Kinerja Disdukcapil dalam Layanan Kependudukan Diapresiasi Wali Kota Sukabumi

Senin 14 Maret 2022, 22:13 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menjadi pembina apel pagi di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau Disdukcapil Kota Sukabumi, Senin (14/3/2022).

Pada momen tersebut Wali Kota mengapresiasi penghargaan yang diraih Disdukcapil sebagai penyelenggara pelayanan publik terbaik oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Hadir dalam kesempatan itu Kepala Disdukcapil Kota Sukabumi Kardina Karsoedi dan Sekretaris Disdukcapil Kota Sukabumi Hudi K Wahyu.

"Alhamdulillah Disdukcapil mendapatkan penghargaan kemenpan RB dengan predikat A- dan sudah lima tahunan prestasi ini diraih,'' ujar Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi dalam rilisnya.

Menurut Fahmi, pencapaian mendapatkan predikat tersebut tidaklah mudah, namun berkat hasil kerjasama dan kolaborasi serta kesungguhan sehingga prestasi tersebut dapat diraih.

Baca Juga :

Pemkot Sukabumi Raih Dua Penghargaan Pelayanan Publik dari Menteri Tjahjo Kumolo

Kedepan, ia menyampaikan bahwa amanat reformasi birokrasi amat besar, yakni bagaimana masyarakat mendapatkan pelayanan cepat mudah, dan murah. Oleh karena itu, lanjut Fahmi, aparatur dituntut dinamis dalam menghadapi tantangan yang cepat berubah pasca pandemi.

''Tidak hanya aparatur yang biasa-biasa saja tapi luar biasa, sebab kalau biasa-biasa saja tidak ada lompatan,'' ungkap Fahmi.

Fahmi mengungkapkan, ketika beberapa waktu lalu ia memposting prestasi disdukcapil tersebut di media sosial, ada warga memberikan komentar yang merasakan pelayanan disdukcapil tanpa biaya dan cepat. Hal tersebut tentunya menjadi testimoni dari masyarakat yang menyampaikan apresiasi.

''Ini belumlah cukup, karena tantangan pemerintah itu berjalan dan semakin berat seperti kependudukan karena masih banyak,'' imbuh dia.

Terutama kata Fahmi, Kota/kabupaten dituntut update setiap data kependudukan baik kelahiran, kematian, datang dan pergi harus diperbaharui. Kondisi itu harus disikapi Disdukcapil dengan mulai mengkoneksikan atau mengintegrasikan aplikasi yang dimiliki menjadi satu aplikasi tunggal untuk memudahkan berbagai situasi baik lahir, mati, datang dan pergi.

photoWali Kota Sukabumi Achmad Fahmi saat menjadi pembina apel pagi di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau Disdukcapil Kota Sukabumi, Senin (14/3/2022). - (Dokpim Kota Sukabumi)</span

Intinya lanjut Fahmi, sentuhan kepada masyarakat jadi tolak ukur keberadaan pemerintah daerah. Disdukcapil misalnya hadirkan data valid dan aktual termasuk update data kependudukan.

''Tetap bersemangat dalam menjalankan tugas dengan sebaik baiknya dan harapannya kehadiran sangat dirasakan ketika memberikan pelayanan dengan baik,'' imbuh Fahmi.

Caranya menyambut warga yang datang dengan santun dan melayani. Misalnya dengan melihat wajah warga ketika datang lalu petugas tersenyum.

“Bagaimana penghormatan kepada tamu dalam hal ini warga adalah tamu sehingga harus disambut dengan baik maka akan selesai permasalahan,'' tandasnya.

Disdukcapil adalah dinas pelayanan, ujar Fahmi, yang dibutuhkan adalah aparatur yang murah senyum. Sehingga harus santun dan melayani khususnya di dinas yang berbasis pelayanan kepada warga.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Kota Sukabumi Kardina Karsoedi mengatakan, dengan penilaian kinerja yang sangat baik, menjadi motivasi pihaknya untuk bekerja lebih baik lagi.

"Serta memberikan pelayanan kepada masyarakat yang lebih mudah, cepat, terintegrasi dan bisa mengajukan dimana saja. Dan mengintegrasikan beberapa aplikasi pelayanan menjadi satu," ujar Kardina kepada sukabumiupdate.com singkat.

SUMBER: WEBSITE KDP KOTA SUKABUMI

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Keuangan20 April 2024, 10:46 WIB

Buruh di Sukabumi: Kami Berjuang Sendirian! Mediasi Tunggakan Upah Kembali Buntu

proses mediasi turut dihadiri oleh para petinggi perusahaan yakni HRD, Personalia, PPIC, kepala produksi, direktur utama hingga penasehat perusahaan serta dihadiri sekurangnya 60 eks buruh.
Puluhan eks-buruh PT Bahtera Dingga Jaya (BDJ) kembali melakukan mediasi bersama Pihak Perusahaan untuk memperjuangkan haknya datangi Disnakertrans (Sumber: istimewa)
Life20 April 2024, 10:00 WIB

7 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Membuat Hidup Tenang, Yuk Lakukan!

Ingin Hidup Tenang dan Bahagia? Yuk Lakukan Kebiasaan Sederhana Ini!
Ilustrasi. Kebiasaan Sederhana yang Membuat Hidup Tenang (Sumber : Pexels/Kaushal Moradiya)
Sehat20 April 2024, 09:00 WIB

5 Bahan Alami untuk Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh, Tanpa Obat!

Manfaat bahan herbal seperti daun kemangi atau surawung ternyata sangat baik untuk kesehatan seperti untuk kolesterol.
Ilustrasi - Manfaat bahan herbal seperti daun kemangi atau surawung ternyata sangat baik untuk kesehatan seperti untuk kolesterol.| Foto: Pixabay/_Alicja_
Sehat20 April 2024, 08:00 WIB

Bisa Menurunkan Gula Darah, 5 Manfaat Kencana Ungu untuk Kesehatan

Selain sebagai tanaman hias, beberapa spesies kencana ungu juga memiliki nilai pengobatan tradisional dalam beberapa budaya.
Ilustrasi. Cek Diabetes. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun kencana ungu dapat membantu menurunkan kadar gula darah, yang bermanfaat bagi penderita diabetes atau orang yang memiliki masalah kontrol gula (Sumber : Pexels/PhotoMixCompany)
Life20 April 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Orang yang Mengalami Gangguan Kesehatan Mental, Apakah Kamu Salah Satunya?

Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental dapat menunjukkan berbagai ciri-ciri, baik secara emosional, perilaku, maupun pikiran.
Ilustrasi - Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental dapat menunjukkan berbagai ciri-ciri, baik secara emosional, perilaku, maupun pikiran. (Sumber : Freepik.com)
Food & Travel20 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Rebusan Asam Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya!

Begini Cara Membuat Rebusan Asem Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ikuti 8 Langkahnya Yuk!
Asam Jawa. Cara Membuat Rebusan Asem Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya! (Sumber : Freepik/jcomp)
Science20 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 20 April 2024, Cek Dulu Sebelum Berakhir Pekan!

Prakiraan cuaca hari ini Sabtu 20 April 2024, Sukabumi dan sekitarnya.
Ilustrasi - Prakiraan cuaca hari ini Sabtu 20 April 2024, Sukabumi dan sekitarnya. (Sumber : Freepik)
Sukabumi20 April 2024, 00:14 WIB

Usai Lebaran, Pasien Membludak di RSUD Palabuhanratu Sukabumi

Humas RSUD Palabuhanratu Sukabumi sebut pasien yang datang rata-rata mengeluhkan penyakit demam, pencernaan, metabolik, serta penyakit dalam.
Kondisi di sekitar IGD RSUD Palabuhanratu Sukabumi, Jumat (19/4/2024). (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi Memilih19 April 2024, 23:48 WIB

Yudi Suryadikrama Respon Perundingan Kebonpedes Soal Dukungan Maju Pilkada Sukabumi

Ketua DPC PDIP Kabupaten Sukabumi, Yudi Suryadikrama merespon pernyataan sejumlah kader partai yang memintanya untuk maju dalam kontestasi Pilkada Sukabumi 2024.
Yudi Suryadikrama Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Keuangan19 April 2024, 23:24 WIB

Upaya Bapenda Sukabumi Mudahkan Layanan Perpajakan Bagi Wajib Pajak di Desa

Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri mengatakan inovasi tersebut menekankan pentingnya integrasi sistem administrasi pajak daerah dari tingkat desa hingga kabupaten.
Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri. | Foto: SU/Ilyas (Sumber : SU/Ilyas)