bankbjb

Kuasai Kabupaten Sukabumi, Gerindra Siap Ambil Alih Kursi Ketua DPRD

Ardi Yakub
Penulis
Kamis 25 Apr 2019, 01:53 WIB
Kuasai Kabupaten Sukabumi, Gerindra Siap Ambil Alih Kursi Ketua DPRD

SUKABUMIUPDATE.com - Partai Gerindra berpeluang mengambil alih 'jatah' kursi Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi. Partai tersebut mendapat raihan suara paling tinggi.

Berdasarkan data yang diolah dari model DA.1 dari setiap kecamatan, Gerindra mendapat 254.632 suara (19,8 persen). Dengan raihan suara tersebut, Gerindra punya jatah kursi paling banyak.  Yakni 9 kursi.

Berbanding terbalik dengan Gerindra, Partai Golkar justru kehilangan satu kursi. Pada Pemilu 2019 ini, Golkar diperkirakan hanya mendapat 7 kursi.

BACA JUGA: Hebat! Gerindra Borong Tiga Kursi dari Dapil 3 Kabupaten Sukabumi

Berada di urutan kedua, Partai Golkar memperoleh 195.861 suara atau 15,2 persen dari total suara sah. Kursi yang didapat berasal dari seluruh daerah pemilihan. Termasuk dua kursi dari Dapil 2.

Dikonfirmasi terpisah, Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Sukabumi, Yudha Sukmagara menilai perolehan suara partainya juga dipengaruhi efek Pilpres. Ia memandang hal ini sebagai bentuk aspirasi masyarakat.

"Alasan mengapa suara Gerindra bisa mencapai angka demikian adalah karena memang ada efek besar dari Pilpres, dimana masyarakat pun menginginkan adanya perubahan", tutur Yudha.

Setelah Gerindra dan Golkar, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menempati urutan ke tiga dan empat. PKS mendapat 161.295 suara (12,5 persen) dan memperoleh 7 kursi. Sementara PDIP mendapat 134.277 suara (10,4 persen) dan 6 kursi.

BACA JUGA: Intip 9 Caleg Terpilih Dapil 2 Kabupaten Sukabumi, Benarkah Golkar Masih Dua Kursi?

Selain PDIP, dua partai lain juga memperoleh jumlah kursi yang sama yakni enam. Yaitu Partai Amanat Nasional (PAN) dengan raihan suara 118.698 suara (9,2 persen) serta Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang mendapat 94.186 suara (9,2 persen).


Ardi Yakub
Editor
Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini