerasi kulit serta memiliki efek antiinflamasi dan antiseptik pada kulit yang rusak.

Penggunaan lidah buaya sangat baik untuk bekas luka pasca operasi. Cara menggunakannya hanya mengoleskan gel pada lidah buaya pada bagian kulit.

3. Bantalan Silikon (hansaplast)

Penggunaan perban dengan gel silikon dapat membantu menghilangkan bekas luka. Biasanya kita dapat menemukan ini pada hansaplast.

Penggunaan ini dapat meningkatkan hidrasi dan melindungi kulit yang terluka dari bakteri. Bantalan silikon sangat baik untuk menghilangkan bekas luka hipertrofik, seperti keloid.

Baca Juga: 31 Contoh Paribasa Sunda dan Artinya, Salah Satunya Caang Bulan Opat Welas

4. Minyak Esensial

Minyak esensial dapat meningkatkan sintesis kolagen yang membawa sifat antiseptik, anti inflamasi, dan penyembuhan pada kulit. Minyak esensial ini dapat berupa cendana atau lavender.

Penggunaan minyak ini, dipercaya dapat mendukung proses penyembuhan dan regeneratif jika digunakan secara teratur.

5. Tabir Surya

Tabir surya dipercaya dapat melindungi kulit dari sinar ultraviolet yang dihasilkan matahari. Sinar ultraviolet dapat memperlambat proses regeneratif dan membantu sel menghasilkan pigmen sehingga membuat kulit berwarna hitam dan menyebabkan bintik. Penggunaan tabir surya dapat mengurangi risiko tersebut.

6. Ekstrak Bawang

Ekstrak bawang memiliki sifat antiinflamasi, antioksidan, dan antibakteri. Hal ini dapat berguna untuk menghilangkan bekas luka. Ekstrak bawang dipercaya ampuh menghilangkan bekas luka bakar dan pascaoperasi.

7. Sari Cuka Apel dan Madu

Sari cuka apel mengandung sifat antimikroba dan antioksidan yang dipercaya sebagai desinfektan serta estrogen alami pada tubuh. Mencampurkan sari cuka apel dan madu rupanya dapat menghilangkan bekas luka pada kulit.

Sari cuka apel dan madu sangat ampuh untuk menghilangkan bekas luka jerawat.

Baca Juga: Kenapa Namanya Sukabumi? Sebelum Like Earth Kekinian, Ini Cerita Historis Kota Mochi!

8. Minyak Zaitun

Minyak zaitun kaya akan vitamin penting yang membantu proses penyembuhan bekas jerawat, serta menjaga kulit tetap terhidrasi dan bergizi. Cara menggunakannya dengan mengoleskan minyak ke bekas luka secara rutin.

9. Minyak Kelapa

Minyak kelapa mengandung asam laurat, kaprilat, dan kaprat, yang membantu menyembuhkan kulit rusak dengan merangsang produksi kolagen. Cara menggunakannya dengan mengoleskan minyak ke bekas luka secara rutin. / Fajar Ramadhan

Sumber: Suara.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi27 April 2024, 21:59 WIB

Janda Asal Kompa, Identitas Mayat Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi

Menurut Yulianti, korban mengalami keterbelakangan mental.
Mayat EKS (25 tahun) di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa
Science27 April 2024, 21:20 WIB

Warga Sukabumi Ngerasa? BMKG Catat Gempa Darat M3.1 Akibat Sesar Cugenang

Gempa yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cugenang.
Peta gempa bumi berkekuatan 3.1 magnitudo pada Sabtu (27/4/2024) pukul 20.22.59 WIB di wilayah Sukabumi dan Cianjur. | Foto: BMKG
Life27 April 2024, 21:00 WIB

Mau Tahu Rahasianya? 6 Langkah Menjadi Orang yang Berkelas dan Elegan

Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri.
Ilustrasi - Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri. (Sumber : Pexels/ Andrea Piacquadio).
Life27 April 2024, 20:42 WIB

Tanggapi dengan Serius, 7 Cara Ini Bisa Dilakukan saat Anak Tidak Mau Pergi Sekolah

Apakah anak prasekolah Anda kesulitan meninggalkan Anda? Bagaimana dengan anak Anda yang berusia 5 tahun? Apakah mereka tidak mau sekolah? Inilah yang harus dilakukan.
Ilustrasi anak ke sekolah. | Foto: Pexels.com/@RDNEStockproject
Life27 April 2024, 20:33 WIB

Dapat Memupuk Keterampilan Kognitif, Ini 6 Aktivitas yang Sangat Baik untuk Anak

Membesarkan anak yang baik hati, bersemangat, dan mandiri mungkin lebih mudah dari yang Anda kira. Berikut beberapa aktivitas yang sering diabaikan yang memupuk keterampilan kognitif, sosial, dan emosional.
Ilustrasi aktivitas anak. | Foto: Freepik/jcomp
Life27 April 2024, 20:00 WIB

7 Penyakit Hati yang Haram Dipelihara agar Selamat Dunia Akhirat, Apa Kamu Memilikinya?

Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata.
Ilustrasi. Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata. (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi27 April 2024, 19:52 WIB

Polres Sukabumi Kota Gelar Nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan.
Ilustrasi - Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan. (Sumber : X/@@kabarmojokerto_).
Sukabumi27 April 2024, 19:36 WIB

Mayat Wanita Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi, Rambutnya Pendek

Jenazah berusia remaja ini ditemukan dalam kondisi tersangkut pada tumpukan kayu.
Mayat wanita setengah telanjang yang ditemukan di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Warganet Instagram
Life27 April 2024, 19:00 WIB

Bisa Sebabkan Kematian! 6 Bahaya Kesepian yang Jarang Disadari Banyak Orang

Orang yang selalu merasa kesepian tidak baik bagi kesehatan. Sebab di dalamnya tersimpan bahaya yang mengancam kondisi fisik seseorang.
Ilustrasi - Orang yang selalu merasa kesepian tidak baik bagi kesehatan. Sebab di dalamnya tersimpan bahaya yang mengancam kondisi fisik seseorang. (Sumber : Pixabay/Andrea Piacquadio).
Sukabumi27 April 2024, 18:55 WIB

Terlindas Mobil, Kronologi Pemotor Tewas Kecelakaan di Cibadak Sukabumi

H meninggal dunia karena mengalami luka sobek dan luka lecet.
Tangkapan layar video saat H (35 tahun) dievakuasi warga. H meninggal dunia setelah kecelakaan di Jalan Suryakencana, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa