Diapit Dua Gunung dan Dekat KEK Lido, Mimpi Cicurug Jadi Pusat Pariwisata Sukabumi

Jumat 11 Juni 2021, 15:05 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Diapit Gunung Halimun Salak dan Gede Pangrango, Cicurug menjadi kecamatan potensial untuk menggeliatkan sektor pariwisata di Kabupaten Sukabumi. Kondisi ini semakin lengkap karena Cicurug pun menjadi penyangga Kawasan Ekonomi Khusus atau KEK Lido.

Dikutip dari laman Badan Pusat Statistik Kabupaten Sukabumi tahun 2020, Kecamatan Cicurug memiliki luas wilayah sekira 4.544 hektare, yang terdiri dari tanah pertanian 956 hektare dan lahan bukan pertanian 3.588 hektare. Cicurug terletak 97 kilometer dari ibu kota Kabupaten Sukabumi, 126 kilometer dari ibu kota Provinsi Jawa Barat, dan 90 kilometer dari ibu kota Indonesia.

Cicurug terletak di ketinggian 500-700 meter di atas permukaan laut. Di sebelah utara, kecamatan ini berbatasan dengan Kabupaten Bogor, selatan dengan Kecamatan Parungkuda, timur dengan Gunung Gede, dan barat dengan kecamatan Cidahu.

Cicurug terdiri dari 13 desa, antara lain Mekarsari, Nyangkowek, Purwasari, Caringin, Bangbayang, Cisaat, Tenjolaya, Pasawahan, Cicurug, Nanggerang, Tenjoayu, Benda, dan Kutajaya. Sebagian besar wilayah desa yang ada di Kecamatan Cicurug terletak di daerah dataran dan lereng atau punggung bukit.

"Kita kan fokus dan mendorong potensi pariwisata alam dan buatan," kata Camat Cicurug Wawan Godawan Saputra kepada sukabumiupdate.com, Jumat, 11 Juni 2021. Diapitnya Cicurug oleh dua gunung menyebabkan wilayah ini kaya akan potensi alam seperti curug atau air terjun, salah satunya Curug Citaman di Desa Pasawahan.

"Di Gunung Salak ada Curug Citaman dan di Gunung Gede Pangrango ada Bukit Bodogol," kata Wawan. "Alasan fokus mendorong pariwisata adalah karena ingin menyesuaikan dengan visi dan misi Kabupaten Sukabumi soal pengembangan pariwisata berkelanjutan," tambah dia.

Namun selain pariwisata, Wawan juga menyebut akan mendorong potensi pertanian, salah satunya bunga potong di Desa Tenjolaya dan Cisaat. "Dari bidang pertanian juga kita di Desa Cisaat dan Tenjolaya memiliki petani dan pengusaha bunga potong. Itu akan kita dorong terus," ujarnya.

Kecamatan Cicurug pun saat ini tengah mengutamakan perbaikan infrastruktur dan pelayanan kepada masyarakat melalui pembangunan tempat pelayanan publik. "Contohnya kita sedang membangun kantor kecamatan meski tahap duanya masih belum dimulai karena adanya refocusing," kata Wawan.

Sebelumnya di KEK Lido mulai dibangun studio film dan drama seri luar ruangan bernama Movieland. Proyek tersebut dibangun PT MNC Studios International Tbk (MSIN). Movieland ini akan dibangun di lahan seluas 21 hektare di kawasan MNC Lido City. Adapun total luas MNC Lido City mencapai 3.000 hektare.

KEK Lido adalah KEK pariwisata dengan rencana bisnis pengembangan atraksi di antaranya theme park atau taman hiburan kelas dunia, lapangan golf serta retail and dining. Kemudian, pengembangan akomodasi resor mewah bintang enam, hotel berbintang lainnya, dan pengembangan ekonomi kreatif yakni studio film dan festival musik.

Kehadiran taman hiburan yang akan dibangun di dalam KEK Lido diprediksi akan mampu meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara hingga mencapai 63,4 juta orang sampai 2038 atau rata-rata 3,17 juta wisatawan per tahun.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi27 April 2024, 10:32 WIB

435 Kasus DBD Tercatat di Kota Sukabumi pada Triwulan Pertama 2024

Periode triwulan pertama 2024, sebanyak 132 pasien berasal dari usia 5-14 tahun.
(Foto Ilustrasi) Dinkes Kota Sukabumi merilis data terbaru kasus DBD selama Januari hingga Maret 2024. | Foto: Pixabay
Life27 April 2024, 10:30 WIB

Stres dan Kecemasan, 5 Penyebab Susah  Tidur  yang Harus Anda Diwaspadai

Stres dan kecemasan adalah salah satu faktor utama yang menjadi penyebab orang susah tidur.
Ilustrasi - Stres dan kecemasan adalah salah satu faktor utama yang menjadi penyebab orang susah tidur. | (Sumber : Freepik.com/@DCStudio)
Sukabumi Memilih27 April 2024, 10:15 WIB

Didukung Golkar Gerindra dan PPP, Asjap Percaya Diri Maju di Pilkada Sukabumi

Asjap mengaku bahagia dan percaya diri atas kepercayaan yang didapatnya.
Asjap setelah acara deklarasi koalisi di Grand Sulanjana, Jalan Salabintana, Kecamatan/Kabupaten Sukabumi, Jumat, 26 April 2024. | Foto: SU/Asep Awaludin
Life27 April 2024, 10:00 WIB

9 Alasan Mengapa Semakin Dewasa Kamu Pasti Merasa Kesepian

Ada beberapa alasan yang menunjukan seseorang mengalami kesepian dalam hidupnya.
Ilustrasi - Ada beberapa alasan yang menunjukan seseorang mengalami kesepian dalam hidupnya. (Sumber : pexels.com/mikoto.raw Photographer).
Life27 April 2024, 09:30 WIB

5 Manfaat Bangun Subuh Bagi Mental dan Fisik, Nomor 3 Bisa Anda Rasakan Sendiri

Secara umum, bangun subuh memiliki banyak manfaat bagi kesehatan fisik, mental, dan spiritual.
Secara umum, bangun subuh memiliki banyak manfaat bagi kesehatan fisik, mental, dan spiritual.| Sumber: Freepik.com (jcomp)
Sehat27 April 2024, 09:00 WIB

Cara Membuat Teh Serai yang Kaya Antioksidan untuk Mengontrol Tekanan Darah Tinggi

Teh serai menyimpan beragam manfaat kesehatan bagi tubuh manusia.
Ilustrasi - Teh serai menyimpan beragam manfaat kesehatan bagi tubuh manusia. (Sumber : Freepik.com/jcomp).
Sehat27 April 2024, 08:45 WIB

5 Manfaat Kesehatan Teh Hijau untuk Program Diet yang Jarang Diketahui

Teh hijau juga dikenal memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh seperti mendukung penurunan berat badan.
Ilustrasi - Teh hijau juga dikenal memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh seperti mendukung penurunan berat badan. (Sumber : Pixabay.com/arum33).
Inspirasi27 April 2024, 08:12 WIB

LW Doa Bangsa Sosialisasikan Wakaf dalam Acara Temu Rembug PPPH Kabupaten Kuningan

Edukasi Wakaf Indonesia (EWI) melakukan kunjungan silaturahmi sekaligus temu rembug dengan calon pengurus LPPPH EWI kabupaten Kuningan
Edukasi Wakaf Indonesia (EWI) melakukan kunjungan silaturahmi sekaligus temu rembug dengan calon pengurus LPPPH EWI kabupaten Kuningan (Sumber : Istimewa).
Sehat27 April 2024, 08:00 WIB

6 Rekomendasi Makanan Mengandung Omega 3 untuk Kecerdasan Anak

Berikut Rekomendasi Makanan Mengandung Omega 3 untuk Mendukung Kecerdasan Anak. Ayah Bunda Yuk Simak!
Frittata, Olahan Telur. Rekomendasi Makanan Mengandung Omega 3 untuk Kecerdasan Anak (Sumber : via tastyfitnessrecipes)
Life27 April 2024, 07:00 WIB

Lakukan Sekarang! 7 Kebiasaan Positif di Pagi Hari yang Akan Membentukmu Menjadi Orang Sukses

Kebiasaan positif di pagi hari ini akan membentukmu menjadi orang sukses di masa depan.
Ilustrasi. Membaca Buku | Kebiasaan positif di pagi hari ini akan membentukmu menjadi orang sukses di masa depan.(Sumber : pixabay.com/@455992)