Kata Kepala DP2KBP3A Kota Sukabumi Soal Vaksinasi untuk Anak

Kamis 01 Juli 2021, 17:05 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah Kota Sukabumi mendukung rekomendasi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mengenai anak aman untuk divaksin. Salah satu dasar pemberian vaksin Covid-19 untuk anak yaitu dengan memperhatikan pemenuhan hak anak.

Hal itu diungkapkan kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan  dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kota Sukabumi Nuraeni Komarudin menanggapi webinar yang diselenggarakan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) dengan tema 'Perlindungan Anak dari Covid-19'.  

Baca Juga :

Usia 18+, Syarat dan Cara Daftar Vaksinasi Covid-19 untuk Umum di Kota Sukabumi

"Dengan memperhatikan pemenuhan Hak Anak, Pemerintah Kota Sukabumi mendukung rekomendasi dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), bahwa anak aman untuk di vaksin termasuk anak berkebutuhan khusus. Kemudian pelaksanaan teknisnya pun aman dilakukan dan kami akan berkomunikasi dengan satgas Covid-19," tutur Nuraeni kepada sukabumiupdate.com, Kamis (1/7/2021).

Sementara itu, dalam webinar yang diselenggarakan KemenPPPA, Ketua Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), dr Yogi Prawira mengharapkan orang tua berperan untuk menyampaikan kepada anak mengenai bahaya yang disebabkan oleh virus corona.

Lebih lanjut, Yogi menyatakan terdapat protokol kesehatan yang diberlakukan di rumah ketika anak terpapar Covid-19 yaitu melakukan modifikasi ruangan, gunakan masker dan hal yang boleh dan tidak boleh (do's dan dont's).

"Modifikasi ruangan yaitu pisahkan zona pasien dengan zona bersih di rumah, meliputi kamar tidur, kamar mandi dan area bermain anak, bila tidak memungkinkan zona terpisah upayakanjaga jarak minimal 1 meter dengan anak yang sakit. Upayakan ventilasi udara yang baik untuk pergantian udara dan bila harus memakai kamar mandi bersama, upayakan anak yang positif menggunakan kamar mandi terakhir dan beri jarak dengan pemakai kamar mandi berikutnya," jelas Yogi.

Adapun soal penggunaan masker, Yogi menuturkan anak usia lebih dari 2 tahun atau yang sudah pandai menggunakan masker, dianjurkan menggunakan masker dengan cara yang benar. Berikan "istirahat masker" apabila anak sedang di ruangan sendiri dan masker tidak perlu digunakan saat anak tidur.

Untuk hal yang boleh dan tidak boleh (do's dan dont's) yaitu pengasuh di ruang yang sama harus selalu menggunakan masker dan pelindung mata, sarung tangan sekali pakai dan celemek sekali pakai atau baju luar yang dapat dicuci. Kemudian pengasuh mencuci tangan setiap sebelum dan sesudah berinteraksi dengan anak. Lalu sebisa mungkin menjaga jarak (termasuk saat tidur) terutama jika pengasuh negatif.

Masih dalam boleh dan tidak boleh (do's dan dont's) yaitu buang masker dan sarung tangan di tempat plastik khusus dan buang di tempat sampah berbeda.

"Bila orangtua atau pengasuh harus merawat anak lain yang negatif, maka harus mandi dan ganti baju terlebih dahulu sebelum berinteraksi dengan anak, cuci pakaian anak dan baju luar pengasuh secara terpisah dengan air hangat dan deterjen, jangan memakan makanan sisa anak yang tersisa atau menggunakan alat makan anak dan pengasuh juga menjaga kesehatan dan harus minum suplemen," jelasnya.

Mengenai vaksin, Yogi menuturkan upaya pencegahan Covid-19 pada anak dengan memberikan vaksin tentu saja harus disertai dengan upaya lain yang dapat mencegah penularan. Berikan arahan terhadap anak untuk mengetahui pentingnya menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan, mematuhi protokol kesehatan dan tidak berkumpul atau bermain.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Jawa Barat03 Mei 2024, 00:01 WIB

Bahas UHC, Sekda Kabupaten Sukabumi Hadiri Monev Implementasi JKN

Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman hadiri acara monev Implementasi Inpres Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program JKN di Bandung.
Sekda Kabupaten Sukabumi didampingi perangkat daerah hadiri acara monev implementasi inpres terkait JKN di Bandung. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Sukabumi02 Mei 2024, 22:39 WIB

Longsor di Parungkuda Sukabumi, Akses Jalan Desa Langensari Tertutup Dapuran Bambu

Akses jalan Desa Langensari Parungkuda Sukabumi tertutup longsor dapuran bambu.
P2BK bersama sejumlah relawan tengah melakukan penanganan longsor dapuran bambu yang menutup badan jalan di Kampung Sindangsari RT 1/2, Desa Langensari, Parungkuda Sukabumi, Kamis (2/5/2024). (Sumber : Istimewa)
Opini02 Mei 2024, 22:12 WIB

Mengarahkan Kompas Pendidikan: Sebuah Renungan di Hari Pendidikan Nasional

Sistem pendidikan harus menyediakan ruang yang cukup untuk pembelajaran empati, kejujuran, dan keberanian moral.
Ilustrasi. Seputar Hardiknas 2024 | Foto: Pixabay/sasint
Keuangan02 Mei 2024, 21:56 WIB

Masih Dibuka, Pendaftar Tahara di BPR Cicurug Sukabumi Diprediksi Terus Meningkat

Pendaftaran calon nasabah Tabungan Hari Raya (Tahara) Perumda BPR Sukabumi cabang Cicurug masih dibuka hingga 8 Mei 2024.
Kepala Pemasaran BPR Sukabumi Cabang Cicurug, Jujun Junaedi. (Sumber : SU/Ibnu)
Opini02 Mei 2024, 21:33 WIB

Menjadi Pembaca Kritis: Memilah Informasi di Era Media Baru

Pembaca kritis tidak hanya menerima informasi mentah-mentah, tertapi mampu memahami konteks informasi, menganalisis isi dan sumbernya, serta mengevaluasi kebenarannya.
Ilustrasi memilah informasi di zaman hadirnya media baru. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi02 Mei 2024, 21:17 WIB

Pengantar ke Neraka! Bank Emok-Rentenir Dilarang Keras Masuk Kutamara Sukabumi

Spanduk tolak rentenir dan bank emok terbentang di Kampung Kutamara Surade Sukabumi. Praktik riba disebut sudah rusak rumah tangga dan pengantar ke neraka.
Spanduk penolakan hadirnya praktik riba akibat rentenir hingga bank emok yang dipasang ormas Gempa di Kampung Kutamara Surade Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Bola02 Mei 2024, 21:00 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia vs Irak di Perebutan Tempat ke-3 Piala Asia U-23 2024

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Irak U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Irak U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).
Sehat02 Mei 2024, 20:30 WIB

Sulit Tidur dan Sangat Mengganggu! 4 Cara Mengobati Sakit Asam Urat di Malam Hari

Ada beberapa cara mengobati sakit asam urat di malam hari.
Ilustrasi - Ada beberapa cara mengobati sakit asam urat di malam hari. (Sumber : Freepik.com/DC Studio).
Life02 Mei 2024, 20:15 WIB

6 Minuman yang Bisa Menenangkan Pikiran saat Stres, Cemas dan Galau, Yuk Dicoba!

Sejumlah minuman bermanfaat untuk membantu menenangkan pikiran di saat sedang mengalami stres, cemas dan galau. Patut menjadi rekomendasi sebagai menu harian.
Ilustrasi minuman yang menenangkan pikiran. | Sumber foto : Pexels/Anna Tarazevich
Life02 Mei 2024, 20:00 WIB

10 Tips Pola Tidur yang Baik untuk Penderita Gula Darah

Yuk Lakukan Sederet Tips Pola Tidur yang Baik untuk Penderita Gula Darah Berikut Agar Bisa Nyenyak di Malam Hari.
Ilustrasi. Tidak Nyenyak. Pola Tidur yang Baik untuk Penderita Gula Darah. (Sumber : Pexels/IvanOboleninov)